Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hidup Foya-Foya dan Berutang, 5 Miliarder Ini Akhirnya Bangkrut

by Sindhi Aderianti on 22 Agustus, 2019

Kekayaan materil tak selalu abadi. Itulah kalimat yang sangat mewakili kenyataan bahwa seorang miliarder dengan gelimangan harta tak terhingga sekalipun, ternyata bisa jatuh bangkrut juga.

orang terkaya Indonesia

Banyak sebab mengapa seseorang bisa mengalami kebangkrutan. Jika orang tersebut pengusaha, faktor utama yang perlu diwaspadai adalah utang perusahaan dan kerugian bisnis.

Sementara untuk para artis atau atlet, kemungkinan bangkrut dapat terjadi karena redupnya popularitas. Pada intinya, hal yang patut dihindari ketika berada di puncak kejaan adalah berfoya-foya.

Lalu, apakah setelah mengalami keterpurukan itu mereka ada yang bisa kembali bangkit? Ya, beberapa bisa lebih berbesar hati dan memulai hidupnya dari nol lagi, meski harus melalui proses yang panjang.

Namun, tidak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup alias bunuh diri. Berikut lima miliarder yang kini harus legowo atas kebangkrutannya:

1. Eike Batista

Pernah menyandang predikat orang terkaya di Brasil pada 2012, Eike Batista akhirnya jatuh bangkrut juga. Dulunya, ia sukses membangun bisnis pertambangan, energi dan minyak. Namun semua kekayaannya itu habis karena overspending.

Terlalu menghambur-hamburkan uang, akhirnya sang miliarder pun merasakan pahitnya terlilit utang. Untuk membayar semua utang-utang tersebut, aset mewah yang meliputi kapal, pesawat, dan bangunan harus disita oleh pemerintah.

(Baca juga: Bang Bing Bung.. Ini Tips Sukses Menabung Biar Dapat Untung)

Setelah kejadian ini, Eike kini disebut “miliarder negatif” karena memiliki utang yang amat fanastis jumlahnya, yakni lebih dari USD1 miliar.

2. MC Hammer

Di tahun 90-an, musikus berkulit hitam ini pernah hits dengan single-nya yang berjudul “U Can’t Touch This” dan “Don’t Hurt Them” dari album Please Hammer yang berhasil terjual hingga 18 juta kopi.

Kaya raya dari musik yang ia buat, MC Hammer meraup bayaran hingga USD30 juta per tahun alias Rp419,2 miliar. Bukannya digunakan dengan baik, pria bernama asli Stanley Burrell ini justru menghabiskan uang tersebut untuk membeli rumah mewah, merekrut 200 pembantu dan membeli 19 kuda.

Tak lama menikmati masa kejayaannya, Hamer terkena penalti karena dituduh plagiat dan kekayaannya habis semua. Bangkrut deh..

3. Mark Twain

Penulis yang terkenal dengan novel The Adventures of Huckleberry Finn ini juga pernah memiliki harta yang sangat berlimpah. Selain menjadi penulis, Samuel Langhorn Clemens, atau yang lebih dikenal sebagai Mark Twain melakoni pekerjaan lain sebagai pengusaha. Dalam memulai usahanya tersebut, ia sempat mengeluarkan produk mesin cetak.

(Baca juga: Prajogo Pangestu Persembahkan Bintang Jasa Utama untuk Istri dan Karyawan)

Mark Twain menghabiskan hampir USD8 juta atau sekitar Rp10 miliar untuk membuat dan menyempurnakan kerja mesin ini. Alih-alih laku di pasaran, ide tersebut justru berujung dengan kerugian yang melambung tinggi.

Ketika diluncurkan, mesin itu tidak dapat beroperasi sesuai harapan. Akhirnya, ia pun harus membayar semua utang-utang dari bisnis yang kurang menguntungkan itu dan jatuh bangkrut.

4. Calvin B. Doteys

Calvin B. Doteys adalah kepala keluarga yang sangat dihormati dan terpandang di tahun 1800an. Rumah mereka di South Street bahkan  penuh dengan lukisan, serta benda-benda yang tak ternilai harganya.

Namun sayang, mereka punya dua anak yang pemalas. Mereka hanya menghambur-hamburkan uang tanpa ikut berusaha dan bekerja.

Semisal Harry, salah satu anaknya ini selalu membeli dua kursi tiap kali menonton bioskop hanya untuk menempatkan topi, sarung tangan dan jaket.

Akhirnya, kekayaan sang ayah habis dan mereka harus pindah ke pemukiman miskin di Jefferson County karena bangkrut. Ibu sang anak meninggal karena stres dan dua anaknya pun dikurung di rumah sakit jiwa.

5. Billy Joel

Musisi, penyanyi dan penulis lagu terkenal era 70an Billy Joel, pernah merasakan nikmatnya bergelimang harta dan popularitas. Di sepanjang karier bermusiknya, ia berhasil menjual lebih dari 150 juta album dan 23 juta eksemplar album greatest hits.

Menurut lansiran Telegraph.co.uk, pria kelahiran New York ini bahkan termasuk artis solo ketiga yang paling laris di Amerika Serikat. Lebih besar dari Bruce Springsteen, Madonna, dan Michael Jackson.

Tapi kemudian, hidupnya berubah saat dia menikah dengan supermodel yang terlilit masalah keuangan. Ia terpaksa harus mengeluarkan uang jutaan dolar, ditambah lagi dengan ulah manajer yang menggelapkan uangnya, hingga sang legenda pun jatuh bangkrut.

Begitulah hidup, seperti roda yang berputar. Kekayaan sendiri ibarat dua mata pisau yang juga bisa membahayakan seseorang. Jika tidak dikelola dengan bak, harta segunung pun akan habis terkeruk oleh gaya hidup dan utang dimana-mana.

Semoga kisah hidup 5 mantan miliarder di atas, bisa menjadi pelajaran untuk kita agar lebih berhati-hati dalam mengatur keuangan.

Simak tips-tips dan produk finansial terbaik yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan melalui CekAja.com. 

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.