10 Perusahaan Terkaya di Dunia dengan Aset Capai Miliaran Dolar

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Meski banyak perusahaan di dunia yang terguncang akibat pandemi Covid-19, namun beberapa perusahaan terkaya di dunia ada yang tetap bisa berjaya di tengah situasi saat ini. Terlihat dari aset yang dimiliki beberapa perusahaan terkaya di dunia, yang bahkan mencapai miliaran dolar.

Perusahaan-perusahaan e-commerce di dunia pun kini hampir semuanya mengalami pertumbuhan, akibat dari kegiatan belanja online yang meningkat selama pandemi. Tetapi selain itu, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang keuangan juga masih berada pada kondisi stabil.

Melansir data dari forbes.com, Industrial and Commercial Bank of China (ICBC), menjadi salah satu perusahaan yang selalu menempati posisi teratas, selama delapan tahun berturut-turut dengan aset yang dimiliki sekitar $4,3 triliun hingga saat ini.

Selain ICBC, masih ada banyak lagi perusahaan terkaya di dunia lainnya yang masih bertahan di tengah pandemi Covid-19, yang di antaranya akan diulas secara lengkap pada kesempatan kali ini. Yuk, simak bersama-sama.

10 Perusahaan Terkaya di Dunia

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa masih ada beberapa perusahaan terkaya di dunia yang mampu bertahan ditengah kondisi pandemi Covid-19.

Beberapa perusahaan terkaya di dunia itu, akan CekAja.com ulas secara lengkap berdasarnya aset yang dimiliki. Melansir dari data FORBES GLOBAL 2000, adapun beberapa perusahaan terkaya di dunia tersebut, di antaranya:

1. Industrial and Commercial Bank of China (ICBC)

Aset: $4,322.5 B

Perusahaan terkaya di dunia yang pertama adalah Industrial and Commercial Bank of China (ICBC). Hal tersebut tentu dikarenakan, perusahaan ini memiliki aset sekitar $4,322.5 B hingga saat ini.

Semua aset yang dimiliki perusahan ini pun merupakan akumulasi dari beberapa segmen bisnis yang dimilikinya, mulai dari perbankan korporat, perbankan pribadi, operasi tresuri dan lain sebagainya.

Untuk segmen perbankan korporat sendiri, mereka menyediakan beberapa jenis layanan seperti pinjaman korporasi, layanan pengelolaan kekayaan perusahaan, kegiatan pengambilan simpanan dan lain sebagainya.

Belum lagi dari dua segmen bisnis lainnya, yang juga memiliki berbagai jenis layanan yang bisa digunakan para nasabahnya. Dengan begitu, tidak heran apabila perusahaan ini dapat memiliki aset sebesar $4,322.5 B dan menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia.

(Baca Juga: 4 Pengusaha Kaya dan Multi Talenta)

2. China Construction Bank

Aset: $3,822 B

Berikutnya ada China Construction Bank. Sebagai perusahaan yang terlibat dalam penyediaan berbagai jenis layanan keuangan untuk korporat dan perorangan ini, China Construction Bank memiliki aset atau kekayaan bersih sebesar $3,822 B.

Dari aset yang dimilikinya tersebut, perusahaan terkaya di dunia ini mendapatkan profit sebesar $38.9 B. Perlu diketahui, China Construction Bank merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan sudah berdiri sejak 1954.

Hingga saat ini, perusahaan yang berkantor pusat di Beijing, China ini memiliki pegawai sebanyak 352,621 orang dan dipimpin oleh seorang CEO bernama Wang Zuji.

3. Agricultural Bank of China

Aset: $3,697.5 B

Di urutan ketiga ada Agricultural Bank of China sebagai perusahaan terkaya di dunia. Berdiri sejak 10 juli 1951, perusahaan ini memiliki kantor pusat yang terletak di Beijing, China.

Perusahaan yang juga bergerak di bidang keuangan ini, menyediakan layanan keuangan dan perbankan komersial internasional.

Segmentasi bisnis yang dimiliki perusahaan ini pun sangat luas, di antaranya yaitu perbankan korporat, perbankan pribadi, operasi tresuri dan segmen lainnya yang tidak teralokasi khususnya dalam menangani investasi ekuitas.

Oleh karena itu, sangat wajar apabila Agricultural Bank of China memiliki penghasilan sebesar $148.7 B dari keseluruhan aset atau kekayaan bersih yang dimilikinya sekitar $3,697.5 B. Dari penghasilan dan asetnya tersebut, perusahaan ini mendapatkan profit atau keuntungan sebesar $30.9.

4. Bank of China

Aset: $3,387 B

Masih berasal dari negara China dan bergerak di bidang perbankan, salah satu perusahaan yang juga menjadi perusahaan terkaya di dunia adalah Bank of China. Ya, perusahaan ini memiliki aset atau kekayaan bersih sebesar $3,387 B.

Sebagai bank tertua di China, karena didirikan pada tahun 1912, bank ini sangat berperan penting dalam peningkatan sosial serta ekonomi China. Yang mana, bank ini secara aktif terlibat dalam aktivitas keuangan dan perdagangan internasional.

Dengan demikian sangat wajar apabila Bank of China menjadi bank pertama di China yang memiliki banyak cabang di hampir seluruh dunia, tepatnya yaitu lebih dari 613 cabang yang tersebar di 27 negara dan daerah.

5. JPMorgan Chase

Aset: $3,139.4 B

Perusahaan terkaya di dunia yang kelima adalah JPMorgan Chase. Firma sekuritas yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki total kekayaan bersih atau aset sebesar $3,139.4 B.

Bagaimana tidak, firma ini pasalnya menyediakan berbagai macam produk dan layanan perbankan investasi di semua pasar modal.

Tidak hanya itu, firma ini pun secara aktif memberikan pengarahan tentang strategi dan struktur perusahan, manajemen risiko, peningkatan modal di pasar ekuitas dan lain sebagainya.

Maka dari itu, firma ini menjadi firma terbesar di Amerika Serikat, yang menjadi dasar deposito domestik terbesar ketiga setelah Wells Fargo dan Bank of America.

Firma ini didirikan pada tahun 2000, ketika Chase Manhattan Corporation bergabung dengan J.P. Morgan & Co.

Seperti yang diketahui, Chase sendiri merupakan merek jenis jasa kartu kredit yang banyak digunakan di Amerika Serikat dan Kanada, perbankan komersial dan lain sebagainya.

Sementara merek J.P. Morgan, merupakan merek yang digunakan oleh divisi Bank Investasi, Pengelolaan Aset, Pengelolaan Kekayaan Global, Perbankan Swasta, dan Jasa Keuangan & Sekuritas.

Sehingga, ketika dua merek besar ini bergabung menjadi JPMorgan Chase, maka ini menjadi satu dari empat besar perusahaan keuangan di Amerika Serikat.

6. HSBC Holdings

Aset: $2,917.8 B

Siapa di antara kamu yang tidak kenal dengan HSBC Holdings? Perusahaan yang bergerak di bidang perbankan ini, menjadi salah satu grup perbankan terbesar di dunia sekaligus perusahaan terkaya di dunia.

Jika dilihat dari penghasilannya, HSBC Holdings memiliki penghasilan sebesar $67.2 B dari total aset sebesar $2,917.8 B. Selain itu, profit yang didapatkan perusahaan ini pun sangat besar, yaitu sebanyak $3.8 B.

Artinya, dari semua aset, penghasilan serta profit yang didapat perusahaan ini, sangat wajar apabila HSBC Holdings dikatakan sebagai salah satu perusahaan terkaya di dunia.

Terlebih, HSBC Holdings pun masuk dalam daftar Forbes World’s Most Valuable Brands 2020 dan World’s Best Banks 2020 di urutan ke 43.

7. Mitsubishi UFJ Financial

Aset: $2,893 B

Perusahaan terkaya yang selanjutnya ada Mitsubishi UFJ Financial. Perusahaan yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang ini beroperasi sebagai perusahaan induk dari Mitsubishi Grup yang menyediakan banyak layanan keuangan melalui anak perusahaannya.

Perusahaan perbankan yang berdiri sejak 2 April 2001 ini, hingga kini memiliki pegawai sebanyak 119,390 orang.

Segmen dari perusahaan ini pun sangat luas, tidak hanya berfokus pada grup bisnis perbankan ritel terintegrasi saja, tetapi juga berfokus pada grup bisnis perbankan korporasi, grup bisnis global dan lain sebagainya.

Banyaknya segmentasi perusahaan ini, membuatnya sangat wajar apabila memiliki aset atau kekayaan bersih perusahaan yang sangat besar, yaitu sekitar $2,893 B dengan profit yang didapatkan mencapai $5.4 B.

8. Japan Post Holdings

Aset: $2,680.2 B

Di urutan kedelapan ada Japan Post Holdings. Sesuai dengan namanya, perusahaan ini berasal dari negara Jepang, tepatnya berkantor pusat di Tokyo. Perusahaan ini bergerak di beberapa bidang, mulai dari pos, asuransi hingga perbankan.

Banyaknya bidang yang tekuni perusahaan ini, tentu membuat segmentasinya pun ikut meluas, yaitu mulai dari segmen bisnis pos dan logistik domestik, logistik internasional, asuransi jiwa, perbankan, bisnis akomodasi, rumah sakit dan lain sebagainya.

Dengan begitu, anak perusahaan dari Japan Post Holdings pun sangat banyak. Seperti misalnya, anak perusahaan untuk segmen bisnis pos ada Layanan Pos Jepang, anak perusahaan untuk perbankan ada Japan Post Bank, anak perusahaan untuk asuransi jiwa ada Japan Post Insurance, anak perusahaan untuk logistik internasional ada Toll Global Logistics dan anak perusahaan untuk rumah sakit ada Tokushima Teishin Hospital.

9. Bank of America

Aset: $2,620 B

Amerika Serikat kembali menduduki peringkat sebagai satu perusahaan terkaya, melalui Bank of America. Bagaimana tidak, aset yang dimiliki perusahaan perbankan satu ini sangat besar, yaitu sekitar $2,620.

Bank yang didirikan sejak 1904 oleh Amadeo Peter Giannini ini berkantor pusat di Charlotte, North Carolina. Bank of America sendiri kini menjadi bank terbesar ketiga di Amerika Serikat berdasarkan aset atau kekayaan bersihnya.

10. BNP Paribas

Aset: $2,429.9 B

Perusahaan terkaya yang terakhir adalah BNP Paribas. Perusahaan ini sejatinya merupakan perusahaan asal Perancis yang bergerak di bidang perbankan dan keuangan. BNP Paribas sendiri memiliki kantor pusat yang terletak di Paris, Perancis.

Sebagai bank utama di Eropa, BNP Paribas beroperasi melalui beberapa segmen bisnis, di antaranya yaitu perbankan dan layanan ritel, serta perbankan korporat.

Semua segmen dari BNP Paribas ini memiliki tujuan untuk membantu setiap individu, asosiasi, UKM, pengusaha, klien korporasi maupun institusi dalam merealisasikan proyek mereka melalui beberapa solusi, baik dalam bentuk pembiayaan, tabungan, investasi maupun asuransi perlindungan.

Dengan demikian tidak heran apabila aset yang dimiliki perusahaan ini sangat besar, yaitu sekitar $2,429.9 B dengan profit yang didapatkan sebesar $8.7 B.

(Baca Juga: Orang Terkaya di Indonesia)

Itulah 10 perusahaan terkaya di dunia berdasarkan aset perusahaan yang mencapai miliaran dolar. Semua perusahaan tersebut, tentu tidak begitu saja dengan mudahnya menjadi sebuah perusahaan terkaya.

Semuanya pasti berawal dari bawah dan bersusah-susah dahulu. Namun, perusahaan-perusahaan terkaya itu pasti memiliki tekad yang kuat, usaha yang tiada henti, strategi yang terus diperbaharui mengikuti perkembangan zaman, serta aktif dalam berjejaring hingga akhirnya kini menjadi perusahaan terkaya.

Jika semua perusahaan itu saja bisa, mengapa kamu tidak? Kamu pun bisa membangun bisnis atau usahamu saat ini menjadi lebih besar dan nantinya bisa menjadi salah satu bagian dari perusahaan terkaya di dunia.

Asalkan, kamu tekun dan selalu update strategi maupun produk yang sesuai dengan perkembangan zaman. Namun, untuk bisa melakukan update dari sisi produk maupun strategi, kamu tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Apabila dana yang kamu miliki saat ini untuk biaya update produk dan strategi belum mencukupi, jangan khawatir. Kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai sebagai tambahan dana untuk melakukan update bisnis.

Kini, kamu pun bisa mengajukannya secara online dengan mudah dan cepat di CekAja.com. Karena di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana dengan jumlah yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun muda, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, buat kamu yang ingin bisnisnya berkembang lebih cepat dan mewujudkan mimpi sebagai salah satu perusahaan terkaya di dunia, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani