Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Pilihan KTA Plafon Ratusan Juta untuk Modal Usaha

by Tisyrin N. T on 28 Juli, 2017

Seperti namanya, Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan jenis pinjaman yang tak memerlukan agunan atau jaminan.  Plafon pinjaman KTA biasanya mencapai Rp100 juta, tetapi ada pula bank yang mematok hingga Rp200 juta atau lebih. Apa sajakah produknya?

Sebagai contoh, KTA yang memiliki plafon hingga Rp200 juta adalah KTA DBS Dana Bantuan Sahabat dengan plafon hingga Rp200 juta. Sedangkan KTA Standard Chartered Bank menawarkan nominal pinjaman sampai dengan Rp300 juta. Ada pula KTA Bank Permata dengan plafon hingga Rp 300 juta dan KTA Maybank hingga Rp250 juta.

Para pengusaha tentu dapat memanfaatkan plafon sebesar itu sebagai tambahan modal usaha. Apalagi, proses pengajuan KTA terbilang tidak sulit. Kelebihan KTA antara lain persyaratannya yang mudah karena tanpa jaminan. Proses pencairan KTA juga terbilang cepat.

Kekurangannya, produk KTA kerap mematok bunga tinggi. Plafon KTA juga terbatas apabila dibandingkan dengan kredit multiguna. Selain itu, tenor pelunasannya jangka pendek yaitu rata-rata hanya mencapai 5 tahun.

Untuk mengajukan KTA sekarang semakin mudah. Apabila dahulu calon debitur hanya dapat mengajukan KTA secara konvensional yaitu dengan mendatangi kantor cabang bank, saat ini calon debitur bisa mengajukan secara online.

KTA dengan plafon Rp200 juta atau lebih

Selain KTA DBS Dana Bantuan Sahabat dan beberapa KTA lain yang telah disebutkan di atas, ada pula bank-bank lain yang menawarkan KTA dengan plafon besar. Berikut ini penjelasan beberapa contoh KTA yang memberikan plafon besar dan cocok untuk tambahan modal usaha:

1. KTA DBS Dana Bantuan Sahabat

KTA DBS Dana Bantuan Sahabat memiliki plafon pinjaman Rp5 juta – Rp200 juta. Debitur bisa menikmati suku bunga tetap mulai dari 0,95%. Rinciannya, untuk pinjaman dengan nilai Rp5 juta – Rp125 juta, tingkat suku bunganya 1,29% dan pinjaman dengan nilai Rp126 juta – Rp200 juta, tingkat suku bunganya 0,95%.

Dengan tenor pinjaman 1 – 3 tahun, debitur dapat menggunakan dana untuk tambahan modal usaha. Selain itu, bisa juga memanfaatkannya untuk kebutuhan liburan, pendidikan, renovasi rumah, pengobatan, dan sebagainya. KTA DBS Dana Bantuan Sahabat ditujukan untuk debitur dengan usia  21 -55 tahun.

2. KTA Standard Chartered Bank

Apabila membutuhkan dana lebih besar, KTA Standard Chartered Bank adalah jawabannya. KTA Standard Chartered Bank menawarkan nominal pinjaman fleksibel mulai dari Rp8 juta sampai Rp300 juta. Suku bunga mulai dari 0,98% sesuai besar pinjaman.

KTA Standard Chartered Bank mematok tenor 1-5 tahun. Dengan rentang usia debitur 21- 60 tahun.

3. KTA Bank Permata

KTA Bank Permata juga menawarkan plafon yang besar yaitu Rp5 juta – Rp300 juta. Tenor pinjaman mencapai 60 bulan atau 5 tahun. Selain tambahan modal usaha, KTA ini juga cocok untuk penuhi kebutuhan pernikahan, liburan, perawatan kesehatan, renovasi rumah dan kebutuhan lainnya.

Bagaimana dengan suku bunganya? Suku bunga yang dibebankan mulai dari 1,19% saja. Debitur yang bisa menikmati adalah mereka yang berusia 21- 60 tahun.

4. KTA Maybank

Pilihan lainnya adalah KTA Maybank yang menawarkan dana segar hingga Rp250 juta. Jangka waktu pembayaran pinjaman hingga 60 bulan atau 5 tahun. Dan, suku bunga mulai dari 0,99% flat.

Debitur yang berusia 21-55 tahun bisa menikmati kucuran dana ini untuk berbisnis, keperluan pendidikan, biaya pernikahan, renovasi rumah, dan sebagainya.

5. KTA Mandiri

KTA Mandiri juga menawarkan plafon pinjaman hingga Rp200 juta dengan tenor 1-5 tahun. Bagaimana dengan suku bunganya? Suku bunga KTA dari salah satu bank BUMN ini ada di kisaran 0,99%.

Untuk metode pembayaran, agar lebih mudah debitur dapat memanfaatkan fasilitas auto debit dari rekening Mandiri. Hal ini tentu akan meminimalisir kemungkinan kredit macet.

6. KTA ANZ Reguler

Ada pula KTA Anz Reguler dengan batas maksimum pinjaman hingga Rp250 juta dan tenor pinjaman selama 1 hingga 5 tahun. KTA yang satu ini menawarkan suku bunga tetap yang berkisar antara 0,99% – 1,99%.

7. KTA Citibank Citifinancial

Debitur bisa mendapatkan dana segar dengan plafon Rp10 juta hingga Rp200 juta dengan mengajukan KTA Citibank Citifinancial. Jangka waktu pinjaman 1 hingga 3 tahun dengan suku bunga tetap sebesar 1,49% – 1,69%.

8. KTA BizLoan Commonwealth

KTA BizLoan Commonwealth punya plafon yang sangat besar yaitu hingga Rp500 juta. Suku bunga di kisaran 1,85%. Uniknya, debitur dapat menggunakan aplikasi untuk memantau pinjaman dengan lebih mudah.

9. KTA CIMB Niaga X-tra Dana

KTA dari Bank CIMB Niaga juga tak mau kalah. Melalui KTA CIMB Niaga X-tra Dana, debitur bisa menikmati kucuran dana Rp4 juta – Rp200 juta. KTA yang satu ini mematok suku bunga mulai dari 0,99%.

10. KTA CTBC Dana Cinta

Pilihan lainnya untuk mendapatkan pinjaman berbagai kebutuhan adalah KTA dari CTBC Bank. KTA CTBC Dana Cinta menyediakan dana tunai Rp5 juta – Rp200 juta. Sementara tenor pinjaman 1-5 tahun dan suku bunga tetap di kisaran 1,29 %.

Cara mengajukan KTA

Dengan KTA DBS Dana Bantuan Sahabat dan sembilan jenis KTA lainnya tersebut, debitur dapat mudah mendapatkan dana segar dalam waktu singkat. KTA sangat cocok bagi calon debitur yang tidak memiliki agunan yang memadai tetapi membutuhkan dana besar untuk tambahan modal usaha.

Berikut ini cara mengajukan KTA baik secara konvensional maupun online:

Secara konvensional

Siapkan dokumen yang diperlukan, lalu datangi kantor cabang bank.

Dokumen umum yang diperlukan:

  • Fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, fotokopi surat nikah (apabila sudah berkeluarga)
  • Salinan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi/SPT PPh 21
  • Salinan rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan kerja dan slip gaji (untuk karyawan dan professional) asli
  • Tagihan kartu kredit terakhir (jika punya)
  • Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  • Salinan izin praktik profesional (dokter, pengacara, atau profesional lain)
  • Salinan laporan keuangan (untuk perusahaan/wiraswasta)
Secara online
  • -Carilah situs produk finansial seperti CekAja.com.
  • -Setelah membuka CekAja.com, arahkan kursor ke kategori ‘Kredit’, setelah itu akan muncul beberapa pilihan, lalu klik ‘Kredit Tanpa Agunan’.
  • -Carilah produk KTA yang sesuai, dengan cara klik satu per satu lalu pelajari.
  • -Apabila telah menemukan yang sesuai, klik ‘Ajukan Sekarang’.
  • -Isi data diri meliputi Nama Depan, Nama Tengah, Nama Belakang, Jenis Kelamin,Tanggal Lahir, Nomor Handphone, Nomor Telepon, Email, Provinsi Tempat Anda Tinggal, Kota Tempat Anda Tinggal, Jenis Pekerjaam, Penghasilan per Bulan, Jumlah Pinjaman, Tenor Pinjaman, Jumlah Kartu Kredit, pertanyaan tentang NPWP dan waktu untuk dihubungi.
  • -Customer service CekAja akan menghubungi sesuai permintaan.
  • -Calon debitur akan diminta beberapa dokumen sebagai persyaratan.
  • -Perwakilan dari CekAja akan mengambil dokumen.
  • -Tunggu hingga dana cair.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.