11 Manfaat Rebung untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

7 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Selain punya tekstur dan cita rasa yang unik, manfaat rebung untuk kesehatan juga bisa dibilang cukup banyak lho. Walau memang dalam mengonsumsinya, sangat tidak dianjurkan konsumsi berlebihan jika tak ingin mendatangkan efek samping, bagi tubuh.

11 Manfaat Rebung untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

Dendrocalamus asper atau rebung bambu, merupakan salah satu bahan makanan, yang banyak diolah menjadi masakan dengan cita rasa khas Indonesia.

Biasanya rebung dimasak menjadi sayur dan dikonsumsi dengan seporsi nasi dan sambal. Bahan makanan yang satu ini punya tekstur yang cukup unik, dan jika dimakan pun bakal meninggalkan sensasi renyah di dalam mulut.

Disamping kelezatannya itu, tak banyak yang tahu akan manfaat rebung bagi kesehatan. Lantas, apa saja kehebatan dari bahan makanan yang satu ini? Cari tahu jawabannya lewat pemaparan lebih dalam di artikel berikut ini.

Kandungan Gizi dalam Rebung

Apa yang membuat rebung begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Jawabannya sudah pasti adalah kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Dan berikut ini sederet kandungan baik yang ada di rebung:

  • Kalium
  • Natrium
  • Lemak jenuh
  • Protein
  • Sodium
  • Serat
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Vitamin D
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Vitamin B6

(Baca Juga: Ini 8 Manfaat Baik Chia Seed)

Manfaat Rebung untuk Kesehatan

Sangat banyak bukan kandungan gizi yang terdapat pada rebung? Kalau begitu, tidak perlu heran lagi jika makanan satu ini punya banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Nah biar makin paham, berikut ini CekAja sudah rangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat rebung. Jadi, simak sampai habis ya!

1. Berguna untuk yang menjalani program diet

Punya tubuh yang ideal tentu menjadi idaman tidak hanya bagi wanita melainkan juga pria. Nah, buat kamu yang tengah menjalani program diet, sebaiknya masukan asupan rebung dalam menu dietmu.

Sebab menurut banyaknya informasi di laman kesehatan, kandungan lemak dan gula yang cukup rendah di dalam rebung membuatnya cocok dikonsumsi oleh penggiat diet.

Akan tetapi, kamu juga harus memperhatikan cara mengolahnya. Sebab manfaat rebung enggak bakal bisa kamu rasakan secara maksimal, jika makanan ini diolah menjadi sayuran bersantan atau terlalu berminyak.

2. Menjaga kadar kolestrol tetap stabil

Tak hanya bermanfaat baik untuk menurunkan berat badan, rebung juga diyakini baik untuk menjaga kadar kolestrol dalam tubuh agar tetap stabil. Fitonutrien dan fiotosterol yang terdapat dalam rebung lah, yang menjadi kandungan utama untuk menghentikan kenaikan jumlah lemak buruk yang mengalir di dalam darah.

Soalnya, seperti yang kita tahu, apabila terlalu banyak lemak dalam darah bisa mengakibatkan kadar kolestrol meninggi. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi seperti ini dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung coroner, tekanan darah tinggi, dan stroke.

3. Merawat kesehatan kulit

Kulit yang sehat menjadi dambaan bagi tiap wanita. Makanya tak sedikit diantara mereka yang turut menggunakan skincare hingga mengubah pola makan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tinggi serat.

Tidak hanya baik untuk pencernaan saja, makanan berserat telah sejak dulu dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit. Mulai dari mengatasi masalah jerawat hingga membuat kulit tampak berseri. Salah satu jenis makanan tinggi serat ini adalah rebung.

Selain kaya serat, rebung juga punya sederet kandungan baik seperti vitamin C dan vitamin E yang memang banyak terdapat dalam kandungan produk skincare drugstore maupun high-end. Kedua vitamin terbaik untuk kesehatan kulit ini, mampu mencegah sekaligus mengatasi kerusakan kulit akibat terpapar radikal bebas.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat rebung lainnya untuk kesehatan adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Penyakit yang satu ini memang kerap kali menjadi momok menakutkan, terutama bagi orang dewasa dengan rentan usia 30 hingga 50 tahun ke atas.

Dua kandungan alami yang lagi-lagi menjadi primadona dalam rebung adalah zat fitonutrien dan fitosterol. Keduanya dianggap mampu untuk mencegah tumpukan kolestrol akibat lemak jahat di dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Mengurangi risiko stroke pada ibu hamil

Saat hamil, mengonsumsi makanan apapun menjadi suatu hal yang sulit karena enggak jarang kita pasti mengalami yang namanya mual. Sedikit saja mencium aroma menyengat atau tak sedap dari bahan makanan, rasanya tentu saja seperti ingin muntah bukan?

Begitupun dengan bau rebung, yang menurut kebanyakan wanita hamil, bau nya sangat pesing seperti air kencing.

Tapi dibalik itu semua, rebung punya manfaat baik khususnya untuk bumil lho. Manfaat rebung ini sendiri adalah untuk mengurangi risiko stroke selama masa kehamilan.

Kandungan kalium dalam rebunglah yang menjadikannya bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, sehingga tensi darah tetap dalam kondisi normal.

6. Punya sifat antikanker

Kanker merupakan penyakit mengerikan yang cepat menggerogoti dan merusak organ tubuh, sehingga penderitanya bisa mengalami kematian. Maka dari itu, kita perlu pencegahan sedini mungkin tidak hanya dari menerapkan gaya hidup saja, namun juga makanan yang dikonsumsi. Salah satunya adalah rebung.

Sifat antikanker yang terdapat dalam rebung diyakini punya peranan penting dalam menjaga tubuh, serta melawan virus penyebab kanker payudara, kanker ovarium, kanker paru-paru, dan kanker lambung.

Manfaat rebung yang satu ini akan lebih efektif kalau kamu mengolahnya secara tepat yakni dengan mengupas ujung rebung sebelum dimasak.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat rebung yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan sistem imun. Nah, menjaga kekebalan sistem imun atau daya tahan tubuh, terlebih di situasi pandemi Corona seperti saat ini, adalah suatu kewajiban yang semestinya disadari oleh semua orang.

Sebab, seperti yang kita tahu, virus Corona sendiri sudah menewaskan ratusan ribu nyawa di seluruh dunia lho. Makanya kalau cuma menjaga jarak dengan orang lain saja itu enggak cukup. Karena kamu juga perlu menjaga pola hidup sehat salah satunya dengan mencukupi asupan nutrisi bagi tubuh.

Bagaimana cara mencukupi asupan nutrisi tersebut? Apalagi kalau bukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti rebung.

Banyaknya vitamin yang terkandung dalam tumbuhan ini, diyakini bisa menjadi asupan alami untuk meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh jauh lebih kebal terhadap penyakit.

8. Mengatasi masalah gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan bisa terjadi akibat flu, asma, faringitis, ataupun bronktis. Kondisi seperti ini bisa saja dialami oleh mereka yang tidak dapat bernafas secara normal, yakni setidaknya 12 hingga 20 kali setiap menit.

Untuk mengatasinya, banyak yang bilang bisa menggunakan air rebusan rebung dengan madu. Namun manfaat rebung yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Sebaliknya, jika kamu mengalami gangguan pernapasan baik itu yang tergolong ringan maupun berat, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(Baca Juga: 8 Manfaat Arang Aktif untuk Kesehatan)

9. Meredakan rasa nyeri saat haid dan setelah persalinan

Manfaat rebung yang kesembilan adalah dapat meredakan nyeri ketika haid dan setelah persalinan. Hal ini karena tumbuhan berbentuk tunas yang terdapat di akar bambu ini, punya sifat anti-inflamasi untuk meredakan peradangan yang dialami oleh tubuh.

Siklus menstruasi yang tidak teratur atau bahkan persalinan yang dianggap cukup menyakitkan bisa memicu peradangan hingga menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi rebung dengan kadar yang tepat, dan bukan berlebihan.

10. Melancarkan pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa rebung itu kaya akan serat. Sehingga bisa dikatakan jika manfaat rebung selain untuk menjaga kesehatan kulit, juga bisa untuk melancarkan pencernaan saat buang air besar.

Dikutip dari Liputan6.com, kandungan serat dalam rebung dipercaya bisa untuk menambah berat tinja sekaligus melembutkannya. Sehingga manfaat rebung ini akan terasa terutama saat kamu mengalami sembelit atau konstipasi.

11. Bantu atasi masalah peradangan

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh rebung, membuat tumbuhan ini punya manfaat untuk mengatasi peradangan. Sehingga risiko mengalami kondisi seperti itu hingga yang bersifat kronis bisa dicegah sedari awal.

Menurut laman DokterSehat, asam fenolik yang terdapat dalam rebung menjadi komponen terkuat sehingga membuat manfaat rebung menjadi begitu nyata sebagai makanan anti-inflamasi yang baik.

Beberapa penyakit yang membuat inflamasi terbentuk pada tubuh seperti reumatik dan asam urat, sehingga sangat dianjurkan bagi penderitanya untuk mengonsumsi rebung secara tepat.

Apa Efek Samping dari Mengonsumsi Rebung?

Meski manfaat rebung sangat banyak, namun seperti halnya dengan makanan yang lain, tumbuhan ini juga punya efek samping lho apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Sebab berbagai bahan alami yang terkandung di dalam rebung bisa menyebabkan alergi, bahkan bisa menyebabkan keguguran bagi ibu hamil.

Untuk itu, pastikan kamu sudah mengolah rebung sebersih mungkin yaitu dengan memotong bagian ujung rebung dan kupas kulitnya sebelum dimasak.

Selain itu, sangat tidak dianjurkan mengonsumsi rebung yang masih mentah karena ditakutkan masih terdapat bakteri dan jamur yang bisa menjadi racun bagi tubuh.

Jadi, intinya jangan hanya mengandalkan rebung saja sebagai makanan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab, kamu juga butuh asupan nutrisi dari sayur maupun buah-buahan serta tak lupa gaya hidup yang sehat.

Biar perlindungannya makin maksimal nih, kamu dan keluarga juga butuh proteksi ekstra yakni dengan asuransi kesehatan. Di mana bisa mengajukan asuransi kesehatan yang terpercaya? Ya tentu saja di CekAja.com, yang dikenal sebagai portal finansial terbaik pilihan masyarakat Indonesia.

Melalui CekAja, kamu bisa membandingkan terlebih dulu mana produk asuransi kesehatan yang paling sesuai kebutuhan. Namun yang pasti, seluruh produk dari mitra CekAja sudah dilengkapi perlindungan yang luas, dan dengan bantuan klaim cepat.

Yuk, tunggu apalagi? Ajukan asuransi kesehatanmu di CekAja.com dan nikmati beragam manfaatnya.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri