Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

10 Rumah Sakit yang Miliki Ongkos Persalinan Paling Fantastis di Dunia

by Arfan Wiraguna on 18 May, 2015

Sebagai orang tua, beberapa pasangan tentu ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik ketika ingin lakukan persalinan bagi lahirnya sang buah hati. Namun, apa jadinya bila Anda harus merogoh kocek hingga Rp261 juta untuk urusan persalinan. Faktanya itu terjadi di salah satu rumah sakit yang masuk dalam daftar ini.

Nyatanya, sebagian orang menganggap biaya persalinan yang tinggi di rumah sakit bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Entah karena mereka merupakan kaum berduit yang menganggap biaya merupakan hal yang tidak perlu dipermasalahkan, apalagi untuk urusan persalinan, atau karena mungkin mereka memiliki perlindungan asuransi yang bisa menanggung proses persalinan yang dilakukan. Semua bisa jadi kemungkinan. 

Salah satu contohnya adalah berita tentang Pangeran William dan Kate Middleton yang mengumumkan lahirnya anak kedua mereka yang dinamakan Charlotte Elizabeth Diana di Rumah Sakit St Mary’s yang terletak di London, Inggris. Sebelumnya, putera pertama mereka bernama George juga lahir di rumah sakit yang sama. Tahukah Anda jika tempat dimana kedua bayi tersebut dilahirkan termasuk salah satu rumah sakit yang memiliki biaya persalinan termahal di dunia?

Dikutip dari artikel The 10 Most Expensive Hospitals to Give Birth secara online oleh The Richest, di bawah ini kami ulas 10 daftar rumah sakit yang memiliki ongkos persalinan yang fantastis tersebut. 

10. Rumah Sakit Prince of Wales di Sydney: Rp13 juta per hari

Australia dikenal sebagai salah satu tempat terbaik di dunia, bukan hanya untuk melahirkan, namun juga sebagai tempat membesarkan anak. Rumah Sakit Prince of Wales di Sydney menyediakan kemewahan kamar persalinan dengan lokasi yang berdekatan dengan Pantai Coogee. Tentu saja, tagihan akan ikut menyesuaikan dengan kemewahan ini. 

9. Clinique des Grangettes di Swiss: Rp28 juta per hari

Swiss telah dikenal dengan kualitas udara dan kenyamanan lingkungannya yang baik. Selain itu, negara ini juga sangat dikenal dengan perawatan dan layanan medisnya yang sangat baik. Hal inilah yang menarik para ibu-ibu hamil untuk datang dan melahirkan disini.

Dengan rata-rata tarif persalinan untuk kelahiran secara alami sebesar 4.000 dolar AS atau sekitar Rp52 juta, Clinique des Grangettes yang berada di Geneva ini terletak di tengah taman yang menyajikan pemandangan yang menyejukkan mata. Salah satu keunggulannya adalah adanya restoran yang memiliki Michelin Star yang menawarkan layanan kamar 24 jam sehari.

8. Rumah Sakit Lenox Hill di Manhattan: Rp33 juta per hari

Rumah sakit ini menjadi terkenal setelah kelahiran Blue Ivy, anak dari penyanyi rap Jay-Z. Lenox Hills menawarkan berbagai kemewahan kamar, mulai dari tampilan kamar yang terdiri dari dinding kayu mahoni dan lantai kayu, hingga concierge yang dapat mengatur kebutuhan manikur, pedikur dan pijat Anda.

(Baca juga: 3 Perlindungan Asuransi Kesehatan yang Wajib Dimiliki Wanita)

7. Cedars-Sinai Los Angeles: Rp52 juta per hari

Rumah sakit ini merupakan tempat dimana para bintang Hollywood melahirkan anaknya. Hanya dengan 4.000 dolar AS atau sekitar Rp52 juta per hari, Anda bisa mendapatkan paket mewah yang meliputi ruangan dengan tiga kamar tidur dan dua kamar mandi. Di tempat inilah Kourtney Kardashian, Kate Hudson, Victoria Beckham dan Rachel Zoe melahirkan anak mereka.

6. Rumah Sakit Mount Sinai di New York: Rp52 juta per hari

Jika Anda menginkan kamar dengan pemandangan yang indah, maka disinilah tempatnya. Rumah sakit ini menyajikan pemandangan Central Park dan Manhattan yang mempesona. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa Gwyneth Paltrow dan P. Diddy memilih rumah sakit ini sebagai tempat kelahiran anaknya.

Selimut tebal yang terbuat dari bahan Muslin dengan terapi pijatan untuk meredakan capek dan stres Anda akibat pekerjaan sehari-hari dapat disediakan oleh rumah sakit ini. Belum lagi, adanya pelayanan teh dan kue di sore hari yang dapat menemani istirahat Anda yang dapat menambah kemewahan pengalaman yang dapat Anda rasakan. 

(Baca juga: 4 Cara Pilih Asuransi Kesehatan Sesuai Bujet

5. Rose Medical Center di Denver: Rp45 juta untuk Biaya Dokter

Pusat medis yang satu ini memang tidak mau mengungkapkan biaya kamar per harinya secara gamblang. Namun, diketahui biaya persalinan yang dimiliki Rose Medical Center mencapai 3.450 dolar AS atau setara dengan Rp45 juta. Biaya yang fantastis ini salah satunya karena pelayanan melahirkannya dilengkapi dengan dengan teknologi yang canggih.

Melalui teknologi itu, para dokter dapat memonitor pasien mereka secara 24 jam setiap harinya. Kamar yang tersedia juga menghadirkan kamar mandi pribadi dengan jacuzzi. Selain itu, sang ibu juga bisa mencicipi sajian makanan dari koki pribadi Anda tepat ketika setelah selesai melahirkan.

4. Rumah Sakit Chelsea & Westminster di London: Rp131 juta per Kelahiran

The Kensington Wing yang terletak di rumah sakit ini memang didesain khusus untuk para ibu yang mencari perawatan yang intim dan ekslusif. Untuk biaya kelahiran secara normalnya saja, rumah sakit ini mengenakan biaya sebesar 10.000 dolar AS atau setara dengan Rp131 juta. Biaya ini sudah meliputi pelayanan kamar selama semalam. Namun jika sang ibu membutuhkan bedah cesar di dalam proses persalinannya, maka biayanya adalah sebesar 13.300 dolar AS atau sekitar Rp174 juta.

(Baca juga: Anda Wanita? Ini 3 Produk Finansial yang Bisa Dipilih)

3. Rumah Sakit St. Mary’s di London: Rp196 juta per private suite

Jika Anda menginginkan pengalaman melahirkan layaknya para anggota keluarga kerajaan Inggris, maka disinilah tempatnya. Baru-baru ini Kate Middleton baru melahirkan putri perempuan pertamanya di rumah sakit ini. Sebelumnya, anak laki-lakinya, Pangeran George juga dilahirkan disini.

Untuk biaya kelahiran Pangeran George, biaya yang dikeluarkan oleh anggota keluarga keraajaan tersebut adalah 15.000 dolar AS per malam atau sekitar Rp196 juta. Kate melahirkan putra pertamanya tersebut di Lindo Wing. Bahkan, ini juga merupakan tempat kelahiran suaminya, Pangeran William. 

2. Rumah Sakit New Jersey: mulai dari Rp236 juta hingga Rp353 juta

Biaya kelahiran di Amerika Serikat saja sebenarnya sudah termasuk salah satu yang termahal di dunia. Dari 50 negara bagian di AS, rumah sakit yang terletak di negara bagian New Jersey memiliki biaya termahal dibandingkan rumah sakit yang terletak di negara bagian lainnya.

Dengan rata-rata total biaya persalinan di AS saja adalah antara 9.617 dolar AS (Rp126 juta) dan 15.799 dolar AS (Rp207 juta), total biaya persalinan di New Jersey bisa mencapai dua kali lipatnya, yaitu antara 18.372 dolar AS (Rp240 juta) untuk kelahiran normal dan 26.743 dolar AS (Rp349 juta) untuk bedah caesar. Namun jika ternyata terjadi beberapa masalah di dalam kelahiran tersebut, maka biayanya bisa mencapai 30.000 dolar (Rp392 juta). Biaya yang fantastis, bukan? 

(Baca juga: Bangkrut Karena Tidak Punya Asuransi! Loh, Kok Bisa?)

1. Rumah Sakit Matilda di Hong Kong: Rp261 juta untuk Uang Muka Kamar

Untuk mendapatkan kamar persalinan di rumah sakit swasta di Hong Kong, biasanya pasien perlu memesan tujuh bulan sebelumnya. Hal ini karena banyaknya pasien yang berminat untuk melahirkan di sini. Sedangkan untuk rumah sakit Matilda sendiri, Anda perlu untuk mendepositkan uang sebesar 20.000 dolar AS atau setara dengan Rp261 juta sebagai uang muka. Dengan biaya tersebut, rumah sakit ini akan menyajikan pemandangan laut China selatan yang indah, langsung dari balkon kamar Anda. 

Kelahiran memang menjadi momen-momen yang tidak dapat dilupakan bagi keluarga. Hal inilah yang menarik minat sebagian orang untuk mau mengeluarkan uang banyak walau sesaat. Untuk itu, bagi Anda para ibu dan ayah yang menantikan kelahiran anak, mari menabunglah dari sekarang.

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami