10 Negara Peraih Piala Thomas dan Uber Terbanyak

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Jika berbicara tentang negara peraih Piala Thomas dan Uber terbanyak, menurut kamu siapa sih yang berada di peringkat pertama?

Bagi yang belum tahu, Piala Thomas dan Uber itu sendiri merupakan salah satu turnamen beregu yang paling bergengsi di dunia olahraga bulutangkis, yang mana diselenggarakan langsung oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Sudah digelar sejak tahun 1949, rencananya Piala Thomas dan Uber di tahun 2020 ini akan diselenggarakan pada tanggal 3-11 oktober mendatang di Aarhus, Denmark.

Menyambut penyelenggaraannya, lantas kira-kira siapa sih negara peraih Piala Thomas dan Uber terbanyak yang pernah ada? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak pembahasan kali ini.

Sejarah Thomas dan Uber Cup

Sebelum kita membahas tentang negara peraih Piala Thomas dan Uber terbanyak, mungkin diantara kamu ada yang ingin mengetahui juga tentang sejarah kedua turnamen bergengsi ini.

Nah, ajang Thomas Cup dicetuskan pertama kali oleh Sir George Alan Thomas, seorang atlet bulutangkis asal Inggris yang berhasil mengumpulkan sebanyak 21 gelar All England, mulai dari tahun 1906 sampai dengan 1928.

(Baca Juga: Event Olahraga Dunia Terdampak Corona)

Walaupun ide mengenai kejuaraan dunia ini telah diungkapkan sejak tahun 1939, namun kejuaraan pertama Thomas Cup justru baru bisa terlaksana pada tahun 1949.

Sementara itu, Indonesia baru terjun ke ajang Thomas Cup ini untuk pertama kalinya pada tahun 1958, melalui kualifikasi zona australasia.

Di luar dugaan, pada saat debut pertama inilah Indonesia justru berhasil meraih kejuaraan lewat beberapa pemain andalannya, seperti Ferry Sonneville dan Tan Joe Hok.

Nah, Apabila Thomas Cup merupakan kejuaraan bulutangkis untuk golongan putra, maka Uber Cup merupakan kejuaraan bulutangkis untuk golongan putri.

Oleh karena itu, kedua turnamen ini tidak bisa dipisahkan begitu saja, bahkan selalu diadakan secara bersamaan.

Kejuaraan bulutangkis internasional satu ini diadakan setiap dua tahun sekali, yang namanya itu sendiri berasal dari nama seorang mantan pemain bulutangkis asal Inggris, H.S. Betty Uber.

Uber Cup pertama kali diadakan pada tahun 1957 di Preston, Lancashire, Inggris, dan diikuti oleh 11 negara serta menjadikan Amerika Serikat sebagai pemenangnya.

Negara Peraih Piala Thomas dan Uber Terbanyak

Sejak pertama kali diselenggarakan, terdapat beberapa negara yang berhasil masuk ke dalam negara peraih Piala Thomas dan Uber terbanyak, diantara adalah sebagaimana berikut ini:

Negara Peraih Piala Thomas Terbanyak

1. Indonesia (13 Trofi)

Di luar dugaan bahwa ternyata, Indonesia berhasil masuk ke dalam negara peraih Piala Thomas terbanyak lho, yaitu dengan membawa pulang 13 trofi kemenangan.

Trofi pertama Indonesia berhasil didapat pada tahun 1958 yang digelar di Singapura, dengan total skor 6-3 atas Malaysia.

Setelah itu, Indonesia pun sukses kembali membawa trofi kemenangan sebanyak tiga kali berturut-turut, yang mana dimulai dari tahun 1958 dan berlanjut ke tahun 1961 dan 1964.

Meskipun pada tahun 1967 Indonesia sempat kalah dari Malaysia, namun negara kita tercinta justru kembali membawa kemenangan secara berturut-turut pada tahun 1970, 1973, 1976, dan 1979.

Tidak membawa trofi pada tahun 1982 namun masuk ke jajaran runner-up, Indonesia berhasil merebut gelar juara lagi pada tahun 1984 hingga akhir kejayaan pada tahun 2002.

Setelah itu, sangat disayangkan bahwa sudah 18 tahun lamanya trofi kemenangan dari Piala Thomas belum berada dipelukan Tanah Air lagi.

Lalu menurutmu, kira-kira bagaimana ya hasil dari edisi tahun 2020 ini? Apakah Indonesia bisa membawa kembali trofi kemenangan?

2. China (10 Trofi)

Nah, negara peraih Piala Thomas terbanyak yang kedua adalah negara Tirai Bambu, dengan membawa 10 trofi kemenangan.

Trofi pertama berhasil mereka dapatkan pada tahun 1982 di London, Inggris, dengan skor 5-4 atas Indonesia.

Setelah itu, China kembali berhasil membawa Piala kemenangan mulai dari tahun 2004, 2006, 2008, 2010, 2012, dan yang terakhir adalah pada tahun 2018 silam.

Karena hal itulah, negara ini berhasil mendapatkan predikat sebagai juara bertahan. Lalu, bagaimana dengan tahun 2020?

Tentunya Timnas Bulutangkis China akan berusaha keras untuk mempertahankan mahkota prestigious tersebut, bukan?

3. Malaysia (5 Trofi)

Malaysia menempati posisi ketiga di dalam jajaran negara peraih Piala Thomas terbanyak dengan total 5 trofi kemenangan.

Negara Jiran ini pertama kali mendapatkan kemenangan pada tahun 1949, yang ketika itu masih bernama Malaya.

Setelah itu, Timnas bulutangkis Malaysia kembali membawa kemenangan pada tahun 1952, 1955, 1967, dan yang terakhir adalah pada tahun 1992.

Namun di luar itu, negara Malaysia juga sukses meraih title sebagai runner-up sebanyak sembilan kali, yaitu pada tahun 1958, 1970, 1976, 1988, 1990, 1994, 1998, 2002, dan 2014.

4. Jepang (1 Trofi)

Jepang berhasil membawa trofi kemenangan pertamanya pada tahun 2014, setelah mereka menaklukan Malaysia, yang mana ketika itu, dapat dikatakan bahwa kemenangan negara Bunga Sakura ini cukup mengejutkan banyak pihak.

Kemudian, pada tahun 2018, Jepang kembali berpeluang menambah trofi kemenangan mereka, meskipun pada akhirnya dikalahkan oleh China dengan skor akhir 1-3.

5. Denmark (1 Trofi)

Nah, negara peraih Piala Thomas terbanyak yang masuk daftar terakhir adalah Denmark, dengan jumlah 1 trofi.

Meskipun jumlahnya tak berbeda dengan Jepang, namun Denmark baru bisa mendapatkan trofi pertama mereka pada tahun 2016, setelah kemenangan pertama Jepang yang didapat pada tahun 2014.

Ketika itu, kemenangan dari negara ini pun juga terbilang cukup mengejutkan, karena skor yang berbeda tipis dengan Indonesia, yakni 3-2.

Di luar itu, Denmark juga sukses mengoleksi title sebagai runner-up sebanyak delapan kali, yaitu pada tahun 1949, 1955, 1964, 1973, 1979, 1996, 2004, dan 2006.

Negara Peraih Piala Uber Terbanyak

1. Tiongkok (14 Trofi)

Walaupun tiga penyelenggaraan pertama Piala Uber justru dimenangkan oleh Amerika Serikat, namun nyatanya negara peraih Piala Uber terbanyak jatuh kepada Tiongkok.

Kemenangan pertama dimulai pada tahun 1984, yang mana ketika itu mereka berhasil menang telak dari Inggris dengan skor 5-0.

Setelah itu, Tiongkok kembali membawa kemenangan berturut-turut, yaitu pada tahun 1986, 1988, 1990, 1992.

Sempat absen selama 2 tahun, Tiongkok kembali membawa kemenangan pada tahun 1998, 2000, 2002, 2004, 2006, 2008, 2012, 2014, dan yang terakhir adalah pada tahun 2016.

2. Jepang (5 Trofi)

Negara peraih Piala Uber terbanyak yang kedua adalah Jepang, dengan total 5 trofi kemenangan.

Walaupun Tiongkok berada di urutan pertama, namun nyatanya Jepang justru lebih dulu mendapatkan kemenangan lho, yaitu pada tahun 1966. Ketika itu, negara Sakura ini berhasil menang atas Amerika Serikat dengan skor akhir 5-2.

Setelah itu, Jepang kembali membawa kemenangan pada tahun 1969 dan 1972. Sempat absen pada tahun 1975 karena dikalahkan oleh Indonesia, negara yang dikenal dengan kulinernya yang lezat ini justru sukses membawa trofi pada tahun 1978 dan yang terakhir adalah pada tahun 1981.

3. Amerika Serikat (3 Trofi)

Walaupun Amerika Serikat merupakan negara pertama yang berhasil membawa trofi kemenangan, namun sepertinya hal tersebut tidak berhasil membuat negara Paman Sam ini menjadi negara peraih Piala Uber terbanyak.

Amerika Serikat hanya membawa trofi kemenangan pada tiga tahun pertama saja, yaitu pada tahun 1957, 1960, dan 1963.  

4. Indonesia (3 Trofi)

Indonesia memang berhasil menduduki posisi pertama sebagai negara peraih Piala Thomas terbanyak.

Namun, sepertinya nasib berkata lain untuk Piala Uber. Sebab, dalam hal ini Indonesia justru hanya menduduki posisi keempat, tepat di bawah Amerika, dengan total 3 trofi kemenangan.

Kemenangan pertama didapat pada tahun 1975 atas Jepang dengan skor akhir 5-2. Kemudian, trofi selanjutnya sukses didapat selama 2 tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 1994 dan 1996 atas Tiongkok.

5. Korea Selatan (1 Trofi)

Negara peraih Piala Uber terbanyak yang menduduki posisi terakhir adalah Korea Selatan, dengan total 1 trofi.

Ketika itu, negara yang dikenal karena musik Kpop nya ini berhasil mendapatkan kemenangan pertama pada tahun 2010 di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan skor akhir 3-1 atas Tiongkok.

Jadi, itulah beberapa negara peraih Piala Thomas dan Uber terbanyak yang pernah ada hingga saat ini.

Menurut kamu, kira-kira negara manakah yang berhasil membawa kemenangan di Ajang Piala Thomas dan Uber tahun 2020 ini?

Melihat bahwa Indonesia berhasil menduduki posisi pertama sebagai negara peraih Piala Thomas terbanyak, tentu saja hal tersebut turut mengharumkan nama Tanah Air di kancah internasional, bukan?

Semakin banyak generasi penerus bangsa yang tertarik menekuni bidang olahraga, maka semakin besar pula peluang mereka untuk mengharumkan Indonesia.

(Baca Juga: Amankah Pakai Masker Saat Olahraga?)

Oleh sebab itu, saat ini sudah semakin banyak orang tua yang tertarik memasukan buah hati mereka ke pelatihan olahraga.

Nah, apakah kamu salah satunya? Hanya saja, perlu diketahui bahwa memasukkan buah hati ke sekolah klub olahraga tidaklah murah.

Karenanya, kamu mungkin akan membutuhkan dana pinjaman untuk bisa memenuhi keinginan tersebut.

Bingung memilih tempat untuk mengajukan dana pinjaman? Jangan khawatir! Sebab, CekAja.com hadir untuk membantumu.

Melalui CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan tentang jenis pinjaman manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan.

Selain kamu bisa memilih tenor dan jumlah cicilan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial, proses pengajuannya pun juga sepenuhnya dilakukan secara online.

Sehingga, kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan pinjaman dana di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha