Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

10 Sinyal Sudah Saatnya Kamu Pindah Kerja

by Arfan Wiraguna on 17 Agustus, 2015

berhenti kerja _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Pindah pekerjaan itu biasa, namun kamu sebaiknya punya alasan yang tepat. Mulai dari kejenuhan hingga tawaran kerja yang lebih baik di tempat lain dapat dimasukan ke dalam faktor-faktor yang patut diperhitungkan untuk pindah kerja.

Selain itu, ada kalanya kita juga perlu untuk menantang diri sendiri supaya bisa meninggalkan comfort zone. Tujuannya agar kita bisa lebih berkembang sekaligus tetap produktif. Oleh karena itu, mengetahui sinyal-sinyal apakah kita masih cocok dengan pekerjaan saat ini akan sangat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk pindah kerja. Yuk, kita cek sinyal-sinyalnya di bawah ini!

1. Kehilangan Semangat Kerja

Bekerja bertahun-tahun mengurusi hal yang sama memang mengundang kebosanan. Awalnya mungkin senang, tapi apabila dari hari ke hari yang kita kerjakan itu-itu saja, lama-kelamaan akan jenuh juga. Bosan memang merupakan “penyakit utama” bagi banyak pekerja. 

(Baca juga: 10 Pekerjaan yang Hasilkan Uang Banyak Tanpa Keluar Rumah)

Walaupun rasa bosan bisa diobati dengan cuci mata, cuti, atau liburan beberapa hari, namun, apabila kita telah mengidap rasa bosan yang kronis yang menyebabkan kita tidak lagi produktif dan sulit untuk mencapai kepuasan bekerja, ini bisa jadi tanda untuk melirik tempat lain.

Selain itu, saat kita tak lagi memiliki semangat pada pekerjaan sekarang, ini artinya ada kemungkinan kamu telah kehilangan passion terhadap pekerjaan tersebut. Padahal, passion sangat berpengaruh terhadap karier. Sama halnya dengan bentuk hubungan lain, saat tujuan bekerja telah lenyap, karier pun tak lagi berarti dalam hidup.

Tanpa passion, bangun pagi dan berangkat kantor, kemudian berjibaku dengan kemacetan akan terasa sangat menyiksa. Padahal, kebahagiaan merupakan kunci supaya kita bisa bekerja  secara maksimal. Jika passion tak muncul lagi, barangkali inilah saatnya kamu memilih pindah kerja.

2. Tidak Sesuai dengan Karier Impian

Coba tanyakan kepada diri kita sendiri dan jawablah secara jujur: apakah pekerjaan yang ditekuni saat ini sudah sesuai dengan keinginan dan impian kita? Bekerja hanya demi punya status atau uang semata, tak akan membuat hati kita bahagia.

Jika pekerjaan yang dilakukan saat ini tidak sesuai dengan keinginan dan impian, maka mulailah persiapkan diri melirik pekerjaan lain yang tepat. Jangan khawatirkan soal gaji, karena selama kita mencintai apa yang kita kerjakan, kita pasti akan selalu memberikan yang terbaik untuk pekerjaan tersebut. Kalau sudah begini, percayalah kesuksesan akan segera mengikuti.

3. Terlalu Lelah

Begitu banyak pekerja yang merasa kelelahan baik secara fisik maupun secara emosi dalam menjalani profesinya. Bila kamu sudah merasa sangat lelah dengan pekerjaan sekarang, mungkin sudah saatnya bicara dengan diri sendiri mengenai alternatif pindah ke tempat yang menawarkan kesempatan lebih baik.

(Baca juga: 7 Langkah Kumpulkan Kekayaan Ketika Masih Segar Bugar)

Jika kita merasa bosan, tidak puas, dan merasa tak bisa menyalurkan kemampuan di kantor, ada baiknya untuk menilai kembali karier kita. Misalnya, apakah kita berada di zona nyaman yang malah menghalangi diri kita untuk berkembang? Jika ya, maka sudah saatnya bagi kita untuk menyebarkan kembali curriculum vitae.

4. “Tua di Jalan”

Lokasi bukan cuma urusan pebisnis properti. Kondisi lalu lintas saat ini, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya sudah semakin parah dan tak bersahabat. Sebagian kita bahkan menghabiskan waktu 4-6 jam untuk perjalanan pulang-pergi rumah-kantor. Kalau sudah begini, tak hanya lelah fisik, kindisi ini seringkali juga membuat kita merasa “tua di jalan”.

Walaupun memiliki kantornya yang enak dengan suasana yang menyenangkan, tapi kita harus berangkat pukul 05.00 pagi agar tiba di kantor tepat waktu. Begitu pun saat pulang kantor. Kesenangan-kesenangan yang didapat bisa menguap lantaran kelelahan di perjalanan.

Jadi, seberapa jauh jarak dari rumah ke kantor? Jika memang kamu merasa “tua di jalan”, ada baiknya untuk mencari karier lain di lokasi yang lebih terjangkau dengan rumah. Setidaknya, kita bisa mencari pekerjaan-pekerjaan yang sangat fleksibel dengan waktu.

5. Minim Penghargaan

Sudah mengerahkan segenap kemampuan untuk menghasilkan karya terbaik, namun apa yang kita kerjakan ini kerap kali dipandang sebelah mata? Atau, mungkin kita tidak pernah mendapatkan pujian?

(Baca juga: Perusahaan Asuransi Terbaik 2014)

Penghargaan sekecil apa pun memiliki efek yang dahsyat untuk meningkatkan semangat bekerja lebih baik lagi. Apabila saat ini kantor sering mengabaikan prestasi kita serta tidak pernah menghargai kemampuan kita lagi, mungkin sudah saatnya kita untuk menoleh ke tempat lain.

6. Manajemen Kacau

Banyak perusahaan yang tidak memiliki sistem manajemen yang baik. Contohnya, komunikasi yang tidak lancar dan tidak transparan serta kenaikan promosi yang tidak jelas dan jam lembur yang berkepanjangan.

Jika kita terperangkap dalam manajemen yang tidak profesional, tidak jelas standar dan promosinya, maka sudah saatnya bagi kita untuk mempertimbangkan diri membangun karier di tempat baru.

7. Finansial Bermasalah

Gaji tidak merangkak naik setelah bertahun-tahun kerja? Padahal, tawaran gaji yang lebih besar dan fasilitas lebih lengkap, biasanya menjadi alasan terbesar yang diinginkan setiap orang ketika memutuskan pindah ke tempat lain.

(Baca juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia)

Bagi sebagian besar pekerja, gaji merupakan motivator penting untuk tetap semangat bekerja. Jika kita mulai bosan dengan pekerjaannya, kita bisa mengalihkan pikiran dengan mengingat besarnya penghasilan.

Oleh karena itu, jika kita tidak puas dengan gaji yang sekarang, ada baiknya bagi kita untuk mencoba tempat lain yang memberikan penghasilan lebih besar. Tapi ingat, dengan gaji yang lebih besar, tanggung jawabnya pun biasanya lebih besar pula.

8. Karier Mentok

Bekerja tanpa ada peningkatan karier akan membuat kita terjebak dalan pekerjaan yang sama bertahun-tahun. Belum lagi jika penilaian hasil kerja tak jelas dan tak ada kepastian untuk mendapat promosi.

Kondisi ini akan membuat kita merasa menyia-nyiakan waktu dan masa depan. Tak heran bila alasan ini yang menjadi motivasi banyak karyawan untuk pindah kerja.

9. Tak Profesional

Para atasan atau manajer yang tidak transparan dan menjalankan bisnis dengan tidak profesional akan sulit dipercaya bawahannya. Misalnya, dalam hal promosi dan penempatan orang.

(Baca juga: Atasan Termasuk Orang yang Pengaruhi Cara Kamu Mengelola Uang)

Budaya perusahaan semacam ini lama-kelamaan akan memengaruhi performa dan kemampuan karyawan. Pasalnya, para pekerja menjadi resah dan bertanya-tanya tentang masa depan karier mereka di perusahaan tersebut. Jadi, jika kita menjadi bagian dari sebuah organisasi yang penuh dengan permasalahan seperti di atas, rasanya tak salah untuk berpikir ulang tentang masa depan di perusahaan tersebut.

10. Stres dan Tertekan

Tak sedikit orang yang stres dalam bekerja. Entah itu karena pekerjaan yang menumpuk, target tinggi perusahaan yang harus tercapai, atau pun atasan yang selalu menuntut. Jika sering merasakan stres dalam bekerja. Segera cari penyebab dan solusinya. Pasalnya stres dan tekanan pekerjaaan rentan menjadi pemicu berbagai penyakit.

Bila satu atau beberapa sinyak di atas sedang kita alami, cobalah untuk perhitungkan kembali posisi kita sekarang di perusahaan. Cobalah untuk melakukan rehat sejenak dari rutinitas dan melihat segalanya dari gambaran yang lebih besar, supaya kita bisa merefleksi hidup dan memperkirakan langkah terbaik untuk dihadapi kedepannya.

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.