Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

15 Jenis Bisnis yang Bisa Kamu Mulai dari Garasi Rumah

by Tisyrin on 21 September, 2016

tips promosi bisnis_KTA-CekAja.com

Lokasi menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi maju tidaknya sebuah bisnis. Namun, untuk mendapatkan lokasi bisnis yang strategis tidak mudah. Selain mahal ketersediaannya juga terbatas. Untuk mengatasi masalah semacam itu, kamu sebenarnya dapat memanfaatkan garasi rumah yang tak terpakai. Daripada menganggur, lebih baik kamu menyulapnya menjadi lokasi usaha.

Banyak keuntungan memulai bisnis dari garasi. Kamu tak perlu pusing memikirkan uang untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Selain itu, kamu tak perlu membuang waktu menembus kemacetan untuk menuju tempat usahamu. Intinya, bisnismu akan berjalan lebih efektif dan efisien. Nah, kamu yang tertarik membangun bisnis dan kebetulan memiliki garasi tak terpakai, berikut 15 ide bisnis yang cocok untukmu.

Laundry

Kamu yang tinggal di perkotaan bisa memulai bisnis laundry dari garasi rumahmu. Peluang bisnis ini cukup cerah mengingat banyak masyarakat perkotaan yang sibuk dan tak sempat menyuci baju sendiri. Mereka pun menyerahkan urusan ini pada pembantu rumah tangga atau jasa laundry.

Kamu dapat menangkap peluang emas tersebut. Kamu tinggal menyiapkan peralatan untuk bisnis laundry antara lain mesin cuci dan setrika uap. Namun, jika kamu masih ragu mengeluarkan modal untuk membeli peralatan tersebut, kamu bisa memulai bisnismu dengan cara yang lebih sederhana. Kamu bisa bekerjasama dengan laundry yang sudah terlebih dahulu eksis.

Kamu hanya perlu menyediakan tempat untuk menerima kiriman baju kotor. Jika mendapatkan order, kamu tinggal melemparnya ke laundry yang sudah bekerjasama denganmu. Kamu bisa mendapatkan untung dengan cara bagi hasil. (Baca juga: Inspirasi Bisnis Kuliner Kekinian dengan Untung Besar)

Warung makan

Selain tak sempat mengurus pakaian, masyarakat perkotaan seringkali tak sempat memasak. Jika kamu gemar memasak, cobalah untuk membuka warung makan di garasi rumahmu. Sediakan menu bervariasi dan bergiliran setiap harinya agar pelanggan tidak bosan. Pasang harga murah dan sajikan masakan rumahan dengan rasa yang memuaskan agar cepat mendapatkan pelanggan. Selain itu, jaga kualitas bahan makanan agar rasanya tetap terjaga. Bila kurang modal, kamu bisa ajukan pinjaman seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Kredit Dengan  Agunan.

Online shop

Jika kamu serius ingin menggeluti bisnis online shop, kamu tetap membutuhkan tempat untuk bekerja. Kamu membutuhkan ruangan untuk menaruh perangkat komputer, menyimpan barang dagangan hingga mengepak barang-barang daganganmu. Keberadan toko juga lebih meyakinkan pelangganmu.

Demi kemajuan bisnis online shop milikmu, relakanlah garasi yang menganggur menjadi pusat aktivitas. Apalagi jika kamu mulai merekrut pegawai, tentunya keluargamu akan merasa kurang nyaman jika ada orang lain yang seharian berada di dalam rumah. Lebih baik manfaatkan garasi untuk mengembangkan bisnismu.

Toko kue

Kamu gemar membuat kue? Kenapa tidak menyalurkan hobimu menjadi bisnis yang menghasilkan? Ibu-ibu tetangga pasti membutuhkan pasokan kue untuk suguhan acara arisan, syukuran, konsumsi sendiri, atau sekadar menyambut tamu.

Kamu hanya perlu memajang kue seperlunya saja. Sisanya, kamu bisa membuatnya ketika ada pesanan datang. Jika kuemu enak, konsumen akan puas dan mempromosikannya ke orang lain. Kamu bisa mengandalkan kekuatan word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut.

Bengkel

Hampir setiap rumah memiliki kendaraan pribadi. Jika kebetulan rumahmu jauh dari bengkel, kamu punya peluang yang bagus untuk memulai usahamu. Para tetangga dan tukang ojek di sekitar rumah adalah calon pelangganmu. Lebih baik lagi jika rumahmu terletak di pinggir jalan raya, bengkelmu akan mudah mendapatkan konsumen.

Cuci motor

Selain bengkel, bisnis lain yang berkaitan dengan otomotif yang dapat kamu mulai dari garasi rumah adalah tempat pencucian motor. Sama seperti bengkel, para tetangga dan tukang ojek di sekitar rumah adalah calon pelangganmu. (Baca juga: Catat! 11 Kata-Kata Motivasi Ini Bikin Semangat Berbisnis)

Toko kelontong

Toko kelontong adalah bisnis yang tak ada matinya karena kebutuhan sehari-hari selalu ada pembelinya. Kamu bisa memulai toko kelontong dari garasi rumahmu. Meskipun jumlah stok dari setiap jenis daganganmu tidak banyak, upayakan  untuk menyediakan jenis barang dagangan selengkap mungkin agar pembeli selalu datang.

Kamu juga harus bersaing dengan toko kelontong lainnya di sekitar rumahmu. Karena itu, tata barang daganganmu dengan rapi dan berikan pelayanan yang ramah agar pelanggan betah. Jangan lupa juga untuk menawarkan harga yang bersaing.

Tempat fotokopi

Apabila lokasi rumah berdekatan dengan sekolah, kampus, atau perkantoran, kamu dapat memanfaatkan garasi yang menganggur untuk bisnis fotokopi. Kamu juga bisa melengkapi layanan dengan menjual alat tulis.

Penjahit

Kalau kamu punya keahlian menjahit, jangan sungkan untuk membuka usaha jahit. Mulai saja menerima pesanan dari garasi. Garasi biasanya cukup untuk menampung 1-2 mesin jahit sekaligus memajang hasil karyamu. Untuk memikat hati pelanggan, kamu harus melayani dengan sabar dan jangan lupa pasang tarif yang bersahabat.

Jual pulsa

Bisnis pulsa masih prospektif hingga sekarang. Membeli pulsa via ATM atau layanan mobile banking masih terbatas untuk nominal yang besar saja. Karena itu, kalau kamu berjualan pulsa di garasi rumah, kamu masih memiliki banyak peluang mendapatkan pelanggan. Tak sedikit orang yang senang mengisi pulsa dengan nominal kecil.

Agen pengiriman barang

Kamu bisa bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman barang. Kamu tinggal menyulap garasimu sebagai tempat melakukan transaksi dan menyimpan barang-barang yang akan dikirim. Usaha ini juga hampir tidak memerlukan keahlian khusus sehingga relatif mudah untuk menjalankannya. (Baca juga: Cara Hasilkan Uang dari Jual Barang Bekas Online)

Salon atau pangkas rambut

Kamu bisa membuka salon atau pangkas rambut di garasi dengan 2-3 kursi saja. Kamu bisa merekrut satu orang pegawai untuk membantumu. Jangan sungkan untuk mengajak ngobrol pelanggan yang datang dengan topik-topik yang sedang hangat. Tujuannya tentu saja agar mereka tidak bosan.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.