Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

10 Tanaman Obat Kanker, Dari Bajakah Sampai Alang-alang

by Vera Khairifah on 17 Maret, 2020

Mengatasi penyakit berbahaya seperti kanker tidak hanya dengan obat-obatan kimia, tapi juga dengan ramuan herbal alami. Sederet tanaman obat kanker berikut ini bisa menjadi pilihanmu.

10 Tanaman Obat Kanker, Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Kanker Bisa Disembuhkan

Kanker adalah sebuah penyakit dimana adanya sel tak normal yang berkembang di bagian tubuh tertentu, kemudian pada akhirnya menggerogoti imunitas dan bisa mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan pertolongan medis.

Meskipun terdengar mengancam, para ahli kesehatan selalu menegaskan bahwa kanker bisa disembuhkan dengan beberapa syarat. Yakni pertolongan medis secepat mungkin sebelum sel kanker berkembang hingga ke stadium 4.

Penanganan medis ini harus dijalani sesuai dengan prosedur. Mulai dari meminum obat-obatan kimia maupun konsumsi tanaman obat kanker, kemoterapi, dan penanganan lainnya. Jadi, membutuhkan kedisiplinan dari pasien untuk melakoni sederet pengobatan.

Kemudian, keluarga maupun kerabat dekat pasien juga harus memberikan dukungan serta semangat hidup yang baik. Hal ini diperlukan agar pasien memiliki sugesti dan semangat hidup untuk melawan kanker. Jangan pernah patahkan semangatnya, sebab kondisi psikologis juga berpengaruh dalam kesembuhan survivor kanker.

Memang, tidak ada istilah ‘sembuh total’ bagi seseorang yang pernah menderita kanker. Mereka harus tetap berada dalam pengawasan ahli medis untuk memastikan bahwa sel kanker tidak lagi muncul atau kambuh.

Akan tetapi, kesembuhan pasien kanker adalah sebuah pencapaian yang bukan tidak mungkin bisa dialami banyak penderita lainnya.

Tanaman Obat Kanker
1. Bajakah

Bajakah - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Khasiat kayu khas asal Kalimantan bernama bajakah sebagai tanaman obat kanker terkuak saat siswa SMAN 2 Palangkaraya membawa hasil penelitian ke ajang internasional.

Pembuktian kandungan puluhan senyawa penting sebagai anti-kanker terbukti, dan membawa tim tersebut menjadi juara dunia di ajang World Invention Olympic (WICO).

Bajakah kini makin banyak dijual di pasaran. Untuk mengolahnya, kamu harus memotong kecil kayu tersebut dan mengeringkannya dibawah sinar matahari.

Selanjutnya, tumbuk halus hingga menjadi bubuk yang bisa diseduh dengan air panas. Air seduhan akan berwarna seperti teh, yang bisa dikonsumsi setiap hari.

2. Daun Sirsak

Daun Sirsak - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Tanaman obat kanker yang kedua adalah daun sirsak yang mengandung zat annonaceous acetogenins. Zat tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Daun sirsak memang banyak digunakan sebagai obat kanker. Zat anti radang dan anti bakteri juga membantu mengurangi efek samping dari kemoterapi.

3. Bawang Putih

Bawang Putih - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Bawang putih adalah tumbuhan umbi yang mengandung zat pengikat sulfur. Zat ini memiliki fungsi memperlambat perkembangan sel kanker, meningkatkan proses detoks (pembuangan racun pada tubuh), serta meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Untuk mengonsumsinya, bawang putih disarankan untuk langsung dikonsumsi setelah dikupas bersih, atau dibakar hingga daging umbi menjadi sedikit empuk. Selain menjadi tanaman obat kanker, bawang putih juga mampu menurunkan demam, dan berbagai penyakit lainnya.

(Baca Juga: Obat Alami Untuk Menangkal Virus Corona)
4. Teh Hijau

Teh Hijau - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Teh hijau yang dikenal mengandung anti oksidan tinggi juga bisa membantu menyembuhkan kanker. Hanya saja, konsumsi teh hijau hanya disarankan sebagai obat pendamping. Selain anti-oksidan, senyawa polifenol di dalamnya juga bisa melawan sel tumor atau kanker.

Juga, melindungi sel dari kerusakan DNA akibat dari gangguan kanker. Cobalah untuk rutin mengonsumsi seduhan teh hijau di pagi dan malam hari.

5. Kunyit

Kunyit - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Salah satu bumbu dapur ini juga memiliki khasiat sebagai tanaman obat kanker. Kunyit atau tumbuhan dengan nama latin Curcuma Longa ini mengandung antioksidan dan zat anti kanker.

Efektifitas kunyit sudah terbukti secara klinis oleh para ahli dari Kementerian Kesehatan RI. Konsumsi kunyit asli yang dibuat menjadi jamu secara rutin bisa membantu proses perlawanan tubuh terhadap sel kanker agar tidak semakin berkembang.

6. Malapari

Malapari - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Tanaman obat kanker ini banyak ditemukan di Bengkulu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), malapari dapat dimanfaatkan sebagai obat kanker.

Tanaman ini bisa diambil ekstraknya dengan cara direbus selama 20 menit, lalu diminum secara teratur.

7. Samama

Samama - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Tanaman endemik di Kepulauan Maluku dan Sulawesi ini merupakan jenis pohon dengan kayu berwarna merah muda. Selain dimanfaatkan sebagai bahan baku kayu untuk pembangunan atau perkakas, samama terbukti berkhasiat untuk melawan sel kanker.

8. Echinacea

Echinacea - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Jenis bunga yang biasa disebut juga dengan nama coneflower ini tidak hanya ditanam sebagai penghias pekarangan rumah. Tapi juga menyimpan khasiat untuk melawan pertumbuhan kanker.

Echinacea sebagai obat herbal dijual dalam bentuk kapsul vitamin atau serbuk teh yang siap diseduh. Kamu bisa membelinya secara online atau di toko obat herbal terdekat.

9. Keladi Tikus

Keladi Tikus - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Satu lagi tanaman hias yang juga bermanfaat sebagai tanaman obat kanker. Keladi tikus sudah diteliti oleh Litbangkes secara klinis. Kamu bisa memanfaatkan sari dari tanaman ini dengan menumbuk atau direbus untuk diminum sebagai obat alternatif herbal pelawan kanker.

10. Alang-alang

Alang-alang - 10 Tanaman Obat Kanker Dari Bajakah Sampai Alang-alang

Terakhir, ada alang-alang yang bisa kamu manfaatkan akarnya untuk membantu mengobati kanker. Akar yang tumbuh menjalar bisa kamu tumbuk kasar lalu rebus bersama tanaman obat kanker lainnya.

(Baca Juga: Cara Kredit Paling Mudah di Kredit Pintar, Anti Ribet!)

Butuh Dana Pinjaman? Ajukan Saja di Kredit Pintar

Berbagai kebutuhan kini semakin banyak, dan tak semuanya bisa kita penuhi dalam waktu yang bersamaan. Nah, buat kamu yang membutuhkan dana pinjaman alias kredit, kamu bisa ajukan lewat aplikasi Kredit Pintar yang bisa diunduh smartphone-mu.

Cara pengajuannya cukup gampang, kamu hanya perlu melampirkan KTP dan rekening bank atas nama dirimu untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp5 juta.

Selain itu, keunggulan dari pinjaman online lega ini adalah adanya pihak kreditur yang solutif, mau menerima kejujuran debitur yang sedang mengalami kesulitan pembayaran angsuran dan mencari solusi bersama.

Kamu tak perlu meragukan legalitas Kredit Pintar, sebab sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, langsung unduh dan ajukan kredit mudah di Kredit Pintar!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast