Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

by Nadhillah Kusindriani on 30 Juni, 2020

Era new normal memang sudah dimulai sejak awal Juni 2020. Namun, masuknya era new normal bukan berarti semua aktivitas dapat berjalan kembali seperti semula. Kini, semua aktivitas termasuk bepergian, harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Maka dari itu, buat kamu yang ingin bepergian ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tips bepergian saat new normal, yang akan CekAja.com ulas secara lengkap sebagai berikut.

10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

1. Pastikan Tubuh dalam Keadaan Sehat

Pastikan Tubuh dalam Keadaan Sehat - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Tips bepergian saat new normal yang pertama adalah kamu harus memastikan bahwa tubuhmu berada dalam keadaan sehat. Karena, jika tubuh sedang tidak fit dan kamu memaksakan diri untuk tetap pergi bepergian, maka sama saja kamu membuka celah untuk penyakit masuk menyerang tubuhmu, tidak terkecuali virus Covid-19.

Untuk itu, menjaga tubuh agar selalu berada dalam kondisi yang sehat sangat penting. Jangan sampai kamu mengalami beberapa gangguan kesehatan saat ingin bepergian.

2. Menggunakan Masker

Menggunakan Masker - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Selain karena kebutuhan, rasanya penggunaan masker kini sudah menjadi tren tersendiri di era new normal. Sebab, kamu pasti akan menggunakan masker untuk melindungi diri dari risiko terpapar virus Covid-19, termasuk ketika ingin bepergian.

Terlebih, menggunakan masker juga menjadi salah satu bagian dari protokol kesehatan yang harus kamu lakukan. Maka dari itu, agar liburanmu berjalan lancar, pastikan kamu tidak lupa menggunakan masker saat bepergian.

(Baca Juga: Panduan New Normal untuk Para Pekerja)
3. Jaga Jarak

Jaga Jarak - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Tips bepergian saat new normal yang ketiga adalah menjaga jarak atau physical distancing. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena dengan menjaga jarak kamu dapat mencegah terjadinya penularan virus Covid-19. Kamu bisa menjaga jarak dengan orang lain setidaknya sejauh 1 meter.

4. Mengetahui Peraturan Terbaru New Normal

Mengetahui Peraturan Terbaru New Normal - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Berikutnya kamu juga harus mengetahui peraturan terbaru terkait new normal, sebelum melakukan perjalanan wisata. Pasalnya, peraturan new normal ini tidak diberlakukan secara serentak untuk seluruh daerah di Indonesia.

Melainkan, peraturan ini dibuat hanya untuk daerah-daerah dengan tingkat penyebaran virus Covid-19 yang rendah dan sudah siap untuk diberlakukan sistem new normal.

Untuk itu, jika kamu ingin pergi ke suatu daerah, pastikan terlebih dahulu bahwa daerah tersebut sudah menerapkan sistem new normal. Kemudian, ketahui juga bagaimana aturan serta protokol dalam berwisata yang diterapkan oleh daerah tersebut

5. Hindari Penggunaan Transportasi Umum

Hindari Penggunaan Transportasi Umum - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Tips bepergian saat new normal yang kelima adalah sebisa mungkin hindari penggunaan transportasi umum. Karena, dengan menggunakan transportasi umum, kemungkinan kamu untuk terinfeksi virus Covid-19 lebih besar.

Oleh karena itu, jika kamu ingin melakukan perjalanan wisata di masa new normal, ada baiknya jika untuk sementara waktu kamu menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, selain lebih aman, menggunakan kendaraan pribadi juga memberikanmu keleluasaan dalam menjelajah daerah wisata.

6. Hindari Berkunjung ke Tempat Ramai

Hindari Berkunjung ke Tempat Ramai - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Menghindari tempat-tempat ramai atau berkerumun, nyatanya juga menjadi salah satu tips bepergian saat new normal yang perlu kamu ketahui. Hal tersebut dikarenakan, tempat berkerumun menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penularan virus Covid-19 semakin luas.

Jika ingin bepergian, sebaiknya kamu memilih daerah atau lokasi wisata yang jarang dikunjungi wisatawan. Dengan begitu, kamu menjaga diri kamu dari risiko terpapar virus Covid-19 dan membantu mengurangi penyebaran virus Covid-19.

7. Gunakan Transaksi Non Tunai

Gunakan Transaksi Non Tunai - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Tips bepergian saat new normal yang ketujuh adalah menggunakan transaksi non tunai. Seperti yang diketahui, salah satu media penyebaran virus dan bakteri adalah uang, baik uang kertas maupun uang logam.

Oleh karena itu, untuk mencegah penularan virus Covid-19 di saat seperti ini, usahakan kamu mengurangi penggunaan uang tunai sebagai alat pembayaran.

Kamu bisa memanfaatkan metode pembayaran seperti kartu kredit untuk melakukan booking penginapan maupun pembelian tiket wisata secara online.

8. Membawa Peralatan Pribadi

Membawa Peralatan Pribadi - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Ketika bepergian, pastikan kamu membawa peralatan pribadi, seperti seperangkat alat sholat, alat mandi dan alat makan. Meskipun nanti di lokasi wisata kamu akan disediakan beberapa peralatan tersebut, namun tidak ada yang bisa menjamin kebersihan dan keamanannya.

Sehingga, akan lebih baik apabila kamu membawa semua peralatan yang kamu butuhkan sendiri. Tentu, hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan diri dari infeksi viru Covid-19.

9. Membawa Hand Sanitizer

Membawa Hand Sanitizer - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Tips kesembilan, yaitu kamu perlu membawa hand sanitizer. Yang mana, benda satu ini sangat berguna dalam menjaga kebersihan tangan dari bakteri dan virus. Terlebih, ketika kamu tidak bisa menemukan keberadaan sabun dan air bersih untuk mencuci tangan.

Selain itu, bentuk dari hand sanitizer yang umumnya kecil pun, membuatnya sangat praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja dan dipakai kapan saja.

10. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan - 10 Tips Bepergian saat New Normal yang Wajib Diketahui Para Pelancong

Tips bepergian yang terakhir, namun sangat penting untuk kamu lakukan adalah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Terlebih jika kamu pergi ke luar kota, biasanya kamu harus memiliki Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM), sebagai bukti bahwa kamu sehat dan diperbolehkan keluar dan masuk ke suatu daerah.

Selain itu, kamu pun membutuhkan beberapa dokumen lainnya yang sesuai dengan jenis perjalanan yang kamu lakukan, seperti perjalanan luar negeri dan dalam negeri.

Syarat Bepergian saat New Normal

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa tips bepergian saat new normal, kini saatnya untuk kamu mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi agar bisa bepergian saat new normal.

Oleh karena itu, di bawah ini CekAja.com akan mengulas beberapa syarat bepergian saat new normal, yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu dalam negeri dan luar negeri. Adapun syarat-syarat tersebut, di antaranya:

Berpergian ke Dalam Negeri
  • Memperlihatkan identitas diri (baik KTP, SIM dan kartu identitas lainnya).
  • Memperlihatkan surat keterangan uji test PCR dengan hasil negatif, yang berlaku selama 7 hari atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil negatif, yang berlaku selama 3 hari sejak hari keberangkatan.
  • Memperlihatkan surat keterangan bebas gejala, seperti misalnya influenza, dari Rumah Sakit atau Puskesmas (khusus daerah yang tidak memiliki fasilitas rapid test dan PCR).
  • Untuk orang yang melakukan perjalanan, sebaiknya mengunduh aplikasi PeduliLindungi pada ponsel.

Empat persyaratan di atas hanya berlaku untuk orang-orang yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum darat, seperti kereta api, pesawat, kapal dan kendaraan umum lainnya yang melayani perjalanan antar provinsi atau pulau.

Bepergian ke Luar Negeri
  • Memperlihatkan surat keterangan uji test PCR dengan hasil negatif.
  • Memperlihatkan surat keterangan bebas gejala, seperti misalnya influenza, dari Rumah Sakit atau Puskesmas (khusus daerah dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tidak memiliki fasilitas rapid test dan PCR).
  • Untuk orang yang melakukan perjalanan, sebaiknya mengunduh aplikasi PeduliLindungi pada ponsel.
  • Setiap orang yang melakukan test PCR, wajib melakukan karantina diri di tempat akomodasi karantina khusus yang disediakan pemerintah, selama masa tunggu.
(Baca Juga: Asuransi Terbaik dan Tepercaya saat New Normal)

Itulah beberapa tips bepergian saat new normal dan persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum melakukan perjalanan wisata. Pasalnya, beberapa tips dan persyaratan tersebut berguna untuk melindungi diri kamu dari risiko terinfeksi virus Covid-19.

Agar semakin maksimal, kamu juga bisa melindungi diri dengan asuransi kesehatan di CekAja.com. Karena di sana, tersedia beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Terlebih, dengan menggunakan asuransi kesehatan, semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit sudah terjamin. Jadi, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan. Lalu, tunggu apalagi? Ajukan asuransi kesehatan sekarang, yuk!

Tentang Penulis