Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

10 Orang yang Miliki Mobil Termahal di Dunia

by Arfan Wiraguna on 29 Juli, 2015

Mulai dari vokalis, perancang busana, presenter hingga pemimpin negara Asia masuk dalam daftar pemilik mobil termahal di dunia dan masuk dalam jajaran pemilik mobil super mewah terbanyak di dunia. Siapa saja mereka?

Dunia otomotif selalu memang selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Sebab, kepemilikan kendaraan, terutama mobil mewah, acap kali dianggap sebagai simbol pencapaian finansial yang paling ideal bagi sebagian orang.

Selain itu, menurut pengakuan mereka, ada kebanggaan tersendiri saat mempunyai dan mengoleksi barang yang disukai. Bahkan, tidak jarang kebiasaan mengoleksi ini berujung kepada kecanduan. Penasaran dengan profil kolektor mobil super mewah terbanyak di dunia? Berikut adalah daftarnya.

Wyclef Jean dan Nick Mason

Nick_Mason_cropped

Penyanyi hip hop Wyclef Jean dan drummer Pink Floyd, Nick Mason, bukan hanya bertukar saling bertukar cerita tentang musik, namun juga berbagi kepemilikan mobil-mobil mewah. Keduanya memiliki lebih dari 40 mobil dan garasi spesial tempat mereka menyimpan koleksinya tersebut. (Baca juga: 10 Mobil Termahal 2014)

Wyclef sendiri memiliki koleksi mobil yang terdiri dari McLaren F1, Ferrari, mobil pabrikan asal Italia Pagani Zonda, Cadillac dan Humvee. Ia juga memiliki satu mobil Hummer lain yang sudah dimodifikasi dan dilengkapi dengan akuarium di dalamnya.

Nick Mason, di sisi lain, memiliki preferensi khusus didalam memilih mobil. Ia suka dengan mobil super-sport pabrikan asal Italia yang memiliki nilai sejarah. Beberapa mobilnya adalah Bugatti T35, Aston Martin LM18, Ferrari 213 T3, McLaren F1, Porsche 962, dan Ferrari 250GTO yang terkenal, seharga 23 juta poundsterling atau setara dengan Rp482 miliar. (Foto: Wikimedia.org) 

Ralph Lauren

Ralph_Lauren_2013
Foto: Wikimedia.org

Perancang dan produsen pakaian asal Amerika Serikat, Ralph Lauren, memang lebih dikenal dengan hasil karyanya, yaitu desain kaos “Polo”. Namun, di dunia otomotif, Lauren dikenal dengan koleksi mobilnya yang seluruhnya berwarna merah metalik setiap kali ia menunjukkannya di sebuah pameran.

Kecepatan, gaya dan keindahan adalah benang merah yang menyatukan kombinasi eksentrik koleksi mobilnya, yang terdiri dari  Ferrari, Alfa Romeo roadster, Bugatti, Mercedes-Benz, Bentley, Jaguar, McLaren F1 dan masih banyak lagi. Jumlah total koleksi mobil Lauren mencapai lebih dari 60 buah dengan 98 persen diantaranya berwarna merah serta memiliki rangka yang berwarna putih yang dibuat khusus di garasinya—yang dilapisi karpet berwarna hitam—yang terletak di Kota New York, Amerika Serikat.

Jay Kay

Jamiroquai_(6606877435)
Foto: Wikimedia.org

Disamping hobi mengoleksi topi, pentolan band Jamiroquai, Jason Luiz Cheetham atau lebih akrab  disapa Jay Kay, memiliki ketertarikan tersendiri terhadap mobil. Penyanyi kelahiran Inggris yang pernah menjadi pemenang Grammy Award ini memiliki koleksi mobil sedikitnya sebanyak 68 buah yang terdiri dari Porsche, Ferrari, Rolls Royce, Lamborghini, Mercedes-Benz, Bugatti, Maserati, Chevy, Aston Martin serta masih banyak lagi. Ia bahkan mempunyai Mercedes 600—sebuah kendaraan mewah yang menjadi favorit para selebriti—yang sebelumnya dimiliki oleh Coco Chanel.

Dmitry Lomakov

n16n-s19
Foto: Twitter.com

Bagi Anda yang hobi berwisata keluar negeri, cara terbaik untuk melihat-lihat koleksi mobil pailng mahal di dunia adalah dengan berkunjung ke Rusia. Dengan berkunjung ke museum mobil dan motor antik yang dibuat oleh keluarga Lomakov yang dikepalai oleh Dmitry. Saat ini, selain sebagai direktur museum tersebut, Dmitry juga menjadi presiden klub mobil dan motor klasik Retromotor.

Selama 40 tahun, Dmitry telah mengoleksi 120 mobil dan motor antik, termasuk mobil mewah klasik buatan tahun 1977 asal Rusia, Chaika GAZ-13. Belakangan ini, ia juga membuat heboh media dengan membeli sebuah mobil Mercedes-Benz yang sebelumnya dimiliki oleh Adolf Hitler di sebuah rumah lelang swasta yang biasa dipakai pada zaman Hitler.

Gerard Lopez

gerard-lopez
Foto: Genii-capital.com

Ketua Tim Lotus F1, Gerard Lopez, seorang pengusaha kelahiran Luxemburg yang juga merupakan pemilik Genii Capital dan Mangrove Capital Partners—sebuah perusahaan pemodal ventura yang fokus didalam mengembangkan teknologi seperti Skype—dikenal memiliki koleksi mobil termahal yang banyak diminati para penggemar otomotif.

Dikutip dari artikel “The best car collection… in the world?” yang dimuat secara online oleh Top Gear, koleksi mobil Lopez diantaranya adalah tiga buah Ferrari (seri 365 GT 2+2, 330 GT dan BB512i), sebuah Lister Jaguar XJS, sebuah Maserati Ghibli, sebuah Lotus Esprit Sport 300 dan sebuah Cadillac Fleetwood keluaran tahun 1968.

Mukesh Dhirubhai Ambani

Mukesh_Ambani
Foto: Wikimedia.org

Sebagai orang terkaya di India, Mukesh Dhirubhai Ambani tidak hanya memiliki rumah besar dan mewah yang ia beri nama Antilla, tetapi juga memiliki koleksi mobil sport mewah pabrikan Eropa dengan jumlah yang sangat mencengangkan, yaitu sekitar 168 buah.

Kecintaannya terhadap kriket—sebuah olahraga nasional di India—tercermin didalam selera koleksi mobilnya meliputi mobil kencang yang bergaya sporty, namun tetap elegan, seperti Bentley, Maybach, Bugatti dan Mercedes-Benz serta Porsche.

Ken Lingenfelter

DSC_9704lr
Foto: Lingenfelter.com

Pendiri perusahaan Lingenfelter Performance Engineering—sebuah rumah modifikasi spesialis performa tinggi, Ken Lingenfelter, memiliki sekitar 20 Lamborghini Reventón dan lebih dari 150 muscle car atau mobil berotot khas Amerika, termasuk diantaranya adalah Corvette, Mustang, Bugatti dan Porsche. Koleksi mobil mahalnya ini diparkir didalam gedung garasinya seluas 40.000 kaki persegi atau sekitar 3.716 meter persegi di Negara Bagian Michigan, Amerika Serikat.

Jay Leno

JayLenoJul08
Foto: Wikimedia.org

Presenter kenamaan AS, Jay Leno, mengoleksi sekitar 200 mobil di garasinya. Bahkan, sebagian dari mobil-mobil tersebut tergolong sangat antik, sehingga hanya sedikit sekali orang yang masih memilikinya, termasuk diantaranya Baker Electric keluaran tahun 1909, Bentley bermesin 8 liter keluaran tahun 1931, Stanley Steamer keluaran tahun 1909, Rolls Royce Phantom II keluaran tahun 1934, Duesenberg Model X keluaran tahun 1927 dan Hispano-Suiza keluaran tahun 1925. Saking antiknya, koleksi mobilnya ini menjadi sumber inspirasi bagi perusahaan raksasa pembuat mainan Hot Wheels asal Amerika Serikat, Mattel Inc.

Syeikh Hamad Bin Hamdan Al Nahyan

hamad-bin-hamdan-al-nahyan_270x250
Foto: Periodistadigital.com

Salah satu miliuner dan anggota elit penguasa di Abu Dhabi, Hamad Bin Hamdan Al Nahya dikenal sebagai the Rainbow Sheikh atau Syeikh Pelangi karena memiliki koleksi tujuh mobil mewah dari brand Mercedes-Benz S-Class dengan masing-masing warna berbeda sehingga keseluruhannya tertata layaknya sebuah pelangi.

Syeikh Hamad juga membuat berbagai truk raksasa yang masing-masing diadaptasi dari Mercedes-Benz, Jeep dan Dodge Power Wagon. Uniknya, ia menyimpan koleksi truk raksasanya ini di dalam sebuah bangunan berbentuk piramida.

Sultan Hassanal Bolkiah

Hassanal_Bolkiah
Foto: Wikimedia.org

Dengan kekayaan sekitar 20 miliar dollar AS atau sekitar Rp 269 triliun pada tahun 2008 versi Forbes, Sultan Hassanal Bolkiah memiliki koleksi 7.000 mobil termahal di dunia yang terdiri dari 209 BMW, 574 Mercedes-Benz, 452 Ferrari, 179 Jaguar, 382 Bentley dan 134 Koenigsegg.

Selain itu, ia juga memiliki Lamborghini, Aston Martin, SSC dan Cicero BDB Maestro. Koleksi edisi terbatas yang dimilikinya meliputi Ferrari Mythos, Pininfarina yang didesain oleh Jaguar, Bentley Java, Dominator 4×4, Koenigsegg Agera CC GT dan Porsche Carma.

Sebagai miliarder, uang bukanlah masalah besar bagi para kolektor di atas. Gaji selangit membuatnya bebas membeli apa pun yang ia mau. Mulai dari rumah dengan luas tanah berhektar-hektar sampai dengan mobil-mobil termahal sejagat raya. (Baca juga: 10 Mobil Termahal 2014)

Namun, sebagai orang kaya sejati, mereka juga sering menanamkan uang mereka di properti, seni, bisnis, dan investasi lain. Cara para miliarder dalam berinvestasi inilah yang membedakannya dari kebanyakan orang, yang membuat mereka terus-menerus mengeruk untung.

Dapatkan segala jenis kendaraan impian Anda dengan kredit murah di sini.

 

( Baca juga : Daftar Mobil Murah 2016 )

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.