Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

10 Orang yang Mendadak Kaya Berkat YouTube

by Arfan Wiraguna on 11 Agustus, 2015

Siapa sangka orang-orang ini bisa kaya mendadak hanya karena iseng merekam dan meng-upload videonya di YouTube? Banyaknya pengunjung yang menonton video yang mereka unggah, uang jutaan dolar pun mengalir ke rekening. Mungkin, kamu juga bisa meniru mereka.

Dengan keberhasilan mereka, popularitas YouTube sendiri menjadi terus menanjak. Inilah yang menarik perhatian banyak orang untuk turut mencoba peruntungannya di situs ini. Dikutip dari artikel “Ordinary folks who became millionaires on YouTube” yang dimuat secara online oleh CNBC, inilah 10 orang yang mendadak kaya berkat YouTube tersebut:

PewDiePie

Memiliki lebih dari 26 juta pelanggan, artis YouTube asal Swedia yang bernama asli Felix Arvid Ulf Kjelberg, 25, ini menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh dalam industri video game saat ini. Videonya rata-rata berisikan cuplikan video game yang tengah dimainkannya dengan disertai inset kecil yang menampilkan dirinya yang sedang mengomentari permainan tersebut.

(Baca juga: Kata Wanita, Pria Habiskan Terlalu Banyak Uang untuk 5 Hal Ini)

Video-videonya telah ditonton lebih dari 4,3 miliar kali oleh basis penggemarnya. Penghasilan  tahunan yang berhasil diraupnya melalui video-video tersebut diperkirakan berkisar antara US$ 2,2 juta atau sekitar Rp 30 miliar sampai dengan US$ 18 juta atau sekitar Rp 244 miliar.

Satu cuplikan video dari PewDiePie:

DisneyCollectorBR

Hingga saat ini, orang yang berada dibelakang akun yang menampilkan video-video bertema mainan anak-anak ini masih menjadi sebuah misteri. Walaupun telah populer di dunia maya, ia tetap memilih untuk menjadi anonim. Satu-satunya hal yang pernah diungkapkannya adalah dia berasal dari Brasil.

Video-video yang diunggahnya, layaknya magnet bagi anak-anak dan sebagian orang tua. Hingga saat ini, ia telah berhasil mengumpulkan sekitar 1,3 juta pelanggan dan lebih dari 1,9 juta penonton telah melihat videonya. Estimasi laba tahunannya berkisar antara US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 20 miliar hingga US$ 12,2 juta atau sekitar Rp 165 miliar.

Satu cuplikan video dari DisneyCollectorBR:

TheFineBros.

Sejak 2004, Benny Fine dan Rafi Fine (masing-masing berusia 31 tahun dan 33 tahun) telah menulis, mengarahkan dan membintangi acara serialnya yang diberi nama “React”. Meskipun pada awalnya mereka berharap untuk bisa masuk ke festival film tradisional, mereka justru malah menjadi pelopor dalam bidang video online yang tengah berkembang pada saat ini.

(Baca juga: Cara Aman Berbelanja Online)

Sekarang mereka telah memiliki sekitar 8,2 juta pelanggan dan lebih dari 1,6 miliar orang sudah menonton video-video mereka. Dengan ini, pendapatan per tahun mereka ditaksir berkisar antara US$ 849 ribu atau sekitar Rp 11,5 miliar hingga US$ 7,1 juta atau sekitar Rp 96 miliar.

Satu cuplikan video dari TheFineBros.:

skydoesminecraft

“Minecraft” sendiri telah menjadi permainan yang sangat menguntungkan untuk banyak pengguna YouTube. Salah satunya, Adam Dahlberg, yang telah mengumpulkan 9,8 juta pengikut dan sekitar 1,9 miliar orang telah melihat videonya.

Awalnya, dia mengunggah videonya melalui sebuah channel di YouTube yang bernama “Team Crafted”. Namun, akhirnya dia memutuskan untuk membuat channel sendiri. Saat ini, dia memiliki penghasilan tahunan antara US$ 703 ribu atau sekitar Rp 9,5 miliar dan US$ 5,9 juta atau sekitar Rp 80 miliar.

Satu cuplikan video dari skydoesminecraft:

Smosh

Duo komedian, Ian Hecox dan Anthony Padilla (keduanya berusia 27 tahun), meruapakan contoh lain dari sebagian orang yang berhasil sukses menjadi artis YouTube di masa awal situs tersebut baru berdiri, yaitu pada tahun 2005. Keduanya pertama kali bertemu di kelas sains kelas saat mereka duduk di kelas enam bangku sekolah dasar.

(Baca juga: Persiapan Finansial Ketika Memiliki Anak Pertama)

Kemudian, mereka memutuskan untuk merekam video yang berisikan diri mereka yang tengah tampil lip-sync (menggerakkan bibir, pura-pura menyanyi, menirukan nyanyian yang sudah direkam) saat menyayikan lagu Inggris yang menjadi tema film “Pokemon”. Rekaman ini menjadi video YouTube yang paling banyak ditonton pada tahun 2006.

Ketenaran mereka melalui video tersebut mengantarkannya untuk merilis empat album lagu buatannya sendiri dan membantunya untuk melakukan penggalangan dana sebesar US$ 258.517 atau sekitar Rp 3,5 miliar untuk digunakan sebagai modal pembuatan permainan berjudul IndieGoGo—sebuah aplikasi game yang dibuat berdasarkan seri video “Food Battle” mereka. Situs SocialBlade memperkirakan pendapatan tahunan mereka berkisar antara US$ 627.800 atau sekitar Rp 8,5 miliar hingga US$ 5,2 juta atau sekitar Rp 70,5 juta.

Satu cuplikan video dari Smosh:

BluCollection

Seperti DisneyCollectorBR, BluCollection (yang nama aslinya juga tidak diketahui) menampilkan video yang berisikan dirinya tengan bermain dengan dan memberikan komentar tentang mainan  tersebut. Berdasarkan akun dirinya di Twitter, ia merupakan seseorang yang tinggal di New York serta berdasarkan laman penggemarnya di akun Facebook miliknya, ia menyatakan bahwa dirinya merupakan seorang kolektor piringan Blu-ray.

Meskipun ia hanya memiliki 712 ribu pelanggan, videonya telah ditonton oleh lebih dari 1,5 juta kali. Dengan itu, ia diperkirakan memiliki penghasilan tahunan antara US$ 576.900 atau sekitar Rp 7,8 miliar hingga US$ 4,8 juta atau sekitar Rp 65 miliar.

Satu cuplikan video dari BluCollection:

elrubiusOMG

Ruben Doblas Gurdensen, 25, memainkan video game, menyiksa teman sekamarnya (sesama artis YouTube bernama Mangel Rogel) dan menghasilkan video komedi dengan bahasa Spanyol yang sangat lucu.

(Baca juga: 6 Film yang Ajarkan Anda Hindari Bangkrut di Usia Muda)

Sebagai keturunan Norwegia dan Spanyol, dia merupakan salah satu kontributor dari Spanyol yang paling populer di YouTube. Dengan 8,7 juta pelanggan dan hampir 721 juta orang yang telah menonton videonya, ia diperkirakan memiliki penghasilan tahunan sebesar antara US$ 471.500 atau sekitar Rp 6,4 miliar dan US$ 3,9 juta atau sekitar Rp 52,8 miliar.

Satu cuplikan video dari elrubiusOMG:

TheBajanCanadian

Keterampilan Mitch Hughes, 21, yang dapat berbicara dengan bahasa buatannya sendiri—dengan menggunakan berbagai frase seperti “slap dat like buttin withcya forehead” (tampar tombol tersebut dengan dahi Anda)—telah berhasil membuat dirinya populer di YouTube. Lahir di Kanada dan dibesarkan di Barbados, namun akhirnya pindah kembali ke Kanada, melahirkan julukan online-nya, yaitu TheBajanCanadian.

Dengan 3,6 juta pelanggan dan lebih dari 680 juta orang yang telah melihat videonya, Hughes bagaikan memiliki dua kehidupan di YouTube. Dia pertama kali terkenal di dunia maya melalui videonya yang berisikan dirinya yang tengah bermain “Call of Duty”. Namun, setelah ia akhirnya lelah merekam dirinya yang tengah video game tersebut, berhenti melanjutkan serial videonya tersebut pada bulan Desember 2012. Kemudian, ia memilih untuk bermain “Minecraft” yang ternyata berhasil membuat dirinya semakin terkenal. Saat ini, penghasilan tahunannya berkisar antara US$ 454.600 atau sekitar Rp 6 miliar hingga US$ 3,8 juta atau sekitar Rp 51,5 miliar.

Satu cuplikan video dari TheBajanCanadian:

CaptainSparklelz

Beberapa kontributor YouTube yang sukses biasanya menempatkan dirinya di tengah budaya pop  yang sedang berkembang. Begitu pula dengan Jordan Maron, 23, yang membuat populer dirinya melalui akun CaptainSparklez di YouTube. Ia mulai membangun basis penggemarnya dengan video parodi “Gangnam Style” dengan berlatarkan video game “Minecraft”.

(Baca juga: 5 Film yang Bisa Sadarkan Anda Pentingnya Asuransi)

Saat ini, ia memiliki 7,4 juta pelanggan dan videonya telah ditonton lebih dari 1,4 miliar kali. Dengan itu, penghasilan tahunannya berkisar antara US$ 427.500 atau sekitar Rp 5,8 miliar sampai US$ 3,6 juta atau sekitar Rp 49 miliar.

Satu cuplikan video dari CaptainSparklelz:

potemi926

Duo saudara asal Jepang yang menggemaskan ini berusaha untuk mengumpulkan dana kuliah mereka melalui video-video yang diunggahnya. Kanna dan Akira—yang akrab disapa dengan panggilan Kan & Aki oleh para penggemarnya—bermain dengan berbagai mainan serta berinteraksi dengan orang tua layar mereka.

Lebih dari 308.000 orang telah berlangganan ke channel ini. Video-videonya juga telah ditonton lebih dari 514 juta kali. Situs SocialBlade memperkirakan rentang pendapatan tahunan mereka berkisar antara US$ 344.300 atau sekitar Rp 4,7 miliar hingga US$ 2,9 juta atau sekitar Rp 39 miliar.

Satu cuplikan video dari potemi926:

Secara umum, 10 orang yang mendadak kaya di atas dapat dikatakan sebagai seseorang yang menjalani hidupnya sesuai dengan passion mereka. Dengan kata lain, mereka yang selalu mengembangkan potensinya yang berasal dari passion mereka. Walhasil, mereka memiliki jiwa kreatif yang dapat mendorong batasan-batasan profesinya lebih jauh dan lebih luas serta lebih baik daripada kondisinya saat ini!

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami