10 Pendidikan Vokasi Terbaik Versi Kemenristekdikti

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Pendidikan vokasi terbaik di Indonesia sangat banyak, bisa dikatakan lebih dari 1.100 pendidikan vokasi yang tersedia dan tersebar di seluruh Indonesia. Maka dari itu, melihat banyaknya pendidikan vokasi di Indonesia, Kemenristekdikti pada 2019 membuat penilaian terhadap semua perguruan tinggi vokasi dan non-vokasi.

10 Pendidikan Vokasi Terbaik Versi Kemenristekdikti

Penilaian yang dilakukan Kemenristekdikti tersebut, kemudian dibuat menjadi peringkat dan dimasukkan ke dalam kategori atau klaster, berdasarkan nilai yang diperoleh.

Hanya saja, untuk pendidikan vokasi sendiri, klaster tertinggi akan dimulai dari klaster 2. Dengan kata lain, tidak ada pendidikan vokasi yang masuk ke dalam klaster 1.

Dari penilaian yang telah dilakukan terhadap 1.128 pendidikan vokasi, Kemenristekdikti mendapatkan empat klaster pendidikan vokasi terbaik di Indonesia, dengan jumlah pendidikan vokasi atau perguruan tinggi untuk setiap klasternya, yaitu:

  • Klaster 2, sebanyak 5 perguruan tinggi atau pendidikan vokasi
  • Klaster 3, sebanyak 62 perguruan tinggi atau pendidikan vokasi
  • Klaster 4, sebanyak 545 perguruan tinggi atau pendidikan vokasi
  • Klaster 5, sebanyak 516 perguruan tinggi atau pendidikan vokasi

Pemeringkatan yang dilakukan Kemenristekdikti tersebut, sejatinya berfokus pada penilaian yang dilakukan atas dasar Output-Outcome Base. Yang mana, Kemenristekdikti melihat kinerja masukan dengan bobot sebesar 40 persen dan kinerja luasan sebesar 60 persen.

Untuk kinerja masukan sendiri, bobot 40 persen tersebut terbagi menjadi 15 persen kinerja input dan 25 persen proses. Sementara untuk kinerja luaran, bobot 60 persen itu terbagi menjadi 25 persen kinerja output dan 35 persen outcome.

(Baca Juga: 4 Pekerjaan Jurusan Vokasi)

10 Pendidikan Vokasi Terbaik

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas tentang klaster-klaster pendidikan vokasi dari hasil penilaian yang dilakukan Kemenristekdikti, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui 10 pendidikan vokasi terbaik versi Kemenristekdikti. Adapun 10 pendidikan vokasi terbaik tersebut, di antaranya:

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Akreditasi: A

Klaster: Klaster 2

Skor: 2.276

Alamat: Kampus ITS, Jl. Raya ITS, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111

Pendidikan vokasi terbaik pertama adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Pendidikan vokasi yang sudah diresmikan sejak 2 Juni 1988 ini, memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa di bidang emerging technology dalam skala nasional maupun internasional.

Pendidikan vokasi yang terletak di Jalan Raya ITS ini, memiliki sembilan program studi yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro Industri, Teknik Informatika, Teknik Mekatronika, Teknik Komputer, Teknik Multimedia Broadcasting, Sistem Pembangkitan Energi dan Teknologi Game.

Selain itu, biaya kuliah di Politeknik Elektronik Negeri Surabaya tidak terlalu mahal, sebab per semesternya mahasiswa hanya dikenakan biaya sekitar Rp4 juta.

2. Politeknik Negeri Bandung

Politeknik Negeri Bandung

Akreditasi: A

Klaster: Klaster 2

Skor: 2.037

Alamat: Jl. Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559

Berikutnya ada Politeknik Negeri Bandung yang menjadi pendidikan vokasi terbaik menurut Kemenristekdikti. Bagi kamu yang tertarik dengan bidang teknik, pendidikan vokasi yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan.

Pasalnya, Politeknik Negeri Bandung atau yang kerap kali disebut dengan Polban ini, memiliki konsentrasi program studi yang lebih menitikberatkan pada bidang teknik.

Terlihat dari beberapa jurusan yang tersedia di Polban sendiri, di antaranya yaitu Teknik Konversi Energi, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, Teknik Kimia, Teknik Komputer dan Informatika, dan beberapa jurusan lainnya.

Tidak hanya itu, sebagai pendidikan vokasi terbaik, Polban juga menawarkan banyak beasiswa untuk mahasiswanya, mulai dari Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Unggulan, Beasiswa Pemkot Bandung, Beasiswa PT Jiwasraya, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik, Beasiswa Djarum Foundation dan masih banyak lagi.

3. Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Akreditasi: A

Klaster: Klaster 2

Skor: 1.876

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.9, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141

Pendidikan vokasi terbaik yang ketiga adalah Politeknik Negeri Malang. Pendidikan vokasi yang dahulunya bernama Program Pendidikan Diploma Bidang Teknik, Universitas Brawijaya ini didirikan oleh Pemerintah Indonesia melalui dana Bank Dunia.

Politeknik yang juga disebut dengan Polinema ini memiliki unit layanan yang sangat lengkap, mulai dari BAAK, BAUK, PUSKOM, P3AI, ETU, SPI, Kantor Jaminan Mutu, dan beberapa Unit Pelaksana Teknis, seperti UPT Humas, UPT P2M, UPT PP, UPT Bahasa, UPT MKU, UPT Perpustakaan dan UPT Percetakan.

Buat kamu yang ingin masuk ke pendidikan vokasi terbaik yang satu ini, Polinema membuka beberapa jalur pendaftaran mahasiswa baru yang bisa kamu coba, mulai dari jalur mandiri, jalur undangan PMDK-PN, jalur undangan Bidikmisi, jalur Kerjasama Polinema dan PT GMF AeroAsia dan jalur Kerjasama Polinema dan PT PLN (Persero).

4. Politeknik Negeri Semarang

Politeknik Negeri Semarang

Akreditasi: A

Klaster: Klaster 2

Skor: 1.756

Alamat: Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275

Di urutan keempat ada Politeknik Negeri Semarang atau yang dikenal dengan Polines, sebagai pendidikan vokasi terbaik versi Kemenristekdikti. Politeknik yang terletak di Jl. Prof. Sudarto ini, memiliki lima jurusan terbaik yang paling banyak diincar oleh calon mahasiswa baru.

Lima jurusan terbaik tersebut, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi dan Administrasi. Sehingga, jika di antara kamu ada yang ingin masuk ke salah satu dari lima jurusan terbaik, maka kamu perlu belajar lebih giat untuk bisa lolos ke jurusan yang kamu inginkan.

Kamu pun tidak perlu khawatir terkait biaya pendidikan di Polines. Karena, UKT per semester untuk setiap mahasiswanya berbeda-beda, yang akan disesuaikan dengan golongan dan kemampuan finansialnya. Adapun besaran UKT berdasarkan masing-masing golongannya, yaitu:

  • Golongan I: mulai dari Rp500 ribu
  • Golongan II: mulai dari Rp1 juta
  • Golongan III: mulai dari Rp1,960 juta
  • Golongan IV: mulai dari R3,070 juta

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Akreditasi: B

Klaster: Klaster 2

Skor: 1.720

Alamat: Jl. Raya Negara KM. 7 Tanjung Pati, Koto Tuo, Kec. Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26271

Meski akreditasi yang didapat Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh adalah B, namun politeknik ini menjadi salah satu pendidikan vokasi terbaik versi Kemenristekdikti.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia pertanian, kamu bisa menjadikan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh sebagai pendidikan vokasi terbaik pilihanmu.

Terlebih, politeknik ini menyediakan sekitar 11 program studi yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat. 11 program studi tersebut, di antaranya yaitu:

  • D3-Budidaya Tanaman Pangan
  • D3- Agribisnis
  • D3-Budidaya Tanaman Hortikultura
  • D3-Budi Daya Ternak
  • D4-Pengelolaan Agribisnis
  • D3-Paramedik Veteriner
  • D3-Budidaya Tanaman Perkebunan
  • D4-Pengelolaan Perkebunan
  • D3-Teknologi Pangan
  • D3-Tata Air Pertanian
  • D3-Teknolog Mekanisasi Pertanian

6. Politeknik Negeri Ujung Pandang

Politeknik Negeri Ujung Pandang

Akreditasi: B

Klaster: Klaster 3

Skor: 1.587

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10 (Kampus I) dan Jl. Tamalanrea Raya (BTP) (Kampus II)

Pendidikan vokasi terbaik yang selanjutnya adalah Politeknik Negeri Ujung Pandang. Politeknik yang mendapatkan skor dari Kemenristekdikti sebesar 1.587 ini, menyediakan dua jenjang pendidikan, yaitu D3 dan S1 Terapan.

Untuk jenjang D3 sendiri, Politeknik Negeri Ujung Pandang memiliki 11 program studi. Sementara untuk jenjang S1 Terapan, Politeknik ini menyediakan 10 program studi yang terfokus pada bidang bisnis dan engineering.

Tidak hanya itu, biaya kuliah di Politeknik Ujung Pandang pun terbilang sangat terjangkau. Sebab, per semesternya mahasiswa hanya perlu membayar biaya kuliah sebesar Rp2 juta.

7. Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta

Akreditasi: B

Klaster: Klaster 3

Skor: 1.582

Alamat: Jl. Prof. DR. G.A. Siwabessy, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

Bagi warga Jabodetabek, pendidikan vokasi terbaik yang satu ini mungkin sudah tidak asing didengar. Pasalnya, Politeknik Negeri Jakarta menjadi salah satu Politeknik favorit di sekitar Jabodetabek.

Politeknik yang lokasinya berada di lingkungan Universitas Indonesia ini, dahulunya merupakan bagian dari Universitas Indonesia. Namun pada Agustus 1998, politeknik ini memutuskan untuk lepas dan memisahkan diri dari UI.

Sehingga, politeknik yang dahulunya bernama Politeknik Universitas Indonesia ini, merubah namanya menjadi Politeknik Negeri Jakarta.

8. Politeknik Negeri Padang

Politeknik Negeri Padang

Akreditasi: B

Klaster: Klaster 3

Skor: 1.582

Alamat: Jl. Kampus, Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat 25164

Di urutan ke delapan ada Politeknik Negeri Padang. Pendidikan vokasi terbaik yang satu ini bisa dijadikan pilihan bagi kamu calon mahasiswa yang tinggal di daerah Padang dan sekitarnya.

Berlokasi di Jalan Kampus, Sumatera Barat, Politeknik Negeri Padang menawarkan biaya per semester yang terbilang sangat murah. Sebab, mahasiswanya hanya perlu membayar biaya kuliah untuk per semesternya sebesar Rp1,5 juta.

Dengan begitu, mahasiswa yang masuk Politeknik Negeri Padang ini, tidak akan terbebani dengan besarnya biaya perkuliahan seperti universitas maupun pendidikan vokasi lainnya.

9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Akreditasi: B

Klaster: Klaster 3

Skor: 1.565

Alamat: Jl. Poros Makassar-Parepare KM. 83, Mandalle, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Salah satu politeknik pertanian selain Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, yang juga masuk ke dalam 10 besar peringkat terbaik menurut Kemenristekdikti adalah Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan.

Politeknik yang juga disebut dengan Pangkep ini menyediakan dua jenjang studi yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswanya, yaitu jenjang studi D3 dan jenga studi D4.

Untuk jenjang studi D3 sendiri terdapat enam program studi, mulai dari Budidaya Perikanan, Agribisnis Perikanan, Perikanan Tangkap, Teknik Kelautan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan dan Budidaya Tanaman Perkebunan.

Sedangkan untuk jenjang studi D4, program studi yang ditawarkan, yaitu Agroindustri dan Pengelolaan Pelabuhan Perikanan. Bagi kamu yang memiliki minat dan bakat sesuai dengan program studi tersebut, bisa coba mendaftar di pendidikan vokasi terbaik yang satu ini.

10. Politeknik Negeri Bali

Politeknik Negeri Bali

Akreditasi: B

Klaster: Klaster 3

Skor: 1.498

Alamat: Jl. Raya Uluwatu No.45, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Terakhir ada Politeknik Negeri Bali yang menjadi pendidikan vokasi terbaik. Politeknik yang terletak di Jalan Raya Uluwatu ini, memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi terdepan penghasil lulusan professional berdaya saing internasional pada tahun 2025.

Maka dari itu, tidak heran apabila politeknik ini cenderung mengedepankan praktik daripada teori. Di mana, pembagian sistem pembelajarannya yaitu 60-70 persen untuk pola praktik yang sesuai dengan tuntutan industri dan 30-40 persen untuk teori.

Dengan begitu, lulusan dari Politeknik Negeri Bali ini dapat dipastikan mampu bersaing di dunia kerja, serta memenuhi kebutuhan industri di dalam negeri maupun luar negeri.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Indonesia)

Itulah 10 daftar pendidikan vokasi terbaik di Indonesia dan beberapa informasi lainnya, terkait penilaian serta pemeringkatan pendidikan vokasi yang dilakukan oleh Kemenristekdikti.

Dari 10 daftar pendidikan vokasi terbaik di atas, kamu bisa memilih satu diantaranya sebagai pilihan pendidikan vokasi yang akan kamu tuju. Namun, sebelumnya kamu perlu mengetahui beberapa informasi terkait pendidikan vokasi tersebut, salah satunya biaya pendidikan.

Seperti yang diketahui, biaya pendidikan merupakan salah satu hal penting yang harus dipersiapkan, sejak awal kamu berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Karena, biaya pendidikan yang dibutuhkan tidak sedikit.

Meskipun beberapa perguruan tinggi memberikan biaya semester yang cukup murah, namun bukan berarti kamu tidak perlu menyiapkan dana lebih untuk memenuhi beberapa kebutuhan lainnya, seperti biaya kost-kostan jika kamu merantau, biaya transportasi dan biaya-biaya lainnya.

Maka dari itu, sangat penting untuk kamu memiliki dana lebih yang nantinya akan digunakan sebagai dana darurat. Tetapi, jika dana yang kamu miliki saat mencukupi, jangan khawatir. Sebab, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA sebagai dana darurat di CekAja.com.

Di sana, kamu akan mendapatkan pelayanan proses pengajuan KTA yang mudah, cepat dan aman, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, buat kamu yang membutuhkan dana darurat, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani