10 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan yang Perlu Diketahui

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Tips merawat mobil di musim hujan sepertinya sudah perlu diketahui, melihat bahwa suara hujan sudah mulai terdengar di beberapa daerah akhir-akhir ini.

Meskipun wabah virus Corona Covid-19 masih melanda dunia, termasuk Indonesia, belum tentu mobil yang terparkir di garasi rumahmu tidak akan terpakai, bukan?

Sebab, selain masih ada beberapa perusahaan yang mengharuskan karyawannya untuk pergi ke kantor, terkadang kamu tentu memiliki kebutuhan lainnya yang mungkin mengharuskan untuk ke luar rumah.

(Baca Juga: 5 Tips Menjual Mobil Bekas Kebanjiran)

Di era seperti saat ini, menaiki kendaraan umum, seperti bus, kereta, dan sejenisnya, mungkin masih terbilang berisiko. Dan dikarenakan hal itulah, membawa kendaraan pribadi menjadi transportasi paling aman.

Nah, di tengah musim hujan seperti saat ini, tentunya kamu gak mau kan kalau mobil menjadi rusak?

Karenanya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips merawat mobil di musim hujan yang perlu kamu ketahui. Apa sajakah itu? Yuk disimak bersama!

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

Perlu diketahui bahwa merawat mobil di musim hujan tidak semudah yang kita kira lho. Tetapi, terdapat beberapa tips merawat mobil di musim hujan yang mungkin bisa kamu coba, sebagaimana yang telah dirangkum oleh CekAja berikut ini:

1. Rajin Membersihkan Kaca Depan Mobil

Tips merawat mobil di musim hujan yang pertama adalah, dengan rajin membersihkan kaca depan mobil.

Sebab, ketika hujan turun, salah satu permasalahan yang paling sering terjadi adalah kaca yang lebih mudah berembun, yang mana tentu saja bisa menghalangi pandanganmu ketika berkendara.

Jadi, merawat kaca depan mobil merupakan satu hal yang penting. Apabila kamu sedang mengendarai mobil ketika hujan, maka kamu dengan melakukannya dengan cara tetap menyalakan AC, namun dengan suhu yang tidak terlalu dingin.

Jika memungkinkan, usahakanlah agar suhu di dalam mobil sesuai dengan suhu di luar mobil.

Nah, tetapi jika kamu sedang tidak mengendarai mobil, kamu justru bisa melakukannya hanya dengan mengoleskan sedikit shampoo menggunakan kanebo yang sedikit lembab, kemudian lap lah kaca dengan gerakan satu arah.

2. Jangan Tunggu Air Hujan Mengering

Tips merawat mobil di musim hujan selanjutnya adalah, jangan pernah menunggu air hujan hingga mengering.

Perlu diketahui bahwa, apabila air hujan dibiarkan mengering dengan sendirinya di mobil, maka hal tersebut bisa berisiko merusak cat dan lapisan mobil.

Selain itu, air hujan juga bisa meninggalkan bekas di permukaan mobil. Oleh karena itu, apabila mobil terkena air hujan ketika sedang tidak digunakan, usahakanlah untuk segera mencuci mobil dengan menggunakan shampoo khusus, kemudian bilaslah menggunakan air hingga bersih.

3. Mencegah Jamur pada Karpet

Jamur yang terdapat pada karpet bisa menimbulkan bau tak sedap pada mobil. Biasanya, jamur tersebut bisa muncul akibat pijakan dari sepatu yang kotor dan basah, serta kondisi dalam mobil yang lembab.

Nah, tips merawat mobil di musim hujan dalam hal ini adalah dengan selalu menyediakan alas kaki kering sebagai gantinya, kemudian bungkus sepatu basah menggunakan tas plastik, agar tidak terkena karpet mobil. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan karpet pelapis di lantai agar mobil lembab dan kotor.

4. Rutin Memeriksa Komponen Mesin

Tips selanjutnya di dalam merawat mobil adalah dengan selalu melakukan pengecekan rutin terhadap komponen mesin.

Karena, air bisa sangat mudah masuk ke dalam melalui celah-celah sempit. Sementara itu, mesin mobil akan lebih mudah rusak apabila terkena air.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa tidak ada air yang masuk dan mengganggu komponen mesin, yang bisa mengakibatkan mobil mogok.

5. Parkir di Tempat yang Teduh dan Tertutup

Guna mengantisipasi datangnya hujan lagi ketika mobil telah dicuci bersih, maka usahakanlah agar mobil diparkirkan di tempat yang teduh dan tertutup.

Apabila kamu tidak menemukan tempat parkir tertutup, maka kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan cover mobil yang bisa melindungi sebagian besar mobil.

6. Semprotkan Cairan Silikon

Perlu diingat bahwa air hujan tidak hanya mempengaruhi bagian eksterior mobil saja, melainkan juga bagian interior mobil.

Karet dan kaca yang sering terkena perubahan suhu, seperti hujan dan panas, membuat bahan menjadi lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan menyemprotkan cairan silikon, agar bahan bisa tetap awet dan tidak lentur.

7. Periksa Keadaan Ban Mobil dan Rem

Selain memeriksa komponen mesin, memeriksa ban mobil dan rem juga merupakan salah satu tips merawat mobil di musim hujan yang tak kalah penting.

Sebab, kondisi jalan akan lebih licin ketika hujan, sehingga hal tersebut bisa membuat ban mobil kamu mencengkeram penuh.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu juga turut memeriksa kondisi ban mobil dan rem, apakah sudah sesuai dengan standar keamanan atau belum, agar tidak membahayakan diri maupun orang lain yang juga tengah berkendara.

8. Rajin Memanaskan Mesin

Memanaskan mesin memang seringkali disarankan untuk kendaraan yang jarang digunakan. Namun ternyata, cara ini juga cukup penting dilakukan sebagai salah satu tips merawat mobil di musim hujan.

Karena, ketika hujan turun secara terus menerus, suhu mesin bisa menjadi lebih mudah dingin, yang akan berakibat pada beberapa permasalahan, seperti penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih boros dan mobil yang mudah mogok.

Oleh sebab itu, apabila kamu merasa membiarkan mobil terparkir di garasi dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya kamu tetap memanaskan mobil secara rutin.

Selain itu, jika kamu ingin bepergian menggunakan mobil, lebih disarankan untuk memanaskan mobil terlebih dahulu, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

9. Cek Kondisi Karet Wiper

Tips merawat mobil di musim hujan selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi karet wiper. Karena, wiper itu sendiri memiliki peran yang sangat penting, terutama ketika hujan sudah mulai turun.

Berfungsi untuk membantu dalam membersihkan kaca depan yang menghalangi pandangan, karet wiper yang terlalu kesat justru dikhawatirkan membuat wiper menjadi tidak berfungsi secara maksimal.

Karenanya, jangan pernah membiarkan gagang wiper tampak menusuk kaca, melainkan bergerak mengikuti lengkungan kaca ketika mengusap.

Nah, cara untuk mencegah terjadinya gangguan pada karet wiper, kamu bisa memutar wiper ke arah yang sesuai untuk mengusap, dan gantilah karet wiper secara rutin.

10. Mengganti Oli Seusai Terendam Banjir

Tips merawat mobil di musim hujan yang terakhir akan kita bahas adalah dengan mengganti oli, terutama sehabis terendam banjir.

Mobil itu sendiri sebenarnya dirancang untuk kedap air, dengan cover mesin yang sudah dilindungi oleh sealant.

Akan tetapi, jika mobil mengalami overheat atau kepanasan, hal tersebut membuat engine jacket menjadi melengkung dan menjadi salah satu penyebab mobil menjadi mudah mogok, yaitu karena terdapat kebocoran pada ruang pembakaran.

Oleh karena itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memeriksa apakah terdapat air di oli atau tidak.

Biasanya, oli yang kemasukan air akan memiliki warna yang sedikit berubah. Nah, apabila hal tersebut terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan mengganti oli mesin, untuk mencegah terjadinya kerusakan yang semakin parah.

(Baca Juga: 4 Tips Agar Rem Mobil Dapat Bekerja dengan Baik Saat Pandemi)

Jadi, itulah beberapa tips merawat mobil di musim hujan yang mungkin kamu perlukan. Selain itu, perlu diketahui pula bahwa di cuaca yang sedang tidak menentu seperti saat ini, melindungi mobil dari berbagai risiko juga tak kalah pentingnya lho.

Salah satunya adalah dengan memiliki asuransi kendaraan, guna meminimalisir kerugian yang diakibatkan dari kejadian-kejadian yang tak diinginkan, seperti kecelakaan, kerusakan mobil, dan masih banyak lagi.

Lalu, dimana kamu bisa mendapatkan asuransi mobil terbaik? Tentu saja hanya di CekAja.com!

Karena, selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi, di CekAja.com seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online sepenuhnya.

Jadi, kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kendaraan pilihanmu di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha