Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

10 Perusahaan Ini Malah Lebih Sukses Setelah Ganti Nama

by Surtan Siahaan on 22 Desember, 2015

perusahaan sukses _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Untuk sebuah perusahaan, nama bisa berarti banyak hal. Tidak sedikit perusahaan yang melejit setelah mengganti namanya. Meski belum dapat dibuktikan secara ilmiah, sejumlah perusahaan di bawah ini sukses justru setelah melakukan perubahan pada nama.

Berikut ini daftarnya seperti yang dikutip dari CNBC.

The Facebook menjadi Facebook

Salah satu perusahaan paling besar di dunia ini sukses setelah melakukan pergantian nama. Facebook yang didirikan pada awal 2004 oleh Mark Zuckerberg awalnya menggunakan nama thefacebook.com.

Saat itu Facebook belum menjadi situs pertemanan yang booming. Barulah ketika nama tersebut diubah, pada tahun 2005, Facebook mengalami booming.

Namun, Mark sebagai pemilik tidak memperoleh nama tersebut secara cuma-cuma. Sebab, kala itu domain Facebook.com telah dimiliki orang lain. Untuk menebusnya, dia harus menggelontorkan uang hingga US$ 200.000.

BackRub jadi Google

Search engine paling populer sedunia, Google, rupanya tidak dilahirkan dalam nama yang kita kenal sekarang. Perusahaan yang didirikan Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996 awalnya bernama BackRub.

Saat itu Google masih jadi perusahaan kecil. Setelah dua tahun menyandang nama itu, kedua pendiri pun sepakat mengubah namanya menjadi Google yang merupakan plesetan dari googol, sebuah istilah matematika.

(Baca juga: Tiga Perusahaan Ini Punya Kebijakan Cuti Melahirkan Paling Asyik)

Research in Motion jadi Blackberry

Siapa tidak kenal dengan fenomena dunia telekomunikasi, Blackberry. Pada tahun 2008 lalu, mungkin ini adalah telepon paling populer karena sempat menjadi pilihan Presiden AS Barack Obama.

Setelah 29 tahun menyandang nama Research in Motion (RIM) perusahaan asal Amerika Utara ini mengubah namanya menjadi Blackberry.

Apple Computers jadi Apple

Salah satu raksasa teknologi dunia ini menyandang nama Apple Computers saat didirikan Steve Jobs, Ronald Wayne dan Steve Wozniak pada 1976. Saat itu Apple masih berupa perusahaan kecil.

Barulah ketika perusahaan mengubah namanya menjadi Apple pada tahun 2007, kinerja perusahaan makin melejit. Kalimat Computer sendiri dihilangkan agar mencerminkan langkah perusahaan yang tidak hanya memproduksi komputer.

Tokyo Tsushin Kogyo jadi Sony

Awalnya, Tokyo Tsushin Kogyo merupakan radio transistor pertama di Jepang. Bengkel radio yang didirikan pada 1946 ini kemudian melakukan perubahan nama menjadi Sony Corporationin pada 1958.

Setelah mengubah namanya, Sonny berhasil menjadi produsen televisi transistor pertama di dunia pada tahun 1960.

Blue Ribbon Sports jadi Nike

Dalam mitologi Yunani Nike memiliki arti kemenangan. Namun, pada awalnya perusahaan distributor pembuat sepatu Jepang, Onitsuka Tiger ini, menggunakan nama Blue Ribbon Sports.

(Baca juga: Sebagai Pegawai Kantoran, Pastikan 4 Hal Ini Sudah Kamu Dapatkan dari Perusahaan)

Jerry Guide jadi Yahoo

Tahukah kamu jika pada awal didirikan tahun 1993, Yahoo memiliki nama Jerry Guide yang diambil dari salah satu nama pendirinya. Nama tersebut diganti menjadi Yahoo setahun setelahnya. Yahoo sendiri merupakan singkatan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle.

Brad’s Drink jadi Pepsi-Cola

Pepsi-cola, salah satu minuman soda paling populer di dunia awalnya merupakan hasil eksperimentasis eorang apoteker. Apoteker bernama Caleb Bradham sukses menemukan resep soft drink pada tahun 1983 dan memberinya nama Brad Drink.

Setelah tahun 1983, Bradham pun mengganti namanya menjadi Pepsi-Cola.

Firebird jadi Firefox

Sebelum seterkenal sekarang, Mozzila lebih dikenal dengan nama Firebird. Merek browser tersebut pun diubah agar lebih mudah diingat pengguna internet.

Picaboo jadi Snapchat

Sebelum menyandang nama Snapchat, Evan Siegel sang pendiri justru menamai aplikasinya tersebut dengan nama Picaboo. Barulah setelah Evan mengubah namanya, dia memperoleh bantuan pendanaan yang digunakannya untuk membesarkan perusahaan.

Tentang Penulis