Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

15 Arti Mimpi yang Sering Dialami Mulai dari Bertemu Ular, Seks, Hingga Gigi Copot

by Estrin Vanadianti Lestari on 3 Januari, 2020

Tidak hanya menjadi bunga tidur, terkadang mimpi juga memiliki arti tersendiri, yang dianut dari kepercayaan dan mitos di setiap daerah. Arti mimpi juga memiliki berbagai macam makna-makna, yang positif, bahkan bisa juga negatif.

Namun, arti mimpi yang sering dialami oleh kebanyakan orang, juga ternyata bisa dikaitkan secara psikologis. Dihimpun dari laman Fimela.com, seorang terapis psikolog dan analis mimpi, bernama Carder Stout mempercayai bahwa mimpi memiliki peran penting dalam hidup.

Misalkan, saat kamu memimpikan orang yang kamu kenal, sebenarnya kamu sedang rindu mereka atau sebaliknya. Akan tetapi, orang-orang tersebut, merupakan orang-orang yang mewakili aspek dalam dirimu, seperti karakter, sifat, atau kebiasaan yang sama dengan dirimu.

Dibalik adanya keterkaitan dengan psikologis seseorang, arti mimpi juga banyak dikaitkan dengan penafsiran yang sudah dipercaya sejak dulu. Namun, banyak pula yang mengabaikan arti dari mimpi begitu saja, karena menganggap mimpi hanya terjadi di alam bawah sadar, yang melibatkan emosi, perasaan, pikiran, penglihatan, pendengaran, hingga indra lainnya.

Bahkan, beberapa orang mungkin pernah bermimpi yang sangat menguras emosi, hingga mengeluarkan air mata, berteriak, marah-marah, kelelahan, dan lain-lain. Sehingga, mungkin beberapa orang, atau termasuk kamu, sangat ingin tahu tentang arti mimpi yang baru saja kamu alami.

15 Arti Mimpi yang Paling Sering Dialami

Daripada penasaran, mungkin beberapa arti mimpi yang sering dialami berikut bisa diambil hikmahnya:

1. Bertemu Ular

Untuk arti mimpi bertemu ular, mungkin kamu dan sebagian orang di dunia ini pernah mengalami. Tidak hanya bertemu, mungkin kamu juga pernah mimpi digigit, dikejar atau dililit ular. Nah, dari mimpi tersebut terdapat penafsiran menurut psikolog dan juga Primbon Jawa.

Menurut psikolog, arti dari mimpi bertemu ular merupakan sebuah tanda bahwa kamu mengalami ketakutan. Namun, ketakutan di sini bisa saja dikaitkan dengan sesuatu yang sedang kamu alami di kehidupan nyata, seperti hal pekerjaan, seseorang, dan hal-hal lainnya.

Sedangkan menurut Primbon Jawa, arti mimpi melihat ular merupakan penanda akan terjadinya hal buruk bagi kamu. Tidak hanya itu, kamu juga akan memiliki sebuah ancaman besar, bisa dari pekerjaan, bos, rekan, dan ancaman lainnya.

2. Jatuh dari Ketinggian

Arti mimpi selanjutnya adalah ketika kamu bermimpi jatuh dari ketinggian. Mungkin hal tersebut juga sering kamu alami, bahkan mimpi tersebut bisa membuatmu kaget dan merasakan hal yang amat nyata, padahal kamu sedang dalam posisi tidur di kasur.

Jika kamu pernah bermimpi tentang itu, arti dari mimpi tersebut bisa saja merupakan wujud dari penyakit yang akan menimpamu. Sehingga, mungkin kamu akan merasakan beberapa hari ke depan, kesehatanmu akan menurun.

Oleh karena itu, arti mimpi ini juga bisa dijadikan sebuah peringatan bahwa kamu atau bahkan orang lain yang kamu kenal, akan jatuh sakit. Orang lain di sini pun, bisa saja orang tua, keluarga, teman dekat, dan lainlain.

3. Dikejar-kejar Seseorang

Kamu pernah bermimpi dikejar-kejar seseorang yang dikenal maupun tidak dikenal? Arti mimpi tersebut ternyata bisa berkaitan dengan ambisi pribadi loh. Pasalnya, bisa jadi juga memang ada sesuatu yang ingin kamu taklukkan di kehidupan, namun kamu masih sulit untuk melakukannya.

Tidak hanya itu, arti dari mimpi tersebut juga jadi sinyal yang akan muncul sebagai peluang baru bagi kamu dalam mencapai sesuatu. Terlebih, kamu mungkin juga akan merasa kelelahan, ketika terbangun dari mimpi tersebut, namun cobalah untuk tetap tenang.

4. Seks

Arti mimpi yang satu ini juga mungkin sangat ingin kamu ketahui, pasalnya mimpi tentang seks memang agak aneh. Apalagi bagi kamu yang belum pernah menikah.

Jenis mimpi seks juga banyak yang sering dialami, seperti seks dengan pasangan atau pacar, mantan, dengan orang asing, dengan teman dan lain-lain.

(Baca juga: Bermimpi Nikah di Luar Negeri? Ini Syarat dan Tahapannya)

Mungkin yang lebih sering dialami dari jenis mimpi seks tersebut adalah seks dengan pacar. Di mana arti mimpi seks dengan pacar berarti hubunganmu di kehidupan nyata dengan pacar sedang kurang harmonis. Misalnya kamu jarang bertemu, LDR, atau komunikasi sedang kurang baik.

Namun, jika kamu bermimpi seks dengan pacar, meski hubungan di kehidupan nyata sedang baik, mungkin kamu lebih menginginkan hubungan yang lebih serius, misalnya lekas lamaran atau menikah, sehingga bayang-bayang tentang seks tidak hanya menjadi alam bawah sadar saja.

5. Telanjang di Depan Umum

Arti mimpi berikutnya yang sering dialami adalah mimpi telanjang di depan umum. Ada dua hal yang mungkin kamu alami di dalam mimpimu, yakni orang-orang tidak memperhatikanmu dalam keadaan telanjang, dan orang-orang memperhatikanmu.

Nah, arti dari mimpi tersebut di kehidupan nyata bisa berarti bahwa kamu mungkin sedang merasa resah, karena diekspos berlebihan. Bagaimana, apa kamu pernah mengalaminya?

6. Terbang

Terbang tanpa bantuan apapun layaknya peri, mungkin akan menjadi sesuatu yang menyenangkan, begitu pun jika terjadi di mimpi. Pasalnya, arti mimpi terbang melayang, tanpa beban, tubuh menjadi ringan, dan mudah, memiliki arti bahwa kamu sedang menuju sebuah kesuksesan di masa depan.

7. Bertemu Idola atau Artis

Arti mimpi bertemu dengan idola atau artis, bisa jadi kamu sedang menemukan pandangan baru terkait karakter yang kamu inginkan dalam kehidupan nyata. Tidak hanya itu, kamu juga jadi bisa belajar banyak, namun sebagian orang juga tidak terlalu merenungkan mimpi tersebut, dan mengabaikannya.

Akan tetapi, jika arti dari mimpi bertemu idola sangat membuat kamu bahagia, itu artinya kamu ingin menjadi orang yang bisa sehebat idola yang kamu impikan.

8. Meninggal

Arti mimpi selanjutnya ini mungkin sama sekali tidak ingin kamu alami. Namun, ternyata mimpi melihat diri sendiri meninggal dunia juga sering dialami oleh sebagian orang.

Namun, kamu tidak perlu khawatir akan datangnya mimpi tersebut, karena arti dari mimpi tersebut justru memberitahu kamu untuk introspeksi diri, mengoreksi kesalahan diri, serta selalu berhati-hati dari malapetaka.

Malapetaka di sini tidak hanya sebuah musibah, bencana atau kecelakan, karena bisa juga malapetaka yang datangnya dari orang terdekat. Dengan demikian, banyaklah berdoa, dan selalu minta perlindungan.

9. Hamil

Bagi para wanita, mengalami mimpi hamil mungkin sering dialami. Mulai dari kamu yang sudah menikah, yang memang sedang hamil, yang masih perawan, hingga yang sulit hamil. Lalu apa arti mimpi dari hamil itu sendiri?

Ternyata arti dari mimpi hamil ada banyak, di antaranya adalah kamu akan memulai sesuatu yang baru, mimpi ini juga bisa tentang adanya perubahan baru dalam ide, proyek, hingga tujuan hidup.

Tidak hanya itu, arti mimpi hamil juga bisa berarti bahwa ada sebuah keinginan yang belum diakui dikehidupan nyata, bahkan kamu yang dalam tahap menuju keinginan yang tak kunjung menyerah, hingga keinginan tersebut berhasil dicapai.

10. Buang Air Kecil

Terkadang, ketika kamu tertidur lelap dan ada perasaan ingin buang air kencing, hal tersebut bisa sampai di mimpi kamu. Bahkan, di mimpi kamu, bisa saja kamu sudah melakukan buang air kecil, padahal nyatanya belum dan kamu hanya mimpi.

Tak jarang juga, bagi kamu yang bermimpi kencing, di kehidupan nyata kamu malah jadi mengompol. Akan tetapi, tahukan kamu bahwa arti mimpi kencing itu ada maknanya?

Pasalnya, arti dari mimpi kencing menandakan bahwa ada pembersihan dan pelepasan emosi negatif. Tidak hanya itu, mimpi kencing juga merupakan simbol memiliki atau kurang kendali dasar hidup. Di mana kamu benar-benar kesal dan tidak bisa mengekspresikan diri dengan cara yang posistif.

11. Mendapatkan Uang atau Harta

Pernahkan kamu bermimpi mendapatkan harta berupa uang atau hal lainnya dan mengepal harta tersebut agar tidak hilang, bahkan bisa membuatmu senang? Akan tetapi, ketika terbangun, tanganmu masih dalam keadaan mengepal, padahal tidak ada benda apapun yang kamu pegang.

Nah, ternyata dibalik arti mimpi mendapatkan uang atau harta, memiliki makna yang buruk loh. Pasalnya, menurut Primbon Jawa, datangnya mimpi ini, kamu akan mengalami sakit dalam waktu dekat.

(Baca juga: 4 Kesalahan Sepele yang Bisa Bikin Mimpimu Jadi PNS Ambyar)

Namun, kamu tidak perlu khawatir yang berlebihan, karena sakit yang akan dialami juga hanya sekadar demam atau sakit gigi. Meski begitu, kamu tetap harus menjaga kesehatan tubuh ya.

12. Bencana Alam

Tidak jarang orang mengalami mimpi buruk, salah satunya bermimpi tentang bencana alam. Sampai-sampai, kamu penasaran dengan arti mimpi bencana alam, yang memiliki sebuah pertanda yang membuatmu khawatir.

Karena becanda alam bermacam-macam, berikut rangkuman singkat terkait arti mimpi bencana alam.

  • Mimpi bencana alam banjir, memiliki arti yang berhubungan dengan emosi yang terpendam.
  • Mimpi tsunami, memiliki arti yang berhubungan emosi yang memuncak.
  • Mimpi kebakaran, memiliki arti yang berhubungan dengan semangat hingga kemarahan.
  • Mimpi badai, memiliki arti yang berhubungan dengan mental dan perubahan yang mendadak.
  • Mimpi gempa bumi, memiliki arti yang berhubungan bahwa adanya goncangan dalam hidup.
13. Kecelakaan

Arti mimpi yang tak kalah bikin penasaran adalah mimpi tentang kecelakaan. Di mana mimpi kecelakaan bisa jadi akan ada pertanda bahwa kamu sedang menyimpan rasa bersalah. Tidak hanya kesalahan baru, kesalahan tersebut juga bisa kesalahan di masa lalu.

Mimpi kecelakaan juga bisa diartikan bahwa kamu sedang mengalami ketakutan, ketika berada di jalan raya, sehingga ketakutan tersebut bisa sampai terbawa ke mimpi. Jadi, jika kamu takut berada di jalan raya, tetap tenang, dan jangan sampai kepikiran ya.

14. Menikah

Menikah juga memiliki arti mimpi yang sangat membuat siapapun penasaran. Namun, mimpi menikah juga memiliki arti yang beragam dan berbeda-beda. Pasalnya, mimpi menikah yang pernah dialami juga beragam, misal mimpi menikah dengan pacar, menikah dengan mantan, hingga menikah dengan orang asing.

Umunya, arti dari mimpi menikah memiliki arti yang baik, namun ada juga yang menafsirkan dengan hal-hal yang negatif. Nah, bagaimana arti dari mimpi jika kamu menikah dengan seseorang yang tidak kamu kenal?

Arti mimpi menikah dengan orang asing, bisa jadi sinyal berupa tanda bahwa kamu akan bertemu dengan orang baru yang siap meminangmu. Sedangkan jika kamu mimpi menikah dengan pacar, itu artinya kamu harus segera membicarakan hal yang serius, agar pernikahan tersebut bisa jadi kenyataan.

15. Gigi Copot

Nah, mimpi berikut ini juga pastinya sering kamu alami, yakni mimpi gigi copot. Di mana arti mimpi gigi copot merupakan pertanda adanya ketakutan. Namun, meski mimpi gigi copot sering dikaitkan dengan kematian, tapi sebenarnya tidak seperti itu loh.

Arti dari mimpi copot bisa memberikan banyak tarfsiran, di antaranya adalah sedang dalam pilihan yang sulit, adanya masalah keuangan, sedang merasa insecure, orang terdekatmu sakit, hingga kamu tengah merasa stres dan tertekan.

Itulah deretan arti mimpi yang paling sering dialami, yang ternyata bisa dikaitkan dengan keadaan kehidupan nyata seseorang. Meski hal tersebut hanya sebuah tafsiran, mungkin kamu bisa mengambil sebuah pelajaran positif dari arti mimpi-mimpi tersebut.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk