10 Manfaat Tidur Siang yang Bantu Jaga Kesehatan Tubuh dan Emosional

Perlu diketahui, bahwa manfaat tidur siang yang diberikan untuk tubuh itu sangat banyak. Selain membuat tubuh menjadi lebih segar, tidur siang juga mampu meningkatkan mood, konsentrasi, daya ingat, kreativitas hingga mencegah risiko penyakit jantung dan stroke.

Pariwara

Semua manfaat tersebut tentu akan kamu rasakan, apabila kamu tidur siang di waktu yang tepat. Tidak hanya itu, semua manfaat tidur siang yang diberikan juga berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa.

Jadi, manfaat tidur siang bisa dirasakan oleh siapa saja, asalkan tidur tidur di waktu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Lantas, apa saja manfaat tidur siang tersebut?

Pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu sebagai berikut.

10 Manfaat Tidur Siang

1. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat tidur siang yang pertama adalah meningkatkan konsentrasi. Melansir dari merdeka.com, National Aeronautics and Space Administration (NASA) melakukan sebuah riset, yang menunjukkan sebuah asil bahwa pilot yang melakukan tidur siang selama kurang lebih 40 menit, tingkat kewaspadaannya jauh lebih tinggi dibandingkan pilot yang tidak tidur siang.

Tidak hanya itu, tidur siang yang dilakukan sekitar 20 menit ternyata secara efektif mampu meningkatkan kewaspadaan lebih baik, apabila dibandingkan dengan mengonsumsi 200 mg kafein dan olahraga.

(Baca Juga: Manfaat Tidur 8 Jam Sehari)

2. Menjaga Mood Selalu Baik

Salah satu hormon yang mampu menjaga dan mengatur mood adalah hormon serotonin. Hormon ini tidak hanya mampu mengatur suasana hati, tetapi juga mampu menghasilkan rasa puas serta kesejahteraan.

Hormon serotonin ini biasanya meningkat, apabila seseorang memiliki tingkat stres yang rendah. Salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan tingkat stres adalah tidur siang.

Dengan demikian, tidur siang dapat membantu menjaga dan meningkatkan mood baik seseorang.

3. Menghindari Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat tidur siang yang berikutnya adalah menghindari risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan, tidur siang sekitar 20-40 menit dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. Pasalnya, setiap harinya jantung dibiarkan bekerja keras.

Apabila kamu memiliki waktu tidur yang kurang, kamu secara tidak langsung membiarkan jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Sehingga, jantung akan lebih cepat lelah, yang ditandai dengan degup kencang.

Terlebih jika amu memaksakannya dengan minum kopi, hal itu hanya akan membuat jantung lebih mudah sakit dan berisiko terkena gangguan.

Maka dari itu, buat kamu yang sering tidur larut malam, sebisa mungkin setiap harinya kamu meluangkan waktu untuk tidur siang, setidaknya 20-40 menit, untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Produktivitas

Dengan tidur siang yang cukup, kamu ternyata bisa meningkatkan produktivitas. Manfaat tidur siang yang satu ini juga dikatakan oleh seorang neurologis dari University College London, Vincent Walsh yang mengatakan kalau tidur siang merupakan waktu terbaik, untuk mengistirahatkan otak sejenak, seperti yang dilansir dari 99.co.

Karena pada dasarnya, orang yang sepanjang hari sibuk mengerjakan tugas, tingkat produktivitasnya menurun seiring berjalannya waktu.

Oleh sebab itu, banyak orang khususnya para pekerja, yang tingkat konsentrasinya menurun pada saat malam hari.

Dengan demikian, tidur siang selama kurang lebih 30 menit, dapat membantu menjaga produktivitas kerja, baik di siang hari maupun di malam hari.

5. Mempertajam Daya Ingat

Tidur siang dipercaya mampu mempertajam daya ingat seseorang, tidak hanya bagi anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa dan lansia, yang umumnya sudah mengalami penurunan daya ingat.

Manfaat tidur siang bagi anak-anak sendiri, berguna untuk mengingat serta memahami hal-hal yang telah dipelajari di hari itu.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Delaware dan Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat mengatakan, bahwa tidur siang secara efektif mampu meningkatkan kepintaran.

6. Meningkatkan Kreativitas

Sudah menjadi rahasia umum, apabila daya kreativitas seseorang akan terbentuk apabila dilatih secara terus-menerus.

Namun ternyata, selain itu masih ada faktor lain yang juga mempengaruhi daya kreativitas, yaitu tidur siang.

Ya, tidur siang nyatanya mampu meningkatkan dan mempertajam daya kreativitas. Hal ini juga dikatakan oleh Sara Mednick, seorang ahli dari University of California, kalau tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensori dan kreativitas seseorang.

Selain itu, tidur siang juga dapat memberikan pandangan baru yang lebih positif, Hal itu disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon serotonin di otak.

7. Menangani Insomnia

Selain menjaga pola tidur saat malam hari, kamu juga bisa mengatasi insomnia dengan tidur siang yang cukup, loh! Manfaat tidur siang yang satu ini, secara efektif benar-benar membantu orang-orang yang mengalami gangguan kesulitan tidur.

Pasalnya, apabila insomnia dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama, itu hanya akan merusak kinerja tubuh secara perlahan. Oleh karena itu, kamu perlu segera mengatasinya dengan rutin melakukan tidur siang.

Namun, apabila tidur siang juga tidak bisa membantu mengatasi insomnia, maka kamu harus mengkonsultasikannya ke dokter terkait, atau bahkan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

8. Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat tidur siang yang kedelapan adalah mencegah risiko timbulnya penyakit diabetes. Buat kamu yang memiliki keturunan penyakit diabetes, atau senang mengonsumsi makanan dan minuman manis, hati-hati. Sebab, kamu sangat riskan untuk terkena penyakit diabetes.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan cara mengontrol apa saja asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, serta melakukan tidur siang secara rutin.

Karena, tidur siang yang dilakukan secara rutin, dapat membantumu menurunkan hormon kortisol, yang nantinya akan menurunkan diabetes secara alami.

9. Menurunkan Kadar Stres

Stres memang bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya seperti kurang tidur, tugas sekolah, pekerjaan, masalah keluarga, perekonomian, dan lain sebagainya.

Namun, apakah kamu tahu, kalau sebenarnya kamu bisa menurunkan kadar stres dengan cara tidur siang?

Manfaat tidur siang ini sudah dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan pada 2012. Studi tersebut mengatakan, kalau tidur siang dapat meminimalisir hormon stres secara efektif.

Meskipun tidak dapat hilang, namun setidaknya tidur siang mampu mengendalikan hormon stres dengan lebih baik.

10. Mengatasi Rasa Lelah

Manfaat tidur siang yang terakhir adalah mengatasi rasa lelah. Sudah menjadi rahasia umum, jika rasa lelah sudah melanda, maka kantuk pun sudah tidak bisa ditahan.

Tetapi jika rasa kantuk itu datang pada siang hari, maka tidur siang menjadi salah satu aktivitas yang bermanfaat.

Bagaimana tidak, tidur siang yang dilakukan selama kurang lebih 40 menit, mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan segar.

Hal tersebut dikarenakan, tidur siang di sini berfungsi sebagai pengendali lelah. Setelah tidur siang, nantinya kamu akan menjadi lebih waspada.

Waktu Ideal Tidur Siang

Rasanya belum lengkap apabila kamu hanya mengetahui manfaat tidur siang, tanpa mengetahui waktu tidur siang yang ideal.

Mungkin sebagian besar dari kamu berpikir, kalau waktu tidur siang yang ideal adalah di jam 12-2 siang. Namun ternyata, waktu ideal untuk tidur siang adalah jam 2-3 siang.

Hal itu dikarenakan, pada jam-jam tersebut orang-orang berkemungkinan besar akan merasa mengantuk setelah makan siang.

Tetapi, apabila di antara jam 2-3 siang kamu tidak merasa ngantuk dan tidak bisa tidur, maka kamu harus memperhatikan kembali waktu makan siang dan tidur siangmu saat itu.

Pasalnya, jika waktu makan siang terlalu dekat dengan jam tidur siang, kadar gula dan energi dalam tubuh belum menurun. Sehingga, tubuh pun secara alami belum siap untuk tidur siang.

Maka dari itu, ketika kamu berencana untuk tidur siang, kamu harus memastikan terlebih dahulu, kalau jarak antara waktu makan siang dengan tidur siang tidak terlalu dekat.

Selain itu, sebisa mungkin kamu juga tidak tidur lebih dari 30 menit. Sebab, jika kamu tidur siang terlalu lama, itu hanya akan membuatmu pusing dan tidak enak badan.

Efek Samping Tidur Siang

Meski manfaat tidur siang sangat banyak, namun jika kamu tidak tidur di waktu yang tepat dengan durasi tidur yang lama, itu tidak menutup kemungkinan kalau tidur siang dapat memberikan efek samping. Adapun beberapa efek samping yang dapat timbul, akibat dari tidur siang terlalu lama, yaitu:

  • Kesulitan tidur saat malam hari
  • Terkena sindrom metabolik
  • Diabetes tipe 2
  • Sakit jantung
  • Meningkatkan risiko diabetes

(Baca Juga: Makanan untuk Mengatasi Insomnia)

Semua efek samping dari terlalu lama tidur siang tersebut dapat terjadi pada siapa saja, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga dapat menyerang anak-anak dan lansia. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu menjaga dan mengatur waktu tidur siangmu sejak dini.

Jangan sampai, karena manfaat tidur siang yang diberikan sangat banyak, kamu jadi merasa bisa menggunakan waktu tidur siang sebanyak mungkin.

Karena, jika kamu melakukannya dalam waktu yang panjang, itu hanya akan meningkatkan risiko timbulnya berbagai jenis penyakit.

Jika sudah terserang penyakit, tentu kamu tidak bisa membiarkannya begitu saja. Kamu perlu mengobatinya ke dokter dan memakan biaya yang tidak sedikit. Sangat membuat pusing, bukan?

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mulai mengatur pola tidur siang sebaik mungkin, serta melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Nah, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, kini saat yang tepat untuk mulai memilih asuransi kesehatan terbaik, dan mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi dari berbagai perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan asuransi kesehatan di CekAja.com pun sangat mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!

Pariwara