Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

10 Orang di Dunia yang Miliki Uang Lebih dari Rp 100 Triliun

by JTO on 27 Februari, 2015

tips kaya di usia muda _ investasi - CekAja.com

Kamu pernah bermimpi untuk memiliki uang sebesar Rp 100 miliar? Atau bahkan pernah membayangkan memiliki uang sebesar Rp 1 triliun. Ternyata, 10 orang terkaya di dunia ini memiliki kekayaan lebih dari Rp 100 triliun. Mungkin kamu bertanya berapa Milyar, 100 Triliun itu ? 1 triliun adalah 1000 milyar, sehingga 100 triliun berarti 1000×100 = 100.000 Milyar. Tahukah kamu berapa dana dana pengentasan kemiskinan di Indonesia tahun 2014 ? berdasarkan kontan.co.id sebesar Rp 47,2 triliun.

Tetapi siapa saja mereka yang mempunyai uang lebih dari 100 triliun rupiah?

Ya, kami yakin kebanyakan dari kamu memang belum memiliki atau bahkan sekedar melihat uang sebanyak itu. Namun, 10 miliarder dunia ini memiliki jumlah kekayaan yang mungkin sulit untuk dibayangkan, yaitu lebih dari Rp 100 triliun!

Masing-masing orang memiliki bisnis yang berbeda. Mulai dari ritel, telekomunikasi, hingga teknologi. Lagi-lagi, dikutip dari majalah ekonomi terkemuka Forbes, berikut adalah urutan 10 orang miliarder tersebut, dimulai dari yang terkecil.

 

10. Rob Walton

10 Rob Walton - CekAja.com

Rob Walton adalah anak tertua dari co-founder Wal Mart, Sam Walton. Ia memiliki kekayaan bersih lebih dari 38,6 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 475 triliun. Bersama dengan saudara – saudaranya, dia memberikan dana sebesar 2 miliar dollar AS selama 2008 – 2013 ke Walton Family Foundation.

 

9. Alice Walton

9 Alice Walton - CekAja.com

Alice Walton adalah juga anak dari Sam Walton pendiri Wal Mart. Dengan kekayaan sebesar 3.9 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 427 triliun, secara efektif menjadikannya sebagai orang terkaya di dunia ke-13, dan wanita terkaya ke-2 di dunia.

 

8. Jim Walton

8 Jim Walton - CekAja.com

Jim Walton adalah anak termuda dari Sam Walton, juga pendiri Wal Mart. Dengan kekayaan sebesar 34.7 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 437 triliun. Dengan kekayaannya tersebut, Jim didaulat menjadi orang terkaya ke-7.

(Baca juga: Cara Persiapkan Kekayaan Sejak Usia 20 Tahun)

 

7. Christy Walton

7 Christy Walton - CekAja.com

Christy Walton adalah istri dari John Walton yang meninggal karena kecelakaan pesawat. John Walton adalah juga salah satu pewaris tahta dari pendiri Wal Mart, Sam Walton. Ia memiliki kekayaan bersih sebesar 36.7 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 462 triliun.

 

6. Charles Koch

6 Charles Koch - CekAja.com

Charles Koch adalah pendiri dari perusahaan Koch Industries. Perusahaan tersebut juga adalah warisan dari ayahnya Fred C. Koch, yang dia kembangkan menjadi perusahaan senilai miliaran dollar. Bedara di urutan ke-6, ia memiliki kekayaan sebesar 42,8 miliar dollar AS atau setara Rp 527 triliun.

(Baca juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia)

 

5. Larry Elison

5 Larry Elison - CekAja.com

Larry Ellison adalah pendiri dari perusahaan perangkat lunak Oracle. Larry Ellison menjabat sebagai CEO di Oracle sejak perusahaan tersebut berdiri di tahun 1977. Melalui bisnisnya, ia memiliki kekayaan bersih sebesar 54.3 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 672,8 triliun.

 

4. Amancio Ortega

4 Amancio Ortega - CekAja

Amancio Ortega mendirikan perusahaan berbasis fesyen yang cukup terkenal di dunia, terutama kalangan wanita di Indonesia, yaitu ZARA. Dia ditetapkan sebagai orang terkaya ke-4 di dunia dengan total kekayaan bersih sebesar 64 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 806 triliun.

 

3. Warren Buffet

3 Warren Buffet - CekAja.com

Warren Buffet mulai belajar berinvestasi ketika masih berumur 11 tahun. Sejak kecil ia memang sudah memiliki kesukaan untuk membeli sesuatu yang murah, kemudian dikaryakan menjadi penghasilan lebih. Warren Buffet memiliki perusahaan investasi bernama Berkshire Hathaway yang berinvestasi ke berbagai perusahaan sukses di dunia, termasuk merek ternama Apple. Dengan kekayaan sebesar 73.3 miliar, atau setara dengan Rp 902 triliun, Warren Buffet ditetapkan sebagai orang terkaya di urutan ke-3. (Baca Orang Terkaya di Dunia Terbaru 2016 )

 

2. Carlos Slim Helu

2 Carlos Slim Hellu - CekAja.com

Carlos Slim Helu adalah seorang pengusaha Meksiko yang memiliki perusahaan telekomunikasi bernama Telefonos De Mexico dan America Movil, dimana perusahaan tersebut menguasai lebih dari 70% pangsa pasar ponsel di Meksiko. Beserta dengan anak perusahaan lainnya yang bergerak di properti, ritel dan industri keuangan, Carlos Slim Helu berhasil mengumpulkan kekayaan bersih sebesar 75,3 miliar atau setara dengan Rp 903 triliun.

 

1. Bill Gates

1 Bill Gates - CekAja.com

Seperti sudah diprediksi, pengusaha teknologi ini selalu masuk dalam urutan teratas orang terkaya di dunia. Mayoritas orang pasti kenal dengan tokoh yang satu ini.

Ya, dialah Bill Gates yang memiliki rekening “gendut” sebesar lebih dari 81 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 1.008 triliun.

Kekayaan yang didapatkan dari hasil kerja keras tersebut menempatkannya sebagai orang terkaya pertama di dunia.

Gates adalah salah satu miliarder paling dermawan, karena dia telah mendonasikan hartanya sebesar lebih dari 30 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 369 triliun untuk kegiatan amal.

Ia juga memberikan dana bantuan sebesar 50 juta dollar AS, untuk membantu memerangi epidemik virus Ebola yang berkembang di Afrika beberapa waktu lalu. Sosoknya adalah tokoh yang sangat patut kita jadikan sebagai suri tauladan.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.