12 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Diblender Karena Berbagai Alasan

Sudahkah kamu mengetahuinya? Ternyata, ada beberapa bahan makanan yang tidak boleh diblender lho.

Pariwara

Umumnya, blender itu sendiri memang seringkali dimanfaatkan untuk mempermudah proses dalam menghaluskan bahan makanan, sama halnya seperti penggilingan makanan.

Kendati demikian, kenyataannya blender justru diperuntukan bagi makanan yang bertekstur lebih halus, dibandingkan dengan penggiling.

(Baca Juga: 11 Merk Blender Terbaik)

Maka dari itu, ada beberapa bahan makanan yang tidak boleh diblender, agar tidak merusak alatnya, sekaligus tekstur serta tampilan dari makanannya itu sendiri.

Bagi kamu yang senang beraktivitas di dapur, hal satu ini sepertinya memang perlu diketahui. Apa sajakah itu? Berikut beberapa bahan makanan yang tidak boleh diblender. Yuk simak ulasannya!

Bahan Makanan yang Tidak Boleh Diblender

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa bahan makanan yang tidak boleh diblender karena berbagai alasan, yaitu adalah:

1. Sayuran Hijau

Pertama ada sayuran hijau yang ternyata tak boleh diblender. Sayuran yang berada di suhu ruangan bisa berubah warna menjadi kecoklatan ketika dihaluskan menggunakan blender.

Perlu diketahui bahwa sayuran hijau yang telah berubah warna bisa mengurangi kandungan dan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Sehingga, kamu mungkin tidak akan mendapatkan khasiat dari sayuran tersebut sepenuhnya.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika kamu mendinginkan sayur setidaknya selama 5 menit di dalam kulkas sebelum memblendernya.

Sebab, hal ini selain bisa menjaga kecerahan warna sayur, melainkan juga meminimalisir berkurangnya vitamin dan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

2. Frozen Fruit

Frozen fruit atau buah beku juga merupakan salah satu bahan makanan yang pantang untuk diblender.

Memang membuat smoothies ketika buah masih dalam keadaan dingin sangatlah menyegarkan dan menyehatkan.

Akan tetapi, meletakkan buah yang masih keras ke dalam blender justru akan merusak alatnya itu sendiri, sehingga hasil smoothies pun menjadi tidak halus.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mencairkan buah atau memotongnya menjadi beberapa bagian terlebih dahulu sebelum mulai memprosesnya menggunakan blender.

3. Sayuran Berserat

Sama halnya dengan sayuran hijau, sayuran yang memiliki serat tinggi juga merupakan salah satu bahan makanan yang tidak boleh diblender.

Hal tersebut dikarenakan, sayuran berserat ini umumnya memiliki tekstur yang sulit untuk dihancurkan atau dihaluskan.

Tak hanya itu, dengan memblendernya, kandungan serat yang terdapat di dalamnya juga bisa berkurang.

4. Kentang

Kentang memang terlihat memiliki tekstur yang halus, sehingga terdengar lebih mudah dan praktis untuk memanfaatkan blender dalam membuat hidangan mashed potato.

Akan tetapi kenyataannya, tekstur kentang atau sayuran dengan kandungan karbohidrat lainnya akan menjadi terlalu lembek ketika diblender, sehingga bisa menghasilkan tekstur yang terlalu halus, layaknya seperti tepung.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika kamu menghaluskan bahan-bahan ini secara manual saja menggunakan garpu dan sendok untuk mendapatkan tekstur yang lebih tepat, dibandingkan dengan menggunakan blender.

5. Makanan atau Minuman Panas

Mungkin diantara kamu masih ada yang keliru dan menganggap bahwa mencampurkan makanan atau minuman panas ke blender akan membuat tekstur menjadi lebih cepat halus dan lembut.

Akan tetapi, sepertinya anggapan tersebut salah. Sebab, menghaluskan makanan dengan mencampurkan air atau makanan panas justru akan membuat blender menjadi rusak.

Tak hanya itu, hal ini juga bisa membuat tutup blender menjadi terpental lho, yang menyebabkan makanan atau minuman menjadi berceceran, sehingga menimbulkan luka bakar bagi yang terkena.

6. Bawang Putih

Nah, bahan makanan yang tidak boleh diblender selanjutnya adalah bawang putih. Mungkin sebagian besar orang sudah tahu bahwa bawang puting memiliki aroma yang cukup kuat, sehingga berkemungkinan untuk merusak segel karet blender.

Walaupun kamu sudah mencucinya hingga bersih, aroma bawang putih memang sejatinya tak begitu mudah untuk dihilangkan.

7. Adonan Kue

Tekstur adonan kue yang lengket bisa memperlambat proses kerja blender dalam menghaluskan makanan, yang mana tentu saja hal tersebut bisa membuat blender menjadi cepat rusak pula.

Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila menggunakan mixer yang memang sudah didesain khusus untuk mengaduk tekstur seperti adonan kue, dibandingkan menggunakan blender.

8. Kacang-kacangan

Bahan makanan yang tak boleh diblender selanjutnya adalah aneka ragam kacang atau biji-bijian.

Sama halnya dengan buah beku, tekstur kacang dan biji yang keras juga membuat blender menjadi cepat rusak.

Sehingga, memang jauh lebih baik apabila kamu menggunakan grinder, dan bukan blender. Sebab, pisau grinder memiliki desain yang lebih kuat dan mudah dalam menghaluskan dan menghasilkan gilingan yang bagus.

Dilansir dari detik.com, seluruh bahan makanan yang memiliki tekstur keras, seperti kacang, biji kopi, biji coklat dan sejenisnya, berpotensi untuk membuat pisau blender menjadi lebih cepat tumpul, bahkan hingga bahan makanan tidak dapat dihaluskan lagi.

Tak hanya itu, bahan makanan yang terlalu keras jika dihaluskan dengan blender juga akan menjadi lengket dengan hasil yang seperti pasta.

9. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu jenis makanan yang tidak boleh diblender. Sebab, jahe memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga menghaluskannya menggunakan blender justru akan membuat tekstur menjadi seperti untaian benang.

Sebagai alternatifnya, kamu hanya cukup mengolah jahe dengan cara memotongnya menjadi kecil-kecil saja.

10. Saus Tomat

Bahan makanan yang tidak boleh diblender selanjutnya adalah saus tomat. Untuk mencampurkan bahan dan adonan, saus tomat seringkali dimasukkan ke dalam blender agar bisa tercampur dan larut ke dalam adonan lainnya.

Akan tetapi, mencampurkan saus tomat ke blender justru akan membuat bahan makanan satu ini menjadi berubah warna, yang membuatnya menjadi lebih cepat membusuk serta noda di blender yang akan sulit untuk dihilangkan.

11. Makanan yang Memiliki Tulang

Makanan yang memiliki tulang seperti ikan atau ayam juga termasuk ke dalam salah satu bahan makanan yang tidak boleh diblender.

Namun dalam hal ini, bukan berarti makanan ini sepenuhnya tidak boleh diolah menggunakan blender, melainkan alangkah lebih baiknya jika kamu melepas tulang atau durinya terlebih dahulu sebelum benar-benar diblender.

Sebab, hal ini berpotensi membuat tulang atau duri akan nyangkut di sela-sela blender yang membuatnya menjadi lebih cepat rusak.

12. Daging-dagingan

Selain ayam dan ikan, daging nyatanya juga masuk ke dalam salah satu bahan makanan yang tidak boleh diblender.

Hal tersebut dikarenakan, daging yang diblender akan merubah tekstur sekaligus konsistensi dari daging itu sendiri.

Oleh sebab itu, jauh lebih baik jika kamu lebih milih menggunakan grinder dibandingkan blender untuk menghaluskan daging.

Menggunakan blender hanya akan menghancurkan serat-serat yang terdapat pada daging saja, yang juga membuat serat tersebut bisa menyangkut di pisau blender, sehingga turut mengganggu fungsinya.

Jadi, itulah beberapa bahan makanan yang tidak boleh diblender, guna meminimalisir risiko kerusakan, baik itu pada makanan maupun alat yang digunakannya itu sendiri.

(Baca Juga: 7 Food Processor Terbaik)

Nah, apabila kamu termasuk orang yang gemar menghabiskan waktu di dapur, alangkah lebih baiknya jika mulai melengkapi peralatan dapur yang bisa digunakan untuk mempersiapkan berbagai jenis hidangan, untuk menghindari penggunaan alat dapur yang tidak semestinya dan membuat alat tersebut menjadi cepat rusak.

Belum memiliki uang yang cukup untuk membeli peralatan dapur berkualitas? Janganlah khawatir! Sebab, dengan menggunakan kartu kredit kamu berkemungkinan untuk membeli berbagai jenis peralatan dapur dengan harga yang lebih hemat lho.

Tak hanya itu, untuk beberapa produk kamu bahkan juga bisa melakukan cicilan sesuai dengan kemampuan. Jadi, kamu bisa melengkapi peralatan dapur dengan beragam alat-alat berkualitas tanpa harus khawatir dengan harganya yang mahal.

Belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com! Melalui CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, disini seluruh proses pengajuan juga bisa dilakukan secara online lho, jadi kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Yuk segera lengkapi peralatan dapurmu bersama kartu kredit dari CekAja.com!

Pariwara