Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

9 menit waktu bacaan

14 Tempat Nongkrong Pilihan di Jogja yang Seru

by lhmdi on 27 Agustus, 2017

wisata mudi di Yogyakarta _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Dikenal sebagai kota pelajar, membuat Jogjakarta menjadi tempat yang dipenuhi dengan pendatang. Tidak heran bila tempat nongkrong di Jogja yang mulai ramai di pertengahan tahun 2000-an memiliki potensi bisnis yang besar.

Perkembangan tempat nongkrong di Jogja ini awalnya selalu dipenuhi dengan pedagang kaki lima di sepanjang jalan Malioboro, warung kopi hingga Burjo (warung bubur kacang ijo).

Namun, kini semakin banyak tempat-tempat ongkrong baru yagn menawarkan berbagai keunikannya. Warung kopi mulai berganti menjadi Coffee Shop. Pedagang kaki lima mendapatkan pesaing dengan bermunculannya berbagai macam resto, dan Burjo yang kini berganti menjadi warung Indomie.

Meskipun persaingan antara tempat nongkrong di masa lalu dengan masa modern sekarang semakin besar, tetap saja membuat tempat-tempat ini selalu diepnuhi pengunjung. Tempat nongkrong ini pun bervariasi, mulai dari tempat berkumpul di malam hari, tempat makan dengan harga mahasiswa, hingga tempat-tempat romantis. semuanya seakan jadi tujuan wisata murah Yogyakarta.

Lalu, apa saja tempat-tempat nongkrong tersebut?

Pilihan Tempat Nongkrong di Jogja Malam Hari

nongkrong hemat - CekAja.com

  1. Klinik Kopi

Nama klinik kopi sebenarnya sudah terkenal di media sosial, sebelum tempat ini ramai diperbincangkan karena menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Namun, setelah ditampilkan dalam film, Klink Kopi pun mulai kebanjiran pengunjung. Di tempat ini masyarakat bisa memilih berbagai macam kopi yang mereka inginkan.

Sambil nongkrong bersama teman-teman, kita akan disuguhkan berbagai macam jenis kopi yang diracik dengan ciri khas dari barista di tempat ini.

Widget TRV Insurance

Harganya pun cukup terjangkau, dimulai dari Rp 15.000 kita sudah bisa mendapatkan satu cangkir kopi sembari menikmati malam di Yogyakarta.

Kunjungi langsung tempat ini di jalan Kaliurang KM. 7.8, Gang Bima, Sinduharjo, Ngaglik, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Bukit Indah Restoran

Tempat nongkrong malam hari lainnya yang bisa kita kunjungi saat berada di Yogyakarta adalah BUkit Indah Restoran.

Tempat ini terletak pada ketinggian 150 meter dari kota Yogyakarta. Sembari menikmati sajian seperti seafood, sop jagung, olahan daging, sayuran, dan salad, pengunjung aakan diajak untuk menikmati hamparan sawah hijau yang berada di sekitarnya.

Selain pengunjung yang datang di malam hari juga punya kesempatan menyaksikan kunang-kunang atua menengadah ke langit untuk melihat bintang-bintang yang menyinari kota Yogyakarta.

Belum pernah ke tempat ini? Bukit Indah Restoran terletak di jalan Jogja – Wonosari KM 15.

  1. Kawasan Prawirotaman

Jika Ibukota Jakarta punya Jalan Jaksa sebagai tempat Tongkrongnya para turis asing yang datang, maka Jogjakarta pun punya tempat yang sama.

Nama tempat ini adalah kawasan Prawirotaman yang rata-rata dipenuhi oleh para wisawatawan mancanegara dengan cara backpaker.

Di tempat ini terdapat banyak berbagai penginapan murah dan dengan dsain yang unik.

Ingin nongkrong di kawasan Prawirotaman? Di sini terdapat banyak terdapat restoran, pedagang kaki lima hingga bar-bar yang siap menyajikan berbagai menu makanan baik western maupun kuliner lokal.

(Baca juga: Wisata Murah Jawa Timur)

  1. Kalimilk

Nongkrong sambil minum kopi memang sudah biasa, namun nongkrong di Jogja sambil menikmati aneka susu? Kalimilk bisa jadi pilihan tepat bagi kita.

Susu yang disediakan di tempat ini biasanya akan dikombinasikan dengan berbagai macma jenis buah-buahan, seperti apel, anggur, durian hingga cokelat, caramel dan masih bnayak lagi yang lainnya.

Ditambah dengan makanan ringan seperti aneka roti atau french Fries, menghabiskan waktu di malam hari di tempat ini wajib untuk dicoba.

Belum pernah ke Kalimilk? Langsung menuju jalan Kaliurang KM. 4.9, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

  1. Blanco Coffee and Book

Mencari tempat nongkrong di Jogjakarta yang asik untuk diskusi? Blanco Coffee and Book bisa jadi salah satu pilihan.

Dari namanya saja, tempat ini sudah menyediakan berbagai macam jenis buku yang dapat dinikmati oleh pembaca. Sambil nongkrong bersama teman-teman dan saling bercerita atau menyelesaikan tugas-tugas kuliah, maka Blanco Coffee and Book adalah pilihan yang tepat.

Blanco Coffee and Book sendiri terletak di jalan Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Makan Enak dan Murah Jogja Yang Cocok Buat Anak Kos

nongkrong hemat - CekAja.com

Jogjakarta identik dengan kedatangan para pelajar yang ingin mencari ilmu.

Dari zaman dahulu hingga sekarang, akan selalu ada tempat nongkrong yang memang menawarkan harga yang pas di kantong untuk para pelajar.

Nama-nama seperti angkringan atau Burjo adalah tempat nongkrong yang paling sering dijadikan sebagai temat berbagi cerita di kalangna mahasswa.

Namun kini, berbagai macam tempat nongkrong yang enak dan memiliki harga murah juga semakin bervariasi.

Apa saja ya?

  1. Mie Telap 12 Jogja

Sebungkus makanan bernama Indomie biasanya adalah senjata mapuh untuk para pelajar yang sudah kehabisan uang bulanan mereka.

Di masa lalu, burjo adalah tempat pelarian makanan murah bagi para pelajar. Kini, sebuah warung bernama Mie Telap 12 menawarkan solusi bagi pelajar yang ingin makan enak namun murah.

Uniknya, Mie telap 12 menyajikan menu mie persis seperti gambar yang terdapat di bungkus Indonie, lengkap dengan sayuran, bakso atau sate yang disediakan di tempat ini.

Misalnya, jika memesan Indomie rasa rendang, maka penyajiannya pun akan menambahkan daging rendah di dalam mangkuk mie. Harganya? Cuma mulai dari Rp 9.000 hingga Rp 15.000 saja.

Masih belum percaya? Langsung saja ke Jalan Pandeyan, Pandeyan, Umbulharjo, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta untuk mengetahui aneka Indomie yang hadir dalam bentuk nyata ini.

  1. Kedai Rakjat Djelata

Ingin nongkrong sembari bernostalgia di masa lalu? Coba kunjungi Kedai “Rakjat Djelata.” Nama tempat yang menggunakan ejaan lama ini memang mengusung tempo masam lalu. Di tempat makan ini, berbagai menu makanan yang disajikan pun juga cukup unik.

Kuliner lawas pun dikenalkan kembali di tempat ini seperti minuman teh oewoeh dan es kembang desa yang pernah dinikmati oleh si mbah (kakek atau nenek) di jaman dahulu

Bahkan, jika kit ammesan roti atau pisang bakar, maka tidak akan disajikan dengan tambahan makanan modern seperti keju atua susu, namun dengan menggunakan gula jawa!

Harganya? Mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 40.000, cukup terjangkau jika makan sambil nongkrong bersama teman-teman kan? Yuk, langsung saja menuju kedai Rakjat Jelata yang beralamat di Jalan Dr. Soetomo 54, Yogyakarta untuk menikmati sajian makanan murah dari masa lalu.

  1. Kopi Joss Lik Man

Hampir semua wisawatan yang sudha pernah mengunjungi Jogjakarta merekomendasikan Kopi Joss Lik Man sebagai tempat nongkrong yang harus didatangi.

Menelusuri malam di Yogyakarta, bisa ditutup dengan segelas Kopi Joss legendaris dari angkringan Lik Man. Wangi, rasa, dan cara pembuatannya begitu unik, tiada dua di Indonesia.

Bagi yang belum pernah mencoba seperti apa kopi joss, maka kopi ini adalah yang airnya direbus dengan menggunakan arang. Sementara itu, istilah “joss” lebih dikarenakan banyak pengunjung yang  mendengar suara arang yang bertemu dengna seduhan kopi panas.

Segelas kopi Lik Man diharga mulai dari Rp 5.000. Sementara beranke camilan seperti yang tersedia di angkringan memiliki harga yang bervariasi. Mulai dari sate hingga gorengan, semuanya disediakan di sini.

Angkringan Lik Man buka mulai pukul 14.00- 02.00 WIB. Semakin malam, suasana akan semakin ramai seperti siang. Jalanan yang sempit sesekali tersendat oleh mobil-mobil pengunjung.

Alamatnya ada di Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, atau sangat dekat dengan stasiun kereta api Tugu, Yogyakarta.

  1. Nasi goreng kambing Kridosono

Tempat makan enak, murah, seklaigus bisa dijadikan tempat nongkrong adalah nasi goreng kambing Kridosono.

Di tempat yang berada di depan SMU 3 Yogyakarta, in iselalau ramai saat malam hari. Porsi nasi gorenngya pun luar biasa banyak.

Bahkan buat para pengunjung rela antri untuk memesan nasi goreng ini. Jadi, buat para wisatawan yang mencoba nasi goreng kambing Kridosono harus rela bersabar.

Harganya? Cuma Rp 12.000 satu porsinya. Jika sudah selesai menikmati sajian nasi goreng dan masih ingin melanjutkan acara nongkrong tersedia tempat bernama Kalicode.

  1. Sate kere

Ketika uang di dompet semakin menipis, maka hal yang terasa adalah “kere” alsias tidak punya uang lagi.

Namun, jika ingi menikmati kulineran khusussanya sate dengan harga yang murah, maka kit awajib mencoba sate kere.

Sate ini memang sederhana sekali, namun menggunakan kuah ketupat yang pedas, namun ketika akan mencicipi satenya akan terasa manis. Satu porsinya dihargai hanya Rp 10.000 saja.

Ingin mencoba kulineran Sate kere? langsung kunjungi Jalan Godean KM.7, Sidomoyo, Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Bukan Hanya Kotanya, Ini Tempat Makan yang Romantis di Jogja

kesalahan cinta _ kartu kredit - CekAja.com

Band yang berjaya di era 90-an KLA Project pernah membuat lagu romantis tentang Yogyakarta. Band Sheila on 7 yang berasal dari Yogyakarta selalu punya lirik-lirik romantis untuk dinyanyikan.

Sutradara Ada Apa Dengan Cinta 2, Riri Riza pun mengambil gambar di kota yang katanya romantis ini. Begitu pula dengan tempat-tempat nongkrong yang terdapat di Jogjakarta.

Tersimpan beragam banyak tempat nongkrong di Jogja yang menampilkan kesan romantis. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Secret Garden Coffee & Chocolate

Nongkrong bersama seseorang kita sayangi belum lengkap tanpa mengunjungi Secret Garden Coffee & Chocolate

Tempat ini berbentuk cafe dengan konsep outdoor garden yang dibuat dengna menggabungkan gaya jawa klasik dan modern.

Sambil nongkrong kita bisa memesan beberapa menu yang disediakan seperti Secret Purple, Chocolate Secret Original, hingga Nasi Goreng.

Yuk, langsung saja menuju jalan Amri Yahya No. 2, Pakuncen, Wirobrajan, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

  1. Lokal Resto

Masih ingat dengan dialog dimana Cinta mengatakan “Rangga, kamu itu jahat!” Satu adegan yang mungkin akan selalu dikenang oleh penggemar film AADC.

Namun ingatan tesebut tidak hanya tentang dialog saja, akan tetapi lokasi dari tempat pengambilan gambar tersebut.

Lokal resto, namanya. Tempat nongkrong ini sekarang ramai dengan pengunjung yang ingin mencoba suasana nongkrong di lokasi pengambailan gambar film AADC tersebut.

Interior dari Lokal resot sendiri terkesan ringan, dan memang dibuat untuk nongkrong menghabiskan waktu.

Bagi yang inein memesna makanan, terdapat berbagai macam menu maanan khas Indonesia hingga Western dengan harga yang terjangkau.

Langsung saja menuju Jalan Jembatan Merah No.104 C, Gejayan, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menikmati acara nongkrong di Lokal Resto.

  1. The Manglung Café

Suasana romantis berikutnya yang bisa dirasakan isatawan saat berkunjung ke Yogyakarta adalah dengan berkunjung ke The Manglung Cafe.

Letaknya tidak di pusat kota Jogja, melainkan di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta menampilkan pemandangan sejuk senja penuh kemilau dari bukit bintang.

Mengusung konsep Outdoor, Manglung Cafe memiliki interior yang ditambahkan dendan kayu-kayu antik, rantai dedaunan dan masih banyak yang lainnya sehingga menambah kesan romantis bersama pasangan.

Sesekali menikmati suasana romantis di GUnung Kidul, bisa langsung ke The Manglung Cafe yang berada di Jalan Ngoro Ngoro Ombo No.16, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

  1. Roemi Ice Cream

Selain cokelat, Es krim adalah “bumbu” yang dapat menambah suasana romantis. Kembali ke kota Jogjakarta, terdapat sebuah tempat nongkrong romantis bernama Roemi Ice Cream.

Sajian menu Es krim bersama pasangan tentunya akan menjadikan suasana menjadi lebih romantis sembari beerbagi cerita tentang pengalaman-pengalaman yang menyenangkan.

Selain es krim, masih terdapat beberapa menu makanan seperti pizza, lasagna, pasta, sandwich, hingga masakan tradisional seperti nasi goreng dan rawon.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.