Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

14 Hal yang Harus Dipersiapkan Jika Ingin Traveling ke Luar Negeri

by Rafly Aditia on 17 Maret, 2017

traveling luar negeri_asuransi perjalanan - CekAja.com

Liburan ke luar negeri tentu sangat menyenangkan. Selain bisa menghilangkan stres, kamu juga bisa menambah pengalaman saat jalan-jalan ke luar negeri.

Bagi kamu yang berencana traveling ke luar negeri, sebaiknya persiapkan segala hal dengan matang . Persiapan penting agar rencana travel kamu berjalan mulus. Berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan.

Kelengkapan berkas-berkas
  1. Bawa fotokopi paspor. Paspor adalah hal yang sangat penting apabila kamu ingin berpergian ke luar negeri, kalau sudah hilang tentu akan sangat repot mengurusnya. Untuk itu siapkan fotokopi paspor dan bawalah kemanapun kamu pergi.
  2. Daftarkan dirimu di kedutaan. Jika di tempat tujuan kamu mengalami masalah, atau misalkan ada bencana alam dan sebagainya, kamu akan lebih mudah mendapatkan pertolongan jika telah terdaftar di kedutaan besar Indonesia negara setempat.
  3. Pastikan tanggal berakhirnya visamu. Kalau pergi ke negara yang membutuhkan visa, kamu harus memastikan tanggal berakhirnya visa dengan baik. Jangan sampai kamu overstay, karena hal ini bisa menyebabkan kamu dideportasi nantinya.
Finansial
  1. Cari tahu dulu tentang nilai mata uang tempat yang kamu kunjungi. Adalah hal penting bagi kamu untuk mengetahui nilai mata uang setempat dibandingkan dengan Dolar Amerika dan mata uang Rupiah Indonesia. Karena kamu jadi bisa mengira-ngira berapa total biaya yang akan kamu keluarkan nanti disana.
  2. Pastikan kalau kartu kreditmu berguna di negara tujuan. Penting, kamu harus memastikan bahwa kartu kredit yang dimiliki dapat digunakan di negara tujuan. Karena kartu kredit sangat penting bagi kamu yang berpergian ke luar negeri, kegunaannya banyak sekali termasuk untuk menyewa hotel hingga makan di restoran.
  3. Sediakan beberapa mata uang lokal. Jangan pernah lupa untuk menyediakan beberapa mata uang lokal di dompetmu. Karena tidak semua daerah di negara tujuan menerima penggunaan mata uang global, yaitu Dolar Amerika atau bahkan pembayaran elektronik. Jadi sebaiknya, kamu menyediakan beberapa mata uang lokal saj auntuk berjaga-jaga!
  4. Hubungi pihak penyedia kartu kredit. Penting bagi kamu untuk memberikan informasi kepada pihak penyedia kartu kredit dan debit bahwa kamu ingin pergi ke negara x dalam kurun waktu tertentu. Sehingga kartumu tidak diblokir karena dicurigai penipuan saat kamu belanja menggunakan kartu kredit/debit di negara tujuan.
  5. Ada entrance/exit fee tidak? Perlu kamu ketahui, beberapa negara memberlakukan entrance dan fee exit dengan harga yang cukup beragam. Bahkan sampa ada yang mengenakan fee hingga US$ 200! Pastikan hal sepele seperti ini masuk dalam anggaran yang telah dipersiapkan.
  6. Beli asuransi perjalanan. Daripada harus menanggung segala kerugian saat terjadi hal tidak diinginkan saat traveling, seperti hilang paspor, terjadi bencana alam, kecelakaan, dan sebagainya. Lebih baik beli asuransi perjalanan agar tenang selama kamu traveling.
Akomodasi dan perlengkapan

Lebih baik cari tiket pesawat dan booking hotel online jauh-jauh hari. Penting banget, selain kamu bisa mendapatkan diskon dan harga spesial, booking tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari membuatmu dapat lebih siap dalam mengatur jadwal traveling nantinya.

Jangan lupa untuk bawa colokan. Nah, yang satu ini penting banget! Perlu kamu ketahui kalau tidak semua negara menggunakan konektor listrik atau colokan yang sama dengan yang kita gunakan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari kalau tidak ingin kesulitan di negara tujuan.

Beli kartu prabayar saja di tempat tujuan. DIbanding menghabiskan uang lebih karena kena roaming dan sebagainya, lebih baik kamu beli kartu prabayar saya di tempat tujuan untuk mengaktifkan telepon genggam kesayanganmu.

Bawa beberapa pakaian tambahan di tas/koper. Jangan pernah membawa pakaian dengan jumlah yang pas, setidaknya lebihkan satu atau dua pasang. Fungsinya? Pasti kamu sudah tahu deh, kalau kata peribahasa sih sedia payung sebelum hujan.

Camilan juga tidak boleh dilupakan. Jalan-jalan ke luar negeri memang asyik, tetapi belum tentu kamu dapat menikmati makanan lokal di sana. Oleh karena itu, kamu bisa membawa persediaan camilan yang dapat mengganjal perut sampai kamu menemukan tempat makan yang sesuai dengan lidah dan seleramu nanti.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami