Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

by Ayunindya Annistri on 29 November, 2019

Rumah tak ubahnya menjadi tempat bernaung yang nyaman untuk keluarga. Sehingga perlu ditata sebagus mungkin dengan memberikan nuansa segar didalamnya. Salah satu benda yang sering kali kita jumpai dan paling populer adalah tanaman hias.

Kehadiran tanaman hias rasanya sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki setiap rumah. Selain untuk melengkapi dekoran di dalam rumah, kamu yang memiliki taman pun bisa mempercantiknya dengan berbagai tanaman hias.

Terlebih saat ini ada begitu banyak jenis tanaman hias yang kini tengah populer dikalangan masyarakat. Nah, biar kamu enggak salah pilih jenis tanaman hiasnya, yuk simak ulasan berikut mengenai rekomendasi tanaman hias paling populer untuk membuat tampilan interior rumah dan pekarangan menjadi lebih asri dan menarik.

Rekomendasi Tanaman Hias Paling Populer
1. Bunga Mawar

Bunga Mawar - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Bunga mawar menduduki peringkat pertama sebagai tanaman hias paling populer yang tak lekang oleh waktu. Betapa tidak, di berbagai pembahasan online mengenai tanaman hias, bunga yang dilambangkan sebagai kasih sayang ini sering kali dijumpai dan menduduki daftar teratas.

Hal ini tak lepas dari variasi warnanya yang mencolok. Sehingga sangat cocok untuk diletakkan di taman maupun bagian dalam rumah. Kamu bisa memilih satu diantara banyaknya jenis mawar seperti Mawar Musk, Mawar Eden, Mawar Sunsprite, dan Mawar Double Delight.

2. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Sudah sejak lama tanaman hias ini menghiasi dekorasi rumah orang Indonesia. Warnanya yang indah dan beragam serta berbentuk unik menjadi daya tarik tersendiri bagi si pecinta tanaman anggrek.

Bahkan, jenis anggrek hias di dunia tak hanya satu saja, melainkan ada pula anggrek tanah, vanda (bunga potong), anggrek bulan, dan dendrobium.

Untuk harganya sendiri, tanaman hias paling populer ini cukup terjangkau, yakni mulai dari kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta saja tergantung dari jenis dan keunikan bentuk dari anggrek.

3. Tabebuia

Tabebuia - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Memiliki bentuk yang hampir serupa dengan bunga sakura di Jepang, menjadikan Tabebuia kini ramai diminati sebagai tanaman hias untuk mempercantik taman rumah. T

etapi untuk membudidayakan tanaman hias paling populer ini dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra lantaran proses pertumbuhan hingga berbunganya tergolong lama bisa sekitar 3 hingga 5 tahun.

Saat ini jenis tabebuia yang biasa dibudidayakan adalah tabebuia kuning, tabebuia impetiginosa, dan tabebuia pink. Ketiganya memiliki warna bunga yang sangat indah dan siap menghiasi pekarangan rumahmu.

4. Paku Tanduk Rusa

Paku Tanduk Rusa - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Akhir-akhir ini tanaman paku tanduk rusa tengah ramai diminati karena bentuknya yang unik. Tanaman yang kini masuk dalam daftar paling populer tersebut biasanya ditanam dengan cara menempelkannya pada pohon besar.

Perlu diketahui bahwa perawatan tanaman paku tanduk rusa ini tidaklah mudah. Kamu membutuhkan keahlian dasar dan informasi yang cukup terkait cara membudidayakannya. Sehingga kelak tanaman hias yang satu ini bisa tumbuh subur dan memberikan keteduhan untuk pekarangan rumahmu.

(Baca Juga: Deretan Souvenir Pernikahan yang Unik, Kreatif dan Bermanfaat)
5. Lidah Mertua

Lidah Mertua - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Lidah mertua atau Sansevieria merupakan jenis tanaman hias paling populer yang perawatannya terbilang cukup praktis. Karena tanaman ini akan tetap tumbuh subur di lingkungan manapun walau tidak disirami selama beberapa waktu.

Uniknya lagi, lidah mertua termasuk tanaman hias yang mampu menyerap karbon monoksida dan karbon dioksida, sehingga bagus untuk menetralisir polusi udara. Oleh karena inilah, banyak orang yang berminat untuk memelihara tanaman hias lidah mertua.

6. Hortensia

Hortensia - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Bunga Hortensia atau Hydrangea adalah jenis bunga bokor yang bisa tumbuh dimana saja dan merupakan salah satu bunga tercantik di dunia. Warna bunganya yang beragam menjadi daya pikat tersendiri bagi para pecinta tanaman hias.

Selain dari bentuk, rupanya hortensia memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Kamu dapat memanfaatkan akar hortensia sebagai pengobatan tradisional, karena tanaman hias paling populer ini berguna untuk mengobati berbagai penyakit khususnya ginjal.

7. Bunga Melati

Bunga Melati - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Kalau bunga yang satu ini sih pasti sudah enggak asing lagi, khususnya di Indonesia. Pasalnya, hampir seluruh penjual tanaman hias memasarkan bunga melati, karena bermakna suci yakni “Pupsa Bangsa”. Padahal faktanya habitat asli bunga melati bukan berasal dari Indonesia, melainkan India.

Tanaman hias paling populer ini tak hanya sebagai pelengkap dekorasi rumah saja, namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dikala demam, sesak nafas, sakit mata, dan pusing kepala.

8. Bonsai Beringin

Bonsai Beringin - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Beringin berukuran besar mungkin menyeramkan, tetapi tidak berlaku bila sudah dibentuk dengan teknik bonsai. Salah satu tanaman hias paling populer ini mampu bertahan hidup di lingkungan panas sekalipun. Tak hanya itu saja, keunggulan lain dari bonsai beringin adalah memiliki daun lebat dan berumur panjang.

Makanya enggak heran jika banyak peminat tanaman hias bonsai beringin yang relah merogoh kocek dalam untuk memiliki tanaman pelengkap dekorasi interior rumah ini.

9. Sirih Gading

Sirih Gading - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Sirih gading memang sangat cantik bila digantung pada bagian teras rumah. Tanaman hias paling populer yang berwarna hijau cerah dengan corak putih ini bakal menambah kesan asri.

Namun perlu kamu ketahui bahwa sirih gading bisa menyerap racun. Sehingga sangat tidak dianjurkan untuk meletakkan sirih gading di dalam rumah, terlebih bila kamu memiliki binatang peliharaan. Karena bahayanya sangat besar bila sudah termakan oleh binatang, mulai dari sulit menelan makanan hingga iritasi pada mulut.

10. Anthurium

Anthurium - 10 Tanaman Hias Paling Populer untuk Melengkapi Dekoran Rumah

Anthurium atau lebih dikenal dengan nama kuping gajah termasuk dalam daftar tanaman hias paling populer versi CekAja. Mengapa? Jawabannya jelas karena bentuknya yang unik dengan pilihan warna beragam.

Selain itu, tanaman ini juga tergolong mudah dalam perawatannya. Sehingga menarik minat beli para pecinta tanaman hias.

Pada umumnya, tanaman hias paling populer ini memiliki banyak jenis, yang mana beberapa diantaranya tergolong paling laris dipasaran, seperti Anthurium Jenmanii, Anthurium Variegata, dan Wave of Love.

Nah, itulah beberapa rekomendasi jenis tanaman hias yang kini tengah populer di kalangan masyarakat. Jadi, jenis tanaman hias mana nih yang jadi pilihanmu?

Dapatkan berbagai informasi menarik dan seputar tips ekonomi hanya di CekAja.com, yang mana kamu bisa menemukan beragam rekomendasi produk keuangan untuk memenuhi kebutuhan.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau