Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

10 Mobil Favorit Para Pencuri

by JTO on 5 September, 2014

Baru-baru ini, Badan Asuransi Kriminal Amerika (NCIB) merilis 10 mobil yang paling disukai sindikat pencuri mobil. Apakah mobil Anda termasuk salah satunya?

Pencurian mobil sudah menjadi topik hangat dalam dunia kejahatan. Tingkat pencurian mobil yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Setiap hari ada saja berita yang menceritakan bahwa pencurian mobil semakin marak terjadi. Beragam modus pencurian yang berbeda-beda di tiap daerah pun digunakan.

Di Indonesia sendiri, Kepolisian Daerah Metro Jaya pernah mengumumkan, tingkat penyelesaian kasus pencurian kendaraan bermotor, khususnya kendaraan roda empat, merupakan jumlah yang paling rendah dibanding 10 kasus lain yang menonjol pada 2013. Bahkan, tingkat penyelesaian dari kasusnya hanya mencapai 25 persen yakni 246 kasus terselesaikan dari 966 laporan yang diterima. Karena itulah, dengan fitur penggantian kerugian akibat kehilangan, asuransi kendaraan dianggap menjadi perlindungan yang efektif. 

Sedangkan dari laporan NCIB, para pencuri mobil biasanya mengintai mobil sport dan mewah yang mempunyai nilai tinggi. Tetapi dengan semakin canggih teknologi keamanan yang diterapkan pada mobil sport dan mobil mewah, demi aksinya maka para pencuri tentu saja perlu memutar otak untuk tidak hanya mencuri mobil sport atau mobil mewah.

Oleh karena itu, para sindikat pencuri sekarang mulai mengalihkan target pada mobil keluarga yang tidak dilengkapi dengan fitur keamanan tinggi dan mudah untuk dijual kembali.

Karena itulah, baru-baru ini NCIB baru saja merilis 10 mobil yang paling disukai sindikat pencuri mobil. Daftar tersebut merilis 5 mobil baru dan 5 mobil lama yang termasuk menjadi target tertinggi aksi pencurian.

Daftar mobil baru favorit para sindikat pencuri mobil adalah:

  1. Honda Accord (53.995 unit)
  2. Honda Civic (45.001 unit)
  3. Chevrolet Silverado (27.809 unit)
  4. Ford F-150 (26.494 unit)
  5. Toyota Camry (14.420 unit)

Sedangkan, daftar mobil lama favorit para sindikat pencuri mobil adalah:

  1. Nissan Altima (810 unit)
  2. Ford Fusion (793 unit)
  3. Ford F – 150 (775 unit)
  4. Toyota Corolla (669 unit)
  5. Chevrolet Impala (654 unit)

Dalam keterangannya, Presiden dan CEO NCIB mengatakan, tingkat kerugian yang diderita akibat pencurian mobil mencapai 4 miliar dolar AS sekitar Rp 46,7 triliun per tahun. Oleh karena itu, pihaknya terus berusaha mengidentifikasi akar kejahatan dari sindikat pencurian mobil.

Apabila kita lihat dari daftar tersebut maka pihak produsen perlu membenahi diri untuk terus meningkatkan fitur anti kemalingan dari mobil-mobil yang terdapat dalam daftar tersebut. Dengan adanya daftar ini diharapkan para produsen bisa memberikan perhatian lebih pada fitur anti maling agar para konsumen tidak khawatir dalam membeli mobil tersebut.

Sedangkan dari pihak konsumen perlu lebih memperhatikan dan menambah alat – alat pengamanan agar dapat meminimalisir risiko terjadinya pencurian mobil. Selain itu, Anda juga bisa mengasuransikan mobil Anda untuk mengurangi risiko kerugian. 

CekAja.com Kartu Kredit

Asuransi kendaraan kini hemat waktu dan uang

Dapatkan asuransi dengan premi tetap sesuai regulasi dan tarif terbaru

Apakah mobil Anda ada dalam daftar tersebut? Walaupun tidak ada, namun Anda pun wajib melengkapi perlindungan bagi kendaraan kesayangan yang Anda miliki. Mau mendapatkan perlindungan mobil Anda dari tindakan pencurian, daftar di sini.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami