Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2019, Minat Wisata ke Sini?

by Vera Khairifah on 22 November, 2019

Negara yang maju tidak hanya dilihat dari pendapatan per kapitanya saja, tapi juga kebahagiaan orang-orang yang tinggal di negara tersebut. Di awal tahun 2019, Perseikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis negara paling bahagia di dunia.

10 Negara Paling Bahagia di Dunia 2019, Minat Tinggal Di Sini?

For your information, PBB adalah organisasi internasional yang dibentuk oleh banyak perwakilan negara-negara di dunia. Sudah ada sejak tahun 1945, PBB memiliki misi untuk mendorong kerjasama internasional. Selain itu, PBB juga berfokus pada pencegahan konflik antar negara agar tercapai perdamaian dunia.

Peringkat negara paling bahagia di dunia ini dirilis PBB dengan melihat beberapa aspek penilaian. Yakni kebahagian yang terbentuk di masyarakat selama 12 tahun terakhir terkait penggunaan teknologi dan internet, keberadaan norma sosial, konflik dan kebijakan pemerintah. Kemudian difokuskan pula pada kemurahan hati dan kebahagiaan pada pilihan-pilihan tertentu.

Berikut adalah negara paling bahagia di dunia yang mungkin bisa menjadi pilihan destinasi wisatamu.

10. Austria

Austria menjadi negara paling bahagia di dunia ke-10. Negara yang berada di Eropa Tengah ini dikenal dengan musik klasiknya yang populer. Musik yang secara saintifik terbukti mengurangi stres dan menyehatkan kondisi fisik maupun psikologi bisa saja menjadi faktor masyarakat Austria begitu bahagia.

Negara berbahasa Jerman ini tak memiliki bagian laut. Meskipun begitu, ada banyak daerah pegunungan dan danau yang indah dan asri, seperti kota Hallstatt, Innsbruck dan Salzburg, serta pusat kota Vienna dengan istana dan bangunan bergaya arsitektur yang luar biasa bagus.

9. Kanada

Selanjutnya, ada Kanada di urutan ke-9 sebagai negara paling bahagia di dunia. Kanada bisa dibilang sangat ramah pada imigran maupun warga negara lain yang berkunjung.

Walau biaya hidup di negara ini mahal, namun izin tinggal cukup dimudahkan selama kamu bekerja, bisa membayar biaya perizinan dan mampu berbahasa Perancis dan Inggris sebagai bahasa resmi negara ini.

Kanada adalah negara maju yang modern dengan fasilitas pusat kota yang lengkap. Bangunan perkantoran yang menjulang tinggi beriringan dengan beberapa bangunan peninggalan tua klasik yang keren.

Pendidikan di negara ini juga berkualitas, sehingga kamu bisa mengunjunginya sambil melakukan wisata edukasi ke beberapa kampus. Seperti University of Toronto, University of British Columbia dan masih banyak lagi.

8. Selandia Baru

Negara kepulauan dengan populasi 4,7 juta jiwa ini memiliki pemandangan indah yang masih terjaga alamnya. Selandia Baru juga ramah pada imigran dari berbagai negara maupun warga negara lain yang ingin berwisata maupun pelajar yang mau bersekolah di negara itu.

Tak hanya itu, warganya pun dikenal memiliki tingkat toleransi tinggi sehingga keamanan negara kecil ini terjamin. Budaya suku asli yakni suku Kiwi juga masih dijaga dengan adanya area perkampungan suku Kiwi yang patut kamu kunjungi saat berwisata.

(Baca Juga: Review Kartu Kredit Mandiri SKYZ, Kartu Ekslusif Buat Para Traveler)
7. Swedia

Swedia adalah negara Nordik di Skandanavia, Eropa Utara, yang banyak dijadikan tujuan warga negara lain untuk bekerja maupun tinggal. Sebab, negara ini memiliki fasilitas yang memudahkan masyarakatnya hidup bersosialisasi dan ramah untuk kehidupan keluarga yang tenang.

Misalnya, biaya kesehatan yang terjangkau, layanan penitipan anak gratis dan tekanan pekerjaan yang normal. Wajar saja, ya, kalau masuk ke deretan negara paling bahagia di dunia?

6. Swiss

Negara yang dikenal sebagai tempat asal produsen cokelat kenamaan dunia ini juga unggul di industri perbankan. Walau sangat produktif, Swiss masih menjaga alamnya dengan baik.

Banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi seperti gunung gletser di Zermatt, danau-danau indah di Luzern dan wisata religi ke gereja-gereja dengan arsitektur gotik di Jenewa.

5. Belanda

Posisi ke-5 negara paling bahagia diduduki oleh Belanda. Masyarakatnya masih menjaga budaya bahkan sangat bangga dengan itu. Setiap kotanya memiliki bangunan yang unik dan penataan kota yang berbeda.

Masyarakatnya bekerja di berbagai sektor, seperti pertanian, pariwisata, nelayan dan lainnya. Walau begitu, penggunaan teknologi di sektor-sektor ini canggih, sehingga memudahkan masyarakat itu sendiri.

4. Islandia

Negara kecil berupa pulau di sebelah barat laut Eropa ini memiliki jumlah penduduk yang hanya 340 ribu jiwa. Walau agak sepi, negara ini mampu menjadi negara paling bahagia di dunia. Ada banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi. Juga, Islandia merupakan negara dengan upah pekerja tertinggi di Eropa.

(Baca Juga: Lupakan Desa Hantu dan Desa Penari, Ini Deretan Desa Terindah di Dunia)
3. Norwegia

Tak heran jika Norwegia masuk ke negara paling bahagia. Sebab Norwegia dikenal dengan masyarakatnya yang cinta damai. Pun dengan Pemerintahnya yang membuat aturan-aturan yang menjunjung tinggi sisi kemanusiaan dan keadilan.

Hampir sama dengan Belanda, Norwegia unggul di sektor pertanian, hasil laut dan pariwisata. Semua bisnis dilakukan dengan sistem padat modal, yakni bisnis dengan melibatkan teknologi canggih. Biaya kuliah di negara ini juga murah, lho.

2. Denmark

Kehidupan di Denmark nampaknya memang seru dan menenangkan hati. Pada tahun 2006 hingga 2008, negara ini mendapat gelar sebagai negara paling menyenangkan untuk ditinggali. Tak heran jika Denmark juga masuk ke urutan ke-2 negara paling bahagia di dunia.

1. Finlandia

Ini dia negara paling bahagia di dunia nomor satu. Keseimbangan hidup dan peraturan yang ada benar-benar membuat nyaman warganya.

Sehingga membentuk masyarakat yang bahagia secara psikologis dan fisik. Di Finlandia, sistem pendidikannya juga mendapat gelar terbaik di dunia, dengan biaya yang murah untuk ukuran negara Eropa.

Gimana dengan Indonesia?

Indonesia sendiri menduduki urutan ke-92 negara paling bahagia di dunia. Level kebahagian warganya ini lebih tinggi dibanding negara Asean lain seperti Myanmar, Vietnam, Laos. Namun masih kalah dibanding Malaysia, Singapura dan Filipina.

Jadi, bagaimana? Apa kamu berminat pergi wisata atau malah tinggal di 10 negara tersebut? Traveling bisa mudah dilakukan tanpa takut kekurangan dana. Ajukan saja KTA di CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast