Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

11 Situs Ini Gelar Belanja Online Murah 11 November, Jangat Terlewat!

by Kartika Ratnasari on 8 November, 2017

belanja online - CekAja.com

Momen Singles Day  pada 11 November yang mulanya hanya dirayakan di Tiongkok, kini jadi momen belanja online murah di e-commerce berbagai negara. Bagaimana Indonesia?

Tentu kita tidak asing lagi dengan Valentine’s Day, yaitu hari untuk merayakan kasih sayang yang biasanya dirayakan oleh pasangan setiap 14 Februari. Namun ternyata, terdapat pula perayaan untuk para lajang yaitu Singles Day, yang diperingati setiap 11 November.

Mungkin, pertanyaan pertama yang muncul di kepala kita adalah, bagaimana sejarah Singles Day dan mengapa dikaitkan dengan gelaran diskon belanja online?

Awalnya, perayaan Singles Day dimulai oleh mahasiswa Universitas Nanjing di kampusnya pada era 90-an. Tanggal 11 November sendiri dipilih karena angka 1 yang berderet merepresentasikan status lajang seseorang. Kosongnya kehadiran pasangan tak menjadikan para lajang bersedih, justru siapapun yang berstatus lajang harus bersenang-senang pada hari itu. Karena itu, momen ini juga disebut sebagai peringatan hari jomblo.

Kemudian, sejak 2009, pelaku retail online asal Tiongkok Alibaba memanfaatkannya. Tepat pada 11 November 2009, Alibaba membuat parade belanja murah penuh diskon. Pesta diskon yang dibentuk oleh situs besutan Jack Ma tersebut ternyata disambut dengan sangat antusias oleh konsumen Alibaba.

Bahkan menurut The Telegraph, perputaran uang Alibaba pada Singles Day  perdana di tahun 2009 mencapai Rp10 miliar. Kesuksesan mereka membuat pelaku e-commerce lain ingin merasakan keuntungan dari momen ini. Hingga pada tahun berikutnya, situs lainnya turut meramaikan momen di tanggal 11 November dengan menawarkan diskon besar.

(Baca: Kisah Sukses Jack Ma bersama Alibaba di Hari Jomblo)

Di Indonesia sendiri, gelaran diskon belanja lewat online di 11 November baru ramai dan cukup dikenal di 2016 lalu. Berbagai platform situs belanja internet di tanah air memanfaatkan euforia ini. Tidak terkecuali pada tahun ini.

Setidaknya, kita dapat manfaatkan momen ini untuk membeli kebutuhan harian atau barang yang diincar sejak lama dengan harga miring. Bukan buang-buang uang, justru kita bisa menghemat pengeluaran dalam jumlah cukup besar. Biasanya banyak promo kartu kredit yang bisa dimanfaatkan untuk belanja.

Nah, catat barang-barang yang sudah lama di incar, dan siapkan kartu kredit belanja untuk berburu diskon dan promosi yang ditawarkan. Agar tidak terlewat untuk memanfaatkan kesempatan belanja di 11 November nanti, berikut adalah daftar situs belanja yang menawarkan berbagai promo dan diskon besar:

1. Zalora

Zalora menawarkan diskon dari produk-produk fesyen mulai dari label dalam negeri seperti The Executive, 3Second, hingga label internasional seperti Mango, Adidas, Nike, Levi’s, Cotton On, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Zalora juga memberikan promo tambahan berupa pengiriman gratis dengan syarat tertentu. Periode diskon di Zalora berlangsung selama lebih awal yaitu mulai tanggal 9 November hingga 12 November.

2. Lazada

Masih mengusung tema kampanye yang sama dengan tahun lalu yaitu Lazada Online Revolution, Lazada menawarkan serangkaian diskon hingga 70% mulai dari 11 November hingga 12 Desember.

Uniknya, potongan harga yang diberikan Lazada setiap harinya akan berganti untuk kategori yang berbeda. Misalnya tanggal 12-17 November, diskon diberikan untuk kategori fesyen wanita dengan tema “Tampil Memukau”, dan kategori gadget dengan tema “Tercanggih Hari Ini” untuk tanggal 25 – 28 November.

3. Shopee

Ikut meramaikan parade Singles Day di Indonesia, Shopee menawarkan diskon hingga 80% untuk kategori fesyen wanita, pria, aksesori fesyen, dan aksesori digital. Mereka juga menawarkan diskon untuk kategori produk yang berbeda-beda setiap dua jam sekali.

4. Blibli

Blibli mengangkat tema “11.11 Blibli Histeria” untuk menyemarakkan momen promo dan diskon murah di Singles Day. Penawaran yang diberikan pun tidak terbatas, mulai dari fesyen, keperluan rumah tangga, hingga kebutuhan untuk traveling.

Tak perlu menunggu tanggal 11 November tiba, bahkan kita bisa mulai berburu diskon dari sekarang karena pesta diskon di Blibli sudah berlangsung sejak 6 November hingga 10 November nanti.

5. MatahariMall

Memiliki konsep yang sama, MatahariMall juga memberikan diskon berbeda pada waktu yang berbeda untuk masing-masing kategori. Namun jangan khawatir ketinggalan karena periode kampanye diskon MatahariMall berlangsung cukup lama yaitu mulai 11 November hingga 16 Desember mendatang.

Pesta diskon dimulai dari kategori “City” yang berlangsung dari 11-14November dan ditutup dengan kategori “Party” pada 12-16 Desember. Jangan lupa kunjungi situs mereka dan catat tanggal pentingnya.

6. Bukalapak

Bukalapak menawarkan promo yang variatif menjelang akhir tahun ini. Sukses dengan fitur “Bukalapak Cinta Nego” pada Harbolnas tahun lalu, Bukalapak mempertahankan fitur untuk melakukan negosiasi harga dengan pembeli ini.

Tak hanya itu, mereka juga menawarkan diskon 25% untuk kategori fesyen wanita dan kecantikan, dan memberi cashback langsung sebesar 30% untuk pembelian pertama di Bukalapak tanpa minimal transaksi.

7. Tokopedia

Tokopedia bisa menjadi pilihan untuk pecinta belanja yang tidak sabar menunggu Singles Day untuk berburu diskon. Sebab sejak 6 November lalu, Tokopedia sudah mulai memberi harga miring untuk beberapa produknya.

Tak tanggung-tanggung, bahkan potongan harga yang ditawarkan mencapai 90%. Selain barang kebutuhan sehari-hari, Tokopedia juga memberi diskon untuk membeli tiket kereta sebesar Rp11.111.

8. JD.id

Untuk menyambut Singles Day, JD.id mengkampanyekan tema “Joyful 11.11” dan menawarkan potongan harga hingga 70% untuk seluruh kategori. Namun sama seperti beberapa situs lainnya, jumlah diskon yang diberikan e-commerce asal Tiongkok ini berbeda-beda untuk setiap kategori.

Dalam kategori lifestyle, kita bisa mendapatkan diskon hingga 55%, sedangkan untuk kategori produk teknologi, diskon yang diberikan cukup besar yaitu sebesar 70%.

9. Berrybenka

Sama seperti kompetitornya, Zalora, Berrybenka juga tak mau melewatkan momen Singles Day untuk memberikan penawaran menarik bagi para konsumennya. Para wanita pecinta fesyen harus siap-siap merogoh tabungan dalam-dalam. Sebab, promo yang ditawarkan Berrybenka cukup bervariatif, mulai dari diskon sampai dengan 80%, hingga beli satu gratis satu.

10. Pegipegi

Sudah mulai merencanakan liburan untuk akhir tahun nanti? Jangan lupa untuk mengunjungi situs Pegipegi, karena banyak penawaran menarik yang diberikan sejak 6 November lalu. Mulai dari pemesanan hotel, tiket kereta, hingga tiket pesawat. Tidak tanggung-tanggung, diskon Pegipegi berani ditawarkan sampai dengan RP650 ribu!

11. Elevenia

Sejak 1 November lalu, pecinta belanja melalui internet sudah mulai bisa menikmati diskon hingga 70% yang ditawarkan oleh Elevenia melalui program Pasar Kaget. Sama seperti namanya, terdapat hadiah kejutan berupa mobil bagi konsumen Elevenia terpilih yang turut meramaikan kampanye Pasar Kaget.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami