Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

10 Negara Paling Kotor di Dunia, Indonesia Salah Satunya

by Ayunindya Annistri on 9 Desember, 2019

Dijuluki sebagai negara paling kotor di dunia tentu bukan sebuah kebanggaan yang patut diperlihatkan oleh sebuah negara. Tetapi nyatanya, julukan tersebut banyak diberikan pada negara-negara berkembang dimana masyarakatnya seperti acuh-tak acuh soal lingkungan. Padahal mereka sendiri menyadari bahwa lingkungan yang kotor memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

10 Negara Paling Kotor di Dunia, Indonesia Salah SatunyaNamun dengan seiring perkembangan zaman yang kian modern, membuat masyarakat khususnya yang tinggal di perkotaan menjadi lebih individualis dan kurang berempati terhadap lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu saja, lemahnya kebijakan pemerintah dalam menggalakkan program anti sampah pun menjadi faktor lain yang turut mempengaruhi kualitas udara, air, dan tanah.

Padahal dengan lingkungan yang bersih bakal mempengaruhi citra dari negara itu sendiri. Contoh kecilnya saja, saat turis asing sedang berkunjung ke suatu negara.

Keadaan negara yang kotor yang diperparah dengan polusi udaranya tentu sangat mempengaruhi kesan pertama dari para turis asing yang berkunjung kesana.

Nah, sepuluh negara berikut dinobatkan sebagai negara paling kotor di dunia. Salah satunya bahkan adalah Indonesia. Yuk, simak!

1. Qatar

Qatar - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa setidaknya ada 92 negara yang memiliki udara paling tercemar, dimana salah satunya ialah Qatar.

Negara yang berada di Timur Tengah ini dijuluki sebagai negara paling kotor di dunia lantaran hampir semua elemennya, mulai dari air, udara, hingga tanah sudah terkontaminasi zat pestisida dan fertilizer.

Penyebabnya sendiri karena pembuangan limbah bekas produksi tambang dan pengolahan minyak.

2. Pakistan

Pakistan - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia yaitu sekitar 201 juta jiwa, Pakistan rupanya tidak memiliki cara pengelolaan lingkungan yang baik, sehingga negara ini dijuluki sebagai negara paling kotor di dunia setelah Qatar.

Di Pakistan, hanya ada satu sungai yang dulu dianggap sebagai sumber mata air utama yaitu Sungai Indus. Namun sayangnya, kemurnian mata air di sungai tersebut kini telah tercemar dengan limbah bekas hasil industri.

Tidak hanya sungainya saja, Pakistan juga tengah menghadapi isu pencemaran suara yang membuat negara tersebut amat bising dan tak layak untuk ditinggali.

(Baca juga: Jokowi Masuk Dalam Peringkat 13 Muslim Berpengaruh!)
3. Bangladesh

Bangladesh - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Bangladesh juga termasuk sebagai negara paling kotor di dunia akibat populasi penduduknya melebihi jumlah fasilitas kebersihan yang ada disana.

Jika berkunjung ke Bangladesh, kamu pasti bakal terkejut melihat orang yang dengan santainya buang air kecil di jalan atau bahkan membuang sampah sembarangan.

Salah satu isu lingkungan yang tengah dihadapi oleh Bangladesh adalah kontaminasi air tanah akibat logam berat.

4. Indonesia

Indonesia - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia kini menyandang predikat negara paling kotor di dunia. Predikat itu didapat dari penilaian World Health Organization (WHO) terhadap Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia yang dianggap tidak memenuhi standar dari segi kebersihan maupun kesehatan.

Potret Jakarta masa kini memang jauh lebih modern dengan banyaknya gedung bertingkat. Namun, cobalah tengok sesekali warga pinggiran yang tinggal di dekat kawasan elit.

Mereka hidup jauh dari kata layak, karena lingkungannya yang tergolong kumuh dan tak jarang menjadi tempat pembuangan sampah umum. Salah satu situs yang menyebut Indonesia sebagai negara dengan banyak polusi bisa dilihat disini.

5. Iran

Iran - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Iran dijuluki sebagai negara paling kotor di dunia karena tumpukan sampahnya yang diperkirakan mencapai 50 ribu ton. Hal itu bisa terjadi akibat sikap manusia yang acuh tak-acuh terhadap lingkungan.

Selain itu, kendaraan dengan bahan bakar berkualitas standar yang digunakan juga menjadi penyumbang utama polusi udara di negara tersebut.

6. Mesir

Mesir - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Kondisi lingkungan di Mesir sangat tercemar akibat dari volume kendaraan baik motor, mobil, maupun transportasi umum yang beroperasi terus-menerus saat pagi hingga malam hari.

Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa polusi udara di Mesir mencapai 20 kali lipat dari ambang batas normal yang bisa dihirup oleh manusia.

7. India

India - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Negara paling kotor di dunia selanjutnya adalah India. Negara ini memiliki beberapa kota dengan predikat kota terkotor, yaitu Mumbai dan New Delhi.

Di Mumbai, rata-rata penduduk setempat tidak mendapatkan bantuan air bersih lantaran Sungai Buriganga telah terkontaminasi limbah pabrik.

Tidak hanya itu saja, melansir Times of India, polusi udara di Mumbai menjadi faktor pendukung yang menyebabkan kematian 80 ribu lebih warga dengan kisaran usia 30 tahun keatas.

Sementara di New Delhi, polusi udara dan tumpukan sampah di tiap sudut kota menjadi penyebab utama disematkannya kota terkotor di Ibukota India tersebut.

Berdasarkan laporan Times of India, banyak aktivis lingkungan dan penggerak dari salah satu partai yang mengusulkan rencana pengelolaan zero-waste management agar predikat negara paling kotor di dunia ini tidak lagi dipegang oleh India.

8. Mongolia

Mongolia - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Karena batas negara Mongolia yang berdekatan dengan Rusia, membuat negara tersebut memiliki suhu terdingin. Bahkan kadang bisa mencapai lebih dari batas normal.

Oleh karena itu kebanyakan penduduk disana memanfaatkan bahan bakar alam sebagai penghangat diri Tetapi sayangnya karena penggunaan bahan bakar inilah udara di Mongolia sangat tercemar dan dijuluki sebagai negara paling kotor di dunia.

(Baca juga: Predikat Desa Terbersih di Dunia Berhasil Diraih Desa Penglipuran Bali, Kok Bisa?)
9. Afghanistan

Afghanistan - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Posisi kesembilan dalam daftar negara paling kotor di dunia ditempati oleh Afghanistan. Hal ini dikarenakan polusi udara di negara tersebut sudah amat membahayakan.

Bahkan menurut penelitian State of Global Air pada tahun 2017 lalu, lebih dari 26 ribu warga di Afghanistan meninggal karena polusi udara.

Jumlah kematian terbesar itu terjadi di kota Kabul yang merupakan ibu kota negara Afghanistan. Hampir setiap harinya kota tersebut diselimuti asap kendaraan, sampah, hingga plastik dan karet yang dibakar oleh warga di lingkungan kumuh.

Sehingga tak heran bila kota Kabul menjadi penyebab utama negara Afghanistan disebut sebagai negara paling kotor di dunia.

10. Meksiko

Meksiko - 10 Negara Paling Kotor di Dunia Indonesia Salah Satunya

Terakhir, ada Meksiko yang menempati daftar negara paling kotor di dunia karena emisi karbon yang ada di negara tersebut hampir mencapai 85%.

Meskipun menjadi negara maju yang terkenal akan sektor industrinya, namun isu kebersihan dan kesehatan di Meksiko masih sulit dituntaskan oleh pemerintah setempat.

Hal ini tak hanya disebabkan oleh bekas limbah pabrik saja, tetapi karena letak geografis Meksiko yang berada di sekeliling gunung membuat gas sisa limbah pabrik terkurung di sekitar wilayah tersebut.

Itulah 10 negara paling kotor di dunia, yang mana penyebab utamanya tak lain karena ulah manusia. Padahal sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan lingkungan demi keberlangsungan hidup untuk generasi yang akan datang.

Hal paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat bersih negara ini adalah dengan mengurangi penggunaan uang tunai. Kamu bisa mulai menggunakan kartu kredit atau debit sebagai penggantinya. Belum punya kartu kredit? Jangan sedih, akses CekAja.com

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau