12 Manfaat Buah Kesemek yang Baik Bagi Kesehatan

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Sudahkah kamu mengetahui tentang manfaat buah kesemek? Jika belum, membaca artikel ini bisa dijadikan sebagai wadah dalam menambah wawasan.

Buah dengan nama latin Diospyros kaki ini berasal dari Tiongkok, dan mulai menyebar ke seluruh penjuru Asia.

Di Indonesia itu sendiri, kamu bisa dengan mudahnya menemukan buah Kesemek di Sumatera Utara, hingga Jawa Barat dan Jawa Timur, yang memiliki daerah tinggi seperti pegunungan.

Nah, di balik bentuknya yang unik dengan rasa yang manis, nyatanya terdapat segudang manfaat buah kesemek yang bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan lho. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak saja pembahasa kali ini!

(Baca Juga: 10 Manfaat Buah Kedondong)

Kandungan Nutrisi di Dalam Buah Kesemek

Sebelum kita membahas tentang sejumlah manfaat buah kesemek, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu tentang kandungan gizi di dalam buah kesemek itu sendiri.

Dilansir dari situs sehat yang memiliki bentuk menyerupai tomat ini mengandung sekitar 168 gram nutrisi yang bisa didapat oleh tubuh, diantaranya adalah:

  • 118 kalori
  • 31 gram karbohidrat
  • 0,3 gram lemak
  • 1 gram protein
  • 6 gram serat
  • 1,7 mg sodium
  • 21 gram gula
  • Kalium
  • Tembaga
  • Folat
  • Mangat
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B6

Kesemek dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dimakan secara langsung, dikeringkan, ataupun sebagai topping di dalam makanan dan minuman.

Umumnya, terdapat dua jenis buah kesemek yang bisa kamu temukan di pasaran, yaitu varietas astringent dan non-astringent.
Untuk buah kesemek antringent, sebaiknya dikonsumsi setelah buah dalam kondisi benar-benar matang. Sebab jika tidak, maka buah akan terasa kering dan pahit.

Sementara itu, untuk jenis buah kesemek non-astringent, maka kamu bisa mengkonsumsinya walaupun belum benar-benar matang.

Manfaat Buah Kesemek

Setelah kita membahas tentang sejumlah kandungan nutrisinya, barulah kita mengarah ke manfaat buah kesemek yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila sering mengkonsumsi buah dengan rasa manis seperti madu ini, yaitu adalah:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah kesemek yang pertama adalah, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang mana ini tentu akan sangat berguna di tengah pandemi seperti ini, bukan?

Buah kesemek merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi. Nah, vitamin inilah yang bisa membantu dalam meningkatkan imunitas pada tubuh.

Bahkan, sebuah studi yang diterbitkan di dalam Journal of Food Quality, mengungkapkan bahwa vitamin C memiliki peran penting dalam menstimulasi sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan produksi sel darah putih, yang berfungsi dalam melawan serangan dari berbagai infeksi virus, mikroba, jamur, dan lainnya.

2. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah kesemek selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Sebab, hal tersebut berasal dari beta-karoten, lutein, dan masih banyak lagi, yang bersifat sebagai antioksidan sehingga dapat membantu dalam mengurangi stress, mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, tidak mudah lelah, menjaga kesehatan mata, serta mengurangi keriput.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kesemek merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan.

Sehingga, selain dapat mencegah penuaan dini, manfaat buah kesemek lainnya yaitu sebagai antikanker atau dapat mencegah timbulnya penyakit kanker, yaitu dengan memperlambat kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas.

Radikal bebas ini dikenal bisa merusak sel sehat yang pada nantinya dapat berkembang menjadi sel kanker dan merusak organ dalam.

Dilansir dari situs hellosehat.com yang mengutip dari Experimental and Clinical Sciences Journal, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan karotenoid dan katekin yang terdapat di dalam buah kesemek berperan dalam mencegah timbul sel kanker dengan cukup kuat.

Tak hanya itu, kulit dan daging buah satu ini juga mengandung flavonoid, yang termasuk ke dalam antioksidan untuk membantu dalam menurunkan risiko kanker paru akibat penuaan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kesemek selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung, yang merupakan salah satu penyakit paling berbahaya.

Buah ini mengandung nutrisi uar biasa, seperti quercetin dan kaempferol, yang termasuk ke dalam zat antioksidan flavonoid yang mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya itu, kandungan yang terdapat di dalam buah kesemek ini juga bisa membantu dalam menurunkan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL), menurunkan tekanan darah, dan inflamasi.

5. Makanan Tinggi Serat

Buah kesemek mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi sempurna dalam tubuh.

Karena kandungan serat yang tinggi inilah, kesemek juga sangat baik untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh, menjaga kadar gula dalam darah, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, bahwa kesemek mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Buah kesemek dapat membantu dalam memadatkan feses dan merangsang gerakan peristaltik untuk memindahkan makanan ketika melewati saluran pencernaan.

Tak hanya itu, hal ini juga bisa meningkatkan sekresi cairan pencernaan serta menghilangkan gejala sembelit atau diare.

7. Menurunkan Berat Badan

Tahukah kamu? Ternyata, salah satu manfaat buah kesemek adalah bisa untuk menurunkan berat badan lho.

Sebab, buah kesemek berukuran sedang memiliki berat sekitar 168 gram dan mengandung karbohidrat sekitar 31 gram.

Sehingga, hal tersebut membuat buah kesemek itu sendiri juga merupakan salah satu buah rendah kalori yang sangat cocok dikonsumsi bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, melainkan juga menciptakan bentuk tubuh ideal.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah kesemek selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata, yang berasal dari vitamin A yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, buah kesemek juga mampu mencegah kerusakan pada retina, mencegah katarak, serta meningkatkan kemampuan penglihatan kamu.

9. Mengurangi Peradangan

Buah kesemek mengandung senyawa antiradang yang bisa membantu dalam memulihkan peradangan dalam tubuh, yang lagi-lagi diakibatkan oleh antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Umumnya, ketika mengalami peradangan maka tubuh akan memproduksi protein C-reaktif dan interleukin-6. Dan untuk menetralkannya, maka tubuh akan memerlukan asupan vitamin C.

Sebab, vitamin C mampu mengurangi kerusakan yang diakibatkan dari radikal bebas yang menyumbangkan elektron ke molekul yang tidak stabil.

Sehingga, hal tersebut membuat tubuh juga akan terhindar dari kerusakan lanjutan. Tak hanya itu, kandungan karotenoid, flavonoid, dan vitamin E yang terdapat di dalamnya juga turut membantu dalam melawan peradangan di dalam tubuh.

10. Mendukung Masa Kehamilan

Jika kamu sedang hamil, maka mengkonsumsi buah kesemek bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Sebab, salah satu manfaat buah kesemek itu sendiri adalah untuk menjaga dan mengatur tekanan darah ibu hamil sekaligus menjaga kesehatan janin yang sedang ada di dalam kandungan.

11. Mengurangi Tingkat Kolesterol

Manfaat buah kesemek selanjutnya adalah untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh. Kolesterol itu sendiri merupakan zat menyerupai lemak yang menumpuk pada arteri, sehingga bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung dan stroke.

Nah, di beberapa penelitian justru menunjukan bahwa buah menyerupai tomat ini memiliki peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

12. Baik Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Salah satu manfaat buah kesemek adalah untuk mengurangi rasa lapar, karena kandungan serat tinggi yang terdapat di dalamnya.

Oleh karena itu, hal ini tak hanya bisa membantu dalam menurunkan berat badan, melainkan juga mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga, sangat baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Cara Mengkonsumsi Buah Kesemek

Nah, setelah kita mengetahui tentang sejumlah manfaat buah kesemek yang sangat baik bagi tubuh, mungkin di antara kamu ada yang ingin tahu tentang cara mengkonsumsi buah dengan rasa manis satu ini.

Sebenarnya, buah kesemek bisa dikonsumsi secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Akan tetapi, kamu juga bisa mengkonsumsinya dengan cara dibuat menjadi jus.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa buah kesemek tidak boleh terlalu dimasak, seperti dimasukan ke dalam makanan, sebab hal tersebut justru bisa mengurangi manfaat nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Asuransi Kesehatan Sebagai Proteksi Ekstra

Walaupun buah kesemek memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh, namun manfaat-manfaat tersebut sebenarnya hanya bersifat mencegah saja.

Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan sebagai proteksi ekstra tepat perlu dilakukan. Sebab, asuransi kesehatan justru bisa melindungi kamu ketika sewaktu-waktu tengah mengalami masalah kesehatan yang membutuhkan tindakan dari dokter atau pengobatan.

Bukan untuk menyembuhkan, melainkan untuk memberikanmu keringan dalam hal finansial karena biaya pengobatan yang kian mahal.

Baca Juga: 11 Manfaat Bawang Bombay)

Sehingga, kamu bisa tetap mendapatkan fasilitas kesehatan yang optimal dengan biaya yang lebih hemat. Bagus banget kan!

Lalu, bagaimana jika belum memiliki asuransi kesehatan? Jangan khawatir! Karena melalui CekAja.com kamu bisa melakukan perbandingan untuk jenis asuransi yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi, dan juga untuk mengajukannya secara langsung.

Dengan seluruh proses pengajuan yang dilakukan secara online, tentu hal ini membuat kamu tak perlu repot lagi untuk ke luar rumah, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha