10 Olahraga Peninggi Badan Paling Cepat dan Efektif

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha pada

Ingin tahu solusi terbaik dalam meninggikan badan? Coba saja dengan melakukan beberapa olahraga peninggi badan yang akan kita bahas berikut ini.

Bagi sebagian orang, memiliki tubuh kurang tinggi memang terkadang bisa memberikan pengaruh terhadap rasa percaya diri.

Dikarenakan hal itulah, banyak orang yang rela melakukan berbagai hal agar bisa memiliki tinggi tubuh ideal.

Ditambah lagi, saat ini sudah terdapat sejumlah profesi atau pekerjaan yang menjadikan tinggi badan tertentu sebagai salah satu persyaratannya, seperti polisi, pramugari, model, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Cara Alami Agar Tubuh Cepat Tinggi)

Sehingga, bagi kamu yang tidak memiliki standar tinggi tubuh yang sesuai namun ingin menggeluti profesi-profesi yang baru saja disebutkan, sebagian dari mereka terpaksa harus mengubur impiannya tersebut.

Nah, meskipun terdapat banyak faktor yang bisa mendasari tinggi tubuh seseorang, terdapat banyak pula solusi yang bisa kamu lakukan untuk bisa memiliki tinggi tubuh ideal, salah satunya seperti berolahraga.

Tanpa membutuhkan alat khusus dan bisa kamu lakukan di rumah, tanpa berpanjang lebar lagi, yuk kita bahas bersama-sama mengenai beberapa olahraga peninggi badan yang bisa kamu jadikan solusi dalam memiliki tinggi tubuh ideal.

Olahraga Peninggi Badan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa olahraga peninggi badan yang bisa kamu lakukan sendiri sebagai salah satu solusi memiliki tinggi tubuh ideal, yaitu adalah:

1. Basket

Pernahkah kamu melihat atlet olahraga basket secara langsung? Jika dipukul rata, para atlet tersebut sepertinya memang memiliki tinggi tubuh yang sedikit ‘berbeda’ dibandingkan dengan orang-orang pada umumnya.

‘Berbeda’ dalam hal ini ialah tinggi tubuh mereka yang sedikit di atas rata-rata. Melihat ini, sudah dapat dipastikan bahwa basket merupakan salah satu olahraga peninggi badan yang paling ampuh dan efektif.

Sebab, dalam melakukan olahraga ini kamu akan dituntut untuk banyak berlari dan melompat secara konstan.

Ketika itu, lempeng pertumbuhan akan mengalami guncangan, yang membuat darah dapat mengalir ke lempengan tersebut dan membantu merangsang pertumbuhan tubuh.

Selain itu, di dalam permainan basket juga terdapat gerakan yang disebut slam dunk, dimana para atlet melakukan lompatan sembari melempar atau merebut bola dari lawan.

Nah, gerakan inilah yang akan membuat tubuh terasa seperti terbang di udara dan melawan gravitasi, sekaligus merenggangkan otot.

Pada saat kaki kembali menyentuh tanah setelah melakukan slam dunk, maka tubuh akan mengalami kontraksi, sehingga menyebabkan otot serta tulang tumbuh menjadi lebih tinggi.

2. Spot Jump

Olahraga peninggi badan selanjutnya adalah spot jump, yang tak membutuhkan alat bantuan sama sekali ketika melakukannya.

Bagi sebagian orang, gerakan ini sudah tidak terlalu asing karena setidaknya pernah dipelajari ketika mengikuti pelajaran olahraga saat masa-masa sekolah.

Dengan melakukan ini secara rutin, dipercaya bisa membantu memanjangkan tulang kaki dan membuat tubuh menjadi lebih tinggi lho.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu bersiap di posisi jongkok, kemudian lompatlah setinggi mungkin, dan diakhir kembali dengan posisi jongkok.

Agar bisa memberikan hasil yang memuaskan, lakukan gerakan ini setidaknya 20 kali dalam sehari, namun juga turut dikombinasikan dengan olahraga peninggi badan lainnya.

3. Berenang

Olahraga peninggi badan selanjutnya yang mungkin juga sudah menjadi pengetahuan umum adalah, berenang.

Dapat dikatakan bahwa olahraga satu ini dinilai cukup efektif dan menjadi solusi tercepat bagi kamu yang ingin memiliki tinggi tubuh ideal.

Aktivitas berenang bisa membantu dalam memperkuat tulang belakang tubuh serta membantu dalam mencapai postur tubuh yang baik.

Sebab ketika berenang, seluruh otot tubuh kamu akan bergerak. Tak hanya itu, selama berada di dalam air pun, tubuh akan mengambang secara horizontal.

Nah, perlu diketahui bahwa bergerak di dalam air membutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan bergerak di udara, dan dengan bergerak secara horizontal, kamu telah melawan gravitasi.

Dengan kata lain, dada dan tubuh bagian atas juga akan melakukan peregangan dan kontraksi secara konstan, sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas.

Dikarenakan hal itulah, para atlet renang pada umumnya memiliki tubuh yang tinggi dan ramping.

4. Lompat Tali (Skipping)

Selain diketahui bisa membantu dalam menurunkan berat badan pada tubuh, nyatanya lompat tali atau yang sering disebut sebagai skipping juga merupakan salah satu olahraga peninggi badan yang dinilai cukup efektif.

Merupakan olahraga yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, alat yang kamu gunakan untuk melakukan skipping juga bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau di toko yang menjual peralatan olahraga, baik itu offline maupun online.

Melakukan skipping secara rutin dipercaya bisa membuat otot tubuh, terutama di bagian kaki, meregang dan berkontraksi.

Akibatnya, gerakan ini juga akan menciptakan hormon pertumbuhan di semua tubuh. Nah, jika kamu merasa tidak memiliki kemampuan dalam berenang atau basket, skipping bisa dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik.

5. Bersepeda

Olahraga peninggi badan selanjutnya tak lain adalah bersepeda. Terutama di era pandemi seperti saat ini, menggunakan transportasi publik dalam bermobilitas cenderung sangat riskan.

Karena kamu diharuskan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang tak dikenal. Melihat hal tersebut, bersepeda bisa menjadi pengganti transportasi kamu ketika ingin bepergian.

Selain kamu tak perlu berinteraksi langsung dengan orang asing, bepergian dengan menggunakan sepeda jelas jauh lebih sehat dan bahkan dikenal sebagai salah satu olahraga peninggi badan yang cukup efektif.

Ketika bersepeda, tubuh bagian bawah diharuskan untuk bergerak dan bekerja lebih berat. Karena, seluruh beban tubuh akan ditopang oleh tubuh bagian bawah tersebut.

Nah, hal ini bisa memicu peningkatan aliran darah pada otot paha dan lutut, sehingga dapat merangsang pertumbuhan tubuh.

Tak hanya itu, bersepeda juga bisa mengoptimalkan kinerja paru-paru sebagai pemasok darah, agar tubuh bisa mendapatkan oksigen.

6. Bergelantungan (Pull Up)

Bagi para pemula, olahraga peninggi badan satu ini mungkin akan terasa begitu berat ketika baru pertama kali dilakukan.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan jauh lebih terbiasa dengan beban yang harus ditanggung ketika melakukan olahraga ini.

Untuk melakukannya, kamu hanya cukup mengangkat atau menahan tubuh sendiri dengan kedua tangan pada pull up bar yang bisa kamu pasang di atas pintu kamar.

Dengan melakukan gerakan ini secara rutin setiap pagi, dipercaya tubuh akan lebih tinggi seiring berjalannya waktu.

7. Yoga

Selama ini yoga mungkin hanya dikenal sebagai olahraga yang bisa membantu dalam mengurangi stress.

Akan tetapi nyatanya, manfaat yoga tidak hanya sekadar itu saja lho. Yoga ternyata juga merupakan salah satu olahraga peninggi badan yang cukup efektif.

Meskipun terlihat sederhana, namun ternyata ada beberapa gerakan yoga yang memang bertujuan untuk memanjangkan dan meregangkan tubuh.

Beberapa pose yoga seperti mountain pose, triangle pose, tree pose, Surya Namaskar, Adho Mukha Svanasana, dan masih banyak lagi, merupakan beberapa gerakan bisa bisa membantu dalam membenarkan postur tubuh serta menambah tinggi badan.

8. Bulutangkis

Olahraga peninggi badan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah bulutangkis atau yang bisa juga disebut sebagai badminton.

Tentu kita tahu bahwa olahraga bulutangkis itu sendiri banyak diisi dengan gerakan melompat, sehingga dinilai cukup efektif dalam meninggikan badan dengan cepat.

9. Bola Voli

Selain basket dan berenang, voli juga dikenal memiliki atlet dengan tubuh yang tinggi semampai.

Hal tersebut dikarenakan, olahraga peninggi badan satu ini juga banyak memiliki gerakan melompat, yang mana gerakan tersebut dapat membantu dalam memicu hormon pertumbuhan.

Akan tetapi, agar hormon pertumbuhan dapat bekerja dengan optimal, kamu harus rutin melakukan olahraga voli setidaknya sebanyak 3 – 4 kali dalam seminggu.

Jika dilakukan secara rutin, siapa tahu kamu bisa memiliki tubuh tinggi seperti atlet voli pada umumnya.

10. Stretching

Nah, olahraga peninggi badan terakhir yang akan kita bahas adalah stretching atau gerakan meregangkan tubuh.

Umumnya, gerakan yang dilakukan dalam stretching dijadikan sebagai bentuk pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga sesungguhnya, seperti sepakbola atau berenang.

Akan tetapi, siapa sangka bahwa ternyata stretching itu sendiri juga merupakan salah satu olahraga peninggi badan yang bisa kamu lakukan

Seperti yang telah diketahui bahwa stretching memiliki beberapa gerakan yang berbeda. Nah, jika kamu melakukannya dengan tujuan untuk meninggikan tubuh, kamu bisa melakukan gerakan cobra stretching.

Pertama-tama, posisikan tubuh dalam keadaan tengkurap. Kemudian, angkat tubuh bagian atas secara perlahan dengan kepala menghadap ke atas.

Gerakan seperti ini dipercaya mampu merangsang pertumbuhan badan secara signifikan, apabila dilakukan secara rutin.

Jadi, itulah beberapa olahraga peninggi badan yang sekiranya bisa kamu jadikan solusi dalam memiliki tinggi tubuh ideal.

Seiring bertambahnya usia, kadangkala mungkin kita akan menghadapi permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan tulang.

(Baca Juga: 13 Merk Susu Peninggi Badan Terbaik)

Oleh karena itu, selain dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan rajin berolahraga, jangan lupa juga untuk lindungi diri dengan asuransi kesehatan, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Sebab, biaya pengobatan, terutama yang berhubungan dengan tulang, umumnya membutuhkan dana yang cukup besar, dibandingkan jenis penyakit lainnya.

Ditambah lagi, penyakit tulang biasanya tidak cukup dilakukan hanya sekali pengobatan. Tetap membutuhkan proses terapi beberapa kali hingga mengonsumsi obat agar bisa memberikan hasil yang optimal.

Nah, agar masalah kesehatan yang berhubungan dengan tulang bisa segera mendapatkan tindakan namun tanpa membutuhkan dana besar, kehadiran dari asuransi kesehatan akan sangat diperlukan.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, seluruh proses pendaftaran juga dilakukan sepenuhnya secara online lho, yang membuat kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan pilihanmu di CekAja.com sebelum terlambat!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha