Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

12 Cara Menurunkan Perut Gemuk Setelah Melahirkan

by JTO on 23 Januari, 2015

makanan sehat - CekAja.com

Kebahagiaan seorang perempuan adalah memiliki buah hati. Adalah kodratnya bagi seorang perempuan untuk melahirkan. Di satu sisi ada kebahagian, tapi setelah melahirkan sebagian besar perempuan memiliki ketakutan luar biasa. Ya, ketakutan terhadap kegemukan. Biasanya perut serta pinggul akan lebih besar setelah melahirkan.

Terkadang segala upaya dilakukan oleh perempuan yang habis melahirkan kembali ke bentuk tubuh ideal. Namun, sejatinya tak ada proses pelangsingan tubuh yang bisa dilakukan secara cepat. Setidaknya, Anda bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini :

1. Menyusui

Semua ibu yang baru melahirkan disarankan untuk memberikan ASI untuk anaknya. Dengan menyusui, asupan gizi untuk bayi akan bisa dipenuhi secara optimal. Selain itu, dengan menyususi bisa mengurangi 5000 kalori

2. Biasakan makan dengan porsi yang sedikit, namun dalam waktu yang sering

Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak serta kalori di dalam tubuh. Dengan demikian berat badan dapat terkontrol dengan abaik. Ini akan berjalan efektif jika dilakuakn dengan rutinitas tinggi.

3. Makan makanan yang rendah lemak dan rendah kalori

Namun, jangan batasi secara drastis. Karena bayi Anda butuh nutrisi untuk menunjang pertumbuhan.

4. Konsumsi air putih

Fungsi dari air putih tersebut ialah untuk membersihkan semua organ di dalam tubuh Anda terutama pada saluran pencernaan dari berbagai macam penyakit dan racun.

Proses hidrasi juga sangat penting untuk tubuh. Pasalnya, hal ini bisa membantu proses pada pencernaan yang lebih baik dan membantu melangsingkan tubuh. Karena dengan banyak mengonsumsi air putih Anda dapat menahan rasa lapar.

5. Olahraga ringan

Olahraga dengan teratur bisa mengencangkan kembali otot Anda yang kendor. Lakukan olahraga ringan, misalnya senam.

6. Latihan otot perut

Lakukan latihan otot pada perut Anda. Bisa dengan cara duduk, berdiri, atau berbaring. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menarik perut ke bagian perut dalam dengan cara mengontraksikan otot perut, kemudian tahan beberapa menit.

7. Shoulder lift

Latihan ini juga merupakan latihan otot perut. Latihan dilakukan dengan sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan matras kemudian berbaring terlentang. Tekuk kaki serta telapak kaki hingga menyentuh lantai. Kemudian hembuskan nafas, sambil kontraksikan pada otot perut, angkat kepala serta pundak Anda. Tahan posisi seperti ini dalam beberapa detik lalu kembali turunkan kepala serta pundak Anda dengan perlahan.

8. Makan sayuran dan sup

Sering mengonsumsi sup berbasis kaldu, serta masukkan sayuran terutama brokoli, kembang kol, dan kubis. Kelompok makanan nabati mengandung fitonutrien tertentu yang bermanfaat untuk mengurangi lemak perut.

9. Gunakan korset

Teknik mengikat perut setelah melahirkan menggunakan korset cukup membantu untuk mengurangi pembengkakan dan mendorong otot dan jaringan perut kembali seperti semula. Anda bisa menggunakan korset praktis, atau dengan melilit sendiri kain khusus pada perut secara terus-menerus selama 3 bulan setelah melahirkan. Hal ini akan meratakan perut dan mendukung punggung Anda. Cara ini bahkan sangat penting terutama pada minggu-minggu awal setelah melahirkan.

10. Diet sehat dan seimbang

Ganti semua makanan cepat saji dengan makanan yang kaya gizi. Seperti buah-buahan, sayuran, daging sapi tanpa lemak, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak. Batasi asupan natrium(dari garam) karena menyebabkan perut kembung dan pembengkakan

11. Hindari latihan atau aktivitas fisik terlalu keras

Bagi ibu menyusui yang ingin melakukan latihan untuk melangsingkan tubuh, dianjurkan untuk menunggu dulu hingga bayi sudah berusia setidaknya dua bulan. Diet ketat atau latihan berat tidak disarankan pada tahap ini.

Berolahraga terlalu awal atau terlalu keras juga bisa menimbulkan efek buruk pada tubuh ibu. Mulailah dengan beberapa kegiatan fisik yang sederhana dan ringan seperti bersepeda, berjalan, joging, atau berenang.

12. Latihan ketahanan dan aerobik

Asuransi Kesehatan


Telah terbukti berkali-kali bahwa latihan ketahanan dasar adalah satu-satunya latihan yang benar-benar efektif untuk membakar lemak. Olahraga dasar tersebut contohnya adalah berjalan, joging, berlari, bersepeda dan berenang. Setelah melakukan latihan ketahanan dasar selama beberapa minggu, kandungan lemak tubuh umumnya akan terlihat berkurang.

Selanjutnya, Anda pun bisa fokus pada latihan yang bertujuan untuk perut, dengan melakukan beberapa latihan perut pasca kehamilan yang mencakup crunches dan sit up. Ketika seorang wanita pasca melahirkan menggabungkan latihan ini dengan latihan ketahanan untuk mengurangi lemak, maka ia bisa sukses mengembalikan lagi bentuk perutnya seperti sebelumnya. Bagi anda yang tiba-tiba setelah melahirkan merasakan perubahan bentuk tubuh, yaitu tubuh menjadi melar atau gendut, anda bisa menyimak tips-tips menarik cara mengecilkan perut yang sehat ini.

 

Selamat mencoba!

Ingin perlindungan kesehatan yang sesuai untuk keluarga Anda, ajukan di sini. 

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami