Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

14 menit waktu bacaan

12 Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta. Ada Favoritmu?

by Kyla Damasha on 25 Februari, 2020

Gemerlapnya industri hiburan di negeri Ginseng membuat beberapa artis yang terlibat di dalamnya berhasil masuk ke dalam jajaran idol Korea Terkaya. Memang tidak heran melihat bahwa industri hiburan Korea itu sendiri saat ini sudah semakin mendunia dari waktu ke waktu.

idol korea terkaya

Tidak hanya genre musik nya saja yang sudah mendapatkan perhatian dari seluruh masyarakat di penjuru dunia, melainkan juga beraneka ragam film dan drama yang kerap tayang di layar kaca, tak terkecuali di Indonesia.

Lagu-lagu populer Kpop sering kali kita dengarkan di ruang publik seperti pusat perbelanjaan dan restoran hingga cafe. Begitu pula dengan berbagai dramanya yang bahkan sering kita temukan di layar kaca televisi lokal yang sudah di dubbing dengan menggunakan bahasa Indonesia agar bisa dimengerti oleh masyarakat yang menonton.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Super Junior dan BTS? Sepertinya masyarakat awam pun juga sudah tidak asing lagi dengan kedua boy group paling terkenal untuk masa kini. Super Junior yang dikenal oleh orang-orang yang lebih tua dan BTS yang lebih digemari oleh kaum muda dan remaja.

Nah, popularitas industri hiburan Korea yang semakin memuncak ini tentu menjadi tidak heran bahwa para bintang-bintang yang terlibat di dalamnya juga berhasil meraup penghasilan dalam jumlah fantastis.

Tidak hanya berasal dari musik dan perfilman nya saja, pendapatan dari deretan idol Korea terkaya ini juga bersumber dari hal-hal lainnya, seperti menjadi model iklan, brand ambassador, membuka bisnis, hingga berinvestasi.

Dengan banyaknya bintang-bintang Korea yang terkenal saat ini, kira-kira siapa saja sih  yang berhasil masuk ke jajaran idol Korea terkaya di negaranya? Yuk kita simak bersama-sama dan cari tahu apakah idol favoritmu berhasil masuk ke dalam list?

Jajaran Idol Korea Terkaya
1. Kim Soo Hyun – Rp1,6 Triliun

Kim Soo Hyun - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Nama pertama yang muncul di dalam deretan idol korea terkaya adalah sang aktor ganteng kelahiran 1988 Kim Soo Hyun. Mengawali debut pada tahun 2007 sebagai pemeran pembantu di sebuah drama seri berjudul “Kimchi Cheese Smile”, namanya pun semakin melejit semenjak ia membintangi drama musik sekolah berjudul “Dream High” bersama dengan IU, Bae Suzy dan Ok Taecyeon.

Selain itu, popularitasnya semakin meroket sejak ia mendapatkan peran utama di drama tema fantasi berjudul “My Love From the Star” bersama aktris cantik senior, Jun Ji Hyun.

Dengan wajah yang tampan rupawan serta kemampuan aktingnya yang tak perlu diragukan lagi, nama Kim Soo Hyun bahkan sudah berhasil masuk ke dalam salah satu aktor dengan bayaran termahal.

Menurut situs reelrundown.com, saat ini Kim Soo Hyun mendapatkan bayaran kurang lebih sebesar 100 juta Won atau sekitar Rp1,1 miliar untuk satu episodenya. Tidak hanya dari dunia perfilman, sumber kekayaan Kim Soo Hyun juga berasal dari berbagai iklan, MC, hingga menjadi brand ambassador dari berbagai produk terkenal, salah satunya yaitu produk kosmetik kecantikan mewah, DPC.

2. Kim Jaejoong – Rp1,4 Triliun

Kim Jaejoong - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Selanjutnya ada Kim Jaejoong, mantan dari personil boy grup besutan SM Entertainment TVXQ, yang juga menduduki peringkat kedua sebagai idol Korea terkaya. Bagi kamu yang sudah lama menggemari dunia hiburan Korea, tentu sudah tidak asing lagi dengan pria tampan berusia 34 tahun ini.

Setelah memutuskan untuk hengkang dari grup yang membesarkan namanya tersebut, ia pun mulai bersolo karir serta menjadi seorang pengusaha. Bernyanyi, menulis lagu, bermain film, menjadi sutradara, desainer, hingga bisnis real estate dan coffee shop menjadi beberapa sumber kekayaan dari pria tampan ini.

Bahkan menurut situs seoulz.com, pada tahun 2012 Kim Jaejoong membeli sebuah apartment mewah yang terletak di Samsung-dong senilai USD 3 juta atau setara dengan Rp 41,2 miliar dan dua tahun kemudian, ia kembali membeli sebuah gedung yang terletak di Seocho-dong dengan harga USD 7 juta atau setara dengan Rp96 miliar.

Tentu saja tak heran apabila jumlah kekayaan Kim Jaejoong mencapai Rp1,4 triliun, melihat bahwa ia sangat lihai dalam melipatgandakan penghasilan dari segudang bidang yang ia geluti.

3. PSY – Rp642 Miliar

PSY - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Berbicara tentang idol Korea terkaya, tentu kita tidak bisa melupakan sang penyanyi PSY yang sempat tenar karena lagunya yang berjudul “Gangnam Style” yang mendunia.

Menjadi artis Korea pertama yang mampu meraih kesuksesan besar di panggung musik internasional, kekayaan PSY diperoleh dari pembelian lagu digital serta undangan dari berbagai acara musik terkenal di negara-negara Eropa dan Amerika.

Tidak hanya itu, selama 5 tahun berturut-turut semenjak perilisannya pada tahun 2012, video lagu hits-nya di Youtube bahkan telah ditonton lebih dari 3,2 miliar kali dari seluruh masyarakat di penjuru dunia.

Nah, dikarenakan hal itulah, ia juga berhasil mendapatkan 1 juta followers di akun Instagramnya yang membuat pria berusia 42 tahun itu mendapatkan bayaran sekitar USD 2 ribu atau setara dengan Rp27 juta untuk satu kali post.

(Baca Juga: Mau Merintis Usaha Tapi Takut Gagal? Tenang, Kan Ada Asuransi Bisnis)

Selain itu, PSY juga memiliki kondo senilai USD 1,5 juta atau setara dengan Rp20 miliar yang terletak di Los Angeles, Amerika Serikat. Sejak ia berhasil menembus industri musik Amerika, salah satu idol Korea terkaya ini juga bekerja sama dengan berbagai musisi ternama seperti Will.i.am, Snoop Dogg dan Black Eyed Peas untuk membuat projek bersama.

Ia juga aktif menjadi produser meskipun sesekali tetap menyelenggarakan konser dunia untuk menyapa para fans setianya. Ia berhasil mendapatkan penghasilan sekitar USD 300 ribu untuk konser solo nya di Malaysia. Bahkan Scooter Braun yang merupakan manajer dari penyanyi pop dunia, Justin Bieber, juga menjadi manajer dari pria yang memiliki nama asli Park Jae Sang ini.

4. Choi Siwon – Rp499 Miliar

Choi Siwon - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Memiliki wajah rupawan, karir yang cemerlang, kaya raya, serta dermawan memang sangat cocok menggambarkan aktor sekaligus penyanyi besutan SM. Entertainment, Choi Siwon. Dengan pendapatan yang mencapai Rp499 miliar, tak heran apabila ia juga masuk ke dalam daftar idol Korea terkaya.

Mengawali karir sebagai anggota grup Super Junior yang debut pada tahun 2007, pria tampan ini juga semakin melebarkan sayapnya di industri hiburan dengan menjadi seorang model, penulis lagu, aktor, hingga membangun bisnisnya sendiri.

Tidak hanya dari kerja kerasnya berkarir, konon sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kekayaan dari Siwon juga berasal dari keluarganya yang kaya raya. Sang ayah, Choi Ki Ho, merupakan seorang CEO dari Boryung Medicine, yaitu sebuah perusahaan farmasi ternama di Korea Selatan.

Yang membuatnya semakin mencengangkan, salah satu pusat perbelanjaan elit di Korea Selatan, Hyundai, merupakan milik dari keluarganya Siwon. Meskipun memiliki karir yang cemerlang dan bergelimang harta, nyatanya hal tersebut tidak menghalangi pria tampan ini untuk berbuat kebaikan kepada sesama.

Sejak tahun 2014 Siwon telah aktif di berbagai kegiatan UNICEF di Korea Selatan yang membuatnya terpilih sebagai Duta UNICEF untuk Asia Pasifik. Tak hanya itu, salah satu idol Korea terkaya ini juga aktif di dalam kegiatan sosial lainnya, seperti SMile for U yang merupakan kegiatan kerjasama antara SM Entertainment dan UNICEF untuk menggalang dana yang diperuntukan bagi anak-anak yang membutuhkan di Vietnam. Wah, suami idaman banget ya!

5. Jun Ji Hyun – Rp438 Miliar

Jun Ji Hyun - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Jun Ji Hyun tidak hanya dianugerahi dengan kecantikan alaminya yang memukau, melainkan juga kemampuan aktingnya yang sudah tidak bisa diragukan lagi. Pengalamannya di dunia hiburan selama kurang lebih 20 tahun berhasil membawa namanya sebagai salah satu idol Korea terkaya dengan bayaran paling tinggi.

Berdasarkan situs hipwee.com, saat ini Jun Ji Hyun mendapatkan penghasilan sebesar Rp1,2 miliar untuk satu episodenya. Meskipun sudah memiliki dua orang anak, hal tersebut tidak menghalangi wanita berusia 38 tahun ini untuk tetap totalitas di setiap penampilannya.

Mungkin banyak dari para penggemar film dan drama Korea yang baru mengenal Jun Ji Hyun setelah ia sukses membintangi drama “My Love from the Star” bersama dengan rekan kerjanya, Kim Soo Hyun. Namun sebenarnya, dapat dikatakan bahwa film “My Sassy Girl” lah yang membawa nama Jun Ji Hyun di tangga popularitas.

Merambah ke berbagai negara mulai dari Asia Timur (seperti Jepang, Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Asia Tenggara, hingga ke beberapa negara di Asia Selatan, membuat wanita cantik ini berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Aktris Terbaik dalam ajang 39th Grand Bell Awards pada tahun 2002.

Tidak hanya sebatas layar kaca, Jun Ji Hyun bahkan sudah dijuluki sebagai “Ratu Iklan” di Korea Selatan karena seluruh produk yang menggunakan namanya akan langsung laris di pasaran. Ia juga memiliki beberapa rumah mewah, villa, apartment, hingga rumah 5 lantai yang tak heran apabila namanya berhasil masuk ke dalam jajaran idol Korea terkaya.

6. Lee Hyori – Rp341 Miliar

Lee Hyori - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Telah memulai karir sejak tahun 1997 membuat kekayaan Lee Hyori jelas sudah tidak bisa terhitung lagi. Berawal dari sebagai personil sebuah girl group besutan Daesung Entertainment bernama Fin.K.L pada tahun 1998, popularitas Hyori semakin melejit hingga saat ini.

Pada tahun 2003 ia pun mulai bersolo karir dan berlanjut dengan membintangi sejumlah iklan. Tak hanya itu, wanita berusia 40 tahun ini juga aktif menjadi host, menjadi bintang tamu di segudang variety show, hingga film yang juga menjadi sumber kekayaannya.

Tidak hanya itu, salah satu idol Korea terkaya ini bahkan juga diakui sebagai penyanyi wanita dengan bayaran tertinggi pada tahun 2006. Walaupun memiliki jumlah kekayaan yang tak terhingga, ia juga kerap mengalirkan sebagian penghasilannya untuk kegiatan amal.

Maka dari itu, tak heran apabila Lee Hyori juga turut dijuluki sebagai ‘Nation’s Fairies’ di Korea. Sudah cantik, berbakat, kaya raya, baik hati pula. Benar-benar sosok yang pantas untuk dijadikan panutan.

7. G-Dragon – Rp299 Miliar

G-Dragon - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Leader dari boy grup Big Bang sekaligus solois G-Dragon juga tak luput dari jajaran idol Korea terkaya. Siapa sih kpop zaman sekarang yang tidak kenal dengan G-Dragon? Telah meniti berkarir kurang lebih selama 10 tahun di industri hiburan Korea membuatnya mampu menghasilkan pendapatan dalam jumlah fantastis.

Namun nyatanya, sumber kekayaan pria kelahiran 1988 ini tidak hanya berasal dari kerja kerasnya di dunia hiburan saja lho, melainkan juga dari berbagai bisnis dan investasi yang ia geluti, melihat bahwa namanya sudah cukup sukses dikenal di seluruh mancanegara.

(Baca Juga: Orang Terkaya di Indonesia 2020, Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat)

Julukan “King of Fashion” sepertinya memang sangat pantas diberikan kepada idol korea terkaya satu ini. Maka dari itu, tak heran apabila ia juga memiliki bisnis clothing line sendiri yang diberi nama PEACEMINUSONE yang bekerja sama dengan seorang desainer ternama, Gee Eun.

Bahkan, tokonya itu sendiri sudah memiliki cabang di London, Inggris. Selain itu, pria yang pernah beberapa kali dikabarkan memiliki hubungan khusus dengan wanita Jepang ini juga membangun sebuah café bernama Aewol Monsant yang terletak di Pulau Jeju.

Dengan berbagai bisnis yang ia jalani, maka tak heran apabila G-Dragon berhasil untuk memiliki dua apartment mewah yang juga menjadi apartment termahal di Korea Selatan dengan nilai mencapai 3,3 Won atau setara dengan Rp34 miliar.

 8. Rain – Rp285 Miliar

Rain - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Siapa yang tidak kenal dengan aktor, penari, produser, penyanyi, sekaligus penulis lagu Rain Bi? Telah aktif di industri hiburan Korea sejak tahun 2002, jelas tak heran apabila namanya berhasil masuk ke dalam jajaran idol Korea Terkaya.

Ditambah lagi semenjak ia menikahi aktris cantik Kim Tae Hee pada tahun 2017 silam, konon dikabarkan bahwa pasangan satu ini juga berhasil masuk ke dalam daftar pasangan selebriti terkaya di Korea.

Mulai dikenal publik sejak ia membintangi drama lawas Full House pada tahun 2014, popularitasnya pun semakin melejit seiring berjalannya waktu bahkan hingga saat ini. Walaupun ia telah mendapatkan begitu banyak uang dari prestasinya di dunia hiburan, nyatanya kekayaan Rain tidak hanya berasal sana saja.

Nyataya ia juga turut menekuni berbagai bisnis yang membuat hartanya semakin berlimpah. Budaya Korea Selatan yang semakin mendunia membuat bisnis Real Estate merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan untuk saat ini. Nah, hal inilah yang juga dimanfaatkan oleh Rain dalam mendapatkan penghasilan.

Dikabarkan bahwa pria tampan ini memiliki sebuah gedung bangunan mall yang menghasilkan uang kurang lebih sekitar USD 17 juta atau setara dengan Rp238,8 miliar per bulannya.

Tak hanya itu saja, ia juga memiliki sebuah brand fashion yang diberi nama Six to Five yang mana idol Korea terkaya ini juga turun langsung dalam mendesain baju dan menjadikan dirinya sebagai ikon dari brand itu sendiri.

Masih tidak ingin lepas dari industri hiburan yang berhasil membesarkan namanya, Rain pun juga membangun sebuah perusahaan label musik bernama J. Tune Entertainment yang saat ini sebagian sahamnya telah ia jual ke JYP Entertainment agar bisnis label musiknya bisa berkembang semakin besar.

9. Sandara Park – Rp228 Miliar

Sandara Park - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Idol Korea terkaya selanjutnya adalah si cantik Sandara Park, mantan personil girl group besutan YG Entertainment, 2NE1. Meskipun group yang membesarkan namanya sudah bubar pada tahun 2016 silam, nyatanya penghasilan Sandara Park tidak hanya berhenti disitu.

Saat ini wanita berusia 35 tahun itu masih tetap aktif di industri hiburan Korea. Melihat bahwa ia masih sering kita jumpai di layar kaca. Tidak hanya itu, Sandara juga aktif menjadi Youtuber agar tetap bisa berkomunikasi dengan para fans yang merindukannya.

Diberi nama Dara TV, kakak dari Thunder, mantan personil dari boy group MBLAQ yang juga sudah bubar ini kerap membagikan kehidupan sehari-harinya bersama sahabat dan keluarganya.

Tak tanggung-tanggung, jumlah subscriber dari channel Youtube miliknya bahkan sudah mencapai 752K. Tidak cukup sampai disitu, Sandara juga program acara sendiri bernama “Get it Beauty” yang selalu berhasil meraih rating tertinggi di Korea.

10. IU – Rp214 Miliar

IU - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Penyanyi cantik dengan nama asli Lee Ji Eun ini memang sudah menarik perhatian publik semenjak kemunculan pertamanya di industri hiburan Korea pada tahun 2008 silam.

Seiring dengan single nya yang berjudul “Boo” pada tahun 2009, nama IU pun mulai melejit dan menjadi populer di kalangan masyarakat Korea pada saat itu.

Dengan parasnya yang imut nan cantik serta suaranya yang begitu merdu memang tidak heran ia bisa mencapai popularitas dengan waktu yang cenderung singkat.

Meskipun perjalanan awal karirnya tidak begitu mulus, gadis kelahiran 1993 ini bisa membuktikan bahwa ketekunan dan kerja keras akan membayar segalanya, melihat bahwa saat ini bahkan nama IU sudah berhasil masuk ke dalam jajaran salah satu idol Korea terkaya.

Mulai dari bermain di dalam dunia seni peran hingga menyabet begitu banyak penghargaan di usianya yang cenderung muda maka tak heran apabila jumlah kekayaan IU mencapai Rp214 Miliar.

Bahkan menjelang penyambutan tahun baru 2020, IU sempat datang ke Jakarta untuk mengadakan konser solo perdananya bertajuk “Love Poem” selama dua hari berturut-turut dengan kesuksesan yang luar biasa.

11. BoA – Rp199 Miliar

BoA - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

BoA merupakan solois besutan SM Entertainment yang saat ini bahkan mendapat julukan sebagai ‘Ratu Kpop’. Debut di usia yang tergolong muda, yakni 14 tahun membuat ia menjadi idol termuda yang melakukan debut di Korea dan Jepang pada tahun 2001.

Melihat perjalanan karirnya yang sudah mencapai 19 tahun tentu tak heran apabila wanita berusia 33 tahun ini juga berhasil masuk ke dalam jajaran idol Korea terkaya.

Meskipun awal karirnya berjalan tidak begitu mulus dan harus melalui berbagai rintangan dan kendala, namun saat ini BoA telah membuktikan kerja kerasnya dengan menjadi solois wanita yang terkenal di mancanegara.

Bahkan di Jepang, namanya pun juga sudah mulai disejajarkan dengan penyanyi solo terbaik di negara bunga Sakura tersebut, seperti Ayumi Hamasaki dan Koda Kumi.

Saat ini, dikabarkan bahwa BoA telah memiliki saham SM Entertainment, agensi yang membesarkan namanya, sebesar 0,04 persen, yang membuatnya berhasil meraup keuntungan hingga mencapai 127 Won atau setara dengan Rp1,5 miliar.

Pembelian saham yang ia lakukan diiringi dengan diangkatnya wanita cantik tersebut sebagai creative director di SM Entertainment. Maka dari itu, tak heran apabila saat ini kita sudah jarang melihat pelantun lagu “Atlantis Princess” itu di layar kaca atau merilis album baru, karena ia lebih fokus dengan jalur karirnya yang baru.

12. Im Yoona – Rp157 Miliar

Im Yoona - Idol Korea Terkaya dan Bergelimang Harta

Berbicara tentang idol Korea terkaya, pastinya kita tidak boleh lupa dengan si cantik Im Yoona, visual dari girl grup besutan Sm Entertainment, Girls’ Generation atau yang disingkat sebagai SNSD.

Tidak hanya aktif sebagai anggota grup, wanita yang mendapatkan predikat sebagai ‘Nation’s Ideal Type’ ini juga aktif menjadi model majalah, bintang iklan, hingga turun ke dunia seni peran.

Maka dari itu, tak heran apabila pendapatan Yoona berhasil mencapai Rp157 miliar. Bahkan, dikabarkan bahwa wanita berusia 29 tahun ini telah membeli sebuah gedung 4 lantai yang terletak di Gangnam seharga Rp125,34 Miliar.

Namun meskipun bergelimang harga, hal tersebut tidak menghalanginya untuk berbuat kebaikan kepada sesama lho. Pada tahun 2018, Yoona sempat diundang untuk makan siang bersama ibu negara di istana kepresidenan karena menjadi salah satu anggota dari Honor Society. Apa sih yang dinamakan dengan Honor Society?

Honor Society itu sendiri merupakan sebuah klub bagi orang-orang yang telah melakukan donasi lebih dari 100 juta Won atau setara dengan Rp1,3 miliar selama 5 tahun kepada lembaga Community Chest of Korea.

Pertama kali Yoona melakukan donasi pada tahun 2010 kepada orang yang membutuhkan secara diam-diam. Namun ternyata kegiatan rutin yang ia lakukan berhasil bocor ke media lokal.

Selama kurang lebih 8 tahun berdonasi, Yoona telah memberikan kontribusi yang cukup besar kepada orang-orang disekitarnya. Bahkan kabarnya, wanita cantik ini telah berdonasi hingga mencapai 300 juta Won atau setara dengan Rp3,8 miliar. Wah, benar-benar bagaikan malaikat tak bersayap ya.

Nah, jika kamu ingin seperti para idol Korea terkaya yang baru saja kita sebutkan, bukannya tidak mungkin kok. Tentu seluruh keberhasilan yang mereka dapat juga diawali dari kerja keras dan ketekunan demi menggapai apa yang mereka ingin capai, begitu pula dengan kamu.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Maka dari itu, yuk segera ajukan pinjaman modal usaha di CekAja.com dan mulailah menggapai keberhasilanmu sendiri.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda