12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif, Mudah, dan Cepat

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Cara menghilangkan bau badan, yang paling efektif ternyata tidak sulit loh. Terlebih, deretan cara ini juga sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

12 cara menghilangkan bau badan paling efektif, mudah dan cepat

Dari Mana Asal Bau Badan?

Kamu tau gak sih, kalau bau badan ternyata disebabkan oleh bakteri yang tinggal di dalam kulit? Selanjutnya, bakteri tersebut memecah keringat dan menjadi asam. 

Jika dilihat dari kacamata medis, kondisi ini biasa disebut dengan istilah bromhidrosis, osmidrosis, atau ozochrotia. Sehingga, yang membuat badan menjadi bau, bukanlah keringat, karena air keringat tidak memiliki bau. 

Akan tetapi bakteri yang berkembang biak di dalam air keringat, dan menyebabkan bau tak sedap. Biasanya, area badan yang sering menimbulkan bau adalah:

  • Ketiak
  • Lipatan Leher
  • Area Bawah Payudara
  • Selangkangan
  • Punggung

Penyebab Bau Badan

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bau badan paling efektif, sebaiknya ketahui dulu apa yang menjadi penyebab bau badan dan menghasilkan keringat tak sedap. Berikut deretannya:

  • Bakteri
  • Makanan
  • Deodoran
  • Genetik
  • Kondisi Kesehatan

(Baca Juga: Parfum Pria Murah Terbaik dan Tahan Lama)

Nah, sudah tahu kan apa saja penyebab bau badan. Jika kondisi bau badan ini sudah terlanjur kamu alami, sebaiknya segera lakukan cara menghilangkan bau badan paling efektif berikut ini, dengan mudah dan cepat!

Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif

1. Rutin Mandi Minimal 2 Kali Sehari

Rutin Mandi Minimal 2 Kali Sehari - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Cara menghilangkan bau badan paling efektif yang pertama adalah dengan mandi, minimal dua kali sehari. Mandi bisa menghilangkan bakteri, kuman, jamur, beserta keringat yang menempel di kulit. 

Namun, meski telah mandi pagi, sudah merasa bersih dan wangi, kamu juga tetap harus mandi setelah beraktivitas seharian di luar. 

Jika kamu tidak mandi sore, maka bakteri bisa berkembang biak lebih banyak. Hal tersebut juga akan membuat bau badanmu sulit hilang. Karena bau badan juga bisa diindikasikan sebagai penyakit. 

2. Sering Ganti Baju jika Sudah Berkeringat

Sering Ganti Baju jika Sudah Berkeringat - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Selain mandi, sering mengganti baju juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bau badan paling efektif. Setelah mandi, gunakanlah baju yang bersih dan wangi.

Namun, setelah setengah hari badanmu sudah mulai berkeringat, dan bau, segeralah untuk ganti baju yang bersih. Hal ini dilakukan agar bakteri tidak berkembang biak lebih banyak. 

Maka dari itu, ketika kamu kerja, olahraga, atau beraktivitas di luar, cobalah untuk membawa baju cadangan. Hal ini juga menyiasati bau badan dengan cepat, jika tidak memungkinkan untuk mandi.

3. Menghindari Makanan Penyebab Bau Badan

Menghindari Makanan Penyebab Bau Badan - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Seperti yang diketahui, selain dari bakteri di permukaan kulit, bau badan juga bisa muncul dari dalam tubuh, yang dihasilkan oleh makanan tertentu. Nah, untuk cara menghilangkan bau badan yang satu ini, tentunya kamu harus menghindari makanan penyebab bau badan. 

Apa saja sih makanan penyebab bau badan yang harus dihindari?

  • Bawang
  • Daging Merah
  • Minuman Beralkohol
  • Minuman Berkafein
  • Makanan Cepat Saji
  • Tembakau dan lain-lain

4. Melakukan Relaksasi

Melakukan Relaksasi - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Cara menghilangkan bau badan berikutnya adalah dengan melakukan relaksasi. Dengan rutin relaksasi, jantung akan bekerja lebih baik dan bisa mengatur cara kerja organ tubuh lainnya. 

Selain itu relaksasi juga bisa membuat pikiran tenang. Ketika kamu bebas stres maka hormon stres bisa dibatasi, dan kamu akan terhindar dari bau badan, dan merasa lebih bugar.

5. Mengkonsumsi Ramuan Alami

Mengkonsumsi Ramuan Alami - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Ada banyak cara menghilangkan bau badan dengan mengkonsumsi ramuan alami. Yuk intip di sini:

  • Konsumsi lalapan daun kemangi atau teh daun kemangi
  • Konsumsi ramuan temulawak
  • Minum perasan jeruk purut
  • Konsumsi ramuan jahe
  • Konsumsi rebusan air cengkeh

6. Hindari Pakai Deodoran Ketika Ketiak Berkeringat

Hindari Pakai Deodoran Ketika Ketiak Berkeringat - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Cara menghilangkan bau badan paling efektif juga jangan sekali-kali kamu pakai deodoran ketika sedang berkeringat. Karena hal tersebut hanya akan membuat badanmu jadi tambah bau. 

Jika mau pakai deodoran, pastikan gunakan setelah mandi, ketika ketiak bersih. Jadi, jangan mentang-mentang badanmu sedang bau dan berkeringat, deodoran bisa menghilangkan bau. Tentu tidak!

7. Pilih Deodoran yang Bagus

Pilih Deodoran yang Bagus - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Pemilihan deodoran juga penting, sebagai salah satu cara menghilangkan bau badan. Disarankan kamu menggunakan deodoran yang tidak berwarna alias bening. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan deodoran spray, sehingga tidak meninggalkan bekas di baju. 

Deodoran spray juga lebih praktis, ketimbang deodoran roll on. Wanginya juga bisa lebih meresap ke kulit, karena partikelnya lebih halus. 

8. Gunakan Parfum Tahan Lama di Area Tertentu

Gunakan Parfum Tahan Lama di Area Tertentu - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Cara menghilangkan bau badan yang efektif dan praktis selanjutnya adalah dengan menggunakan parfum. Tidak sembarang parfum, kamu harus pilih parfum yang wangi dan tahan lama (biasanya yang non alkohol).

Selain itu, penggunaan parfum juga penting untuk diperhatikan, agar wangi parfum tahan lama. Setelah mandi, kamu bisa oleskan parfum di area-area seperti nadi di leher, nadi di pergelangan tangan, di lipatan siku, hingga di pundak. 

Dengan begitu, bau badanmu akan dikalahkan dengan aroma parfum yang kamu pakai. Selamat mencoba!

9. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Ingat, bau badan berasal bukan dari keringat, tapi dari bakteri di dalam kulit yang menyatu dengan keringat. Nah, agar proses pengeluaran bakteri tersebut lancar, maka kamu perlu perbanyak minum air putih. 

Semakin lancar keluarnya keringat, maka bakteri juga akan keluar dari pori-pori kulit. Maka dari itu, perlancarlah keluarnya keringat dengan minum air putih, minimal delapan gelas sehari.

10. Rutin Olahraga

Rutin Olahraga - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Olahraga juga masuk dalam salah satu cara menghilangkan bau badan. Kok bisa? Sama dengan berelaksasi, olahraga juga bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan keringat dan hormon stres lebih banyak. 

Dengan begitu, bakteri dan kuman akan keluar, lewat pori-pori kulit. Setelah keringat keluar bersama bakeri, kamu bisa mandi dan rasakan tubuh yang lebih segar dan wangi.

11. Kompres Area Bau Badan dengan Tawas

Kompres Area Bau Badan dengan Tawas - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Cara menghilangkani bau badan paling efektif selanjutnya adalah mengompres dengan tawas. Tawas sendiri merupakan bahan kimia yang mengandung asam sulfat, dan memiliki sifat antiseptik serta antibakteri. 

Nah, buat kamu yang mau bebas bau badan, bisa kompres ketiak mu dengan tawas ini. Caranya, larutkan bubuk tawas dalam air, lalu kompres ketiak menggunakan handuk. 

(Baca Juga: List Perawatan Calon Pengantin)

12. Oleskan Area Bau Badan dengan Baking Soda

Oleskan Area Bau Badan dengan Baking Soda - 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif Mudah dan Cepat

Selain dengan tawas, cara menghilangkan bau badan juga bisa menggunakan baking soda. Jika tawas di kompres, kalau baking soda dengan cara dioleskan langsung ke ketiak. 

Caranya, ambil satu sendok baking soda, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis, aduk hingga membentuk pasta. Oleskan ke ketiak, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

Nah, itu dia beberapa informasi terkait asal bau badan, penyebab, hingga cara menhilangkan bau badan paling efektif, yang bisa kamu terapkan. Disamping itu, kamu juga perlu melakukan berbagai perawatan tubuh selain menerapkan cara di atas, agar bau badan perlahan hilang, meski sedang berkeringat.

Dapatkan Diskon dan Promo Menarik Perawatan Tubuh dengan Kartu Kredit 

Seperti melakukan perawatan lulur, mandi kembang, waxing bulu ketiak, spa, dan perawatan tubuh lainnya secara rutin. Tidak perlu ke tempat perawatan tubuh yang mahal, kamu bisa melakukannya di tempat spa yang menawarkan harga standar. 

Agar lebih praktis dan hemat, kamu bisa menggunakan kartu kredit, sebagai alat pembayarannya. Karena, kamu bisa berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik, yang ditawarkan bank penerbit kartu kredit atau merchant yang bekerjasama. 

Biasanya promo yang diberikan mulai dari cicilan 0 persen, diskon, cashback hingga rewards. Dengan begitu, kamu bisa melakukan perawatan tubuh dengan lebih hemat.

Yuk, buat kamu yang belum punya kartu kredit, segera ajukan dengan praktis dan mudah kartu kredit terbaik pilihanmu, melalui CekAja.com.