Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

10 Pekerjaan yang Hasilkan Uang Banyak Tanpa Keluar Rumah

by Arfan Wiraguna on 29 Juni, 2015

Bisa dikerjakan di rumah, beberapa pekerjaan sampingan ini ternyata miliki bayaran gede atau besar. Cukup gunakan keahlian yang dimiliki.

Bekerja dari rumah memberikan beberapa keuntungan. Mulai dari jam kerja yang fleksibel, hingga bebas mengenakan pakaian apapun saat bekerja. Triknya, temukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan bisa memberikan bayaran yang sesuai.

Sayangnya, kesempatan untuk bekerja dari rumah pun banyak disalahgunakan. Tidak heran bila akhir-akhir ini banyak terjadi penipuan via internet dalam bentuk penawaran pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah.

Oleh karena itu, CekAja mencarikan beberapa pilihan pekerjaan yang tidak terkait pada satu institusi tertentu namun menuntut keseriusan saat menjalaninya. Di bawah ini adalah pekerjaan-pekerjaan yang dapat menghasilkan uang tanpa perlu keluar rumah. Bahkan diantaraya bisa dijadikan bisnis sampingan ibu rumah tangga.

Kesempatan untuk menjadi penulis lepas

Saat ini banyak bermunculan situs-situs online baru yang membutuhkan penulis atau editor untuk mengisi dan menyunting halamannya. Sebagai pekerja lepas, Anda dapat melakukan penulisan dan penyuntingan tanpa harus datang ke kantor.

Cukup menyiapkan komputer dan koneksi internet di rumah, kita sudah dapat menghasilkan uang tanpa harus keluar rumah. (Baca juga: Kerja Puluhan Tahun, Sudah Cek Saldo Jamsostek Belum?)

Coba jadi assisten virtual

Seorang asisten virtual menjalankan segala fungsi layaknya asisten biasa di kantor, termasuk menjadwalkan pertemuan, mengelola berkas-berkas digital, menyiapkan presentasi dan membuat rencana perjalanan bisnis.

Kebanyakan asisten virtual bekerja berdasarkan kontrak, bukan berstatus sebagai karyawan biasa. Oleh karena itu, seorang asisten virtual bisa memiliki beberapa klien pada waktu yang bersamaan.

Jago bahasa asing, jadilah penerjemah

Jika Anda menguasai beberapa bahasa–terutama bahasa-bahasa asing yang banyak digunakan didalam komunikasi bisnis seperti bahasa Jepang dan Mandarin, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. (Baca: Cara Bisnis Undangan Pernikahan dengan Modal Minim)

Karena jenis pekerjaan ini membutuhkan keahlian khusus yang hanya dikuasai oleh segelintir orang, biasanya penghasilan yang bisa didapatkan pun relatif besar. Tugas seorang penerjemah meliputi pengalihbahasaan dokumen bisnis, situs online, perangkat lunak, karya ilmiah dan buku.

Jago bikin program dan desain, jadi web developer

Meningkatnya popularitas e-commerce atau perdagangan dengan sistem elektronik menjadikan pengembang aplikasi atau web developer banyak dicari perusahaan-perusahaan besar pada saat ini.

Walaupun beberapa dari perusahaan tersebut memiliki pengembang aplikasi yang berstatus sebagai karyawan tetap, namun tetap membutuhkan banyak pekerja lepas untuk menangani proyek-proyeknya.

Bahkan pada tahun 2012 di Amerika Serikat (AS) yang terkenal dengan kemajuan teknologi informasinya, sekitar 25 persen dari total pengembang aplikasinya berstatus sebagai pekerja lepas (berdasarkan data dari Biro Statisik Tenaga Kerja AS).

Hobi olahraga, jadilah pelatih kebugaran “online”

Pada saat ini, pelatih kebugaran tidak lagi harus terikat untuk bekerja di sebuah gym atau pusat kebugaran saja. Dengan semakin banyaknya orang yang mencari berbagai tips kesehatan dan kebugaran secara online, kini pelatih kebugaran dapat memiliki banyak klien yang berasal dari berbagai tempat di dunia.

Caranya, seorang pelatih kebugaran dapat menggunakan media interaktif seperti  Skype-yang tersedia untuk komputer dan ponsel- dalam menunjukkan gerakan latihan beban yang benar kepada kliennya.

Di sisi lain, sang klien juga bisa meminta pelatih kebugarannya tersebut untuk mengecek apakah gerakan latihannya sudah dilakukan dengan benar atau belum. (Baca juga: Cara Mudah Latihan Beban untuk Kurangi Lemak)

Selanjutnya, seorang pelatih kebugaran perlu menyusun program latihan dan menu diet kliennya. Kedua tugas ini juga dapat disusun dan dikomunikasikan secara online.

Perencana perjalanan

Kesibukan dan jadwal pekerjaan yang padat seringkali mengakibatkan banyak orang tidak memiliki waktu lagi untuk menyusun jadwal liburan. Walaupun saat ini telah hadir berbagai situs layanan pemesanan tiket dan penginapan secara online, sebagian orang masih membutuhkan jasa orang lain untuk menyusun detail kegiatan yang ingin dilakukan di daerah tujuan wisata. 

Oleh karena itu, munculnya perencana perjalanan yang dapat lebih memahami keinginan klien dan memberikan masukan kepada mereka merupakan bentuk kemudahan yang dicari oleh orang-orang tersebut.

Desainer grafis freelance

Sebagai desainer grafis, Anda sebenarnya bisa bekerja di mana saja. Bahkan, beberapa desainer grafis cenderung lebih suka bekerja sambil menikmati kesendiriannya di rumah, karena ternyata kesepiannya ini bisa mendukung proses pencarian ide untuk karya-karyanya. Di sisi lain, produktivitas seorang desainer grafis bisa menurun akibat keriuhan di kantor.

Programmer

Programmer komputer tidak perlu hadir di kantor setiap hari layaknya karyawan biasa lainnya. Layaknya seorang kontraktor, pekerjaan seorang programmer komputer biasanya terdiri dari beberapa proyek. Selain itu, tugas seorang programmer adalah menjaga kelancaran aplikasi-aplikasi yang sudah berjalan di kantor tersebut. (Baca juga: Aplikasi Android Terbaik)

Akuntan

Untuk mengelola keuangan, perusahaan membutuhkan tenaga akuntan agar kondisi finansialnya tetap baik. Namun, akuntan-akuntan tersebut tidak harus hadir di kantor setiap hari.

Mereka bisa menyelesaikan pekerjaannya di rumah. Bahkan jika tim akuntan tersebut merupakan tipe kelompok yang senang rapat di luar kantor, mereka dapat melakukan diskusi pekerjaan bersamanya di rumah salah satu akuntan.

Humas

Berkarir di bagian Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR) telah menjadi tren pada beberapa tahun belakangan ini. Tugas seorang humas yang meliputi pembuatan siaran pers untuk media dan membantu klien didalam penyusunan kata-kata untuk promosi produk menjadikan pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah.

Bahkan dengan kecanggihan teknologi pada saat ini yang memungkinkan untuk mengadakan rapat dan berkomunikasi dengan klien secara online, seorang humas hampir tidak perlu meninggalkan rumah ketika melakukan pekerjaannya. (Baca juga: 9 Pekerjaan Sampingan yang Berikan Banyak Uang)

Perkembangan teknologi di masa kini memang sangat berperan didalam menjadikan pekerjaan-pekerjaan di atas bisa dilakukan di rumah. Mulailah temukan keahlian apa yang Anda miliki, dan manfaatkan keahlian tersebut guna hasilkan uang lebih banyak.

Dapatkan kartu kredit yang cocok untuk belanja hemat di sini.

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.