Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Negara Terkaya di Dunia 2019 dengan Pendapatan per Kapita Super Tinggi

by Vera Khairifah on 11 November, 2019

Setiap negara memiliki kekayaan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang kualitasnya beragam. Pengelolaan yang baik tentu bisa membuat negera itu menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

10 Negara Terkaya di Dunia 2019 Pendapatan per Kapita Super Tinggi

Di tahun 2019, pergerakan ekonomi yang cukup dinamis membuat beberapa negara mengalami penurunan dan kenaikan posisi negara terkaya di dunia.

Tapi menariknya, salah satu negara dari Asia Tenggara masuk ke daftar 10 negara terkaya di dunia, lho.

Perlu diketahui, gelar negara terkaya di dunia ini dinobatkan berdasar besaran pendapatan per kapita negara tersebut. Pendapatan per kapita adalah hasil pembagian dari pendapatan negara dengan jumlah penduduknya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebutan negara terkaya bergantung pada besaran pendapatan rata-rata penduduknya. Dilansir dari World Population Review, berikut 10 negara terkaya di dunia tahun 2019 dengan pendapatan per kapita yang super tinggi.

10. Australia (US$58.824)

Meskipun tahun ini ekonomi Negeri Kangguru sedang merosot, pendapatan per kapitanya masih terbilang tinggi.

Kini Australia berada di posisi nomor 10 negara terkaya. Sumber penghasilan terbesar negara ini adalah industri tambang, produksi wool, dan hasil perkebunan seperti anggur.

9. Singapura (US$62.690)

Siapa sangka, negara di Asia Tenggara ini lebih unggul dalam pendapatan per kapitanya dibandingkan negara maju lain seperti Jepang, Tiongkok dan Korea.

Ini menjadikannya negara terkaya di dunia urutan ke-9 tahun ini. Singapura maju berkat perputaran uang yang cepat di bidang pariwisata, properti, dan logistik.

Sebagai negara yang letaknya strategis, Singapura selalu dijadikan tempat transit kapal-kapal pengiriman barang internasional.

8. Denmark (US$63.434)

Negara yang memiliki musim yang ekstrim ini justru dikenal makmur meskipun tidak memiliki kekayaan alam yang melimpah. Hal ini dikarenakan kualitas pendidikan Denmark yang baik membuat kualitas SDM-nya pun tinggi.

Tidak ada kasus korupsi di Pemerintahan Denmark juga menjadi faktor pendorong kemajuan salah satu Negara Skandinavia ini.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Termahal di Asia Buat Crazy Rich Indonesia
7. Amerika Serikat (US$64.906)

Dominasi negara Adidaya sekelas Amerika Serikat (AS) memang membuat kita tak kaget dengan kemajuannya. Tahun ini AS menduduki peringkat ke-7 negara terkaya.

Hal ini karena pasar finansial AS yang begitu mempengaruhi perekonomian dunia, dan cadangan mata uang global banyak diinvestasilan dalam dolar AS.

6. Qatar (US$65.062)

Transformasi kondisi perekonomian Qatar patut diacungi jempol. Dulunya, Qatar adalah negara miskin dan kering. Pada tahun 1930-an, salah satu Negara Timur Tengah ini menemukan sumber kekayaan minyak yang berlimpah di tanahnya.

Hal ini yang membuat Qatar menjadi negara terkaya di dunia. Kini, bidang pariwisata dan properti juga mendorong kemakmuran Qatar.

5. Islandia (US$78.181)

Negara berbentuk daratan di Samudera Atlantik Benua Eropa ini masuk di posisi ke-5 negara terkaya di dunia. Dengan luas yang lebih kecil dibanding Pulau Jawa, Islandia mampu unggul di bidang perikanan dan peternakan, serta produk aluminum.

Islandia menjadi pemenuh kebutuhan produk ikan yang cukup penting untuk Belanda, Inggris, Spanyol, Jerman, dan Perancis.

4. Irlandia (US$81.477)

Beberapa sektor perekonomian membuat Irlandia unggul menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Di antaranya seperti bidang pelayanan, manufaktur, distribusi dan transportasi.

Selain itu, sektor perbankan dan produk farmasi, komputer, elektronik dan makanan juga terus dikejar Irlandia sebagai langkah untuk meningkatkan kondisi perekonomian mereka.

3. Swiss (US$83.832)

Tingkat pengangguran di Swiss yang sangat rendah membuat SDM-nya sangat produktif. Sehingga memiliki pendapatan rata-rata yang cukup tinggi.

Kegiatan perekonomian di Swiss dikenal sangat modern karena melibatkan teknologi canggih. Sektor perbankan di negara yang berdekatan dengan Perancis ini juga cukup baik.

2. Norwegia (US$86. 362)

Sumber daya alam Norwegia melimpah karena letaknya yang berada di Semenanjung Skandinavia yang berbatasan langsung dengan laut.

Industri perikanan, minyak bumi dan gas alam dengan nilai tinggi membuatnya memiliki pendapatan per kapita tinggi. Norwegia selalu masuk dalam jajaran negara terkaya di dunia dari tahun ke tahun.

1. Luksemburg (US$119.719)

Ini lah negara terkaya nomor wahid. Luksemburg adalah sebuah negara kecil di Eropa Barat. Penduduknya pun sedikit dan didominasi oleh imigran dari berbagai negara.

(Baca juga: 6 Negara Terbersih di Dunia yang Wajib Masuk Bucketlist Liburan)

Sektor perekonomian yang paling terkenal di sini adalah perbankan dan industri baja. Rata-rata penduduknya memiliki penghasilan sebesar Rp29 juta per bulannya. Wah, tertarik untuk bekerja di negara ini?

Bekerja di mana pun dengan penghasilan tinggi terkadang tak ada artinya bila kamu sembrono dalam mengelola kekayaan milik sendiri. Saatnya investasikan harta yang dimiliki untuk meningkatkan nilainya di masa depan. Ajukan produk investasi terbaik di CekAja sekarang juga.

 

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast