12 Manfaat Madu Hitam, Si Pahit yang Punya Segudang Khasiat

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Tahukan kamu, bahwa manfaat madu hitam lebih unggul, ketimbang madu biasa karena nutrisinya lebih kaya. Bahkan, beberapa manfaatnya, tidak ditemukan di jenis madu biasa.

Madu Hitam Terbuat dari Apa?

Berbeda dengan jenis madu biasa, madu yang cenderung memiliki rasa pahit ini, merupakan cairan madu yang dihasilkan oleh lebah jenis Apis Mellifera. 

Mengapa rasanya bisa pahit dan tidak manis? Hal tersebut dikarenakan, lebah Apis mengkonsumsi nektar dari bunga pohon mahoni atau pelawan. Sehingga, madu yang dihasilkan memiliki rasa pahit. 

Selain itu, manfaat madu hitam juga lebih banyak, karena senyawa alkaloid dari pohon mahoni yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, baiknya lagi madu hitam mengandung gula yang lebih rendah. 

Untuk karakteristik madu hitam sendiri, memiliki warna yang cenderung gelap, yakni coklat kehitaman, dan rasanya agak pahit.

Kandungan Madu Hitam

  • Asam Fenolat

Merupakan senyawa yang terpenting di dalam tumbuhan. Senyawa ini sangat berperan aktif sebagai antioksidan alami, yang mampu menghambat radikal bebas di dalam tubuh. 

Selain itu, senyawa ini juga memiliki sifat anti kanker, anti inflamasi, memperkuat imunitas, hingga menghambat penyempitan pembuluh darah. 

  • Flavonoid

Senyawa ini sangat baik untuk melindungi sel-sel saraf. Kandungan antioksidan ini juga bisa membantu meregenerasi sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. 

  • Alkaloid 

Berkhasiat sebagai antidiare, antidiabetes, antimikroba, dan antimalaria. 

(Baca Juga: Rekomendasi Beli Madu Secara Online)

Manfaat Madu Hitam

Bagaimana? Sudah penasaran dengan manfaat madu hitam yang memiliki segudang nutrisi ini? Yuk, langsung saja intip deretan manfaatnya berikut ini:

1. Menyembuhkan Batuk

Manfaat madu hitam yang pertama adalah mampu menyembuhkan batuk. Madu hitam juga bisa mengurangi frekuensi batuk pada anak dengan bronkitis. 

Selain itu, madu hitam juga sangat cocok untuk para penderita batuk, yang sama sekali belum mencoba pengobatan apapun.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat madu hitam yang kedua adalah bantu meningkatkan imunitas tubuh atau kekebalan tubuh, terlebih bagi kamu yang sering melakukan aktivitas berat, seperti seorang atlet atau pekerja lapangan.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Karena tidak mengandung banyak gula, sehingga madu hitam sangat baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Dengan begitu, penderita diabete bisa merasakan segudang manfaat madu hitam dengan tenang.

Namun, meski memiliki kadar gula yang rendah, ada baiknya kamu tetap konsultasikan penggunaan madu hitam, ke dokter terlebih dahulu.

4. Mengobati Penyakit Maag

Kamu punya penyakit maag? Sehingga sering mengalami gejala yang mengganggu seperti nyeri dan mual. Tak perlu khawatir, manfaat madu hitam ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati maag. 

Caranya, kamu hanya perlu mengkonsumsi madu hitam secara berkala, sakit maag pun perlahan reda dan rasa tidak nyaman di lambung akan membaik. Selain itu, madu hitam juga bisa membantu menyehatkan, sistem pencernaan seseorang.

5. Mengatasi Masalah Pernapasan 

Kamu punya masalah pernapasan, seperti asma, dan penyakit paru-paru lainnya? Nah, manfaat madu hitam di sini, bisa kamu gunakan, karena mampu memaksimalkan fungsi pankreas dalam memproduksi insulin.

Sehingga, di sini para penderita asma bisa diatasi dengan madu hitam. Tidak langsung sembuh, kamu harus menjalaninya secara bertahap, dan madu hitam bisa jadi pilihan bagi penderita asma untuk bisa sembuh.

6. Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Madu hitam mengandung asam fenolat yang berperan aktif sebagai antioksidan. Adapun antioksidan sangat baik untuk menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. 

Fenolat juga mampu menangkal kanker, cegah peradangan, hingga penyempitan pembuluh darah.

7. Bantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat madu hitam berikutnya adalah bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Hal tersebut dikarenakan madu hitam mengandung senyawa flavonoid yang menjadi benteng pertahanan tubuh. 

Senyawa tersebut juga berperan aktif dalam memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, mengurangi kadar kolesterol jahat, mengurangi lemak dalam tubuh, hingga menjadi sumber antioksidan.

8. Mengatasi Peradangan

Karena madu hitam mengandung senyawa fenolat, yang sangat baik untuk anti peradangan, maka jika kamu mengalami peradangan/pembengkakan di dalam tubuh, madu hitam bisa jadi obatnya. 

Tidak hanya fenolat, alkaloid juga berkontribusi untuk mengatasi peradangan. Ketika peradangan telah teratasi, maka fungsi organ tubuh dan sel-sel bisa langsung bekerja dengan maksimal.

9. Bantu Memudarkan Freckles di Wajah

Manfaat madu hitam, ternyata tidak hanya untuk kesehatan saja, tapi juga bisa untuk kecantikan. Salah satunya, madu hitam bisa membantu memudarkan freckles atau bintik hitam di wajah. 

Jika kamu sudah lelah menutupi noda hitam dengan make up, ada baiknya kamu mencoba ramuan madu hitam ini. Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan madu hitam langsung ke wajah. 

Lakukan cara ini seminggu dua kali di wajah, agar hasil lebih maksimal. Setelah itu, perlahan bintik hitam di wajah akan memudar.

10. Meredakan Asam Urat

Manfaat madu hitam selanjutnya adalah mampu meredakan asam urat dan nyeri sendi. Pasalnya, asam urat dan nyeri sendi terjadi karena adanya pembengkakan di area sendi, yang membuat penderitanya sulit bergerak dan berjalan. 

Nah, untuk mengantisipasinya kamu hanya cukup rutin konsumsi madu hitam. Bahkan, untuk mencegah asam urat datang kembali, madu hitam bisa jadi solusi.

11. Menurunkan Kadar Kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, bahwa madu hitam ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Pasalnya, kadar kolesterol yang berlebih, bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Sehingga, untuk menetralkannya kamu bisa mengkonsumsi madu hitam secara rutin, dan mencegah terjadinya kardiovaskular.

12. Sebagai Obat Alergi

Manfaat madu hitam yang terakhir adalah sebagai obat alergi. Masalah alergi di sini misalnya seperti asma, rhinitis, eksim, atopic, dan lainnya. 

(Baca Juga: Mengenal Jenis Madu Beserta Manfaatnya)

Nah, itu dia beberapa manfaat madu hitam, untuk kesehatan, bahkan kecantikan yang wajib diketahui. Tidak terlalu mahal, harga satu botol madu hitam, biasanya dibanderol mulai Rp40.000. 

Demi kesehatan, mungkin harga tersebut tidak terlalu memberatkan. Terlebih, manfaat madu hitam juga sangat banyak, untuk menjaga stamina tubuh. 

Melihat banyaknya manfaat dari madu hitam, terlebih harganya juga cukup terjangkau, hal ini bisa dijadikan peluang yang bagus loh untuk bisnis. 

Kamu bisa bangun bisnis rumahan terlebih dahulu, untuk ditawarkan melalui pintu ke pintu, hingga melalui online. Jika kamu kesulitan untuk ternak lebah madu sendiri, kamu juga bisa ikut agen bisnis madu hitam rumahan.

Pilihan Pinjaman Modal Usaha, untuk Bangun Bisnis Madu Hitam

Mau bisnis madu hitam rumahan yang kaya manfaat ini? Tapi modal belum cukup? Pinjaman dana di CekAja.com saja!

CekAja.com, menyediakan banyak produk pinjaman, untuk membantu kamu mencari modal usaha. Kamu bisa memilih produk pinjaman sendiri, sesuai dengan kebutuhan, dari segi jumlah pinjaman, tenor, cicilan, suku bunga dan lain-lain. 

Produk pinjaman yang tersedia di CekAja.com juga dijamin aman, karena sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan. Adapun CekAja.com, menyediakan beragam pilihan pinjaman, dari perusahaan P2P hingga bank ternama Indonesia.

Jadi, kapan lagi bisa mendapatkan pinjaman yang tepat dan cepat, kalau bukan melalui CekAja.com?

Yuk, segera kunjungi situs CekAja.com, dan dapatkan produk pinjaman dana terbaik pilihanmu, untuk bangun bisnis madu hitam rumahan!