Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

by Nadhillah Kusindriani on 1 Mei, 2020

Sebagian dari kamu yang tertarik dengan dunia komputer, website dan sebagainya, mungkin sudah tidak asing dengan kata coding dan memiliki basic akan hal itu. Tetapi bagi sebagian lainnya, mungkin baru tertarik dan baru ingin belajar coding. Oleh karena itu, kamu bisa belajar secara online melalui situs belajar coding mudah yang akan CekAja.com ulas pada kesempatan kali ini.

10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Definisi Coding

Sebelum membahas lebih jauh tentang situs belajar coding mudah, ada baiknya jika kamu mengetahui definisi dari coding itu sendiri. Bagi kamu mahasiswa atau pelajar yang berkutik di bidang komputer mungkin sudah sering bertemu dan menggunakan coding.

Namun, tidak bagi orang lain yang tidak berkutik di bidang tersebut atau mungkin baru tertarik dengan dunia komputer, website dan sebagainya.

Sejatinya, coding atau yang biasa dikenal dengan bahasa pemrograman merupakan bagian dari langkah-langkah pemrograman, yang berfungsi untuk menerjemahkan persyaratan-persyaratan logika dan diagram alur (pseudocode) ke dalam suatu bahasa pemrograman.

Di mana, bahasa pemrograman sendiri sangat beragam, mulai dari angka, huruf dan simbol yang nantinya akan membentuk sebuah program atau aplikasi. Namun, selama proses coding, ada aturan bahasa atau yang dikenal dengan syntax, yang perlu kamu ikuti.

Sebab, yang namanya bahasa pasti memiliki tata bahasanya sendiri, sama seperti bahasa yang digunakan pada manusia. Oleh karena itu, apabila perintah yang dimasukkan tidak benar, maka komputer tidak akan bisa memprosesnya.

Begitu pula dengan syntax, apabila kamu memasukkannya tidak sesuai dengan perintah, maka program yang akan kamu buat atau kembangkan tidak akan berjalan. Jadi dapat disimpulkan, bahwa coding menjadi salah satu hal yang memiliki peran penting dalam keberhasilan suatu program atau aplikasi.

(Baca Juga: 4 Keuntungan Membuat Website Gratis Bagi Pebisnis)
Manfaat Coding

Mengetahui definisi dari coding saja rasanya tidak cukup. Kamu perlu mengetahui apa saja manfaat dari coding itu sendiri. Untuk itu, di bawah ini beberapa manfaat coding, yaitu:

  • Dapat membuat blog atau website sendiri dan menjadikannya sebagai bisnis pribadi
  • Bisa menjadi seorang programmer
  • Bisa membuat berbagai jenis aplikasi
10 Situs Belajar Coding Mudah

Nah, pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui definisi coding beserta manfaatnya. Kini, saatnya kamu mengetahui apa saja situs belajar coding mudah dan gratis yang bisa kamu akses secara online.

Untuk itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 situs belajar coding mudah dan gratis khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Codecademy

Codecademy - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Situs belajar coding mudah yang pertama adalah Codecademy. Situs belajar coding yang satu ini, memungkinkan kamu untuk belajar bersama dengan 24 juta pengguna lainnya secara gratis.

Tidak hanya itu, sebagai situs yang sudah terbukti efektif dan interaktif, Codecademy juga menyediakan beberapa layanan bahasa pemrograman yang bisa kamu nikmati, di antaranya seperti Javascript, CSS, PHP, HTML dan lainnya.

Dari beberapa bahasa pemrograman yang tersedia, kamu bisa memilih jenis bahasa pemrograman yang kamu inginkan. Terlebih, kamu juga bisa mempelajarinya secara bertahap dan CodeAcademy akan menyimpan materi terakhir yang kamu pelajari.

Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan materi tersebut di lain waktu. Dengan belajar di CodeAcademy, kamu juga akan mendapatkan materi serta pengetahuan lebih terkait coding dan bahasa pemrograman.

2. Coursera

Coursera - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Situs belajar coding mudah yang kedua adalah Coursera. Situs ini menawarkan beberapa kelas pemrograman gratis, dengan materi pemrograman yang setara dengan mata kuliah di universitas-universitas.

Untuk mulai menggunakan situs ini, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, kamu baru bisa mengambil beberapa kelas yang kamu inginkan sesuai dengan tanggalnya. Bagaimana sangat menarik bukan? Kamu bisa menentukan sendiri kelas dan jadwal belajar mu.

Tidak hanya itu, ketika kamu sudah menyelesaikan proses belajar di Coursera, kamu akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan kalau kamu memang sudah teruji menguasai bahasa pemrograman.

Tentu saja, sertifikat tersebut bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan sebagai bukti atas kemampuan bahasa pemrograman yang kamu miliki.

3. edX

edX - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Situs belajar coding mudah berikutnya adalah edX. Sebagai situs yang dikembangkan pada 2012 oleh dua universitas ternama dunia, yaitu Universitas Harvard dan MIT, edX memberikan materi pembelajaran yang bersifat open source.

Selain itu, materi pemrograman yang tersedia di edX sendiri pun cukup lengkap. Kamu hanya perlu membuka website edX saja untuk bisa memulai proses belajarnya.

Lebih dari itu, di edX kamu juga bisa menyesuaikan materi pemrograman yang akan kamu ambil dengan kemampuan serta kecepatan belajar. Kemudian, kamu juga tidak perlu khawatir untuk belajar coding di situs ini, sebab edX sudah bekerjasama dengan 60 sekolah berlatar belakang sama.

Hanya saja, untuk bisa mendapatkan sertifikat, kamu perlu membayar sejumlah uang sesuai dengan jenis kursus yang kamu ambil.

4. Udemy

Udemy - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Situs belajar coding mudah yang keempat adalah Udemy. Sedikit berbeda dengan situs belajar coding lainnya, Udemy sengaja diciptakan untuk para profesional dalam meningkatkan kemampuan coding.

Menariknya, situs ini tidak hanya menyediakan kursus untuk belajar coding saja. Tetapi juga menyediakan kursus untuk berbagai macam pelajaran, seperti kesehatan, matematika, bahasa, bisnis, fotografi, musik dan beberapa materi lainnya.

Tidak hanya itu, beberapa kelas yang disediakan Udemy pun ada yang gratis dan berbayar. Kamu hanya perlu memilih kelas mana yang sesuai dengan kebutuhan mu saja.

Selain itu, untuk mendukung proses belajar, Udemy juga menyediakan video tutorial yang bisa kamu nikmati.

5. Free Code Camp

Free Code Camp - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Situs belajar coding mudah yang kelima adalah Free Code Camp. Jika bergabung di situs ini, kamu akan bertemu dengan banyak programmer profesional dan komunitas pelajar yang sama-sama bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan.

Pasalnya, Free Code Camp menyediakan beberapa kategori materi pelajaran, yaitu FrontEnd, BackEnd, Visualisasi data hingga panduan Coding Interview Preparation yang bisa kamu gunakan untuk persiapan wawancara coding.

Selain itu, dengan menggunakan situs belajar coding mudah yang satu ini, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat apabila telah menyelesaikan semua kursus yang kamu ikuti.

6. MIT Open Courseware

MIT Open Courseware - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

MIT Open Courseware nyatanya masuk ke dalam situs belajar coding mudah versi CekAja.com. Situs ini sejatinya berisi beberapa materi pelajaran yang bisa kamu ikuti selain coding. Beberapa materi yang bisa kamu temui di sini, yaitu materi tentang transportasi, pengenalan bahasa pemrograman hingga materi tentang lingkungan.

Namun, jika kamu ingin fokus pada materi coding, itu akan lebih baik. Karena, di situs ini kamu akan diberi sejumlah tugas yang perlu kamu selesaikan. Tentu saja, hal tersebut berguna dalam membantu mu memahami materi pelajaran.

7. Code wars

Code wars - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Situs belajar coding mudah ketujuh adalah Code  wars. Situs ini sangat cocok bagi kamu yang suka akan tantangan. Pasalnya, metode pembelajaran yang diterapkan Codewars adalah kode kata.

Maksud dari metode kode kata adalah kamu akan belajar bahasa pemrograman, menggunakan metode latihan dan pengulangan. Dengan metode tersebut, tentu materi pelajaran akan lebih cepat mudah kamu pahami.

Tidak hanya itu, dengan metode tersebut juga kamu akan lebih cepat untuk naik tingkat dan menuju ke level selanjutnya. Dan tentu saja, setiap tingkatan pasti memiliki tantangan yang lebih sulit untuk kamu selesaikan.

(Baca Juga: Ini Daftar Situs Psikotes Online)
8. Code Avengers

Code Avengers - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Situs selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Code Avengers. Di situs ini, kamu tidak hanya bisa belajar bahasa pemrograman saja. Tetapi, kamu juga bisa belajar membuat website, aplikasi dan game.

Keunggulan dari Code Avengers adalah ia membagi-bagi jenis kursus ke dalam beberapa kategori, yaitu ProCourses, School Teacher, dan JrCourses. Dengan begitu, kamu bisa menentukan kategori mana yang sesuai dengan kemampuan mu dan yang kamu butuhkan.

9. Khan Academy

Khan Academy - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Situs belajar coding mudah yang kesembilan adalah Khan Academy. Situs ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki tipe belajar audio visual. Sebab, Khan Academy akan memberikan pelajaran melalui video tutorial.

Dan uniknya, metode yang digunakan Khan Academy terbukti sangat efektif pada jutaan pengguna situs belajar coding yang satu ini. Walaupun, Khan Academy hanya berfokus pada materi pelajaran seperti matematika, ilmu komputer dan teknologi.

10. The Odin Project

The Odin Project - 10 Situs Belajar Coding Mudah dan Serba-serbinya yang Perlu Diketahui

Situs belajar coding mudah yang terakhir adalah The Odin Project. Meskipun situs ini merupakan versi gratis dari Viking Code School, namun kualitas materi pelajaran yang diberikan cukup tinggi.

Di antaranya kamu bisa belajar mengenai Javascript, HTML + CSS, Databases, Ruby On Rails, Git, Ruby dan lainnya secara gratis di sini.

Selain itu, di The Odin Project kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Sehingga, kamu bisa membangun koneksi atau bahkan bekerjasama membangun sebuah proyek.

Nah, sepuluh situs belajar coding mudah dan beberapa hal lainnya sudah kamu ketahui di atas. Meskipun, ada beberapa situs yang mengharuskan mu untuk membayar terlebih dahulu agar bisa mendapatkan kelas yang kamu inginkan.

Namun tenang saja, kamu bisa membayar kelas tersebut menggunakan kartu kredit. Apabila belum memilikinya, kamu bisa langsung mengajukannya di CekAja.com. Sebab, proses pengajuan kartu kreditnya sangat mudah dan cepat. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis