10 Manfaat Bekicot yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Meski menjijikan, manfaat bekicot ternyata sangat luar biasa, terutama bagi kesehatan tubuh. Hewan yang dianggap menjijikan, kotor, dan bau ini, memang memiliki lendir yang kental, dan sulit hilang.

10 Manfaat Bekicot yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Apa Itu Bekicot?

Bekicot atau yang bernama latin Achatina Fulica ini, merupakan siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae. Siput ini berasal dari Afrika Timur dan saat ini suah menyebar ke hampir semua penjuru dunia, akibat terbawa dalam perdagangan.

Bahkan, negara Perancis menggunakan bekicot sebagai bahan baku untuk masakan. Tidak hanya di Perancis, di Indonesia pun juga menggunakan bekicot sebagai bahan masakan.

Bekicot di Indonesia memilki nama daerah yang berbeda-beda. Misalnya, daerah Jawa Tengah yang memang menyebut siput ini bekicot, dan Jawa Barat menyebutnya sebagai Keong Racun.

perkampungan, mungkin sudah sering melihat hewan bercangkang yang satu ini. Biasanya, bekicot hidup di tempat yang lembab, seperti empang, pelepah pohon pisang, bahkan ada juga yang membudidayakannya.

Kandungan Nutrisi dalam Bekicot

Sebelum mengetahui manfaat bekicot lebih jauh, yuk simak dulu apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam bekicot. 100 gram daging bekicot murni, setiaknya mengandung:

  • 441 Kalori
  • 48,7 gram Protein
  • 20,3 gram Lemak
  • 15,8 gram Karbohidrat
  • Triptofan
  • Zat Besi
  • Vitamin B12
  • Magnesium

Baca Juga: Cara Termudah Budidaya Ternak Bekicot

Wah, pantas saja manfaat bekicot sangat banyak ya, dan hal tersebut dibuktikan dengan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Nah, sudah penasaran belum, dengan deretan manfaat bekicot? Yuk langsung simak saja rangkumannya berikut ini.

10 Manfaat Bekicot untuk Kesehatan

1. Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat bekicot yang pertama adalah untuk mengatasi penyakit kulit, seperti koreng, kurap, dan lain-lain. Para penderita penyakit kulit ini, biasanya menggunakan daging bekicot sebagai pengobatannya.

Daging bekicot ini bisa dimasak dengan cara digoreng, dibakar, dan lainnya, lalu bisa langsung dikonsumsi.

2. Membantu Perbaiki Suasana Hati

Selain kesehatan tubuh secara fisik, manfaat bekicot juga bisa membantu perbaiki suasana hati. Kok bisa? Pasalnya, daging bekicot mengandung senyawa triptofan yang akan diubah menjadi molekul 5-hydrotryptophan. Apa fungsi dari molekul ini? Molekul ini berfungsi merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin dan melatonin yang sangat berguna untuk memperbaiki suasana hati.

3. Mampu Membangun dan Memperbaiki Otot

Manfaat bekicot yang ketiga adalah mampu membangun dan memperbaiki otot. Pasalnya, daging bekicot mengandung banyak protein yang rendah kalori.

Nah, sehingga buat kamu yang sedang mencoba menaikan berat badan, masa otot dan memperbaiki otot, daging bekicot bisa jadi pilihan makanan yang tepat.

4. Bantu Mencegah Anemia

Daging bekicot yang legit dan gurih ini juga memiliki manfaat, yang baik untuk para penderita anemia. Manfaat bekicot yang satu ini, bisa digunakan sebagai sumber zat besi yang sangat baik untuk membentuk sel darah merah.

Sel darah merah yang terbentuk dengan baik, bisa membawa energi ke seluruh tubuh. Nah, sehingga para penderita anemia, bisa lebih memiliki energi dan tidak mudah lelah.

5. Baik untuk Sistem Saraf

Manfaat bekicot yang selanjutnya adalah untuk menjaga sistem saraf dalam tubuh. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan bekicot mengandung vitamin B12 yang dikenal tinggi.

Vitamin B12 sendri, sangat diperlukan untuk tubuh, terutama untuk membuat sel darah merah. Selain bisa menjaga sistem saraf, vitamin B12 yang ada pada bekicot juga bisa mengolah asam folat.

6. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat bekicot yang sangat baik untuk para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, adalah bisa menjaga tekanan darah. Terlebih, saat momen Idul Adha, mungkin banyak orang yang mengalami masalah tekanan darah tinggi.

Nah, agar tekanan darah tetap terjaga, saat kamu mengkonsumsi daging sapi atau kambing berlebih, kamu bisa netralkan dengan daging bekicot.

7. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat bekicot yang berikutnya adalah bisa memperkuat tulang dan gigi. Hal tersebut dikarenakan, daging bekicot mengandung magnesium, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

8. Menjaga Detak Jantung tetap Stabil

Di dalam organ tubuh, jantung menjadi salah satu organ paling penting, karena bisa mendistribusikan darah, ke seluruh tubuh. Sehingga, kesehatan jantung pun harus diperhatikan.

Nah, buat kamu yang menderita penyakit jantung, jantung lema, atau sebagai pencegahan penyakit jantung, manfaat bekicot juga bisa digunakan sebagai bahan makanan, yang bisa menjaga detak jantung tetap teratur.

9. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Tidak hanya dari dagingnya, yang bisa dimakan, manfaat bekicot bagian lendirnya ternyatajuga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, terutama kulit wajah.

Bahkan, kini beberapa produk skin care, telah menggunakan lendir bekicot sebagai bahan utama. Hal tersebut, dikarenakan lendir bekicot bisa mengurangi jerawat hingga flek hitam.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Skincare Agar Tetap Glowing

10. Menyembuhkan Luka

Manfaat bekicot yang terakhir adalah bisa menyembuhkan luka. Bukan dari dagingnya, manfaat ini, bisa kamu dapatkan dari lendirnya.

Untuk jenis lukanya sendiri, biasanya adalah luka bekas sayatan, luka habis terjatuh, hingga luka bakar. Sehingga, selain bisa dimakan, bagian lendir bekicot yang menjijikan ini, bisa memberikan manfaat.

Nah, itu dia deretan informasi terkait manfaat bekicot, yang nyatanya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Melihat manfaatnya yang baik, terlebih bekicot juga sudah mulai sulit ditemui, di sini kamu bisa loh menjadikan hal ini menjadi peluang usaha.

Budidaya Bekicot, bisa Dijadikan Peluang Usaha Menjanjikan

Sehingga, kamu bisa menjadikan bekicot sebagai peluang usaha, dengan mengembangkan budidaya bekicot. Tidak sulit, budidaya bekicot juga tidak terlal sulit, terlebih untuk pemula.

Ada banyak informasi cara budidaya bekicot, yang bisa kamu ketahui. Untuk masalah modal usaha, kamu tidak perlu khawatir kekurangan biaya modal. Nah, buat kamu yang butuh tambahan modal usaha, di sini CekAja.com, senantias akan membantu kamu dalam memilihkan produk pinjaman dana tunai yang tepat.

Di CekAja.com, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana tunai, dari berbagai perusahaan P2P maupun bank terbama di Indonesia. Tidak perlu takut tidak cocok, karena CekAja.com akan memilihkan produk pinjaman dana yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi fiansial kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman dana tunai terbaik, pilihanmu, dan bangun bisnis impianmu sekarang juga!