Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

10 Pekerjaan Paling Hits Tahun 2020 Ini Gede Cuannya!

by Nadhillah Kusindriani on 18 Maret, 2020

Sebagian dari kamu mungkin baru lulus pendidikan dan sedang mencari pekerjaan. Nah, ada beberapa pekerjaan paling hits tahun 2020 yang sekiranya sesuai dengan keahlian mu dan bisa kamu coba.

pekerjaan paling hits tahun 2020

Pasalnya, pekerjaan tersebut tidak hanya hits, tetapi juga dibutuhkan untuk waktu lama, tepatnya sepanjang tahun 2020. Hal itu dikarenakan tren teknologi yang semakin canggih telah menggeser peran manusia.

Tidak hanya itu, pesatnya perkembangan media juga menjadi salah satu sarana penghubung setiap manusia di ranah digital secara global. Maka dari itu, tidak heran apabila cara berpikir, bekerja dan cara hidup manusia berubah seiring perkembangan teknologi.

Agar bisa menyesuaikan dan mengikuti perkembangan tren, di bawah ini CekAja.com akan mengulas beberapa pekerjaan paling hits tahun 2020 khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

10 Pekerjaan Paling Hits Tahun 2020

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tren pekerjaan selalu berganti kebutuhannya seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi. Maka dari itu, ada 10 pekerjaan paling hits tahun 2020 yang kini sedang banyak dibutuhkan, di antaranya yaitu:

1. Akuntan atau Auditor

Pekerjaan paling hits tahun 2020 yang pertama adalah Akuntan. Pada dasarnya, pekerjaan yang berhubungan dengan keuangan memang selalu dibutuhkan. Sebab, kebutuhan akan akuntan sendiri di perusahaan dan lembaga-lembaga sangat dibutuhkan.

Akuntan berguna dalam mengatur dan mengelola manajemen keuangan perusahaan dengan baik. Namun mengingat jumlah SDM yang dimiliki sedikit, maka peluang untuk bekerja menjadi akuntan sangat besar. Terlebih jika kamu baru lulus pendidikan dan berlatar belakang akuntansi, kamu bisa mencoba berkarir di bidang ini.

Tidak hanya itu, pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menghitung seperti akuntan, auditor dan sebagainya memang sangat dibutuhkan dewasa ini. Hal tersebut terlihat dari kebutuhan pekerjaan untuk posisi ini yang semakin naik hingga 16%, seperti yang dilansir mamikos.com.

2. Digital Marketing

Pekerjaan paling hits tahun 2020 selanjutnya adalah Digital Marketing. Sejatinya, pekerjaan ini memiliki beberapa konsentrasi, dua di antaranya yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Seperti yang diketahui, keberadaan SEO dan SEM kini sangat dibutuhkan terutama di perusahaan rintisan atau startup, baik startup fintech, edutech dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan digital marketing sangat dibutuhkan untuk promosi produk atau pun jasa suatu perusahaan.

Kegiatan promosi secara digital juga dilakukan secara spesifik berdasarkan target pasar yang telah ditentukan kriterianya, mulai dari usia, lokasi tempat tinggal, minat, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Kegiatan promosi tersebut dilakukan di beberapa media sosial, seperti Instagram, facebook, twitter, YouTube dan beberapa platform digital lainnya. Maka dari itu, bagi kamu yang tertarik dengan dunia digital, pekerjaan ini menjadi suatu peluang yang bisa kamu coba. Terlebih, gaji yang ditawarkan untuk bidang ini cukup menggiurkan, yaitu mulai dari Rp 5 juta – Rp 13 juta per bulan.

(Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa)
3. Tenaga Pengajar

Menjadi salah satu pekerjaan paling hits tahun 2020, tenaga pengajar sampai saat ini masih sangat dibutuhkan. Bagaimana tidak, di beberapa daerah terpelosok seperti Cianjur Selatan dan Mimika, Papua masih kekurangan tenaga pengajar.

Jika melihat dengan lingkup yang lebih luas, Indonesia sendiri sebenarnya masih kekurangan tenaga pengajar sebanyak 1,1 juta berdasarkan data Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sedangkan jika melihat data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia masih kekurangan tenaga pengajar lebih dari 870 ribu. Dari data-data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kurangnya tenaga pengajar masih dimenangkan tingkat Sekolah Dasar (SD).

Salah satu faktor penyebabnya adalah tidak meratanya penyebaran tenaga pengajar seperti guru. Maka dari itu, jumlah tenaga pengajar yang ada di pelosok daerah hanya sedikit. Melihat kondisi tersebut, maka pekerjaan yang satu ini bisa kamu coba.

Sebab, peluang kerja untuk menjadi tenaga pengajar sangat besar. Tidak hanya itu, gaji yang ditawarkan per bulannya pun cukup menarik, yaitu mulai dari Rp 2 juta – Rp 8,5 juta.

4. Pekerjaan yang Berkaitan dengan Teknologi Informasi

Beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan IT memang sangat menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan bidang pekerjaan yang satu ini selalu dibutuhkan di setiap perusahaan. Terlebih, perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semakin canggih.

Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan seputar Teknologi Informasi, kamu bisa mencoba beberapa pekerjaan seperti software developer, programmer, system engineer, software QA hingga keamanan siber.

Secara umum, beberapa pekerjaan tersebut berguna sebagai pelindung dari keseluruhan data penting yang dimiliki perusahaan dari hacker dan kejahatan siber lainnya. Maka dari itu, peluang pekerjaan bidang IT sangat besar, terlebih gaji yang ditawarkan pun sangat menggiurkan dan fantastis, yaitu mulai dari Rp5,5 juta – Rp 60 juta per bulannya.

5. Dokter

Pekerjaan paling hits tahun 2020 yang berikutnya adalah Dokter. Tidak hanya dokter umum, tetapi dokter spesialis pun sangat dibutuhkan keberadaannya.

Pasalnya, tahun 2020 menjadi tahun yang sibuk untuk masyarakat Indonesia. Mulai dari terjadinya bencana alam yang terjadi di beberapa kota di Indonesia hingga penyebaran virus Covid-19 yang kini sedang menyerang Indonesia.

Melihat hal tersebut, keberadaan seorang dokter sangat dibutuhkan. Terlebih, dokter menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan sejak dahulu. Hanya saja, penyebaran tenaga kesehatan khususnya dokter masih belum merata, sehingga beberapa daerah di pelosok masih sangat membutuhkan.

Maka dari itu, bagi kamu yang ingin bekerja sebagai dokter, profesi ini bisa kamu coba. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pendidikan, namun masa depan profesi ini sangat menjanjikan. Hal tersebut terlihat dari kisaran gaji yang akan kamu dapatkan yaitu mulai dari Rp 6 juta – Rp 70 juta per bulan.

6. Product Designer

Pekerjaan paling hits tahun 2020 yang keenam adalah Product Designer. Seperti yang diketahui, beberapa pekerjaan di bidang industri kreatif saat ini memiliki banyak peminat, tidak terkecuali product designer.

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif mencari product designer untuk merancang, mendesain produk, menciptakan, hingga mengembangkan beberapa produk seperti gadget, otomotif, beberapa barang manufaktur dan lain sebagainya.

Maka dari itu, skill menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh seorang designer. Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan design product, pekerjaan yang satu ini bisa kamu coba. Sebab, range gaji untuk pekerjaan yang satu ini sangat menggiurkan, yaitu mulai dari Rp 6 juta – Rp 30 juta per bulan.

7. Pekerja di Industri Kreatif

Bekerja di industri kreatif memang sangat mengasyikan. Bagaimana tidak, kamu bisa mengembangkan dan menyalurkan inovasi serta daya kreatifitas mu sebebas mungkin, khususnya bagi kamu generasi milenial.

Sejatinya, pekerjaan paling hits 2020 yang satu ini terdiri dari beberapa bidang, di antaranya yaitu perfilman, fotografi, musik, periklanan, animasi dan lain sebagainya. Maka dari itu, peluang kerja untuk anak muda Indonesia sangat besar.

Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan broadcast atau pun bidang lainnya yang selaras, kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. Terlebih, gaji yang ditawarkan untuk pekerja di industri kreatif mulai dari Rp 4 juta – Rp 60 juta per bulan.

8. Arsitek

Arsitek menjadi salah satu pekerjaan paling hits tahun 2020. Di mana, World Economic Forum (WEF) sudah memperkirakan pekerjaan yang satu ini akan selalu dibutuhkan. Bahkan, lapangan pekerjaan untuk bidang teknik sendiri pada 2020 akan naik.

WEF juga memperkirakan bahwa akan ada 2 juta lapangan pekerjaan yang membutuhkan profesi arsitek dan beberapa ahli teknik lainnya. Hal tersebut dikarenakan, semakin banyaknya pembangunan, mulai dari pembangunan perumahan hingga infrastruktur.

Selain arsitek, beberapa perancang pada ahli teknik lainnya pun sangat dibutuhkan, di antaranya adalah mereka yang menekuni bidang biochemicals, nanotechnology, robotics dan materials.

Bagi kamu yang ingin mencoba pekerjaan bidang ini, siap-siap untuk mendapatkan gaji dengan kisaran mulai dari Rp 7 juta – Rp 50 juta untuk arsitek. Sedangkan untuk ahli teknik lainnya, kamu akan mendapatkan gaji hingga Rp 70 juta. Bagaimana, sangat menggiurkan bukan gaji yang ditawarkan?

9. Data Analyst

Pekerjaan paling hits tahun 2020 yang kesembilan adalah Data Analyst. Pasalnya pekerjaan yang satu ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Bagaimana tidak, seorang data analis dituntut untuk bisa membaca, memahami hingga menerjemahkan data menjadi sebuah laporan yang dapat dimengerti manajemen dengan mudah.

Untuk itu, seorang data analis harus memiliki keterampilan analisis yang kuat, pemikiran yang kritis, rasa ingin tahu yang besar, suka bereksperimen serta kemampuan berkomunikasi yang baik untuk bisa menyampaikan hasil analisis kepada klien dengan benar.

Seorang data analis pun sudah seharusnya memiliki kemampuan dalam bahasa pemrograman seperti SQL, Oracle dan bahasa pemrograman lainnya. Tidak hanya itu, data analis juga harus paham software Adobe Campaign serta memiliki kemampuan matematika dan statistik.

Bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan IT, matematika, ekonomi maupun manajemen, kamu bisa mencoba pekerjaan dengan range gaji Rp 11 juta – Rp 27 juta yang satu ini.

10. Personal Trainer Fitness

Terakhir adalah personal trainer fitness yang masuk ke dalam pekerjaan paling hits tahun 2020. Melihat semakin banyaknya orang yang sadar akan kesehatan diri, maka personal trainer pada beberapa pusat kebugaran pun semakin dibutuhkan.

Sejatinya, personal trainer fitness berperan sebagai pelatih yang akan membantu kamu untuk lebih memahami dunia fitness. Di antaranya yaitu paham bagaimana cara menggunakan alat-alat di gym, membentuk otot tubuh, diet hingga cara hidup sehat.

Nah, personal trainer fitness menjadi salah satu pekerjaan yang bisa kamu coba. Sebab, kisaran gaji yang ditawarkan per bulannya pun cukup menarik, yaitu mulai dari Rp 4 juta – Rp 20 juta.

(Baca Juga: Tips Mengelola Pinjaman Online Untuk Tenor 1 Bulan)

Pinjaman Biaya Pendidikan dengan di UangTeman

Untuk bisa mendapatkan beberapa pekerjaan di atas, tentu kamu harus menempuh pendidikan terlebih dahulu. Seperti misalnya kamu ingin menjadi product desainer, maka kamu harus menempuh pendidikan bidang design product.

Tentu, biaya yang dibutuhkan cukup besar untuk bisa kuliah design product. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan meminjam uang di UangTeman. Pasalnya, UangTeman menyediakan pinjaman online jangka pendek tanpa agunan dan tanpa potongan pertama di Indonesia.

Untuk bisa mengajukan pinjaman di sini, cara dan syarat yang dibutuhkan sangat mudah. Terlebih, pinjaman ini bisa dilakukan oleh pegawai swasta, pegawai negeri, anggota parlemen, karyawan swasta, hingga wiraswasta yang berada pada rentang usia 21 – 55 tahun.

Di UangTeman, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga Rp 3 juta dengan masa tenor 10 – 30 hari, untuk kamu yang baru mengajukan pinjaman di UangTeman.

Setelah pengajuan pinjaman selesai dilakukan, uang yang kamu ajukan bisa langsung kamu dapatkan hanya dalam satu hari kerja. Kamu juga tidak perlu khawatir mengajukan pinjaman di sini, sebab UangTeman sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Maka dari itu, tunggu apa lagi? Langsung saja ajukan pinjaman dana tunai dengan mudah dan cepat melalui UangTeman. Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis