12 Manfaat Susu Kedelai Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Rambut

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Buat kamu pecinta susu, khususnya susu kedelai, apakah kamu tahu apa saja manfaat susu kedelai? Eits, hati-hati, jangan sampai ketinggalan informasi ya!

Faktanya, manfaat susu kedelai ada sangat banyak, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi susu kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit, loh!

Buat kamu yang belum tahu, susu kedelai merupakan salah satu jenis susu yang dibuat menggunakan bahan dasar kacang kedelai. Oleh sebab itu, susu ini disebut dengan susu kedelai.

Susu kedelai pun seringkali dijadikan sebagai susu alternatif, yang digunakan untuk menggantikan susu sapi, pada orang-orang yang memiliki alergi susu sapi.

Tidak hanya itu, susu kedelai pun tak jarang dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki pola makan tanpa daging, atau orang-orang yang sedang menjalani diet, yang mengharuskannya tidak mengonsumsi berbagai jenis daging.

Dengan begitu, maka dapat disimpulkan kalau susu kedelai aman dikonsumsi oleh semua orang, termasuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi.

Kandungan Susu Kedelai

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau manfaat susu kedelai yang diberikan untuk tubuh sangat banyak.

Nah, banyaknya manfaat yang diberikan tersebut, tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimiliki susu kedelai.

Maka dari itu, sebelum mengetahui apa saja manfaat yang diberikan susu kedelai, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisinya, yang di antaranya terdiri dari:

  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Vitami B6
  • Vitamin B12
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Omega-3
  • Zinc
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Niasin.

(Baca Juga: Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik)

12 Manfaat Susu Kedelai

Melihat dari banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki susu kedelai, membuatnya menjadi sangat wajar apabila manfaat yang diberikan susu kedelai pun sangat banyak.

Ya, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi susu kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Agar tahu lebih lengkap dan jelas apa saja manfaat susu kedelai yang diberikan, di bawah ini CekAja.com akan mengulas 12 manfaat susu kedelai, yang telah dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat susu kedelai yang pertama, yaitu melancarkan sistem pencernaan.

Manfaat yang satu ini bisa kamu rasakan, karena susu kedelai mengandung isoflavon yang dapat meningkatkan absorpsi usus. Dengan begitu, maka sistem pencernaan pun menjadi lebih lancar.

2. Menurunkan berat badan

Berikutnya, kamu juga akan mendapatkan manfaat susu kedelai dalam bentuk penurunan berat badan. Hal itu tentunya disebabkan oleh tingginya kandungan serat yang dimiliki susu kedelai.

Namun tidak hanya menurunkan berat badan, tingginya kandungan serat tersebut juga mampu menjaga kestabilan tekanan darah.

Selain mengandung serat tinggi, susu kedelai juga memiliki kadar kalori yang rendah, yaitu hahnya sekitar 80-110 kalori.

Dengan jumlah kalori tersebut, maka sangat wajar apabila susu kedelai disebut-sebut mampu menurunkan berat badan secara efektif.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sebagai salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting, kesehatan jantung benar-benar harus dijaga sebaik mungkin.

Salah satu cara yang bisa dilakukan selain olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, yaitu dengan mengonsumsi susu kedelai.

Pasalnya, manfaat susu kedelai dalam menjaga kesehatan jantung sudah terbukti. Melansir dari sehatq.com, susu kedelai dinilai mampu meningkatkan kadar lipid plasma manusia, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung di kemudian hari.

Hal itu dikarenakan, susu kedelai memiliki kandungan yang kaya akan vitamin, mineral dan lemak tak jenuh ganda, yang dapat membuat jantung menjadi lebih sehat.

4. Meredakan gejala post-menopause

Beberapa di antara kamu mungkin masih banyak yang tidak tahu, kalau setelah menopause wanita akan banyak mengalami beberapa gangguan kesehatan, seperti wajah yang memerah dan selalu merasa gerah.

Ganguan-gangguan kesehatan tersebut terjadi akibat berkurangnya kadar estrogen dalam tubuh, sejak wanita memasuki masa menopause.

Nah untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mulai mengonsumsi susu kedelai sejak dini. Tentunya bukan sembarang susu kedelai, namun susu kedelai yang memiliki kandungan isoflavone tinggi, untuk dapat menjaga kadar estrogen pada wanita menopause.

Sebab, dengan kadar estrogen yang seimbang, wanita menopause akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Sebagai informasi tambahan, berkurangnya kadar estrogen pada wanita menopause, membuat sistem imun menjadi tertekan dan lemah.

Sehingga jika tidak diimbangi dengan konsumsi susu kedelai, maka daya tahan tubuh wanita menopause akan lebih lemah dan rentan terkena penyakit.

5. Mengatur kadar kolesterol

Mengatur kadar kolesterol merupakan salah satu manfaat susu kedelai yang bisa didapat, karena susu kedelai sendiri memiliki kandungan isoflavon dan serat tinggi.

Kandungan isoflavon sendiri, diketahui memiliki efek hormonal yang mampu menghambat adipogenesis, untuk menurunkan pelebaran jaringan lemak.

Tidak hanya itu, kandungan isoflavon yang dimiliki susu kedelai juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Dengan demikian, risiko terkena penyakit kardiovaskular pun dapat dicegah.

6. Mencegah risiko kanker

Manfaat susu kedelai yang keenam, yaitu mencegah risiko kanker. Bagaimana tidak, pasalnya susu kedelai memiliki kandungan antioksidan tinggi, yang dapat mencegah dan melawan beberapa jenis kanker.

Salah satu jenis kanker yang bisa dicegah dan dilawan oleh antioksidan, yaitu kanker payudara.

Kemampuan antioksidan dalam melawan kanker payudara akan semakin tinggi, ketika wanita berada pada masa pramenopause dan menopause.

7. Meningkatkan kesuburan rambut

Siapa sangka, kalau kesuburan rambut ternyata dapat ditingkatkan melalui konsumsi susu kedelai.

Ya, itu menjadi salah satu manfaat susu kedelai yang bisa dirasakan, apabila susu kedelai dikonsumsi secara rutin dan diimbangi dengan konsumsi makanan berprotein tinggi.

Tidak hanya itu, semua kandungan nutrisi yang dimiliki susu kedelai, seperti protein, kalsium, zat besi dan vitamin B pun dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan berkilau.

8. Mengoptimalkan fungsi sel darah merah

Kandungan 1,1 mg zat besi yang dimiliki susu kedelai, nyatanya mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi setiap harinya sebanyak 8-18 mg.

Dengan terpenuhinya kebutuhan zat besi tersebut, maka secara tidak langsung membuat fungsi sel darah merah menjadi lebih optimal.

Sehingga, sel darah merah dapat melakukan tugasnya dalam menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh, dengan lebih lancar.

9. Mencegah osteoporosis

Manfaat susu kedelai lainnya yang bisa kamu dapatkan, yaitu mencegah osteoporosis. Manfaat yang satu ini sebenarnya akan lebih terasa pada wanita post-menopause.

Hal itu dikarenakan, wanita post-menopause memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena osteoporosis, dibandingkan wanita muda maupun pria.

Tingginya risiko wanita post-menopause untuk terkena osteoporosis, karena wanita tersebut memiliki kadar kalsium yang lebih rendah, dibandingkan wanita lainnya yang belum memasuki masa menopause.

10. Meningkatkan Kesuburan

Kesuburan wanita dipercaya dapat ditingkatkan, dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kedelai, termasuk susu kedelai.

Atas dasar itulah, maka banyak wanita, kususnya yang hendak menikah atau sedang menjalani program hamil mengonsumsi susu kedelai, untuk meningkatkan kesuburan.

Sebuah studi juga menunjukkan, kalau wanita yang rutin mengonsumsi susu kedelai sebelum melakukan prosedur inseminasi, memiliki peluang keberhasilan yang lebih besar, dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi susu kedelai.

11. Meningkatkan kesehatan kulit

Tidak hanya kesuburan saja yang meningkat, tetapi kesehatan kulit pun ikut meningkat apabila susu kedelai dikonsumsi secara rutin.

Sebuah penelitian juga mengatakan, kalau kedelai yang merupakan bahan utama pembuatan susu kedelai, mengandung senyawa yang dapat menghambat penuaan dini dan mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit kulit.

Oleh karena itu, tidak heran apabila manfaat susu kedelai yang satu ini, menjadi salah satu manfaat yang paling banyak diincar oleh wanita.

12. Meningkatkan kesehatan sistem saraf

Manfaat susu kedelai yang terakhir, yaitu meningkatkan kesehatan sistem saraf. Manfaat ini dapat terjadi, karena susu kedelai sendiri memiliki kandungan 3 mcg vitamin B12, yang lebih dari total kebutuhan harian tubuh yang hanya membutuhkan 2,4 mcg.

Efek Samping Terlalu Sering Konsumsi Susu Kedelai

Disamping banyaknya manfaat yang diberikan, susu kedelai pun dapat menimbulkan efek samping, apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Adapun beberapa efek samping yang dapat timbul, dari terlalu seringnya mengonsumsi susu kedelai, yaitu:

  • Menyebabkan tidak seimbangnya hormon testosteron, atau berkurangnya jumlah sperma pada pria
  • Mempengaruhi produksi alami estrogen
  • Mengganggu siklus menstruasi wanita
  • Meningkatkan risiko terkena kanker payudara atau kanker rahim
  • Membuat ukuran kelamin bayi laki-laki menjadi lebih kecil dari biasanya
  • Memilki kecenderungan genetika yang mengarah ke homoseksualitas
  • Meningatkan risiko anak laki-laki terkena kanker testicular karena pubertas dini.

Aturan Konsumsi Susu Kedelai

Pada pembahasan sebelumya kamu sudah mengetahui manfaat dan efek samping yang mungkin terjadi, apabila terlalu sering mengonsumsi susu kedelai.

Nah, kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dan mencegah timbulnya efek samping, dengan cara mengonsumsi susu kedelai sesuai aturannya.

Melansir dari liputan6.com, susu kedelai sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari, sebanyak dua gelas atau sekita 500 gram, untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Namun, aturan konsumsi susu kedelai ini berbeda dan tidak berlaku untuk wanita yang sudah menopause.

Karena wanita menopause dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai, dengan dosis dua kali lebih besar dibandingkan dosis biasanya.

Hal tersebut dikarenakan, lansia atau wanita yang sudah menopause membutuhkan asupan estrogen yang lebih banyak. Maka dari itu, lansia dan menaopause dianjurkan mengonsumsi susu kedelai lebih banyak.

(Baca Juga: 8 Minuman untuk Diet)

Tetapi, hal itu bukan berarti susu kedelai bisa dikonsumsi sebanyak apapun yang kamu mau, ya!

Karena, jika susu kedelai dikonsumsi secara berlebihan, itu hanya akan menimbulkan efek samping yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya.

Maka dari itu, mengonsumsi susu kedelai sesuai aturannnya penting dilakukan, untuk mencegah berbagai jenis penyakit.

Selain itu, untuk mendapatkan proteksi lebih, kamu juga bisa menggunakan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga nantinya, kamu tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga melalui CekAja.com dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani