Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

12 Makanan untuk Membakar Lemak, Bantu Turunkan Berat Badan

by Estrin Vanadianti Lestari on 15 Juli, 2020

Selain rutin berolahraga, kamu juga perlu imbangi dengan asupan makanan, agar tubuh bisa langsing dan ideal. Namun, tidak sembarang makanan bisa kamu konsumsi, jika ingin lemak di tubuhmu hilang. Lalu makan apa dong? Nah jangan galau, karena kamu bisa konsumsi 12 makanan untuk membakar lemak berikut ini.

12 Makanan untuk Membakar Lemak, Bantu Turunkan Berat Badan

Pasalnya, masih banyak orang yang salah kaprah soal makanan, yang bisa dikonsumsi saat sedang program diet. Kebanyakan dari mereka, bahkan menghindari beberapa makanan, tanpa mengetahui bahwa beberapa makanan yang dihindari justru penting, dan bisa dijadikan sebagai makanan untuk membakar lemak.

Terlebih, kondisi badan yang gemuk atau penuh lemak di berbagai bagian tubuh, ternyata tidak hanya disebabkan oleh salah konsumsi makanan saja loh. Sehingga, selain fokus terhadap makanan yang kamu konsumsi, kamu juga perlu memperhatikan hal berikut, yang bisa menyebabkan tubuh gemuk.

Penyebab Tubuh Gemuk dan Berlemak
  • Adanya faktor genetik
  • Pikiran stres
  • Kurang tidur
  • Tidak pernah bergerak aktif atau olahraga
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Merokok
  • Minum Alkohol
  • Mengonsumsi makanan junk food
  • Konsumsi gula
  • Pola hidup yang buruk
(Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur)

Setelah kamu sadar akan hal-hal yang ternyata bisa membuatmu gemuk, maka sekarang kamu harus memperhatikan pola hidup yang baru. Mulai hidup sehat, sering konsultasi ke dokter, berolahraga, serta dibantu dengan mengonsumsi makanan pembakar lemak, agar berat badanmu bisa turun lebih cepat.

12 Makanan untuk Membakar Lemak
1. Telur Rebus

Telur Rebus - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Makanan untuk membakar lemak yang pertama adalah telur rebus. Makanan tinggi protein yang satu ini, banyak dianggap sebagai makanan berat yang bikin menggemukan badan.

Tapi, nyatanya telur rebus memiliki kalori yang rendah loh. Sehingga, sangat tepat jika disajikan untuk sarapan pagi dan makan malam.

2. Beras Merah

Beras Merah - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Makanan untuk membakar lemak yang kedua adalah beras merah. Sering digunakan bagi para penderita diabetes, karena mengandung gula yang sedikit, beras merah juga bisa digunakan untuk makanan penurun berat badan, karena bisa bantu bakar lemak. 

Tidak hanya rendah gula, beras merah juga rendah lemak, ketimbang beras putih. Nah, buat kamu yang sedang program diet, bisa masukan beras merah ke dalam list menu diet yang sehat.

3. Dada Ayam

Dada Ayam - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Daging tanpa lemak, seperti dada ayam, juga bisa digunakan sebagai makanan untuk membakar lemak loh. Jangan takut gemuk karena makan daging, karena daging ayam bagian dada ini, hanya memiliki kandungan lemak 0,39 gram saja. 

Selain itu, dada ayam, sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh loh. Kamu bisa mengonsumsi dada ayam, dengan cara dibakar atau dikukus.

4. Alpukat

Alpukat - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Buah yang dikenal memiliki rasa gurih yang satu ini, juga masuk dalam makanan untuk membakar lemak, dan bisa membantu turunkan berat badan. 

Maka tak heran, jika banyak pelaku diet, yang mengganti menu sarapan pagi, siang dan malam, hanya dengan alpukat saja. Meski alpukat tinggi lemak, namun lemak alpukat termasuk lemak sehat, dan memiliki kandungan gizi serta bersifat antibakteri.

5. Brokoli

Brokoli - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Selanjutnya kita beralih ke makanan untuk membakar lemak dari sayuran hijau, yakni brokoli. Sayur yang memiliki rasa lezat ini dan bisa mencegah kanker ini, disebut ampuh bantu bakar lemak. 

Selain itu, brokoli juga bisa membantu kamu cepat kenyang dan kenyang lebih lama, karena brokoli kaya akan serat.

6. Bayam

Bayam - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Makanan untuk membakar lemak dari sayuran hijau berikutnya adalah bayam. Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya akan kalori dan rendah karbohidrat.

Bayam bisa membuat perutmu kenyang lebih lama, sehingga sangat cocok digunakan untuk menu diet yang sehat dan lezat.

7. Mentimun

Mentimun - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Tidak hanya sayur, buah mentimun juga sangat baik, untuk dijadikan makanan untuk membakar lemak. Mengapa demikian? Pasalnya, mentimun memiliki kandungan air bahkan hingga 95 persen. 

Selain itu, mentimun juga kaya akan antioksidan, sehingga sangat berperan aktif sebagai anti peradangan. Kamu bisa konsumsi mentimun dengan cara di jus, dimakan langsung, atau dibuat salad.

8. Seledri

Seledri - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Memang dikenal sebagai salah satu penurun berat badan, seledri ternyata juga masuk ke dalam daftar makanan untuk membakar lemak. Hampir sama dengan mentimun, seledri juga memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. 

Sehingga, bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Kamu bisa pilih jenis seledri yang memiliki batang besar dan panjang, karena letak air dan serat terdapat di batang seledri.

9. Tomat

Tomat - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Makanan untuk membakar lemak selanjutnya yang memiliki rasa enak adalah tomat. Terlebih, tomat sering dijadikan menu andalan bagi para pelaku diet, yang ingin memiliki perut rata, dan badan yang ideal. 

Tomat juga memiliki kandungan lemak yang tergolong rendah, dengan nutrisi yang tinggi. Ada banyak cara mengonsumsi tomat, agar tetap segar, yakni dijus, dimakan langsung, dibuat sup, salad, dan lain-lain.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Makanan untuk membakar lemak selanjutnya adalah kacang-kacangan, seperti almond, kacang merah, kedelai, kacang tanah, dan lainnya. Protein nabati yang terdapat pada kacang, bisa membantu menjaga berat badan. 

Protein nabati, akan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga metabolisme tubuh dibutuhkan, untuk membantu bakar lemak, dan menjaga kadar insulin dalam tubuh tetap seimbang. 

11. Teh Hijau

Teh Hijau - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Teh hijau bisa dijadikan sebagai makanan untuk membakar lemak, bahkan ketika kamu tidur. Hal itu dikarenakan, teh hijau memiliki kandungan antioksidan flavonoid, yang berperan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, hingga membakar kalori pada saat tubuh sedang beristirahat. 

12. Gandum Utuh

Gandum Utuh - 12 Makanan untuk Membakar Lemak Bantu Turunkan Berat Badan

Meski memiliki kandungan karbohidrat, namun karbohidrat yang terdapat dalam gandum utuh merupakan jenis karbo dengan indeks glikemik rendah. Sehingga, sangat cocok dijadikan makanan untuk membakar lemak. 

Kategori gandum utuh dan jenis biji-bijian utuh yang dimaksud adalah seperti beras merah, beras hitam, beras cokelat, hingga quinoa memiliki serat dan karbohidrat kompleks.

Itu lah beberapa makanan pembakar lemak, yang bisa membantu turunkan berat badan. Namun, bagaimana jika kamu sudah berusaha olahraga, mengonsumsi makanan yang bisa bakar lemak, tapi, berat badan tidak kunjung turun juga, ada apa? 

Karena, untuk mendapatkan tubuh ideal, bukan hanya dengan rutin olahraga dan mengonsumsi makanan yang bisa membakar lemak saja, tapi diselingi dengan faktor lainnya. Yuk intip penyebab mengapa lemak masih menempel di tubuh kamu

(Baca Juga: 6 Bahaya Diet Sembarangan, yang Pengaruhi Kesehatan)
Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun
  • Makanan yang kamu konsumsi, kurang mengandung protein
  • Kamu masih bandel, mengonsumsi minuman olahan manis
  • Jadwal tidur masih berantakan
  • Kurang asupan air putih, sehingga tubuh tidak terhidrasi dengan baik
  • Kamu tidak melatih tubuh dengan latihan kardio (yang bisa meningkatkan detak jantung)
  • Masih mengkonsumsi alkohol, bahkan dengan jumlah banyak
  • Makan terlalu cepat, dan coba gunakan teknik mindful eating.
  • Sedang mengalami kondisi kesehatan tertentu seperti sleep apnea dan PCOCS
  • Kurang sabar, dan terlalu cepat membuat target penurunan berat badan. Bukan tambah semangat, besar kemungkinan malah patah semangat, jika target tak sejalan.

Nah, itu dia sederet informasi penting dan menarik seputar penyebab tubuh gemuk, deretan makanan untuk membakar lemak, hingga penyebab mengapa tubuhmu tak kunjung turun juga, meski sudah melakukan hal-hal di atas. 

Pasalnya, untuk masalah kesehatan tubuh, memang harus sebisa mungkin diprioritaskan. Jika tubuh terlalu gemuk, lalu sakit, hingga kompilasi, kamu tidak bisa melakukan aktivitas, bekerja, dan menghasilkan uang. 

Kondisi seperti demikian, memang tidak bisa diprediksi akan menimbulkan efek seperti apa, dan kapan masalah penyakit akan datang. Nah, untuk melindungimu dari rasa ketakutan tersebut, lakukanlah pola hidup sehat dan jangan lupa mendaftarkan asuransi kesehatan. 

Dengan asuransi kesehatan, tidak hanya bisa melindungimu dari berbagai risiko penyakit, tetapi juga dari risiko kerugian finansial, akibat biaya pengobatan yang mahal. 

Yuk, daftarkan dirimu segera, di asuransi kesehatan terbaik, hanya di CekAja.com. Kemudahan yang disediakan CekAja.com, bisa membantumu dalam memilih, membandingkan, hingga mengajukan produk asuransi kesehatan yang sesuai, secara online. 

Kunjungi segera situs CekAja.com, dan dapatkan sederet kemudahan, dalam menemukan produk asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, sebelum terlambat!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk