Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

15 Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Paling Direkomendasikan

by Estrin Vanadianti Lestari on 2 Desember, 2019

Setidaknya ada beberapa pantangan yang wajib dilakukan bagi penderita diabetes, termasuk soal makanan. Pasalnya, makanan dengan kandungan gula yang tinggi, akan memicu naiknya kadar gula dalam darah. Sehingga, penderita diabetes diharapkan untuk hati-hati dalam memilih makanan. Namun, kamu tak perlu takut gak bisa makan enak, karena 15 pilihan makanan untuk penderita diabetes ini dinilai aman, enak dan paling direkomendasikan.

Apa yang Terjadi Jika Kadar Gula Darah Naik?

Kadar gula darah yang naik, bisa terjadi karena mengonsumsi makanan, yang mengandung gula atau makanan yang memiliki rasa manis (kecuali rasa manis dari sumber alami, seperti buah). Kadar gula darah yang normal dalam tubuh adalah di bawah 200 mg/dl, namun akan lebih bagus jika kamu bisa menjaganya dalam rentang 70-150 mg/dl.

Sehingga, kadar gula darah yang naik adalah jika angkanya sudah di atas 200 mg/dl. Bahayanya, kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan komplikasi diabetes, seperti:

  • Ketoasidosis diabetik: Keadaan ini terjadi ketika tubuh tidak lagi bisa menggunakan gula sebagai energi, sehingga tubuh akan menggunakan lemak sebagai pengganti gula untuk dijadikan energi, dalam waktu lama. Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena jika dibiarkan bisa menyebabkan koma diabetes.
  • Hiperosmolar hiperglikemik: Keadaan ini terjadi ketika kadar gula darah sudah sangat tinggi, sehingga tubuh akan berusaha mengeluarkan kadar gula tersebut melalui urine. Maka, jika keadaan ini terjadi kamu akan sering buang air kecil, bahkan hingga kamu mengalami dehidrasi berat. Namun, biasanya keadaan ini akan terjadi pada penderita diabetes tipe 2.
Tanda-Tanda Jika Gula Darah Terlalu Tinggi

Keadaan tubuh dengan kadar gula yang tinggi, biasanya terjadi ketika tubuh kamu tidak memiliki insulin yang cukup. Sehingga, sel tidak bisa menyerap glukosa dari makanan, padahal glukosa sangat dibutuhkan untuk menghasilkan energi dalam tiap sel tubuh, dan glukosa (gula) menumpuk dalam darah.

Hal tersebut biasanya terjadi, karena kamu makan terlalu banyak, terutama makanan dengan kandungan gula tinggi), lupa minum obat penurun kadar gula darah, sedang dilanda stres, sedang sakit atau mengalami infeksi, hingga kurang melakukan aktifitas atau olahraga.

Nah, jika kadar gula darah kamu sedang tinggi, biasanya bisa ditandai dengan:

  • Rasa haus atau kelaparan yang meningkat dari biasanya.
  • Sering buang air kecil
  • Sakit kepala
  • Sering cepat kelelahan, bahkan bisa sampai ingin pingsan.
  • Penglihatan kabur
  • Mual dan muntah
  • Terjadinya penurunan berat badan.
Pilih Makanan Dengan Kadar Gula Rendah

Untuk kamu yang memiliki riwayat diabetes maupun tidak, setidaknya mengontrol kadar gula darah adalah suatu hal yang penting.

Salah satu hal yang sangat memperngaruhi tingginya kadar gula darah adalah makanan yang kamu makan. Jadi, sangat penting juga bagi kamu untuk mengontrol pola makan, porsi, hingga jenis makanannya.

Tidak hanya makanan yang utama, makanan selingan pun perlu diperhatikan, seperti camilan. Nah, daripada salah makan dan membuat kadar gula darahmu makin tinggi, yuk intip 15 makanan untuk penderita diabetes yang paling direkomendasikan, namun tetap bisa merasakan kenikmatan rasa makanannya.

15 Makanan Untuk Penderita Diabetes
1. Ubi Jalar

Makanan untuk penderita diabetes pertaman, yang paling direkomendasikan adalah ubi jalar. Selain mengenyangkan dan memiliki rasa yang enak ini, ternyata bisa bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Pasalnya, ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni 44 untuk satu buah ubi jalar rebus.

Karena, semakin rendah nilai glikemik makanan, maka semakin lambat pula makanan tersebut diproses menjadi glukosa. Sehingga, makanan yang memiliki nilai glikemik yang rendah, artinya tidak akan langsung melonjakkan gula darah, setelah makan. Tidak hanya direbus, kamu juga bisa memanggang ubi, dan disarankan tidak digoreng bersama terigu.

2. Gandum utuh

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah gandum utuh. Tidak hanya baik untuk mengendalikan kadar gula darah, gandum utuh juga merupakan makanan yang disebut-sebut, sebagai makanan paling sehat untuk penderita diabetes.

Meski rasanya sedikit hambar, namun kamu bisa mengonsumsinya didampingi dengan buah atau makanan pendamping lainnya.

Gandum utuh juga memiliki nilai glikemik yang rendah, serta serat yang tinggi. Nah, dua kombinasi tersebut bisa memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Tidak hanya itu, gandum utuh juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

3. Jagung

Makanan untuk penderita diabetes berikutnya adalah jagung. Pasalnya jagung juga memiliki nilai glikemik yang rendah, sehingga jagung bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes.

Selain itu, jagung juga mengandung serat pati resisten, yang lebih sulit dicerna oleh tubuh. Bahkan, pernah ada sebuah studi juga yang menyebutkan bahwa seseorang yang makan jagung setiap hari, bisa membantu mengendalikan gula darah yang lebih baik.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Makanan untuk penderita diabetes, yang juga kaya akan vitamin dan mineral adalah sayuran berdaun hijau. Selain itu, makanan ini juga rendah kalori dan karbohidrat, sehingga sangat baik untuk mengendalikan gula darah pada penderita diabetes.

Janis sayuran berdaun hijau yang bisa kamu jadikan makanan, sebagai pengendali diabetes di antaranya adalah:

  • Brokoli
  • Bayam
  • Sawi
  • Pok Choy
  • Kubis
5. Kacang-kacangan

Segala jenis kacang-kacangan, ternyata juga masuk dalam daftar makanan, untuk penderita diabetes yang direkomendasikan. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan yang kaya akan serat, protein, dan karbohidrat kompleks, serta nilai glikemik yang rendah.

Nah, berikut ini adalah jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi, untuk para penderita diabetes:

  • Kacang almond
  • Kacang Kenari
  • Kacang Mete
  • Kacang Pstachi
  • Kacang Tanah
  • Kacang Merah
6. Biji chia

Makanan untuk penderita diabetes berikutnya adalah biji chia. Pasalnya, biji chia memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah kalori dan karbohidrat. Sehingga biji chia sangat aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Untuk cara makannya, kamu bisa mencampurkannya langsung ke dalam masakan, salad, sereal, atau bahkan nasi. Kamu juga bisa mencampurkannya ke dalam makanan manis, seperti puding, yogurt, jus, dan lain-lain.

7. Buah Berry

Makanan untuk penderita diabetes yang memiliki rasa enak adalah buah berry. Siapa yang suka dengan buah jenis berry, seperti strawberry, blueberry, rasphberry, dan lain-lain ini? Tentunya, buah kecil nan manis ini pasti disukai oleh pecinta buah.

Selain enak, buah berry ternyata sangat baik untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Pasalnya buah berry memiliki kandungan serat yang tinggi, yang dapat membantu mencegah naiknya kadar gula darah secara drastis. Tidak hanya itu, buah berry juga mengandung antioksidan tinggi, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

8. Ikan laut

Makanan untuk penderita diabetes yang tak kalah lezat adalah ikan laut. Beberapa ikan laut yang mengandung lemak sehat, ternyata bisa membantu mengendalikan gula darah sekaligus menekan kadar lipid (lemak darah) pada penderita diabetes.

Ikan laut yang memiliki kandungan lemak sehat tersebut, di antaranya adalah:

  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Ikan makarel
  • Ikan hering
  • Ikan trout
9. Yogurt probiotik

Makanan enak selanjutnya yang tercatat sebagai makanan untuk penderita diabetes adalah yogurt, terutama yogurt probiotik. Bakteri probiotik yang ada dalam yogurt, merupakan bakteri baik yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Probiotik juga, bisa membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan produksi hormon insulin. Bahkan, pernah ada penelitian yang menemukan bahwa, yogurt probiotik bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, pada penderita diabetes tipe 2.

(Baca Juga: Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi beserta Cara Mencegahnya)
10. Kayu Manis

Tidak hanya berbentuk makanan, rempah kayu manis juga masuk dalam jajaran makanan untuk penderita diabetes lho. Biasa digunakan sebagai penambah rasa dan aroma pada makanan atau minuman, rempah ini juga sangat berpotensi baik untuk gula darah.

Bahkan, kayu manis juga terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Karena, semakin tubuh kamu sensitif terhadap hormon insulin, makan akan semakin sedikit pula jumlah insulin yang dibutuhkah tubuhmu, untuk membuat gula darah menjadi stabil.

11. Nasi merah

Makanan untuk penderita diabetes yang paling umum dikonsumsi adalah nasi merah. Meski rasanya sedikit hambar, nasi merah sangat baik loh untuk menjaga kestabilan kadar gula darah.

Pasalnya, nasi putih memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga buat kamu yang tidak bisa ketinggalan makan nasi, mungkin nasi merah bisa menjadi pengganti makanan pokok yang tepat.

12. Oatmeal

Nah, jika sudah bosan makan nasi merah (karena penderita diabetes, tidak disarankan makan nasi putih), mungkin kamu bisa mengganti kebutuhan karbohidrat dengan oatmeal. Pasalnya, oatmeal juga sangat baik sebagai makanan untuk penderita diabetes, karena nilai glikemik yang rendah.

13. Tomat

Buah yang juga menjadi salah satu makanan untuk penderita diabetes, ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mengandung likopen dan lutein, tomat dapat melindungi ginjal serta pembulu darah akibat diabetes.

Tidak hanya itu, mengonsumsi segelas tomat setiap hari juga bisa mengurangi risiko penggumpalan darah akibat diabetes. Jadi, kamu bisa makan buah enak dan segar, sekaligus menjaga kestabilan gula darah.

14. Popcorn tawar

Bagi kamu yang doyan nonton bioskop, sambil ditemani makan popcorn, hati-hati jika popcorn yang kamu makan mengandung gula atau yang menggunakan tambahan rasa. Karena, hal tersebut bisa memicu naiknya kadar gula darah kamu.

Akan tetapi, kamu masih bisa menonton ditemani makan popcorn tanpa rasa, alias popcorn tawar. Tenang, rasa popcorn tawar masih tetap enak dan gurih alami kok.

15. Daging tanpa lemak

Makanan untuk penderita diabetes yang memiliki rasa nikmat tiada tara selanjutnya adalah daging tanpa lemak. Meski tanpa lemak, daging masih memiliki rasa yang sangat lezat. Tidak hanya itu, bagi penderita diabetes, diharapkan juga untuk tidak mengonsumsi daging yang digoreng dengan minyak. Bahkan, akan lebih baik lagi jika, dagingnya dipanggang atau direbus.

Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes
  • Nasi putih
  • Buah kalengan
  • Popcorn kaya rasa
  • Makanan yang digoreng
  • Susu tinggi lemak
  • Sayuran, yang dimasak dengan tambahan garam, gula, keju, mentega, hingga saus yang terlalu banyak
  • Daging berlemak
  • Kulit ayam
  • Roti tawar putih

Itulah beberapa makanan untuk penderita diabetes yang paling direkomendasikan untuk kamu, namun tidak menghilangkan rasa nikmat dari sebuah makanan.

Untuk kamu yang mau hidup sehat, khususnya bagi penderita diabetes, yuk mulai konsumsi makanan sehat. Kamu bisa langganan buah, sayur, hingga daging-dagingan, agar pola makan kamu tetap terjaga.

Agar semua pengeluaran biaya belanjaanmu tidak terlalu berat, lebih baik gunakan kartu kredit yang memang dikhususkan untuk belanja. Untuk informasi dan pengajuannya, kamu bisa langsung kunjungi situs Cekaja.com, dan pilih berbagai produk kartu kredit yang kamu banget. Yuk ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk