Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

10 Video Klip Termahal yang Pernah dibuat

by Ariesta on 27 Februari, 2016

Jika sekarang kamu tinggal buka Youtube untuk menikmati video klip, generasi sebelum kamu hanya bisa menikmatinya lewat televisi. Tepatnya pada 1980, saat MTV diluncurkan, video klip musik lebih dari sekedar video yang menayangkan seorang artis bernyanyi. Video klip telah berevolusi menjadi sarana pemasaran bagi musisi dan kesempatan bagi pendengar untuk merasakan pengalaman musik yang berbeda.

Selama bertahun-tahun, para pembuat video klip telah menggunakan berbagai ide agar video klipnya unik dan menarik. Sebut saja menampilkan binatang buas, adegan menantang nyawa, sampai kostum yang tidak wajar.

Ada musisi seperti David Bowie yang hanya mengeluarkan USD 12,99 di tahun 2013 untuk video ‘Love is Lost’ dengan menggunakan kamera sederhana. Ada juga musisi seperti Michael Jackson dan Madonna yang menghabiskan jutaan dolar dan berminggu-minggu syuting.

Apa saja sih video klip yang menelan dan sampai berjuta-juta dollar? Ini daftarnya.

#10

Backstreet Boys “Larger Than Life” (1999) — $2.1 juta

BB

Boy band tersohor Backstreet Boys memang senang mengusung video klip dengan tema tertentu. Sebut saja tema ‘Halloween’ dalam ‘Everybody’ dan tema robot dan luar angkasa dalam ‘Larger than Life’. Video klip ‘Larger than Life’ menelan biaya USD 2 juta karena efek canggih, animasi, dan kostum robot.

#9

Celine Dion “It’s All Coming Back to Me Now” (1996) — USD 2,3 juta

Celine

Efek api, hantu, angin, dan sepeda motor membuat cerita dalam video klip Celine Dion ‘It’s All Coming Back to Me Now’ bebar-benar mengharukan. Syutingnya sendiri dilakukan selama empat hari di berbagai lokasi berbeda di Czech Republic. Settingnya bertempat di kastil Ploskovice berdesain interior mewah. Dan sosok kekasih yang telah menjadi hantu dibuat menggunakan teknologi yang tidak murah.

#8

Michael Jackson “Bad” (1987) — USD 2.2 juta

13-michael-jackson-bad-1987--22-million

Untuk video klip ‘Bad’, Michael Jackson merekrut tim all-star, sutradara film mahal Martin Scorsese, dan novelis Richard Price. Video klip yang lebih mirip film pendek berdurasi 18 menit membutuhkan enam minggu untuk pengambilan gambar.

#7

Guns N’ Roses “Estranged” (1993) — USD 4 juta

7-guns-n-roses-estranged-1993--4-million

‘Estranged’ merupakan single balad emosional yang sesuai dengan video klipnya yang dramatis. Adegan di video klip ini memang seheboh film, misalnya saat si vokalis bersembunyo dari kejaran tim SWAT, percobaan bunuh diri di laut, dan diselamatkan lumba-lumba.

Bajet USD 4 juta ini sudah termasuk untuk menyewa penjaga perbatasan garis pantai Amerika, regu penyelamat, kapal tanker, dan pesawat  Antonov An-124 Ruslan, dan sejumlah efek dramatis lainnya.

#6

Michael Jackson “Black or White” (1991) — USD 4 juta

6-michael-jackson-black-or-white-1991--4-million

Video klip yang dibuka oleh penampilan Macaulay Culkin ini mungkin salah satu video klip Michael Jackson yang paling diingat. Spesial efek canggih saat muka model berubah-ubah, para penari yang menarikan tarian dari berbagai belahan dunia, membuat biaya video klip ini seharga USD 300 per menitnya.

Saat video klip ini dirilis di televisi pada 1991, ‘Black or White’ langsung ditonton oleh 500 juta orang dan menjadi video klip dengan rating tertinggi pada masanya.

#5

Madonna “Bedtime Story” (1995) — USD 5 juta

5-madonna-bedtime-story-1995--5-million

Tema hipnotis membuat video klip Madonna ‘Bedtime Story’ tidak murah. Sutrada Mark Romanek memasukkan citra Mesir, lukisan surealis, dan setting futuristik untuk menggambarkan makan lagu.

Video klip ini sendiri membutuhkanenam hari enam hari untuk pengambilan gambar, namun berminggu-minggu lamanya untuk menyempurnakan efek digital. Tak seperti video musik pada umumnya, video klip ini bahkan dirilis layar lebar di bioskop LA , Chicago , dan New York.

#4

Madonna “Express Yourself” (1989) — USD 5 juta

4-madonna-express-yourself-1989--5-million

Saat dirilis pada 1989, Express Yourself adalah video klip termahal yang pernah dibuat. Disutradarai oleh David Fincher, video klip ini mengambil tema film klasik ‘Metropolis’. Video klip ini terpilih sebagai sutradara dan sinematografi terbaik dalam ajang MTV Video Music Awards pada 1989.

#3

Madonna “Die Another Day” (2002) — USD 6,1 juta

3-madonna-die-another-day-2002--61-million

Gelar diva memang pantas disematkan pada Madonna. Bagiamana tidak, tiga video klipnya menempati posisi video klip termahal di dunia. Dan yang termahal adalah ‘Die Another Day’ yang menelan biaya USD 6,1 juta. Disutradarai oleh tim sutradara dari Swedia, adegan di video klip ini memang terinspirasi oleh film James Bond dengan judul sama.

#2

Britney Spears “Work B—” (2013) — USD 6,5 juta

2-britney-spears-work-b--2013--65-million

Jika daftar video klip yang telah disebutkan kebanyakan diproduksi di tahun 1990-an atau awal 2000-an, video klip Brtiney Spears berjudul “Work B—” ini dibuat pada 2013. Yang membuatnya menelana bajet hingga USD 6,5 juta adalah karena koreografi epik, setting gurun pasir dan club glamor, kostum mahal, dan lamborgini.

#1

Michael Jackson dan Janet Jackson “Scream” (1995) — USD 7 juta

1-michael-jackson-and-janet-jackson-scream-1995--7-million

Gelar video klip termahal diraih oleh Scream yang dinyanyikan oleh Michael Jackson dan Janet Jackson. Mungkin saat menontonnya, video klip hitam putih ini terkesan. Namun diperlukan biaya USD 7 juta untuk membuat 13 pesawat luar angkasa, USD 175.000 untuk pencahayaan, dan efek komputer untuk menghasilkan setting luar angkasa sebesar USD 65.000. Tidak sia-sia, Scream memperoleh penghargaan sebagai best dance video pada MTV Video Music Awards tahun 1995.

Tentang Penulis