15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

9 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Tidak hanya sebuah tempat bagi pesawat untuk mendarat dan lepas landas, bandara juga menjadi fasilitas yang sangat berguna serta mempermudah mobilitas banyak orang. Beberapa bandara bahkan memiliki luas mencapai ribuan hektar, dan masuk ke dalam kategori bandara paling besar di dunia.

bandara paling besar di dunia

Bandara memang memiliki peran penting untuk kelancaran aktivitas manusia. Terlebih, pesawat menjadi moda transportasi favorit karena jauhnya jarak dapat ditempuh hanya dengan waktu yang singkat, sehingga lebih efisien dalam segi waktu dan tenaga.

Bandara kerap kali dirancang sedemikian rupa dengan fasilitas lengkap, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Maka dari itu, tidak heran jika banyak bandara memiliki ukuran yang sangat luas.

15 Bandara Paling Besar di Dunia

Apakah kamu tahu, bandara mana saja yang memiliki ukuran sangat luas? Jika belum, jangan khawatir. Di bawah ini CekAja.com telah merangkum daftar bandara terbesar di dunia khusus untuk kamu. Yuk, simak!

1. King Fahd International Airport

King Fahd International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 78.000 hektar

Lokasi : King Fahd Rd, Dammam, Arab Saudi

Bandara paling besar di dunia yang pertama adalah King Fahd International Airport atau yang dikenal dengan KFIA. Diresmikan pada 1999, bandara ini merupakan hub ketiga di Arab Saudi setelah Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh dan Bandara Internasional Raja Abdul Aziz di Jeddah.

Tidak hanya itu, KFIA melayani penerbangan ke Dammam, Khobar, Ras Tanura, Dhahran, Qatif dan Jubail. Di perbatasan bagian selatan bandar udara, terdapat Saudi Aramco yang merupakan perusahaan minyak nasional Arab Saudi.

Perusahaan tersebut menempati area seluas 250 kilometer persegi untuk digunakan sebagai fasilitas transportasi dan pengeboran minyak.

2. Denver International Airport

Denver International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 14.000 hektar

Lokasi : 8500 Peña Blvd, Denver, CO 80249, Amerika Serikat

Bandara paling besar di dunia selanjutnya adalah Denver International Airport. Tidak hanya menjadi bandara paling besar di dunia, namun bandar udara ini juga menjadi bandara terindah, dengan landasan pacu terpanjang di dunia yang bisa digunakan secara umum di Amerika Serikat.

Dilihat dari tingkat lalu lintas penumpang, bandara internasional Denver dinobatkan sebagai bandara tersibuk ke-10 di dunia pada 2009. Di mana, pada tahun itu bandara Denver memiliki lalu lintas penumpang sebanyak 50.167.485 penumpang.

Jika dilihat dari jumlah pergerakan pesawat, bandara internasional Denver menempati posisi keempat sebagai bandara tersibuk di dunia, yaitu sebesar 600.606 kali. Tidak hanya itu, bandara ini juga berada di timur laut Kota Denver.

3. Dallas/Fort Worth International Airport

Dallas Fort Worth International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 6.963 hektar

Lokasi : 2400 Aviation Dr, DFW Airport, TX 75261, Amerika Serikat

Di posisi ketiga ada Dallas/Fort Worth International Airport yang masuk kategori bandara paling besar di dunia. Terletak di antara kota Dallas dan Fort Worth, bandara ini menjadi bandara tersibuk di Amerika Serikat berdasarkan lalu lintas penumpang.

Jika dilihat dari arus kedatangan dan keberangkatan pesawat, bandara ini memiliki arus sebanyak 652.261 pesawat. Hal tersebut menjadikan bandara internasional Dallas sebagai bandara tersibuk di dunia keempat.

Jika kamu ingin berkunjung ke kota atau negara lain, jangan khawatir. Karena Bandara Dallas/Fort Worth International dekat dengan bandara lainnya, seperti Bandara Dallas Lovefield, Bandara Corsicana, Bandara Waco Municipal, Bandara Tyler dan Bandara Wichita Falls Sheppard AFB.

4. Orlando International Airport

Orlando International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 5.383 hektar

Lokasi : 1 Jeff Fuqua Blvd, Orlando, FL 32827, Amerika Serikat

Bandara paling besar di dunia yang keempat adalah Orlando International Airport. Bandara yang terletak di tenggara pusat kota Orlando, Florida ini mampu menampung 44.611.265 penumpang pada 2017.

Hal tersebut membuat Bandara Orlando menjadi bandar udara tersibuk di Florida. Tidak hanya itu, bandara ini juga dekat dengan beberapa bandara lainnya di Amerika Serikat, seperti Bandara Melbourne, Bandara Lakeland dan sebagainya.

Tersedia beberapa maskapai penerbangan dari Bandara Internasional Orlando, di antaranya yaitu Silver Airways, Avianca, Air Jamaica, Copa Airlines, Alaska Airlines, British Airways, dan lainnya.

5. Washington Dulles International Airport

Washington Dulles International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 4.451 hektar

Lokasi : 1 Saarinen Cir, Dulles, VA 20166, Amerika Serikat

Berikutnya adalah Bandara Internasional Washington Dulles. Bandara yang dibuka pada 1962 ini terletak di Amerika Serikat bagian timur, tepatnya di daerah Loudoun dan Fairfax di Virginia.

Bandara Internasional Washington Dulles diberi nama oleh John Foster Dulles, sekretaris negara ke-52 yang melayani Presiden D. Eisenhower. Bandara ini juga melayani penerbangan wilayah metropolitan Baltimore-Washington-Northern Virginia di District of Columbia.

Bandara Dulles dekat dengan bandara-bandara lain seperti Bandara Washington Ronald Reagan, Bandara Hagerstown, Bandara Baltimore Glenn L Martin dan lainnya.

Tidak hanya itu, Bandar udara ini juga menyediakan beberapa maskapai penerbangan yang bisa kamu gunakan seperti Avianca, British Airways, Delta Air Lines, dan sebagainya.

(Baca Juga: Yes, Senin – Kamis Harga Tiket Pesawat Diskon 30%)

6. George Bush Intercontinental Airport

George Bush Intercontinental Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 4.451 hektar

Lokasi : 2800 N Terminal Rd, Houston, TX 77032, Amerika Serikat

Bandara George Bush Intercontinental terletak sejauh 37 kilometer dari pusat kota. Selain itu, bandar udara terbesar ini juga menerima beberapa penerbangan seperti Kanada, Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Asia dan Amerika Tengah.

Bandara yang dikelola oleh Houston Sugarland Baytown ini memiliki beberapa rute internasional dan domestik tersibuk. Beberapa rute internasional tersebut di antaranya Kota Meksiko, London, San Jose, Frankfurt, Amsterdam, Kota Guatemala dan lainnya.

Sedangkan untuk rute domestik tersibuk di antaranya Los Angeles, Chicago, Denver, Newark, Phoenix, Atlanta, New Orleans, dan lain-lain.

7. Shanghai Pudong International Airport

Shanghai Pudong International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 4.451 hektar

Lokasi : S1 Yingbin Expy, Pudong, Shanghai, Tiongkok

Bandara Internasional yang berdiri pada 1 Oktober 1999 ini berjarak 30 kilometer dari pusat kota Shanghai. Bandara Shanghai Pudong merupakan pangkalan Air China, tepatnya maskapai penerbangan nasional di Tiongkok yang melayani penerbangan dari Shanghai ke kota-kota utama, baik di dalam negeri atau luar negeri serta penerbangan kargo.

Bandar udara yang dikelola oleh Shanghai Airport memiliki jumlah penumpang sebanyak 40.578.621 orang pada 2010. Tidak hanya itu, Shanghai Pudong sampai saat ini memiliki dua terminal yang bisa digunakan penumpang.

Terdapat beberapa maskapai di bandara ini, di antaranya yaitu Aeroflot, Air Canada, Air Koryo, Air Macau, China Airlines, Emirates, Garuda Indonesia, Korean Air dan maskapai-maskapai lainnya.

Bandara Internasional Shanghai Pudong melayani penerbangan di Kota Shanghai kurang lebih sebanyak 60%. Tidak hanya itu, bandar udara tersebut juga memberikan beberapa fasilitas, mulai dari area parkir yang luas, tempat makan dan beberapa area pertokoan.

8. Cairo International Airport

Cairo International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 3.625 hektar

Lokasi : Oruba، Road، El Nozha, Cairo Governorate, Mesir

Di posisi ke delapan ada Bandara Internasional Kairo. Bandar udara ini melayani ibu kota Mesir, Kairo beserta daerah sekitarnya. Beberapa maskapai tersedia di Bandara Kairo, di antaranya yaitu Aegean Airlines, Austrian Airlines, British Airways, Egypt Air dan maskapai lainnya.

Selain itu, beberapa maskapai kargo juga tersedia, seperti Air France Cargo, Cargolux, EgyptAir Cargo, Emirates SkyCargo, dan lain sebagainya. Jarak dari Bandara Kairo sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota, yaitu 16.43 kilometer.

Untuk jadwal penerbangan di Bandara Kairo sendiri dimulai pukul 00:05 dengan tujuan Riyadh, dan penerbangan terakhir pukul 23:45 dengan tujuan yang sama, yaitu Riyadh.

9. Suvarnabhumi International Airport

Suvarnabhumi International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 3.240 hektar

Lokasi : 999 Soi Muban Nakhon Thong 1, Nong Prue, Bang Phli District, Samut Prakan 10540, Thailand

Bandara paling besar di dunia kesembilan ada Suvarnabhumi International Airport. Bandar udara yang juga dikenal dengan Bandara Internasional Bangkok ini, resmi dibuka pada 15 September 2006 untuk penerbangan terbatas.

Sedangkan, penerbangan untuk semua rute domestik dan internasional mulai dibuka sejak 28 September 2006. Bandara yang terletak sejauh 25 kilometer timur Bangkok ini, merupakan bandara tersibuk di Asia yang juga menjadi bandara pertemuan untuk jalur kargo yang utama.

Bandara Internasional Suvarnabhumi memiliki beberapa fasilitas, seperti restoran siap saji dari Asia atau Thailand. Beberapa restoran tersebut berada di area keberangkatan dan buka 24 jam.

Selain itu, bandara ini juga menyediakan akses WiFi dan internet gratis, area bermain anak-anak, klinik kesehatan, fasilitas tempat ibadah, smoking room, shuttle bus gratis, spa, ATM dan penukaran valas.

10. Paris Charles de Gaulle International Airport

Paris Charles de Gaulle International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 3.237 hektar

Lokasi : 95700 Roissy-en-France, Prancis

Di posisi ke-10 ada Bandara Internasional Paris Charles de Gaulle sebagai bandara paling besar di dunia. Bandara yang menjadi salah satu pusat penerbangan utama dunia dan internasional ini juga dikenal sebagai Bandar Udara Roissy.

Bandar udara ini menempati peringkat satu dalam pergerakan pesawat di Eropa pada tahun 2007. Hal tersebut karena bandar udara ini sudah melakukan pendaratan dan lepas landas sebanyak 552.721 di atas Frankfurt dan Madrid.

Bandara Paris Charles de Gaulle memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjungnya, seperti area bermain PS3, shower room, nursery, area akses internet, pusat kesehatan dan apotek, ruang doa, tempat penitipan bagasi dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan beberapa cafe, restoran Perancis siap saji, tempat penukaran uang, hingga toko-toko pakaian dan perhiasan high-end.

Bandara Paris Charles de Gaulle ini juga menawarkan berbagai macam lounge eksklusif yang dapat dinikmati oleh pengunjung kelas utama dan kelas bisnis.

(Baca Juga: Suka Travelling? Ini Tips anti Mati Gaya Saat Open Trip)

11. Madrid-Barajas Airport

Madrid-Barajas Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 3.050 hektar

Lokasi : Av de la Hispanidad, s/n, 28042 Madrid, Spanyol

Berikutnya ada Adolfo Suárez Madrid-Barajas Airport yang berada di Negara Spanyol. Bandar udara ini terletak 13 kilometer timur laut dari pusat Kota Madrid. Tidak hanya itu, Bandara Madrid Barajas menjadi pintu gerbang domestik dan internasional di Spanyol.

Dibuka pada 1928, bandara terbesar di Spanyol ini didirikan dengan tujuan sebagai pintu gerbang ke seluruh bagian Eropa, khususnya ke Jazirah Iberia. Saat ini Barajas menjadi salah satu pusat penerbangan paling penting di Eropa.

Bandara Madrid-Barajas mendapat gelar sebagai bandara paling sibuk. Hal tersebut ditunjukkan dengan peringkat ke-5 Eropa dan peringkat ke-12 dunia yang diduduki oleh bandara ini.

Bandara ini melayani penerbangan langsung dan transit. Untuk penerbangan langsung, Bandara Barajas melayani beberapa tempat tujuan di Spanyol maupun negara-negara lain di benua Eropa, seperti Afrika, Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan dan Amerika Utara.

Sedangkan untuk penerbangan transit, bandara ini melayani penerbangan untuk Air Europa dan Iberia, Norwegian Air Shuttle, Vueling, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, beberapa fasilitas juga tersedia di Bandara Barajas, seperti restoran, WiFi, ATM, layanan medis, ruang tunggu bandara, tempat ibadah, hingga toko ritel.

12. O’Hare International Airport

O Hare International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 2.913 hektar

Lokasi : 10000 W O’Hare Ave, Chicago, IL 60666, Amerika Serikat

Posisi 12 ditempati oleh bandara internasional O’Hare. Bandara yang terletak di Chicago ini merupakan pusat terbesar untuk United Airlines, dan juga menjadi pusat kedua terbesar untuk American Airlines.

Bandara yang dioperasikan oleh Dinas Penerbangan Kota Chicago ini, memiliki fungsi sebagai pusat untuk koneksi penerbangan di seluruh Amerika Serikat. Pada 2003, bandara O’Hare terpilih sebagai bandara terbaik di Amerika Utara oleh para pembaca Majalah Business Traveler edisi Amerika.

Beberapa maskapai penerbangan tersedia di Bandara Internasional Chicago, diantaranya yaitu Aer Lingus, Air Berlin, Air Canada, Alaska Airlines, Air France, American Airlines, dan sebagainya.

13. Salt Lake City International Airport

Salt Lake City International Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 2.830 hektar

Lokasi : 776 N Terminal Dr, Salt Lake City, UT 84122, Amerika Serikat

Salt Lake City International Airport merupakan bandara publik yang berada di sebelah barat Salt Lake City, Amerika Serikat. Bandar udara ini memiliki Southwest Airlines.

Tidak hanya itu, Bandara Internasional Salt Lake City juga menjadi hub kepada Delta Connection, SkyWest dan Atlantic Southeast Airlines.

Bandara paling besar di dunia ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa dinikmati penumpang, seperti 6 concourse di dua terminal, tempat bermain golf yang jaraknya dekat dengan bandara.

14. Amsterdam Airport Schiphol

Amsterdam Airport Schiphol - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 2.787 hektar

Lokasi : Evert van de Beekstraat 202, 1118 CP Schiphol, Belanda

Bandara Schiphol merupakan rumah untuk maskapai Corendon, maskapai nasional KLM Royal Dutch,  Transavia dan Tui. Menjadi bandara paling besar di Belanda, membuat Amsterdam Airport Schiphol ini melayani lebih dari 60 juta penumpang setiap tahunnya.

Bandara yang terletak sekitar 25 kilometer barat daya dari Amsterdam ini merupakan satu-satunya bandara yang berada di bawah permukaan laut. Selain itu, bandara Schiphol juga menyediakan beberapa maskapai penerbangan, seperti Adria Airways, Aeroflot,  Air Malta, Air Transit dan maskapai penerbangan lainnya.

15. Frankfurt Airport

Frankfurt Airport - 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar

Luas Area : 2.300 hektar

Lokasi : 60547 Frankfurt, Jerman

Posisi terakhir ada Frankfurt Airport. Jika dilihat dari pusat kota Frankfurt, bandara ini terletak sejauh 12 kilometer sebelah barat daya. Bandara Frankfurt memiliki tiga landasan pacu. Pertama, ada landasan paralel yang memiliki panjang 4.000 meter dan lebar 60 meter.

Selanjutnya ada landasan pacu di barat dengan panjang 4.000 meter, lebar 45 meter dan lebar bahu jalan masing-masing 7,5 meter. Tidak hanya itu, Bandara Frankfurt juga menjadi bandara terbesar keempat di Eropa. Hal tersebut karena bandara ini adalah hub utama untuk maskapai Lufthansa dan melayani lebih dari 60 juta penumpang per tahun.

Nah, 15 bandara paling besar di dunia sudah dipaparkan di atas. Bagaimana, sangat menakjubkan bukan? Mungkin di antara kamu ada yang sudah pernah berkunjung ke bandara-bandara tersebut atau bahkan baru ingin traveling ke negara dengan bandara paling besar di atas.

Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya jika kamu dilindungi dengan asuransi perjalanan. Jika belum punya, jangan khawatir. Kamu bisa langsung membandingkan dan mengajukannya dengan mudah di CekAja.com. Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani