Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Tipe Teman di Kantor yang Bikin Kerja Jadi Kurang Nyaman

by Rafly Aditia on 20 Februari, 2017

karyawan menyebalkan_kredit kendaraan - CekAja.com

Kantor bisa dibilang sebagai tempat tinggal kedua bagi karyawan. Karena sebagain besar hari-hari karyawan kantoran dihabiskan untuk bekerja di kantor. Nah, di kantor juga tentu banyak sekali orang dengan tipe dan sifat yang berbeda satu sama lain.

Tetapi tidak bisa dipungkiri, di manapun kamu bekerja pasti ada saja teman kantor yang memiliki sifat dan kebiasaan kurang baik sehingga membuat suasana kerja kurang baik, bahkan menghambat karier. Berikut ini ada 10 tipe teman di kantor yang bikin kerja jadi kurang nyaman :

1. Si pasif yang ‘agresif’

Maksudnya si pasif yang agresif disini contohnya perilaku teman kantor yang suka banget minta ini-itu atau bahkan komplain, tapi secara gak langsung. Yup, dikit-dikit mereka meninggalkan tulisan disana-sini seperti misalnya “Kalau habis, isi lagi kopinya. Peka dong sama yang lain, terima kasih,” dan sebagainya.

Tipe teman satu ini juga suka banget komplain terkait cara kerja orang lain, tetapi secara gak langsung. Misalnya dengan bilang kalo dirinya sendiri bekerja sampai larut malam, load kerja yan gila-gilaan, dan sebagainya seakan menyindir.

2. Bermuka dua

Duh, tipe yang satu ini lebih baik dihindari deh. Backstabber alias pengkhianat, bisa dibilang tipe teman yang munafik juga penipu ulung. Tipe teman satu ini bisa saja mencuri ide dan gagasan yang keluar dari mulutmu, lalu dirinya menyampaikan hal tersebut ke bos atas namanya.

Bahkan, bukan tidak mungkin teman yang satu ini menjelek-jelekkan nama orang lain ke pada tim manajemen. Pokoknya, hati-hati deh sama si muka dua ini!

3. ‘Dewi’ Dapur

Punya teman di kantor yang suka banget menghangatkan makanan di dapur kantor? Tidak masalah, tetapi kalau makanan yang dihangatkan memiliki aroma yang tajam seperti ikan atau buritto tentu bikin bekerja jadi kurang nyaman.

Yup, kebiasaan ‘Dewi’ Dapur ini memang kerap merugikan banyak orang. Kebiasaan lain yang suka dilakukannya adalah meninggalkan bekas makanan yang kotor seenaknya di cucian piring, sampai menaruh makanan basi di kulkas.

4. Kotak bicara

Contoh teman yang bisa dianggap seperti kotak bicara adalah teman yang tidak bisa berhenti ngomong dengan siapapun. Segala cerita tentang pekerjaan, bahkan kehidupan pribadinya terus diceritakan dengan siapapun.

Sebaiknya, kalau tidak ada kepentingan pekerjaan segera menghindar kalau bertemu dengannya. Karena bisa-bisa kamu menghabiskan waktu 30 menitmu hanya untuk mendengar ocehan yang tidak penting.

5. Tukang suruh

Pasti kamu benci banget kalau misalnya ketemu si tukang suruh di kantor. Padahal levelnya masih sama denganmu, bukan atasan dan tidak berwenang membagi pekerjaannya dengan siapapun. Namun, si tukang suruh tetap saja nekat dan suka menyuruh orang lain untuk mengerjakan pekerjaannya.

Untuk itu, kamu harus tegas dalam menghadapinya. Ketika dirinya menyuruhmu membantu menyelesaikan pekerjaannya, bilang saja dengan tegas kamu tidak bisa karena ada pekerjaan lain.

6. Pekerja keras

Tipe teman yang satu ini juga pasti ada di kantor, workaholic merupakan salah satu tipe yang sangat ambisius, agresif, dan independen kalau soal pekerjaan. Mereka selalu datang lebih awal dan pulang paling akhir dengan alasan menyelesaikan pekerjaan.

7. Si berisik

Biasanya sih kalau yang ini perempuan, tipe yang satu ini akan selalu membuat kegaduhan dimanapun dan kapanpun. Berbagai cara dia lakukan untuk membuat suasana kantor sesuai keinginannya yaitu ramai, seperti misalnya bernyanyi, humming, mengetuk-ngetuk meja, mendengarkan lagu lewat speaker, dan sebagainya.

8. Si tukang meeting

Kamu punya teman atau atasan yang dikit-dikit menyelenggarakan meeting? Ya, pasti ada deh satu di kantormu! Tipe satu ini senang banget yang namanya menyelenggarakan meeting, bahkan untuk hal-hal yang tidak perlu didiskusikan dan tidak penting sekalipun terkadang tetap saja agenda meeting dijadwalkan olehnya.

9. Tukang gosip

Udah gak perlu aneh lagi, yang namanya tukang gosip pasti selalu ada dimana saja. Orang-orang ini selalu membicarakan kehidupan orang lainnya di kantor, mulai dari urusan perbedaan gaji, kebiasaan makan, masalah rumah tangga, sampai-sampai isu-isu pemecatan.

(Baca juga: Istilah yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Mengajukan KPR)

10. Daun muda pembawa masalah

Di kantormu ada program magang? Biasanya ada anak sekolah atau anak kuliah yang mengikuti program tersebut. Pada awalnya sih mereka sangat ambisius dan cukup membantu, tetapi belakangan justru berubah menjadi menyebalkan karena bukannya membantu tetapi malah menambah pekerjaanmu.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami