Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Negara Terbaik untuk Bekerja

by Sindhi Aderianti on 15 November, 2018

Ada banyak alasan kenapa seseorang memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Salah satunya adalah pengasilan dan jenjang karier yang lebih baik. Faktanya, pindah ke luar negeri memang bisa tingkatkan pendapatan rata-rata, lho. Nah, simak 10 negara terbaik untuk bekerja di sini!

tips karier - CekAja.com

Melalui sebuah riset,  telah dilansir daftar 10 negara terbaik untuk bekerja berdasarkan penghasilan. Hasil riset ini tersangkum dalam sebuah data index yang diklasifikasikan dalam survei mengenai beberapa hal. Di antaranya ialah pendapatan, upah minimum regional, pilihan rekreasi, fasilitas kesehatan, hari libur umum, transportasi, jam kerja per minggu, dan tingkat pengangguran. Apa sajakah negara-negara tersebut?

1. Singapura

Negara terbaik untuk bekerja yang pertama adalah Singapura. Singapura merupakan tempat yang bagus dalam hal pengembangan karier, namun bukan yang terbaik untuk mencari keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi.

Sebanyak 62 persen ekspatriat yang pernah berkarier di Singapura mengatakan, mereka telah membuat kemajuan terutama dalam karier. Tak heran, sebab gaji yang umumnya diterima oleh para pekerja di negara ini adalah 138,641 dolar AS.

2. Hongkong

Hongkong adalah negara terbaik untuk bekerja selanjutnya, karena bisa dibilang sangat ramah dengan para pendatang dari Indonesia. Walaupun biaya hidupnya tinggi, Hongkong memiliki pendapatan minimal yang setara dengan rata-rata gaji yang diterima yakni 169,756 dolar AS.

Selain itu, Hongkong pun dikenal dengan tingkat keamanannya yang baik. Transportasi umum di sana juga sangat mudah dijangkau pada daerah manapun.

(Baca juga: 6 Tips Bergaul Agar Punya Banyak Teman di Tempat Kerja)

3. Austria

Austria untuk pertama kalinya berada dalam jajaran teratas sebagai negara terbaik untuk bekerja bagi ekspatriat dalam 10 tahun ini. Negara beribukota Wina ini mendapatkan poin cukup tinggi dalam urusan keseimbangan karier dan kehidupan pribadi.

Belum lagi budaya kerja yang juga menuai banyak pujian. Sebanyak 62 persen dari ekspatriat merasakan adanya peningkatan karier mereka berkat gaji rata-rata yang diberikan sebesar 85,288 dolar AS.

4. Luxemburg

Negara terbaik untuk bekerja selanjutnya adalah Luxemburg. Luxemburg memiliki kota-kota besar serta lahan luas yang merupakan ladang anggur. Bahkan setiap desa memiliki setidaknya satu ladang anggur. Pendapatan rata-rata pekerjanya adalah 63,062 dolar AS atau sama dengan Rp801,8 juta per tahunnya.

Untuk waktu bekerja, permerintah Luxemburg hanya menetapkan 30 jam per minggu saja. Para pekerja juga berhak memperoleh jatah libur selama 25 hari per tahun.

(Baca juga: Ini 5 Jenis Pekerjaan Berisiko Tinggi dan Penghasilannya)

5. Belanda

Belanda terkenal sebagai eksportir Tulip terkemuka yang menguasai sebesar 40,3 persen dari pasar bunga dunia atau setara 3,2 miliar dolar AS. Negara ini dikenal nyaman untuk ditempati, tak terkecuali oleh orang yang sudah berkeluarga. Apalagi semenjak peningkatan kualitas hidup di sana kini telah meningkat hingga 70 persen.

Untuk pendapatan rata-rata pekerja, Belanda memiliki angka yang cukup mencengangkan, yakni senilai 52,877 dolar AS. Dengan demikian pendapatan per bulan pekerja Belanda adalah Rp56 juta per bulan.

6. Swiss

Pegunungan yang menakjubkan dan salju abadinya, dan hal inilah yang menjadi daya tarik utama negara Swiss. Di samping itu, para pekerja di negara tersebut tak luput dari perhatian. Pekerja Switzerland bekerja  selama 31 jam per minggu.

Mereka juga mendapatkan jatah libur selama 20 hari per tahun. Bagaimana dengan pendapatannya? Rata-rata, pekerja di sana diberi gaji sebesar 62,283 dolar AS dalam sebulan.

7. Belgia

Belgia adalah negara kedua yang paling padat penduduknya di benua Eropa dengan lebih dari 11 juta penduduk yang terkonsentrasi dalam 11.800 mil persegi. Biarpun demikian, Belgia tetap menjadi negara terbaik untuk bekerja.

Hal itu mengingat para pekerjanya diberi rata-rata penghasilan yang cukup tinggi, yaitu sebesar 49,675 dolar AS. Bila dijumlahkan dalam setahun, Rp633,6 juta mampu dikantongi.

8. Islandia

Meski tergolong negara kecil, Islandia mampu memberi kesejahteraan bagi para ekspatriat. Bagaimana tidak, pendapatan rata-rata pekerja di Islandia adalah 61,787 dolar AS atau setara dengan Rp612 juta per tahunnya.

Dengan demikian pendapatan per bulan pekerja Islandia adalah Rp51 juta per bulan. Pekerja Islandia bekerja rata-rata selama 36,2 jam per minggu. Tak hanya itu, mereka juga mendapat jatah libur selama 24 hari per tahun.

(Baca juga: Kuliah Jurusan IT? Ini 5 Pekerjaan yang Bisa Didapat)

9. Amerika Serikat

Negara Paman Sam, Amerika Serikat tergolong yang terbesar ketiga di dunia setelah Rusia dan Kanada. Amerika Serikat memiliki pengaruh politik internasional, budaya, dan ekonomi, serta menyumbang 25 persen dari PDB dunia.

Wajar saja bila banyak orang yang bermimpi bisa bekerja di sana. Terlebih, pendapatan rata-rata pekerjanya juga begitu besar. Sebanyak 60,558 dolar AS pun bisa didapat. Kalau dirupiahkan, jumlahnya mencapai Rp779,8 juta per tahun.

10. Australia

Australia adalah satu-satunya negara di dunia yang juga merupakan sebuah benua. Negara ini menawarkan keragaman geografis yang luar biasa termasuk pegunungan, padang pasir dan hutan hujan tropis.

Dari segi kesejahteraan pekerja, Australia memberi pendapatan minimum sebesar 49,126 dolar AS dalam sebulan. Dengan waktu kerja selama 32 jam per minggu, para pekerja di sana juga berhak mendapat jatah libur selama 20 hari per tahun.

Berminat melanjutkan karier di salah satu dari 10 negara terbaik untuk bekerja tadi? Bukan hanya soal pendapatan saja, namun sisi positif lainnya adalah personal growth yang dengan sendirinya bisa terlatih di sana. Siapapun perantaunya, semua dituntut untuk hidup disiplin dan mandiri.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami