15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia, Apa Saja?

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Ketika traveling, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah memilih maskapai penerbangan yang akan digunakan. Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu track record dari maskapai tersebut. Karena ternyata, sembilan maskapai penerbangan Indonesia masuk ke dalam daftar maskapai penerbangan paling buruk di dunia, lho!

maskapai penerbangan paling buruk di dunia

Namun tidak hanya Indonesia, beberapa negara lainnya juga memiliki maskapai penerbangan paling buruk di dunia. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Daftar Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, banyak maskapai penerbangan di dunia memiliki track record yang buruk. Menariknya, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki maskapai penerbangan paling buruk terbanyak dibanding negara-negara lainnya.

Kali ini, CekAja.com akan membahas 15 maskapai penerbangan paling buruk di dunia yang telah dirangkum khusus untuk kamu. Simak bersama-sama yuk!

1. Easyjet

Easyjet - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Pertama ada Easyjet sebagai maskapai penerbangan paling buruk di dunia. Maskapai yang memiliki nama resmi easyJet Airline Company Limited ini bermarkas di Bandara London Luton, Eropa.

Easyjet terkenal karena sering melakukan pembatalan dan penundaan jadwal penerbangan. Tidak hanya itu, staff maskapai penerbangan Easyjet pun tidak memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang saat penerbangan.

Dilansir dari situs idntimes.com, maskapai penerbangan yang merupakan sepupu dari maskapai Ryanair ini memiliki rating untuk ketepatan waktu sebesar 7,9, kualitas pelayanan yang diberikan 7,8 dan proses klaim sebesar 1,3.

2. Ryanair

Ryanair - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Selanjutnya ada Ryanair sebagai maskapai penerbangan paling buruk di dunia. Maskapai yang berasal dari Irlandia ini terkenal buruk pada kualitas pelayanan yang diberikan. Di mana, maskapai ini tak jarang melakukan pembatalan dan penundaan jadwal penerbangan.

Selain itu, proses pemesanan tiket hingga check in dari maskapai ini pun mendapat cukup banyak kritik dari penumpang. Dilansir dari situs liputan6.com Ryanair terkenal di seluruh belahan dunia sebagai maskapai penerbangan paling buruk dan mendapatkan skor 6,03 .

Meski begitu, maskapai penerbangan yang satu ini memiliki kinerja dan ketepatan waktu yang baik. Hanya saja, kualitas pelayanan dan proses saat mengajukan klaim sangat rendah.

(Baca Juga: Mengenal Asuransi Perjalanan Keluarga Agar Nyaman Saat Liburan)

3. Iberia

Iberia - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Berikutnya adalah maskapai penerbangan Iberia. Meski masuk ke dalam tiga besar maskapai penerbangan paling buruk di dunia, Iberia memiliki nilai yang bagus pada ketepatan waktu dan kinerja pegawainya.

Maskapai penerbangan ini terkenal dengan proses pengajuan klaimnya yang rumit. Hal tersebut yang membuat Iberia terkenal buruk di seluruh dunia. Melansir dari situs idntimes.com, maskapai penerbangan Iberia mendapat nilai 2,3 untuk proses klaim.

4. Korean Air

Korean Air - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Posisi keempat ditempati oleh Korean Air, sebagai maskapai paling buruk di dunia. Maskapai penerbangan ini mendapat banyak mendapat kritik pedas dari para penumpangnya karena memiliki rencana akan menghapus kelas satu di beberapa rute penerbangan.

Beberapa rute yang akan dihapus oleh maskapai penerbangan Korean Air di antaranya, yaitu 27 rute penerbangan internasional dan 13 rute domestik.

Selain itu, maskapai penerbangan ini juga menuai banyak kritik karena menurunkan dua penumpang remaja karena diminta untuk tidak menyajikan makanan yang tidak mengandung kacang.

Dilansir dari situs idntimes.com, Korean Air mendapatkan nilai rendah untuk ketepatan waktu penerbangan dan proses mengajukan klaim. Meski begitu, maskapai penerbangan ini memiliki nilai yang cukup tinggi untuk kualitas pelayanan, yaitu sebesar 8,3.

5. Aerolineas Argentinas

Aerolineas Argentinas - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Berikutnya ada Aerolineas Argentinas. Maskapai yang lahir sebagai salah satu perusahaan penerbangan terbesar di Argentina ini pernah membatalkan 350 rute penerbangan.

Hal tersebut membuat Aerolineas Argentinas mendapat skor yang cukup rendah pada 2019, yaitu 5,97 seperti yang dilansir oleh travel.detik.com.

Meski tergabung sebagai anggota SkyTeam sejak 2012, Aerolineas Argentinas tetap terkenal sebagai salah satu maskapai penerbangan paling buruk di dunia.

6. Lion Air

Lion Air - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Keenam ada Lion Air, sebagai maskapai paling buruk di dunia. Maskapai yang berambisi untuk menjadi raja langit Asia ini sempat masuk ke dalam daftar hitam Uni Eropa. Namun, di pertengahan tahun 2016, Lion Air di hapus dari daftar hitam tersebut.

Maskapai penerbangan milik Rusdi Kirana ini juga dikenal karena keterlambatan penerbangan dan beberapa insiden kecelakan yang terjadi, salah satunya adalah kejadian Solo, 30 November 2004. Insiden yang terjadi pada pesawat MD-82 ini memakan 26 korban meninggal dunia.

7. Batik Air

Batik Air - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Ketujuh ada Batik Air, yang juga menjadi anggota dari Lion Group milik Rusdi Kirana. Pesawat yang hanya melayani rute-rute penerbangan ke kota kecil ini masuk ke dalam daftar hitam Uni Eropa.

Batik Air masuk ke dalam maskapai penerbangan paling buruk di dunia. Hal tersebut dikarenakan maskapai penerbangan ini terkenal dengan kejadiannya tergelincir di bandara Adisucipto, Yogyakarta pada November 2015.

8. Trigana Air Service

Trigana Air Service - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Trigana Air merupakan maskapai paling buruk di dunia dari Indonesia berikutnya. Di mana maskapai penerbangan ini masuk ke dalam daftar hitam Uni Eropa sejak insiden yang terjadi di Oksibil, Papua dan menewaskan sebanyak 56 penumpang.

Tidak hanya itu, insiden kecelakaan tersebut juga membuat nama Trigana Air Service mencuat ke seluruh dunia. Maskapai milik konglomerat Rubijanto Adisarwono ini memiliki armada dengan sejumlah pesawat baling-baling ATR dan Boeing 737-200.

9. Wings Air

Wings Air - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Kesembilan ada Wings Air sebagai maskapai penerbangan paling buruk di dunia. Wings Air lebih banyak melayani penerbangan dengan rute ke kota-kota kecil sejak 2003. Hanya saja, maskapai ini sempat mengalami insiden yang serupa dengan maskapai Batik Air.

Maskapai yang juga bagian dari Lion Group ini, masuk ke dalam daftar hitam pesawat yang dilarang masuk ke Uni Eropa.

10. Xpress Air

Xpress Air - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Di posisi sepuluh ada Xpress Air. Pesawat yang berdiri pada 2003 ini masuk ke dalam daftar maskapai penerbangan paling buruk di dunia. Xpress Air memiliki armada sebanyak 12 pesawat, di mana sebagian besar pesawat tersebut memiliki tipe Boeing 737.

Awalnya Xpress Air hanya melayani rute-rute penerbangan di timur Indonesia saja. Namun sejak 2007, maskapai penerbangan ini masuk ke dalam daftar hitam maskapai yang terlarang masuk ke Uni Eropa.

11. Blue Wing Airlines

Blue Wing Airlines - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Posisi ke-11 ada Blue Wing Airlines. Maskapai yang berlokasi di Suriname ini beroperasi sejak 2002. Blue Wing Airlines tercatat sebagai maskapai terburuk selama dua tahun berturut-turut oleh Airlineratings.

Tidak hanya itu, maskapai penerbangan ini mendapat dua kali larangan terbang di Eropa. Larangan pertama diberikan pada 2007, kemudian diberikan kembali pada 2010. Blue Wing Airlines awalnya hanya bermodalkan pesawat kecil, seperti DHC Twin Otter atau Cessna.

12. Citilink

Citilink - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Posisi ke-12 ditempati oleh maskapai penerbangan Citilink. Maskapai yang beroperasi sejak 2012 ini merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia.

Didirikannya Citilink yaitu sebagai upaya dari Garuda untuk mengimbangi arus penerbangan murah yang sangat diincar oleh masyarakat Indonesia saat ini.

Citilink memesan puluhan pesawat terbaru bertipe A320 dari Airbus. Namun menurut Airlineratings.com, Citilink menjadi salah satu maskapai paling buruk di dunia.

Tidak hanya itu, maskapai ini juga masuk ke dalam catatan hitam yang dilarang masuk ke Uni Eropa.

13. Sriwijaya Air

Sriwijaya Air - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Selanjutnya ada Sriwijaya Air. Maskapai yang sudah terpisah dari bagian Garuda Indonesia Group ini sempat mengukir beberapa insiden dalam sejarahnya, yaitu pernah tergelincir di Bandar Udara Sultan Thaha pada 2008.

Insiden itu terjadi karena adanya kerusakan pada sistem hidrolik rem. Hal tersebut mengakibatkan 13 orang penumpang luka-luka. Selain itu, Sriwijaya juga masuk ke dalam catatan hitam yang dilarang terbang di Uni Eropa.

(Baca Juga: Asuransi Perjalanan Visa Schengen Terbaik untuk Pergi ke Eropa)

14. TransNusa Air Service

TransNusa Air Service - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Posisi ke-14 ditempati oleh TransNusa Air Service dari Indonesia. Maskapai milik seorang pengusaha muda, yaitu Juvenile Jodjana ini beroperasi sejak 2005. Pada awal pendiriannya, TransNusa Air Service meminjam terlebih dahulu pesawat milik Pelita Air dan Trigana Air.

Hingga akhirnya maskapai penerbangan yang berada di Kupang ini mengoperasikan banyak pesawat baling-baling ATR dengan rute penerbangan ke bagian timur Indonesia.

15. WOW Air

WOW Air - 15 Maskapai Penerbangan Paling Buruk di Dunia

Terakhir ada WOW Air sebagai maskapai paling buruk di dunia. Bukan maskapai penerbangan yang berasal dari Indonesia, namun berasal dari Islandia. WOW Air tercatat memiliki nilai pada sisi ketepatan waktu sebesar 7,5.

Hanya saja, maskapai penerbangan yang satu ini memiliki proses pengajuan klaim dan kualitas pelayanan yang buruk. Melansir dari idntimes.com, WOW Air mendapat nilai sebesar 1,7 untuk proses klaim dan 6,0 untuk kualitas pelayanan yang diberikan.

Nah, 15 maskapai penerbangan paling buruk di dunia sudah kamu ketahui di atas. Masih banyak lagi maskapai penerbangan yang memiliki kualitas pelayanan, proses klaim dan ketepatan jadwal penerbangan yang buruk.

Maka dari itu, sebelum bepergian menggunakan moda transportasi yang satu ini, ada baiknya kamu ketahui dahulu track record maskapai penerbangan yang akan kamu gunakan dan melindungi diri kamu dengan asuransi perjalanan.

Kamu tidak perlu khawatir jika belum memilikinya. Langsung saja ajukan dengan mudah, cepat dan terpercaya hanya di CekAja.com. Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani