Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

10 Wanita yang Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia Tahun 2017

by Tisyrin N. T on 2 April, 2017

wanita kaya_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Forbes belum lama ini merilis data orang terkaya dunia 2017. Salah satu yang menarik adalah mencermati nama-nama wanita yang masuk dalam daftar tersebut.

Nama-nama yang ada di urutan teratas wanita paling kaya di dunia adalah Liliane Bettencourt, Alice Walton, dan Jacqueline Mars. Berikut ini daftar 10 wanita terkaya di dunia, yang beberapa diantaranya adalah istri mendiang pengusaha sukses.

Liliane Bettencourt (94 tahun, US$39,5 miliar, urutan ke-14)

Liliane Bettencourt adalah wanita terkaya di dunia. Kekayaannya berasal dari perusahaan make up raksasa L’Oreal. Ayahnya, Eugene Schuller, mendirikan raksasa kosmetik tersebut pada 1907. Kini, siapa yang tak mengenal L’Oreal?

Alice Walton (67 tahun, US$33,8 miliar, urutan ke-17)

Alice Walton adalah anak perempuan dari pendiri Wal-Mart, Sam Walton. Wanita yang satu ini lebih fokus pada kurasi seni, dibandingkan bekerja untuk Wal-Mart seperti saudara kandungnya yang lain. Pada 2011, dia membuka museum Crystal Bridges di Bentonville, Arkansas. Koleksi seninya bernilai ratusan hingga jutaan dollar.

Jacqueline Mars (77 tahun, US$27 miliar, urutan ke-26)

Jacqueline Mars memiliki sepertiga dari pembuat permen terbesar di dunia, Mars Inc. Perusahaan kakeknya bermula dari sebuah dapur pada 1911. Perusahaan tersebut membuat produk seperti Milky Way dan Dove chocolate. Ada pula produk untuk hewan peliharaan.

Maria Franca Fissolo (82 tahun, US$25,2 miliar, urutan ke-29)

Maria Franca Fissolo adalah istri mendiang dari Michele Ferrero, pria yang membangun Ferrero Group menjadi salah satu perusahaan makanan manis terkemuka di dunia. Produk yang terkenal antara lain adalah Nutella, cokelat Kinder, dan permen Tic-Tac.

Susanne Klatten (54 tahun, US$20,4 miliar, urutan ke-38)

Siapa tak kenal mobil BMW? Susanne Klatten kakaknya bersama-sama memiliki hampir 50% saham BMW. Pantas saja bukan jika dia masuk daftar orang terkaya? Selain dari BMW, dia juga mendapat penghasilan dari perusahaan lainnya.

Laurene Powell Jobs (usia 53 tahun, US$20 miliar, urutan ke-40)

Wanita ini merupakan istri mendiang bos Apple, Steve Jobs. Dia juga merupakan pendiri dan ketua organisasi sosial Emerson Collective. Selain itu, dia mendirikan College Track, program nirlaba yang membantu siswa kurang beruntung.

Gina Rinehart (63 tahun, US$15 miliar, urutan ke-69)

Gina Rinehart adalah warga negara Australia terkaya. Namun kekayaannya tercipta dari bijih besi sehingga hartanya bisa menurun atau meningkat tergantung harga komoditas. Dia adalah putri dari Lang Hancock. Rinehart membangun usaha ayahnya yang bangkrut menjadi sesuatu yang jauh lebih besar. Selain itu, dia punya saham di jaringan televisi.

Abigail Johnson (55 tahun, US$14,4 miliar, urutan ke-75)

Kakeknya mendirikan Fidelity Investments pada 1946. Abigail Johnson sempat bekerja saat musim panas di sana dan mulai bergabung penuh sebagai seorang analis pada 1988 setelah menerima gelar akademis. Pada 2014, dia menjabat sebagai CEO dan pada 2016 sebagai chairman. Dia memiliki setidaknya 24% saham perusahaan.

Iris Fontbona (74 tahun, US$13,7 miliar, urutan ke-84)

Iris Fontbona adalah istri mendiang Andronico Luksic, pria yang membangun kekayaan di bidang pertambangan dan minuman. Pria itu meninggal karena kanker pada 2005. Dia meninggalkan bisnis untuk sang istri dan tiga anak mereka. Jadi penasaran ya, berapa nilai pertanggungan asuransi mereka.

Charlene de Carvalho-Heineken (62 tahun, US$12,6 miliar, urutan ke-95)

Wanita yang satu ini berhasil masuk dalam jajaran terkaya karena kepemilikan saham di Heineken. Heineken membuka pembuatan bir di Amsterdam 150 tahun yang lalu. Saat ini perusahaan menjual bir premium di seluruh dunia.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami