Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

15 Tempat Wisata Paling Banyak Dikunjungi di Bandung dan Sekitarnya

by Miftahul Khoer on 14 November, 2019

Saat ini, travelling sudah tidak hanya menjadi bagian dari gaya hidup, melainkan kebutuhan. Orang-orang akan meluangkan waktu untuk jalan-jalan demi menghilangkan kepenatan akibat rutinitas kerja. Jalan-jalan penting untuk menjernihkan kembali pikiran sehingga saat tiba waktunya bekerja, kita bisa lebih semangat dan produktif.

tempat wisata Bandung

Bandung merupakan salah satu daerah tujuan wisata. Topografinya yang beragam dan dikelilingi banyak gunung membuat daerah tersebut memiliki banyak spot wisata alam yang menarik pengunjung. Lokasinya yang dekat dengan Jakarta juga menjadikan Bandung sebagai salah satu tujuan wisata favorit warga Ibu Kota.

Nah, bagi kamu yang sedang ingin jalan-jalan ke Bandung, berikut ini beberapa tempat wisata di Bandung dan daerah sekitarnya yang bisa kamu datangi.

1. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang termasuk dalam tempat wisata terbaru di Bandung. Selain karena lokasinya yang strategis, tempat ini juga cepat memperoleh kepopuleran dan menyedot banyak pengunjung karena menyediakan banyak spot berfoto yang seru. Namun, tepatnya lokasi hits ini berada di Kabupaten Bandung Barat.

(Baca juga: Daftar Hotel Murah Untuk Keluarga di Bandung Paling Strategis)
2. Glamping Lakeside Ciwidey

Glamping Lakeside di Rancabali – Ciwidey ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Bandung saat ini. Dengan icon restoran berbentuk perahu besar dan pemandangan yang indah di pinggir Situ Patenggang, tempat ini berhasil menarik banyak pengunjung. Selain restoran, tempat ini juga dilengkapi dengan tempat bermain anak dan tempat menginap.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Siapa sih yang tidak kenal Tangkuban Perahu? Setidaknya melalui dongeng, kita semua mengenal tempat ini. Oleh karena itu, tidak heran kalau Tangkuban Perahu menjadi situs wisata yang terkenal.

Letaknya di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang, sekitar 20 kilometer sebelah utara Kota Bandung. Gunung yang bentuknya menyerupai perahu terbalik ini selalu padat pengunjung pada akhir pekan dan hari libur.

4. Kawah Putih Ciwidey

Nama Kawah Putih Ciwidey sudah tidak asing lagi di kalangan pelancong. Kawah yang terletak di Ciwidey sekitar 50 km di selatan Bandung ini merupakan kawah vulkanik dengan tanah yang berwarna putih akibat kandungan belerang pada tanah tersebut.

5. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang terletak sekitar 7 km dari Kawah Putih. Pemandangan di sekitar danau ini sungguh indah. Dikelilingi oleh lembah dan perkebunan teh yang hijau, banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan teman.

Kamu bisa mengarungi danau menggunakan perahu dan mengunjungi situs legenda Batu Cinta yang terletak di pulau kecil di tengah danau. Udara di sekitar danau yang sejuk dapat memberikan suasana segar bagi tubuh dan pikiran.

6. Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu cocok sekali menjadi tujuan wisata keluarga di Bandung. Di dusun bambu terdapat berbagai area permainan, restoran, café, dan pujasera dengan berbagai pilihan kuliner, taman bunga, dan lain-lain.

7. Floating Market Lembang

Masih di Lembang, Floating Market merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Bandung. Tempat ini menawarkan cara belanja yang lebih seru. Selain belanja, Floating Market juga menyediakan berbagai wahana permainan, kuliner, dan spot indah untuk berfoto.

8. The Lodge Maribaya

Berada di kawasan Cibodas – Lembang, The Lodge Maribaya merupakan salah satu tempat wisata favorit di daerah Lembang saat ini. Di tempat ini kita bisa menikmati suasana indah hutan pinus dan berbagai spot menarik untuk selfie seperti ayunan dengan background hutan pinus dan balon udara.

9. Ciwidey Valley Hot Spring Water Park

Tempat ini berada di kawasan Ciwidey, tepat sebelum Kawah Putih. Tempat ini ramai dikunjungi karena berbagai permainan air panas yang tersedia. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin berwisata bersama keluarga. Di sini juga sudah tersedia cottage dan hotel untuk menginap.

10. Taman Begonia

Kebun bunga di Taman Begonia Lembang juga merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi. Hal itu terbukti dengan banyaknya foto-foto berlatar belakang taman ini di media sosial. Tempat ini menarik banyak pengunjung karena pemandangan indah yang dipenuhi bunga berwarna-warni.

(Baca juga: Ini 8 Tempat Kuliner di Bandung yang Murah Meriah, Kuy Kepoin!)

11. De Ranch Lembang

Sebagai tempat wisata keluarga, De Ranch menawarkan konsep yang berbeda dengan tempat wisata lain. Di sini, kamu akan disuguhi suasana western a la koboy yang asyik. Kamu bisa menikmati berbagai wahana di sini termasuk menaiki kuda dipandu oleh instruktur terlatih.

12. Jendela Alam Lembang

Jendela Alam merupakan salah satu tempat wisata edukasi. Jendela Alam mengenalkan tumbuhan dan binatang kepada anak dengan konsep yang menyenangkan. Di sini anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan berbagai binatang, melihat berbagai jenis tumbuhan dan sayuran, serta menikmati berbagai permainan yang tersedia.

13. Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas merupakan area bumi perkemahan yang terkenal di Ciwidey. Selain terdapat area camping ground, di sini juga terdapat tempat penangkaran rusa, pemandian air panas, dan waterboom. Semuanya dibingkai dengan pemandangan asri dan udara yang segar.

14. Orchid Forest Cikole Lembang

Orchid Forest Cikole merupakan tempat wisata sekaligus budidaya anggrek yang banyak dikunjungi. Koleksi anggrek di Orchid forest termasuk yang terbesar di Indonesia. Selain anggrek, tempat ini juga menawarkan berbagai spot menarik untuk berfoto.

15. Grafika Cikole

Grafika Cikole menyediakan tempat makan sekaligus berbagai spot menarik bagi pengunjung. Lokasinya tidak jauh dari Tangkuban Perahu. Selain bermain, kamu juga bisa menginap di tempat yang tersedia di sana.

Itu tadi daftar tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Bandung. Jenis tempat wisata yang sebagian besar berada di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat tersebut memang beragam. Kamu bisa memilih mana yang lebih cocok untuk kebutuhanmu baik itu wisata alam, maupun taman tematik dan wisata edukasi untuk keluarga. Sudah siap liburan?

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.