Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia Menurut CekAja!

by Teti Purwanti on 9 Maret, 2020

Sebagai pengantin baru, tentu saja bulan madu menjadi hal yang penting dan dinantikan, pasalnya menyiapkan pernikahan, terutama dengan adat ala orang Indonesia, sungguh sangat melelahkan memakan waktu dan juga tenaga.

tempat honeymoon romantis di Indonesia

Apalagi bagi pasangan yang sudah sejak awal menyediakan dan punya destinasi impian, bulan madu akan menjadi waktu bersantai dengan yang tersayang usai menjalani waktu-waktu yang melelahkan. Bukan hanya di luar negeri, Indonesia punya banyak tempat romantis yang akan menghangatkan suasana bagi pengantin baru yang berkunjung ke sana. Inilah daftar tempat honeymoon romantis di Indonesia:

Bali

Bali - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Tentu tidak afdol jika tidak mencantumkan nama Pulau Dewata sebagai tempat honeymoon romantis di Indonesia. Tidak usah khawatir soal sudah berapa kali mengunjungi daerah tersebut, selalu ada hal baru, selalu ada lokasi baru untuk dikunjungi.

Mudahnya, kalau kamu dan pasangan memang niat ke Bali untuk bulan madu, pilihlah paket bulan madu, dengan begitu kamu akan dijamu bak raja dan ratu. Ditambah lagi, pihak hotel pun akan memberikan rekomendasi berbagai tempat romantis yang akan membuat kamu dan pasangan memiliki momen yang tidak akan tergantikan.

Saat ini di Bali juga tengah naik daun, floating breakfast, kamu dan pasangan akan menikmati sensasi sarapan di dalam kolam renang. Tidak usah takut hamil bagi sang istri baru, pasalnya kalian sudah menikah meski berenang bersama.

Labuan Bajo

Labuan Bajo - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Bukan hanya anak muda, Labuan Bajo juga tengah naik daun bagi keluarga, sehingga tentu saja akan nyaman pula bagi pengantin baru. Kurang romantis apa coba bisa merasakan kehidupan di atas kapal bersama teman hidup baru kamu. Belum lagi, banyak tempat wisata eksotis yang bisa semakin mempererat hubungan dengan pasangan. Misalnya, melihat komodo langsung di habitatnya dan treking bersama pasangan di Pulau Padar.

Sebagai pengantin baru, kamu tentu ingin punya konten khas pengantin baru tengah berada di pantai, Pink Beach sangat indah dan menawan untuk mengabadikan momen terbaik bersama pasangan. Tahun lalu banyak sekali artis yang mengunjungi Labuan Bajo, tidak terkecuali selebgram kontroversial Awkarin.

Pulau Moyo Sumbawa

Pulau Moyo Sumbawa - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Sumba juga sempat naik daun, bukan hanya untuk foto prewedding, namun juga berbulan madu. Kawasan ini masih sangat sepi dan asli, selain itu terdapat banyak pantai yang indah dan masih jarang terjamah wisatawan.

Adapun Pulau Mayo yang terletak 3 km dari pantai utara di Sumbawa. Ini merupakan tempat yang cocok untuk pasangan yang menyukai keindahan bawah laut. Panorama bawah laut yang cantik dan alamnya masih alami, menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke tempat ini baik hanya untuk berlibur maupun untuk honeymoon.

Berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti berlayar, trekking hingga diving dapat dilakukan di pulau ini. Jika sudah puas menjelajahi bawah laut kamu juga bisa mengeksplor keindahan alamnya yang penuh dengan banyak spesies burung cantik, rusa dan juga hewan lainnya, serta menikmati beberapa air terjun yang cantik.

Pulau Labengki di Sulawesi Tenggara

Pulau Labengki di Sulawesi Tenggara - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Pulau Labengki dengan pemandangan yang menawan ini mendapat predikat sebagai “Raja Ampat Kecil”. Memiliki beragam paket liburan, ada baiknya sebagai pasangan pengantin baru pilihlah penginapan cottage yang nyaman. Tak heran pulau ini menjadi tempat honeymoon romantis di Indonesia

Di pulau ini, sejak dua tahun terakhir ada ikon pariwisata baru bernama Teluk Cinta. Dari namanya saja sudah sangat cocok bagi mereka yang tengah dimabuk cinta. Pulau ini dinamakan Teluk Cinta, karena jika dilihat dari atas, teluk ini memiliki bentuk menyerupai hati. Hal itu terbentuk oleh perpaduan antara air yang jernih dengan tepian teluk.

Keindahan dari teluk ini selalu diburu oleh pehobi fotografi atau penggemar swafoto untuk dijadikan latar belakang. Untuk mengabadikan momen ini, wisatawan tentu harus mencari dataran yang lebih tinggi dengan cara mendaki ke puncak Kimaboe Hills. Dengan waktu tempuh sekitar 5 menit yang ditunjang dengan ketersediaan anak tangga, wisatawan akan dapat menyaksikan keindahan Teluk Cinta.

Dari titik ini, pemandangan yang disuguhkan tidak hanya Teluk Cinta. Di lokasi ini wisatawan akan menemukan jawaban atas predikat “Raja Ampat Kecil” yang disematkan pada Pulau Labengki. Sisi lain pemandangan dari puncak Kimaboe Hills akan menyuguhkan gugusan pulau-pulau kecil yang cantik layaknya di Raja Ampat.

Pantai Tanjung Bira di Sulawesi Selatan

Pantai Tanjung Bira di Sulawesi Selatan - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Indonesia memang terkenal memiliki banyak pantai yang terkenal hingga ke mancanegara, tidak terkecuali, Pantai Tanjung Bira. Pantai ini, terkenal dengan degradasi paduan biru, putih dan hijau yang sangat mengagumkan, degradasi ini akan nampak jelas apalagi bila dilihat dari udara.

Dengan buaian batu karang yang indah dan pasir putih yang sehalus terigu, pantai ini menjadi primadona baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai Tanjung Bira juga menyajikan sensasi panorama alam yang luar biasa.

Pasangan pengantin baru yang tengah berbulan madu akan dimabuk kepayang dengan senja yang sangat indah di pantai ini. Sama seperti banyak tujuan wisata untuk honeymoon, di Tanjung Bira juga memiliki banyak paket untuk pasangan. Di malam hari, cobalah makan seafood beratapkan bintang malam saat hari cerah.

Banda Neira di Maluku

Banda Neira di Maluku - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Tidak seromantis tujuan lain, Banda Neira akan romantis bagi anak indie, senja, dan kopi serta penikmat sejarah. Meski begitu, lokasi yang masih sepi, bahkan penerbangan pun jarang sangat cocok bagi pengantin baru agar memiliki banyak waktu tanpa distraksi dari luar.

Bagi pecinta sejarah, tentu akan sangat senang mengunjungi tempat ini bersama dengan yang tersayang. Pasalnya, lokasi ini pernah menjadi kawasan pembuangan Bapak Negara Indonesia, seperti Bung Hatta, Sutan Sjahrir, dan Dr Cipto Mangunkusumo.

Mau main air dan wisata pantai? Jangan khawatir sebagian besar pulau di sini berpasir putih dan akan sangat menyenangkan berjalan di pantai, sambil menggenggam tangan pasangan menunggu senja. Tidak perlu tempat mainstream untuk jadi romantis bukan?

Lombok

Lombok - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Sama dengan Bali, Lombok punya banyak Gili yang tidak akan dieksplorasi pasangan yang tengah berbulan madu selama tiga hari. Meski begitu, keindahan dan suasana eksotisnya tentu akan semakin membuat pasangan muda lengket bang amplop dan perangko.

Pasangan yang tengah berbulan madu bisa menunggu senja, sambil snorkling, dan menikmati keindahan bawah laut yang mumpuni. Atau bisa juga mengajak pasangan untuk belajar menenun sebagai kenang-kenangan ada barang yang dibuat bersama selama masa bulan madu.

Bromo di Jawa Timur

Bromo di Jawa Timur - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Jawa Timur terutama Malang memang tengah naik daun dengan Museum Angkut dan taman-tamannya. Selain seseruan ke lokasi tersebut dengan yang terkasih, tentu akan sangat menyenangkan untuk menikmati matahari terbit di Bromo.

Berburu matahari terbit di Bromo juga menjadi wisata favorit di sana. Karena untuk mendapatkannya tidak mudah, tentu dibutuhkan kekompakan antara kamu dan pasangan. Pastikan bawa jaket tebal, pasalnya udara di salah satu tempat honeymoon romantis di Indonesia ini sangat dingin. 

Usai berburu sunrise, kamu bisa berjalan-jalan menikmati hamparan pasir atau hamparan rumput hijau. Kamu dan pasangan juga bisa loh berkuda bersama, mencoba sesuatu yang belum pernah dicoba dengan pasangan tentu menyenangkan bukan?

Pulau Macan di Kawasan Pulau Seribu

Pulau Macan di Kawasan Pulau Seribu - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Pulau Seribu bisa menjadi alternatif kamu dan pasangan menghabiskan bulan madu. Tidak begitu jauh, tentu tidak akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga di perjalanan. Sebenarnya, banyak sekali pulau di Pulau Seribu yang indah dan romantis. Hanya saja, Pulau Macan menjadi lokasi yang paling tepat, karena infrastrukturnya juga sudah jauh lebih siap dengan cottage-cottage yang tersedia.

Pantai Macan ini masih masih memiliki pasir putih serta airnya juga bening. Aktivitas seru bisa kamu lakukan di sini seperti bersantai di hammock, kayaking, maupun snorkeling. Untuk mencapai Pulau ini dapat ditempuh dengan menggunakan kapal cepat dengan waktu tempuh dua jam dari Pantai Marina Ancol.

(Baca Juga: 6 Negara dengan Tiket Pesawat Murah dari Indonesia)
Raja Ampat-Papua

Raja Ampat Papua - 10 Tempat Honeymoon Romantis di Indonesia

Kalau Labengki tidak cukup buat kamu dan pasangan, tidak ada salahnya momen bahagia sebagai pengantin baru dinikmati di Raja Ampat, Papua. Tempat ini sangat romantis untuk wisata honeymoon. Gundukan-gundukan pulau yang terlihat dari atas menyerupai tempurung kura-kura ini menjadi spot terbaik untuk diving.

Tempat ini juga menjadi tempat romantis menghabiskan honeymoonmu menikmati indahnya Raja Ampat. Banyak penginapan hotel maupun resort dengan dengan bangunan panggung diatas air yang bisa kamu tinggali.

Pastinya kamu akan merasakan tenang karena tempat ini jauh dari keramaian. Kamu dan pasangan juga sangat mungkin mengeksplorasi banyak tempat di Raja Ampat yang sangat memukau. Meski begitu, untuk sampai ke sini, kocek yang harus kamu dan pasangan rogoh bisa cukup besar dibandingkan lokasi lain.

Lindungi dirimu saat perjalanan dengan pilihan asuransi yang aman dan terpercaya hanya di CekAja

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.