10 Situs Cari Kerja Sampingan, Gratis, Aman dan Mudah Digunakan

9 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Di masa pandemi saat ini, keberadaan berbagai situs cari kerja sampingan sepertinya sangat dicari oleh masyarakat.

Pasalnya, selama masa pandemi Covid-19, ada banyak sekali pekerja yang terpaksa diberhentikan dari pekerjaannya, karena kondisi ekonomi perusahaan dan negara yang tidak stabil, akibat dari pandemi yang tak kunjung usai.

Oleh sebab itu, tingkat pengangguran semakin meningkat. Bahkan, ketersediaan lowongan pekerjaan untuk pekerja tetap atau permanen pun sangat sedikit.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, mereka yang terkena PHK mencari pekerjaan sampingan dari situs cari kerja sampingan yang tersedia, untuk tetap mendapatkan penghasilan agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lantas, apa saja situs cari kerja sampingan tersebut?

Pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan memberikan beberapa daftar situs cari kerja sampingan, dan akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

Cara Mencari Kerja Sampingan

Dalam mencari pekerjaan sampingan, kamu perlu mengetahui cara mencari kerja sampingan terlebih dahulu, sebelum mengetahui apa saja situs cari kerja sampingan yang bisa digunakan.

Pasalnya, cara mencari kerja sampingan sama sulitnya dengan cara mencari pekerjaan tetap. Sebab, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini.

Pilih pekerjaan sesuai keterampilan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan, dalam mencari kerja sampingan adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan.

Sebelum itu, kamu juga harus tahu keterampilan apa yang kamu miliki. Karena, bekerja sebagai pekerja sampingan juga harus bersikap profesional.

Jangan karena kamu pekerja sampingan, maka kamu bisa mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaanmu ‘semaunya’ saja.

Itu salah besar. Kamu, tetap harus bersikap profesional dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktunya.

Maka dari itu, agar semua aktivitas bekerja nantinya berjalan lancar, sebaiknya kamu memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan kamu.

(Baca Juga: 6 Situs Freelance Terupdate)

Memperluas koneksi ke profesional

Selain memilih pekerjaan sesuai keterampilan, kamu pun diharuskan untuk memperluas koneksi ke profesional.

Caranya bagaimana? Eits, sangat mudah. Kamu bisa ikut bergabung dengan komunitas freelance, lalu berpartisipasi dalam beberapa workshop atau conference yang diselenggarakan.

Dengan aktif bergabung dan berpartisipasi dengan komunitas freelance, maka koneksimu dengan profesional dan lain sebagainya akan semakin luas.

Mempromosikan diri di berbagai situs serta media sosial

Tidak hanya memperluas koneksi, tetapi kamu juga harus aktif mempromosikan diri kamu di berbagai situs dan media sosial.

Maksud dari aktif di sini, yaitu kamu sebisa mungkin sering mempromosikan karya kamu ke berbagai situs lowongan freelance dan media sosial, seperti LinkedIn, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

Jika kamu sering melakukan hal tersebut, maka peluang untuk mendapatkan pekerjaan sebagai freelance akan semakin besar.

Meminta testimoni dari klien

Hal terakhir yang juga perlu kamu perhatikan dan jangan sampai terlewatkan, yaitu meminta testimoni dari klien.

Pasalnya, testimoni dari klien bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menarik para calon klien lainnya.

Apalagi, jika klien kamu yang dulu menjadikanmu rekomendasi untuk kerabatnya.

Hal itu jadi hal positif yang sangat baik untuk karirmu, karena klien akan terus berdatangan berdasarkan rekomendasi yang diberikan.

Jenis-jenis Pekerjaan Sampingan

Nah setelah mengetahui cara mencari kerja sampingan, kini saatnya untuk kamu mengetahui jenis-jenis pekerjaan sampingan apa saja yang bisa kamu coba dan jadikan pilihan.

Sebenarnya jika berbicara tentang jenis pekerjaan sampingan, ada banyak sekali jenis-jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai minat dan keterampilan, yang di antaranya seperti berikut ini.

  • Voice over talent
  • Graphic designer
  • Digital marketer
  • Editor foto dan video
  • Web desainer
  • Data entry
  • Fotografer
  • Videografer
  • Content writer
  • Java programmer
  • Konsultan SEO
  • Data scientist
  • Perencana keuangan
  • Analis dan konsultan bisnis.

10 Situs Cari Kerja Sampingan

Sesuai dengan yang dijanjikan sebelumnya, kalau pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa daftar situs cari kerja sampingan.

Yang mana, situs cari kerja sampingan sendiri ada sangat banyak, mulai dari yang familiar seperti LinkedIn hingga situs-situs lainnya yang mungkin belum diketahui.

Dari banyaknya situs tersedia, kali ini CekAja.com telah merangkum 10 di antaranya yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Sribulancer.com

Situs cari kerja sampingan yang bisa dicoba pertama, yaitu Sribulancer.com. Ini merupakan salah satu situs yang dapat mempertemukan klien atau pemilik bisnis dengan para freelancer.

Buat kamu yang belum tahu, Sribulancer.com adalah situs job marketplace khusus freelancer asal Indonesia, yang sudah diluncurkan sejak September 2014.

Situs ini sendiri memiliki banyak lowongan pekerjaan yang beragam, yang semuanya terbagi ke dalam delapan kategori, yaitu Website dan Pengembangan, Penulisan, Pengembangan Aplikasi Mobile, Entri Data, Desain dan Multimedia, Bisnis dan Pemasaran Online, Penerjemah dan Konsultasi Hukum.

Jika ingin menggunakan situs ini, kamu jangan khawatir! Sebab, sudah ada lebih dari 18.800 freelancer yang terdaftar di situs ini.

Apalagi, sistem pembayaran yang diterapkan situs ini adalah transfer bank. Sehingga, semua orang bisa menggunakan situs ini dengan mudah, meskipun tidak memiliki kartu kredit.

2. Projects.co.id

Berikutnya ada Projects.co.id, sebagai salah satu situs cari kerja sampingan terpopuler, yang juga bisa kamu gunakan.

Bagaimana tidak, pasalnya situs ini menyediakan banyak jenis pekerjaan sampingan yang bisa dijadikan pilihan, seperti programming, media sosial, desain dan lain sebagainya.

Satu hal yang menarik dari situs cari kerja sampingan yang satu ini, yaitu bisa dimanfaatkan untuk transaksi jual produk.

Untuk produknya sendiri, yang biasa dijual di Projects.co.id adalah buku elektronik, template website dan produk digital lainnya.

Bagaimana, fitur yang diberikan mudah digunakan dan sangat menguntungkanmu bukan?

3. Freelancer

Freelancer merupakan situs cari kerja sampingan, yang hadir untuk memfasilitasi para pemilik bisnis yang butuh pekerja tambahan, untuk menyelesaikan proyek yang dimilikinya.

Dengan tujuan tersebut, maka kamu selaku freelance bisa memanfaatkannya untuk mengambil satu atau bahkan beberapa penawaran yang diberikan sekaligus.

Setelah kamu mengambil penawaran tersebut dan mengajukannya, maka para pemilik proyek nantinya akan menelusuri profil kamu dan pekerja lainnya yang mendaftar, apakah memiliki kriteria yang sesuai dengan pemilik proyek miliki atau tidak.

Freelancer pun menyediakan berbagai informasi pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online.

Jadi, kamu selaku pekerja lepas nantinya bisa bekerja dimana saja dan tetap mendapatkan penghasilan, asalkan selama bekerja selalu terhubung dengan koneksi internet.

4. Gobann

Siapa di antara kamu yang tidak tahu Gobann? Pada dasarnya, ini merupakan situs cari kerja sampingan yang memberikan peluang dan kesempatan kepada para Warga Negara Indonesia (WNI) di seluruh dunia, untuk saling berbagi ilmu dan kreativitas.

Jika tertarik untuk menggunakan situs ini, kamu dan peserta lainnya yang ingin menunjukan talenta atau berbagi ilmu akan diberikan harga sekitar Rp50 ribu.

Kemudian klien, pembeli atau peserta lainnya yang menggunakan jasa orang tersebut, harus langsung membayarnya dengan tarif yang sudah ditentukan, yaitu Rp50 ribu.

Nah dari uang Rp50 ribu tersebut, Gobann akan memotongnya dan mengambil sebesar Rp10 ribu.

Dan sisanya, nanti akan dimasukkan ke kantong pribadi orang yang berbagi ilmu dan talentanya.

Untuk jenis ilmu dan talentanya sendiri, Gobann membaginya ke dalam beberapa kategori, yaitu Social Marketing, Seru & Unik, Tips & Saran, Teknologi, Graphics, Advertising, Bisnis, Edukasi, Videos, Programming, Musik & Audio, Gaming, dan lain sebagainya.

Selain itu untuk proses pembayarannya sendiri, Gobann memperbolehkan para penggunanya untuk menggunakan beberapa jenis metode pembayaran, mulai dari transaksi BCA, Mandiri, PermataBank, e-Pay BRI, Paypal, Axis dan TCash.

5. 99Designs

Di urutan kelima ada 99Designs. Situs cari kerja sampingan yang satu ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk kamu para desainer.

Pasalnya, situs asal Amerika ini menyediakan banyak tawaran pekerjaan khusus bidang desain, mulai dari desain logo, hingga desain untuk website.

Tidak hanya itu, situs 99Designs pun memiliki beberapa keunggulan, yang terlihat dari jenis pekerjaannya yang terfokus pada desain, harga standar yang ditawarkan pun merupakan harga untuk desain, serta memiliki sistem kontes desain yang bisa didaftarkan secara gratis jika ingin menjadi anggota.

6. Ruangguru

Sebagai perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan pendidikan, Ruangguru mungkin lebih dikenal sebagai perusahaan yang hanya merekrut pekerja tetap saja.

Namun ternyata, Ruangguru juga menjadi salah satu situs cari kerja sampingan, karena memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin bekerja sebagai pekerja lepas (freelance).

Yang mana, nantinya kamu akan mengelola kelas secara digital, serta memberikan tugas dan pengarahan secara online.

Materi yang digunakan untuk pengarahan itu sendiri, sudah disediakan oleh pihak Ruangguru atau guru lainnya yang juga bekerja di Ruangguru.

Dengan begitu, semua aktivitas kerja sampingan mu akan berjalan lebih mudah dan lancar. Terlebih jika kamu memang passion di bidang tersebut.

7. Project4Hire.co

Siapa di antara kamu yang pernah mendengar, atau bahkan menggunakan situs Project4Hire.co? Jika belum, ini merupakan situs cari kerja sampingan yang menyediakan banyak tawaran proyek menarik dari berbagai bidang.

Kamu bisa menemukan banyak kategori pekerjaan di situs ini, mulai dari yang berhubungan dengan dunia kreatif, computer, SDM, teknik, bahasa, jurnalistik, asisten virtual hingga pustakawan.

Untuk bisa menggunakan situs ini, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Tenang saja, registrasi yang dilakukan ini gratis, kok.

Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk bisa menggunakan situs cari kerja sampingan yang satu ini.

8. Tutor.com

Buat kamu para pencari kerja sampingan yang memiliki latar belakang atau minat di bidang pendidikan, rasanya kamu perlu menggunakan situs cari kerja sampingan yang satu ini.

Ya, Tutor.com merupakan layanan tutor online atau pelatihan berbagai bidang ilmu pengetahuan, yang beroperasi setiap hari selama 24 jam.

Untuk bisa menjadi tutor resmi di situs ini, tentu kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan melewati beberapa proses perekrutan online.

Dan jika sudah diterima sebagai tutor resmi, nantinya kamu diharuskan untuk memiliki komitmen kerja selama lima jam per minggu di luar jam sekolah.

Nah dari jam kerja yang diberikan tersebut, bisa diambil kesimpulan kalau kesempatan untuk menjadi tutor di situs Tutor.com ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, baik untuk tenaga pengajar formal, mahasiswa, karyawan swasta dan lain sebagainya.

9. Problogger.com

Di urutan kesembilan ada situs Problogger.com, yang menjadi situs cari kerja sampingan versi CekAja.com.

Situs ini bisa dibilang sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi menulis. Sebab, situs ini lebih banyak menyediakan pekerjaan sampingan khusus bidang menulis, seperti Content Writer, SEO Blogger, Digital Marketing, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, buat kamu para pencari kerja sampingan yang memiliki hobi menulis, bisa langsung kunjungi situs ini!

10. Fiverr

Situs cari kerja sampingan yang terakhir, yaitu Fiverr. Ini merupakan salah satu situs cari kerja sampingan internasional, yang memiliki sistem kerja sangat unik dan berbeda dari situs lainnya.

Hal tersebut dikarenakan, di situs Fiverr ini para pekerja lepas yang memiliki hak untuk membuat pengumuman atau mencari klien.

Sehingga, kamu selaku pekerja lepas tidak perlu lagi repot mendaftar pekerjaan sana-sini dan melakukan promosi.

Sebab, kamu hanya perlu membuat pengumuman dan menunggu sampai klien menghubungimu.

Meski sistem yang diterapkan sangat unik, namun kamu tidak perlu khawatir perihal keamanannya.

Karena, Fiverr terkenal sebagai situs nomor satu dalam menjaga dan menghargai privasi para penggunanya.

(Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit untuk Freelancer)

Itulah beberapa situs cari kerja sampingan yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya. Semua situs tersebut, tentunya bisa diakses dengan mudah dan cepat.

Apalagi, hampir semua situs tersebut tidak memungut biaya registrasi. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk bisa menggunakannya.

Melalui semua situs tersebut, peluang kamu untuk mendapat pekerjaan sampingan sangat besar.

Dan jika sudah mendapat satu atau beberapa pekerjaan terbaik dengan penghasilan yang sesuai, maka sebisa mungkin kamu bekerja dengan baik.

Selain itu, kamu juga harus menyisihkan sebagian penghasilan yang didapat untuk tabungan masa depan. Sebab, tabungan merupakan investasi terbaik yang sangat penting untuk kamu miliki.

Jadi, apakah kamu sudah memiliki tabungan terbaik untuk masa depanmu? Kalau belum, yuk langsung ajukan secara online melalui CekAja.com!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani