11 Cara Menghilangkan Tahi Lalat secara Alami dan Medis, Apa Saja?

Buat kamu yang memiliki banyak tahi lalat, pasti pernah memiliki keinginan untuk mencoba beberapa cara menghilangkan tahi lalat secara alami maupun medis. Sebab bagi sebagian orang, tahi lalat merupakan salah satu faktor yang menurunkan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, beberapa cara menghilangkan tahi lalat pun ditempuh, untuk bisa menghilangkan tahi lalat secara permanen. Namun, apakah cara yang dilakukan tersebut aman dan berhasil dilakukan?

Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu melakukan beberapa cara yang sudah terbukti ampuh menghilangkan tahi lalat, baik secara alami atau medis, yang pada kesempatan kali ini akan CekAja.com ulas secara lengkap khusus untuk kamu sebagai berikut.

Sekilas tentang Tahi Lalat

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan tahi lalat, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu informasi dasar tentang tahi lalat itu sendiri.

Tahi lalat sejatinya merupakan bintik kecil berwarna cokelat kehitaman, yang muncul di permukaan kulit, seperti wajah, tangan dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Bintik kecil tersebut, terbentuk akibat dari penumpukan pigmen melanosit. Yang mana, pigmen ini bukanlah pigmen berbahaya.

Hanya saja pada beberapa kondisi, tahi lalat ada yang dapat menimbulkan rasa perih, gatal, atau bahkan terus tumbuh membesar dan berbulu.

Maka dari itu, tidak perlu heran apabila kamu menemukan tahi lalat dengan beragam tekstur, mulai dari kasar, halus, hingga tahi lalat yang ditumbuhi bulu.

Apalagi tahi lalat juga terdiri dari dua jenis, yaitu tahi lalat yang tidak berbahaya dan berbahaya.

Untuk jenis yang tidak berbahaya, ini biasanya tahi lalat yang memiliki bentuk bulat atau oval dengan ukuran normal, yaitu sekitar 6 milimeter.

Tahi lalat tidak berbahaya itu pun, tidak akan memberikan rasa apapun, baik gatal ataupun perih.

Berbeda dengan tahi lalat berbahaya, yang umumnya cenderung memberikan rasa gatal atau perih ketika disentuh.

Terlebih jika dilihat secara visual, jenis tahi lalat berbahaya memiliki warna, bentuk serta pinggiran yang tidak rata.

(Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Panau di Wajah)

11 Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang tahi lalat, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui cara menghilangkan tahi lalat.

Karena sejatinya, ada dua cara menghilangkan tahi lalat yang bisa dilakukan, yaitu secara alami dan secara medis.

Kedua cara tersebut, nantinya akan diulas secara lengkap satu persatu khusus untuk kamu sebagai berikut. Simak bersama-sama, yuk!

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau cara menghilangkan tahi lalat yang bisa dilakukan ada dua, yaitu secara alami dan medis.

Di pembahasan kali ini, CekAja.com akan terlebih dahulu membahas cara menghilangkan tahi lalat secara alami.

Yang mana, cara yang bisa dilakukan tersebut ada sangat banyak, di antaranya yaitu:

1. Menggunakan bawang putih

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang pertama, yaitu menggunakan bawang putih. Seperti yang diketahui, bawang putih mengandung antioksidan dan antivirus, yang mampu membantu mengecilkan, menyamarkan dan mengobati tahi lalat.

Untuk menghilangkan tahi lalat dengan bawang putih pun, cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah.

Kamu hanya perlu menempelkan bawang putih di atas tahi lalat yang ingin dihilangkan, lalu diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.

Jangan sampai kamu mendiamkannya terlalu lama, karena itu hanya akan membuat kulitmu menjadi iritasi. Jika sudah bersihkan semua bawang putih, lalu bilas hingga bersih.

2. Menggunakan minyak daun teh

Berikutnya kamu juga bisa menggunakan minyak daun teh, sebagai salah satu cara menghilangkan tahi lalat yang bisa dilakukan.

Minyak daun teh atau yang lebih dikenal dengan sebutan tea tree oil, merupakan jenis minyak dengan kandungan antibakteri, yang diketahui mampu menghilangkan tahi lalat secara efektif.

Selain itu, minyak ini pun sudah dikenal dengan sifatnya yang antiinflamasi dan antimikroba. Sehingga, tidak heran apabila minyak ini banyak digunakan untuk menghilangkan tahi lalat di sekitar tubuh dan wajah.

Cara menggunakan minyak daun teh pun sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan empat sampai lima tetes minyak daun teh dan 1/2 sdt minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil, aduk rata.

Setelah itu, oleskan campuran minyak tersebut ke tahi lalat yang ingin dihilangkan secara merata, lalu diamkan sejenak kurang lebih lima menit.

Jika sudah, bersihkan minyak dengan cara mengusapnya menggunakan kain atau handuk basah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini sebanyak 1-2 kali sehari, selama beberapa waktu.

3. Kompres menggunakan cuka apel

Siapa sangka, kalau mengompres tahi lalat menggunakan cuka apel, ternyata menjadi cara menghilangkan tahi lalat yang efektif.

Bagaimana tidak, cuka apel pasalnya memiliki sifat proteolitik yang dapat memecah rantai molekul protein.

Dengan sifatnya tersebut, maka tidak heran apabila cuka apel dinilai mampu menghilangkan tahi lalat secara perlahan tapi pasti.

Jika di antara kamu ada yang tertarik untuk mencoba, kamu bisa mencampurkan 3-4 tetes cuka apel dan 1/2 sendok air ke dalam mangkuk kecil.

Setelah itu, aduk hingga semua cairan tercampur rata dan rendam kapas hingga seluruh bagian terendam sempurna.

Apabila semua bagian kapas sudah dipastikan terendam, selanjutnya angkat kapas dan tempelkan pada tahi lalat yang ingin dihilangkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah, angkat kapas dan bilas dengan air mengalir hingga bersih.

4. Menggunakan madu

Selain melakukan tiga cara di atas, kamu juga bisa menggunakan madu sebagai cara menghilangkan tahi lalat.

Namun jika ingin menggunakan madu, pastikan bahwa madu yang digunakan adalah madu murni bukan madu rasa. Sebab, efektivitas yang diberikan oleh kedua jenis madu tersebut sudah pasti berbeda.

Untuk menggunakan madu sendiri, cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu ke bagian tahi lalat yang ingin dihilangkan secara merata, lalu tutup dengan plester atau hansaplast.

Setelah itu, diamkan selama beberapa saat sampai madu terasa menyerap, lalu buka plester dan bersihkan dengan air mengalir.

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal lebih cepat, kamu bisa melakukannya secara rutin setiap pagi dan malam, setidaknya selama enam minggu ke depan.

5. Menggunakan kulit pisang

Di urutan kelima ada kulit pisang, yang menjadi bagian dari cara menghilangkan tahi lalat secara efektif versi CekAja.com.

Meski terdengar asing, namun cara ini ternyata teruji ampuh dalam menghilangkan tahi lalat. Hal tersebut dikarenakan, kulit pisang mengandung enzim pencerah alami, yang dinilai dapat memudarkan tahi lalat.

Cara menghilangkan tahi lalat menggunakan kulit pisang pun, sama mudahnya dengan menggunakan bahan-bahan sebelumnya, yaitu dengan langsung menempelkan bagian dalam kulit pisang, ke area wajah atau tubuh yang memiliki tahi lalat.

Diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu bilas dengan air hangat. Bagaimana, benar-benar sangat mudah, bukan?

Namun sebelum menempelkan bagian dalam kulit pisang, pastikan wajah atau bagian tubuh yang memiliki tahi lalat sudah dibersihkan terlebih dahulu, untuk mencegah risiko timbulnya efek samping.

6. Menggunakan lidah buaya

Meski lebih dikenal sebagai bahan yang digunakan untuk produk kecantikan, namun lidah buaya juga menjadi salah satu cara menghilangkan tahi lalat yang terbukti ampuh.

Hal itu karena, lidah buaya mengandung banyak manfaat untuk menguatkan kulit, tidak terkecuali menghilangkan tahi lalat.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai penghilang tahi lalat pun, cara yang perlu dilakukan sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskannya pada tahi lalat yang ingin dihilangkan.

Kemudian, balut tahi lalat yang sudah diolesi lidah buaya dengan perban selama kurang lebih tiga jam.

Jika sudah, buka perban dan bersihkan lidah buaya dengan air mengalir hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakannya secara rutin.

7. Menggunakan buah nanas

Selain dikenal sebagai buah yang memiliki cita rasa lezat dan segar, buah ini nyatanya juga banyak digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat.

Cukup dengan menghancurkan buahnya hingga halus, buah nanas sudah bisa diletakkan di atas tahi lalat yang ingin dihilangkan secara merata.

Jika sudah, diamkan sejenak hingga buah mengering, lalu bersihkan dan bilas dengan air mengalir hingga bersih.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Medis

Selain mengetahui beberapa cara menghilangkan tahi lalat secara alami, kamu juga perlu mengetahui cara menghilangkan tahi lalat secara medis, yang di antaranya terdiri dari:

8. Menggunakan laser

Cara menghilangkan tahi lalat secara medis, yang bisa dilakukan pertama adalah menggunakan laser.

Cara ini biasanya ditempuh oleh orang-orang yang ingin mendapatkan hasil bedah tahi lalat yang rapi, bersih dan tidak meninggalkan bekas.

Jika menggunakan metode ini, nantinya sinar laser akan menyemburkan panjang gelombang cahaya tertentu, untuk mendeteksi dan menargetkan pigmen gelap ada kulit dan menguapkannya.

Cara menghilangkan tahi lalat yang satu ini pun, biasanya hanya diperbolehkan untuk tahi lalat berukuran kecil tanpa kanker.

Selain itu, cara ini pun hanya bisa ditempuh oleh orang-orang yang ingin menghilangkan tahi lalat di area wajah dan telinga.

Sebab, cara ini dilakukan dengan memecah sel-sel tahi lalat yang kuat, menggunakan semburan radiasi cahaya yang cukup tajam.

9. Menggunakan metode Cryosurgery

Buat kamu yang belum tahu metode Cryosurgery, ini sejatinya merupakan cara menghilangkan tahi lalat, dengan menyemprotkan nitrogen cair berdosis kecil yang sangat dingin, ke area tahi lalat yang ingin dihilangkan.

Metode menghilangkan tahi lalat yang satu ini mungkin akan memberikan sedikit rasa sakit, namun kamu jangan khawatir.

Sebab, dokter akan memberikan anestesi lokal atau bius lokal terlebih dahulu, untuk mencegah timbulnya rasa sakit pada saat proses Cryosurgery.

Apabila proses Cryosurgery sudah selesai, nantinya kulit bekas tahi lalat akan sedikit melepuh.

Namun tenang saja, karena kulit tersebut nantinya akan sembuh secara perlahan dengan sendirinya.

10. Melakukan bedah listrik

Di urutan ke-10 ada bedah listrik, sebagai cara menghilangkan tahi lalat secara medis versi CekAja.com.

Maksud dari bedah listrik di sini, yaitu membakar lapisan kulit pada tahi lalat yang ingin dihilangkan.

Sebelum melakukan pembedahan, seperti biasa dokter akan memberikan anestesi atau obat bius terlebih dahulu, di sekitar kulit yang akan dibakar.

Jika obat bius yang diberikan sudah bekerja, selanjutnya dokter akan mulai mengalirkan listrik ke tahi lalat untuk membakar jaringan kulit, dengan cara menempatkan alat logam ke tahi lalat yang ingin dihilangkan.

Namun sayangnya, proses pembakaran atau bedah listrik ini tidak bisa dilakukan sekali saja. Kamu perlu melakukannya beberapa kali, agar tahi lalat bisa hilang secara permanen.

Sebagai informasi tambahan, pembakaran pun dilakukan untuk membantu mencegah risiko terjadinya pendarahan.

11. Menggunakan prosedur cukur

Cara menghilangkan tahi lalat secara medis yang terakhir, yaitu dengan menggunakan prosedur cukur.

Jika dibayangkan, prosedur ini mungkin terlihat sedikit menyeramkan, karena menggunakan pisau beda sebagai alat untuk membuang tahi lalat.

Namun satu hal yang menarik dari cara satu ini, yaitu tidak memerlukan jahitan untuk menutup kembali jaringan kulit.

Sebab dalam proses pengerjaannya, cara ini hanya membutuhkan pisau bedah kecil untuk mencukur tahi lalat dan beberapa jaringan di bawahnya.

Dan sebelum melakukan pembedahan, nantinya kamu akan diberikan anestesi atau dibius terlebih dahulu di area sekitar tahi lalat, untuk menghilangkan rasa sakit dan membuat kulit menjadi mati rasa, agar nantinya kamu tidak merasakan sakit apapun pada saat proses pembedahan.

(Baca Juga: Jenis-jenis Alergi pada Kulit)

Beberapa cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan medis, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, sangat banyak bukan?

Semua cara tersebut bisa kamu pilih satu di antaranya, yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Apabila semua cara menghilangkan tahi lalat secara alami sudah ditempuh dan tidak memberikan hasil apapun, maka sebaiknya kamu mencoba cara medis.

Kamu bisa terlebih dahulu mengkonsultasikannya ke dokter. Tujuannya yaitu untuk mengetahui cara medis apa yang paling tepat dan aman, untuk menghilangkan tahi lalat.

Namun seperti yang diketahui, jika melakukan pemeriksaan ke dokter tentu akan menghabiskan biaya yang cukup besar.

Belum lagi jika memang harus melakukan tindakan, sudah pasti biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih besar dari biaya konsultasi.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Tetapi jika hingga saat ini kamu belum memiliki asuransi kesehatan, jangan khawatir. Sebab, kamu bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatanmu sekarang juga dan dapatkan segudang perlindungan kesehatan yang optimal!